12 Prospek Kerja Perbankan Syariah dan Perkiraan Gajinya

Sama halnya dengan ekonomi syariah, perbankan syariah juga memiliki banyak peminat. Sebab tidak menggunakan prinsip bunga yang dilarang dalam agama Islam. Bahkan beberapa bank juga menyediakan fitur sedekah dan infaq.

Karena peminatnya yang tinggi, tentunya potensi bagi lulusan perbankan syariah di dunia kerja juga cukup tinggi. Apabila Anda penasaran dengan potensi lulusan jurusan ini, yuk simak penjelasan prospek kerja perbankan syariah di bawah ini.   

Sekilas tentang Perbankan Syariah

Prospek kerja perbankan syariah
Ilustrasi bank syariah. (Jurnal Post)

Perbankan syariah merupakan suatu sistem keuangan perbankan yang menggunakan syariah islam. Tentunya bank ini memiliki perbedaan dengan bank konvensional, seperti sistem operasional, sumber dana, produk, penyaluran dana, dan pembiayaan.

Oleh karena itu, dibutuhkan jurusan perbankan syariah agar ada sumber daya manusia yang paham tentang prinsip dan operasionalnya. Anda dapat menemukan jurusan ini di beberapa kampus islam.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Prospek kerja perbankan syariah
Buku mata kuliah. (Trentech)

Apakah Anda penasaran dengan mata kuliah yang dipelajari pada jurusan ini. Nah, inilah mata kuliah yang akan dipelajari ketika masuk di jurusan tersebut diantaranya adalah pengantar ekonomi mikro & makro islam, studi kelayakan bisnis, analisis laporan keuangan, layanan produk dan jasa bank syariah, dan masih banyak lagi.

Bahkan tak hanya belajar di dalam kelas, beberapa kampus juga menyediakan laboratorium perbankan untuk belajar praktik.

Kelebihan Memilih Jurusan Perbankan Syariah

Ilustrasi jenjang karir (Loker Semarang)
Ilustrasi jenjang karir. (Loker Semarang)

Ada beberapa kelebihan jika memilih jurusan perbankan syariah antara lain :

1. Prospek kerja cukup luas

Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai menggunakan perbankan syariah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka pihak bank sedang mencari sumber daya manusia (SDM) yang tepat. Sehingga prospek kerja perbankan syariah semakin meluap.

2. Gaji cukup  besar

Orang-orang yang bekerja di industri perbankan telah dikenal menerima gaji dengan nominal yang cukup besar. Jika Anda berhasil masuk di perbankan syariah, Anda memiliki peluang besar untuk mencapai itu semua.

3. Terdapat jenjang karir

Apabila Anda dapat bekerja dengan baik dan memiliki kemampuan yang mumpuni, ada kemungkinan untuk naik jabatan. Bagaimana sangat menarik, bukan? Jadi Anda bisa merencanakan masa depan dengan baik.

4. Prospek karir panjang

Tidak seperti perusahaan yang rawan bangkrut, industri perbankan jauh lebih aman karena industri ini menjadi penopang ekonomi masyarakat. Bahkan ketika di ambang kebangkrutan pun, industri perbankan akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Jadi jika Anda betah dan dapat mempertahankan kemampuan, karir akan semakin panjang.

5. Mempelajari banyak ilmu

Di jurusan ini, banyak cabang ilmu yang dipelajari mulai dari ilmu ekonomi konvensional, keuangan, akuntansi, ekonomi syariah, hingga hukum islam. Banyaknya ilmu inilah yang dapat membantu Anda memiliki peluang untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang.

Kelebihan-kelebihan di atas dapat Anda jadikan alasan memilih perbankan syariah sebagai tempat berkuliah, loh.  

Prospek Kerja Perbankan Syariah

Seorang nasabah di bank syariah (Finansial bisnis)
Seorang nasabah di bank syariah. (Finansial bisnis)

Setiap jurusan di universitas, tentunya memiliki prospek kerja termasuk perbankan syariah. Berikut ini prospek kerja perbankan syariah yaitu :

1. Pegawai perbankan

Sesuai dengan namanya, lulusan perbankan syariah dapat menjadi pegawai perbankan. Pekerjaan ini memiliki peluang yang cukup besar sebab keberadaan bank syariah semakin banyak saat ini. Selain itu, Anda bisa melamar di banyak posisi pada bidang ini. Rata-rata gaji dari pekerjaan ini adalah Rp. 5.000.000.

