Gaji Magang Kampus Merdeka 2024, Cukupkah?

Sebagian besar mahasiswa tentu sudah tak asing lagi ketika mendengar program magang Kampus Merdeka yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Selama mengikuti program magang tersebut, mahasiswa dijanjikan akan menerima gaji atau uang saku. Namun, tahukah kamu berapa besaran gaji magang Kampus Merdeka yang dapat diterima?

Bagi kamu yang ingin tahu atau tengah tertarik untuk mengikuti program magang ini, ada baiknya untuk membaca artikel ini terlebih dahulu yang akan membahas lebih lanjut mengenai gaji magang Kampus Merdeka.

Tak hanya membahas masalah gaji saja, artikel ini juga akan membahas mengenai apa itu program magang Kampus Merdeka hingga persyaratan untuk mengikutinya. Jadi, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Program Magang Kampus Merdeka

gaji magang kampus merdeka

Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MSIB merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Program ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata mengenai dunia kerja dan memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa.

Mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri di luar jam perkuliahannya. Program magang ini juga akan membantu mahasiswa untuk meningkatkan hard skill dan soft skill yang dimilikinya agar lebih siap lagi saat hendak terjun ke dalam dunia kerja nantinya.

Program magang ini berlangsung selama 1-3 semester. Kegiatan magang tersebut akan disetarakan dengan 20 SKS untuk setiap mahasiswa.

Gaji Magang Kampus Merdeka

Selanjutnya, masuk ke pembahasan utama mengenai gaji magang Kampus Merdeka. Menurut informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, kisaran gaji atau uang saku yang dapat diterima oleh mahasiswa selama mengikuti program magang Kampus Merdeka adalah sekitar Rp3.000.000 per bulan.

Baca juga:  Besaran Gaji Magang Bina BNI 2024 Beserta Tunjangannya

Selain gaji biasanya peserta magang Kampus Merdeka 2024 memperoleh fasilitas dan bonus lain seperti uang transportasi, makan, dan tunjangan kinerja. Nominal yang diberikan bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Jumlah ini dapat lebih maupun kurang, tetapi rata-rata mahasiswa mendapatkan sejumlah itu saat magang di perusahaan mitra Kampus Merdeka. Gaji magang Kampus Merdeka yang diperoleh oleh para mahasiswa berasal dari kementerian atau mitra.

Besaran gaji yang diterima dapat dipengaruhi oleh posisi dan perusahaan tempat mahasiswa yang bersangkutan magang.

Daftar gaji magang:

Persyaratan Mengikuti Magang Kampus Merdeka

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program magang ini, berikut terdapat beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

  1. Mahasiswa semua jurusan yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia, dengan catatan kampus berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  2. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat program dimulai. D2 minimal semester 3, D3 minimal semester 4, dan D4/S1 minimal semester 5
  3. Mahasiswa berstatus aktif atau belum yudisium selama program berjalan
  4. Mahasiswa memiliki sisa SKS yang memenuhi syarat yaitu 20 SKS
  5. Data Mahasiswa terdaftar di PDDikti dan sudah sesuai. Pastikan nama pada PDDikti sama dengan nama di KTP
  6. Mahasiswa wajib mengunggah dokumen Curriculum Vitae (CV), Transkrip Nilai, Surat Rekomendasi dari Perguruan Tinggi, dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)
  7. Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (full time) dan fokus karena sudah diakui 20 SKS. Mahasiswa boleh sambil mengambil kuliah sebanyak sisa jumlah SKS yang boleh diambil pada semester tersebut (setelah dikurangkan dengan 20 SKS) hanya jika diperbolehkan oleh organisasi mitra, dan menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.
  8. Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar) boleh mengikuti program magang dengan ketentuan uang saku yang diterima merupakan selisih dari uang yang diterima dari Bidik Misi
  9. Mahasiswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka
  10. Mahasiswa dari berbagai ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, politik, asal kebangsaan/sosial, properti, serta kelahiran/status lain, seperti disabilitas, usia, status perkawinan dan keluarga, orientasi seksual dan identitas gender, status kesehatan, tempat tinggal, serta situasi ekonomi dan sosial.
Baca juga:  Sistem Gaji Shopee Food 2024 beserta Bonusnya

Baca juga: Gaji Guru Penggerak

Mahasiswa diperbolehkan untuk memilih perusahaan dan posisi magang yang sesuai dengan minat dan arah capaian yang diinginan oleh masing-masing.

Selain itu, tidak terdapat pembatasan jumlah lowongan yang dapat didaftarkan oleh mahasiswa. Namun, kegiatan magang hanya berlaku di ruang lingkup mitra kerja sama Kampus Merdeka saja.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai gaji magang Kampus Merdeka yang juga membahas mengenai apa itu program magang Kampus Merdeka hingga persyaratan untuk mengikutinya. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengikuti program magang Kampus Merdeka?

Bagikan:

Tinggalkan komentar