Rincian Gaji Blogger dari Berbagai Sumber Penghasilan

Menjadi seorang blogger, konon dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup menggiurkan. Benarkah demikian? Meskipun tidak tetap, namun penghasilan yang diperoleh seorang blogger memang dapat diperhitungkan. Apakah Anda penasaran, darimana gaji blogger diperoleh?

Jika Anda menekuni aktivitas blog sebagai profesi di era digital seperti saat ini, maka sangat memungkinkan bila penghasilan yang Anda peroleh cukup menjanjikan. Namun, jika Anda ingin menekuni dunia blogger, Anda harus bersungguh-sungguh dan konsisten layaknya profesi lainnya.

Pada kenyataannya, gaji blogger didapatkan dari berbagai sumber. Meskipun tidak dapat digunakan sebagai patokan sepenuhnya, namun setidaknya Anda dapat mengetahui bayangan gaji blogger untuk saat ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan dalam artikel di bawah ini ya.

Dari Manakah Gaji Blogger diperoleh?

Sumber penghasilan seorang blogger dapat diperoleh dari berbagai sumber. Oleh karena itu, tak heran bila gaji blogger cukup tinggi. Namun sebaliknya, bisa juga seorang blogger terutama pemula tidak memiliki penghasilan sedikit pun. Hal itu disebabkan karena blog memiliki berbagai aturan yang harus dijalankan oleh seorang blogger untuk dapat menghasilkan uang.

Meskipun hasilnya cukup menjanjikan, untuk mendapatkan penghasilan melalui blog tidaklah mudah. Anda perlu kerja keras, kerja cerdas, bersungguh-sungguh dan aktif mengelola blog dengan baik dan bijak. Faktanya, terdapat beberapa tahapan yang harus Anda perhatikan seperti memiliki jumlah pengunjung yang banyak dan blog sudah dimonetisasi dengan media periklanan.

Jika semua hal tersebut sudah ada, maka peluang mendapatkan penghasilan tinggi pun dapat Anda penuhi. Berikut beberapa sumber dan gambaran umum gaji blogger di Indonesia:

1. Sponsored Content

gaji blogger
Sponsored content (broadstreetads.com)

Sponsored content atau konten bersponsor biasanya disukai oleh perusahaan yang ingin mempromosikan produknya kepada konsumen. Umumnya berbentuk artikel review yang disediakan oleh perusahaan. Sehingga ketika artikel diterbitkan, maka saat itulah blogger mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan.

Akan tetapi, untuk mendapatkan sponsored content sebuah blog harus memiliki beberapa kriteria seperti konten yang bagus dan menarik, lalu lintas blog tinggi (memiliki jumlah pengunjung banyak), memiliki niche tertentu, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah gambaran gaji blogger yang diperoleh dari konten bersponsor, yaitu:

  • Mendapat penghasilan sekitar Rp 500.000 – Rp 1.000.000 per bulan, dengan rincian berupa (jumlah iklan x harga iklan) yaitu (5 x Rp 100.000 – Rp 200.000), dengan minimal visitor -+ 10.000.
  • Memperoleh gaji sekitar Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000 per bulan, dengan rincian (jumlah iklan x harga iklan) yaitu (5 x Rp 200.000 – Rp 500.000), dengan minimal visitor -+ 20.000.

2. Google Adsense

Google Adsense

Salah satu syarat utama untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense adalah bergantung pada lalu lintas blog. Oleh karena itu, semakin banyak visitor blog, maka semakin besar pula pendapatan yang akan Anda peroleh, begitupun sebaliknya. Anda akan memperoleh penghasilan ketika pengunjung mengklik adsense atau iklan tersebut. Berikut gambaran penghasilan dari Google Adsense:

  • Memperoleh gaji -+ Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 per bulan , dengan minimal visitor sejumlah 50.000 – 100.000.
  • Mendapatkan gaji -+ Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000 per bulan, dengan minimal visitor 500.000 – 1.000.000.

3. Iklan Mandiri

Iklan Mandiri
vecteezy.com

Lain halnya dengan sponsored content, dimana para advertiser sendiri yang langsung menghubungi blogger. Iklan mandiri berarti Anda perlu menawarkan kepada para advertiser untuk mau mempromosikan iklannya melalui blog Anda. Untuk itu, penghasilan dari memasang iklan mandiri biasanya lebih kecil daripada sponsored content. Berikut gambarannya:

  • Gaji blogger -+ Rp 100.000 – Rp 200.000 per bulan, untuk 1 slot iklan dengan -+ 20.000 visitor.
  • Memperoleh pendapatan -+ Rp 500.000 – Rp 700.000 per bulan, untuk 1 slot iklan dengan -+ 100.000 visitor.
  • Gaji blogger -+ Rp 2.500.000 – Rp 5.000.000 per bulan, untuk 1 slot iklan dengan -+ 1 juta visitor.