2. Dosen

Apabila berkenan melanjutkan studi lanjutan (S2), Anda bisa melamar pekerjaan sebagai akademisi atau dosen. Gaji yang dapat diterima sekitar Rp. 3.000.000 – 6.000.000.

3. Staf keuangan syariah

Banyak lembaga keuangan non bank yang membutuhkan staf keuangan, termasuk juga lembaga keuangan non bank yang menggunakan prinsip syariah. Pilihan pekerjaan ini dapat memperoleh gaji sekitar Rp. 4.000.000.

4. Manajer investasi

Meskipun jurusan ini melekatkan kata perbankan di namanya. Lulusan perbankan syariah juga tetap bisa melamar sebagai manajer investasi. Tugas dari pegawai ini adalah mengelola uang nasabah untuk diinvestasikan di produk investasi. Pekerjaan ini dapat memperoleh penghasilan sekitar Rp. 5.000.000.

5. Pakar ekonomi islam

Meningkatnya minat masyarakat terhadap ekonomi islam menyebabkan posisi pakar ekonomi islam dibutuhkan oleh banyak tempat. Beberapa perusahaan, lembaga, maupun personal membutuhkan saran dari pakar ini. Gaji pekerjaan ini sekitar Rp. 4.000.000 – 5.000.000 tergantung jumlah klien.

6. Akuntan syariah

Tentu saja pekerjaan ini berbeda dengan akuntan biasanya. Sebab perhitungan dan prinsip keduanya berbeda. Profesi ini dapat menerima gaji Rp. 4.000.000 per bulan

7. Pengusaha

Tak hanya jurusan bisnis saja yang bisa menggeluti bidang ini. Lulusan perbankan syariah pun dapat membuka usahanya sendiri, apalagi pernah mendapatkan mata kuliah studi kelayakan bisnis. Jadi dapat dengan mudah melakukan analisis dan manajemen keuangan yang baik. Gaji dari profesi ini tergantung dari hasil penjualan.

8. Auditor internal

Anda juga dapat melamar pekerjaan sebagai auditor internal di perusahaan maupun lembaga. Profesi ini bertugas untuk mengawasi dan mengelola keuangan perusahaan. Gajinya berkisar antar Rp. 5.000.000 – 8.000.000.

9. Staf lembaga islam

Beberapa lembaga islam tentunya membutuhkan pegawai dengan background yang selaras, tak terkecuali perbankan syariah. Biasanya akan dipekerjakan di bidang keuangan. Gajinya sekitar Rp. 3.000.000.

10. Praktisi

Seorang praktisi yang memiliki latar belakang dari perbankan syariah dapat meningkatkan pula kuantitas dan kualitas perbankan dengan sitem Islam. Beberapa tugasnya adalah melakukan inovasi, melakuka peneliatan, konsultasi, dan melakukan sosialisasi. Kisaran gajinya adalah Rp. 7.000.000 atau lebih.

11. Analis keuangan

Analis keuangan bertugas untuk melakukan analisa laporan keuangan yang dapat menjadi media untuk membuat keputusan. Anda dapat melamar di berbagai perusahaan dan lembaga, sebab profesi ini cukup banyak dicari. Penghasilan dari profesi ini sekitar Rp. 5.000.000.

12. Dewan pengawas syariah

Dewan pengawas syariah banyak dibutuhkan di lembaga keuangan syariah untuk mengawasi apakah  prinsip syariah sudah diterapkan dengan baik. Penghasilan dari pekerjaan ini sekitar Rp. 10.000.000.

Nah, demikian penjelasan mengenai informasi prospek kerja perbankan syariah. Dari gambaran tersebut, apakah jurusan ini bisa membawa Anda meraih profesi impian?

Tinggalkan komentar