Dalam hal ini, Anda sebagai blogger biasanya dapat menawarkan 2-4 slot iklan pada blog Anda. Namun, perlu kerja keras pula untuk mencari advertiser yang berminat mempromosikan iklannya pada blog Anda. Selain itu, penghasilan dari iklan mandiri dapat lebih rendah atau lebih tinggi tergantung pada jumlah visitor serta besar ukuran iklan.

4. Menjual Jasa

Menjual Jasa
Freepik

Selain iklan, gaji blogger dapat diperoleh dengan menjual atau menawarkan jasa maupun produk pada blog Anda. Meskipun begitu, Anda perlu menunjukkan tingkat kredibilitas jasa atau produk Anda untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Beberapa contoh jasa atau produk yang dapat Anda tawarkan, diantaranya:

  • Jasa pembuatan website: Rp 2.000.000 – Rp 10.000.000, untuk satu kali pembuatan.
  • Jasa pembuatan template premium: Rp 50.000 – Rp 1.000.000, untuk 1 kali pembuatan tergantung pada jenis desain dan tingkat kerumitan.
  • Jasa SEO: Rp 100.000 – Rp 5.000.000, tergantung pada kualitas SEO yang diberikan.
  • Jasa kursus online: Rp 50.000 – Rp 2.500.000, tergantung pada jenis kursus yang diberikan.

Layanan jasa atau produk di atas hanyalah sebuah gambaran. Tentunya, Anda dapat memberikan tawaran jasa sesuai dengan minat maupun kemampuan yang dimiliki. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai aspek dalam penentuan tarif jasa yang akan Anda tawarkan.

Baca Juga: Siapa Bilang Bekerja Online Itu Gampang? Ini Faktanya!

Tips untuk Blogger Pemula

Untuk mendapatkan penghasilan dari Blog memang tidak cukup mudah. Anda harus memiliki tekad yang kuat, konsistensi, dan kreativitas yang tinggi agar dapat memperoleh pengunjung yang banyak. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebagai blogger pemula:

1. Tidak menjadikan Blog sebagai orientasi untuk mendapatkan penghasilan semata

Sebagai blogger pemula, Anda perlu meluruskan niat bahwa membuat dan mengelola blog tidak hanya untuk menghasilkan uang. Namun, untuk belajar dan mengembangkan kapasitas diri yang Anda miliki. Karena, menjadi blogger dengan orientasi mendapatkan uang biasanya cenderung tidak akan bertahan lama. Anda harus konsisten dan ulet mengelola blog untuk dapat menghasilkan dan terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Terus belajar untuk mengelola blog

Belajar adalah kunci kesuksesan seseorang, termasuk sebagai blogger. Oleh karena itu, banyak hal yang harus terus Anda pelajari, diantaranya yaitu belajar tentang SEO agar blog Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari, belajar membuat artikel yang baik, meriset kata kunci, dan selalu melakukan uji coba atau inovasi terkait cara mendapatkan banyak pengunjung di blog Anda.

3. Jujur dan kreatif

Dalam mengerjakan hal apapun, kejujuran adalah yang paling utama. Sehingga, Anda tidak akan melakukan berbagai upaya-upaya yang dapat merugikan orang lain untuk mendapatkan penghasilan yang banyak dari blog Anda, seperti mencuri artikel orang lain atau kecurangan lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan pula kreativitas yang tinggi untuk mengelola blog Anda menjadi besar dan sukses.

4. Pantang menyerah dan selalu konsisten

Sebagai blogger tentu Anda akan mendapatkan banyak tantangan yang tidak terduga, baik yang datang dari luar maupun dari dalam diri Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mudah berputus asa ketika pengunjung blog masih sedikit atau belum mendapatkan penghasilan. Anda harus selalu konsisten membuat artikel yang menarik dan berani melakukan inovasi baru untuk menunjang kesuksesan blog Anda.

Itulah informasi seputar gaji blogger di Indonesia. Untuk mendapatkan penghasilan sebagai blogger memang tidaklah mudah, namun bukan berarti tidak dapat dilakukan. Dengan kerja keras dan upaya yang sungguh-sungguh tentu akan menghasilkan. Oleh karena itu, Anda yang tertarik mencoba menjadi blogger harus konsisten dan terus belajar ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar