11 Gaji Translator Berdasarkan Jenis Bahasa dan Projek

Belajar bahasa asing selalu menguntungkan karena tak hanya bisa digunakan untuk keperluan pribadi. Namun juga dapat menjadi sumber penghasilan. Salah satunya dengan menjadi translator.

Translator atau penerjemah banyak dibutuhkan untuk akademik, sastra, seni, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mendapatkan gaji yang menggiurkan dari pekerjaan ini. Jika Anda penasaran, yuk simak penjelasan tentang profesi ini dan gaji translator secara lengkap.

Sekilas tentang Translator

gaji translator
Ilustrasi translator. (Tribun Ternate)

Translator merupakan pekerjaan di bidang bahasa yang tugasnya menerjemahkan suatu teks, video, maupun audio ke dalam bahasa yang diinginkan klien. Profesi ini tak hanya mewajibkan memahami bahasa asing saja, tapi juga perlu memahami konteks dengan tepat.

Jika Anda bekerja menjadi translator, kemungkinan besar Anda bisa bekerja di rumah dan memiliki waktu yang fleksibel. Hanya saja bagi translator yang tergabung dalam sebuah perusahaan penerbitan, biasanya dianjurkan untuk bekerja di kantor.  

Tanggung Jawab Pekerjaan

Seorang translator berbeda dengan interpreter, translator bertugas untuk menerjemahkan teks atau video sedangkan interpreter menerjemahkan secara lisan dan langsung. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut rincian tanggung jawab translator yaitu :

  1. Menghadiri rapat bersama tim untuk mempersiapkan proses penerjemahan.
  2. Memahami konteks budaya, keilmuan, dan hal lainnya terkait topik yang sedang diterjemahkan. Sebab ada beberapa bahasa yang memiliki arti berbeda sesuai dengan penggunaannya.
  3. Menerjemahkan teks secara akurat dan mudah dipahami.
  4. Memeriksa hasil terjemahan apakah sudah sesuai dengan konteks tulisan dan ejaan yang berlaku.
  5. Menyunting hasil terjemahan.
  6. Membuat ringkasan dari teks yang telah selesai diterjemahkan.
  7. Berkonsultasi dengan profesional yang ahli di bidang terkait.
  8. Berdiskusi dengan editor tentang kesesuaian teks terjemahan dengan teks aslinya.
Baca juga:  Sistem Gaji Shopee Food 2022: Skema, Tips dan Insentif

Gaji Translator sesuai Pengalaman

Berdasarkan survei dari Gajimu.com diperoleh gaji translator sesuai pengalaman. Bagi translator yang tidak memiliki pengalaman sekalipun gaji bersihnya sebanyak Rp. 4.660.000. Sedangkan bagi yang sudah memiliki pengalaman kurang dari 5 tahun bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 4.750.000 – 5.400.000.

Kemudian apabila Anda sudah mempunyai pengalaman sekitar 5-10 tahun akan menerima gaji lebih tinggi dengan rentang sekitar Rp. 5.470.000 – 6.000.000. Nominal tersebut juga akan meningkat jika Anda mempunyai pengalaman lebih dari 10 tahun. Di tahap ini, Anda bisa menerima gaji sebanyak Rp. 6.200.000 ke atas.

Gaji Translator sesuai Bahasa

gaji translator
Ilustrasi translator. (Industri.co.id)

Ada berbagai bahasa yang sudah awam dikerjakan oleh penerjemah, seperti bahasa Mandarin, Jerman, Inggris, Jepang, Korea, Arab, dan lain sebagainya. Setiap bahasa biasanya memiliki rata-rata gaji yang berbeda. Berikut ini rincian lebih lengkapnya, yaitu :

1. Gaji translator bahasa Mandarin

Banyak perusahaan yang rela menggaji tinggi karyawannya yang memiliki kemampuan bahasa Mandarin. Hal tersebut membuktikan bahwa bahasa ini dibutuhkan banyak pihak apalagi di bidang industri. Ada banyak dokumen yang membutuhkan penerjemah. Rata-rata gaji yang diperoleh adalah Rp.7.900.000 setiap bulan.

2. Gaji translator bahasa Korea

Menjadi translator bahasa Korea menjadi profesi yang menjanjikan. Hal ini karena berkembangnya trend K-Pop di Indonesia. Anda bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 5.000.000 – 8.000.000 per bulan.

3. Gaji translator bahasa Jepang

Seperti bahasa Korea, penerjemah bahasa Jepang dibutuhkan untuk menerjemahkan manga atau anime. Rata-rata gaji yang diperoleh pun sangat menggiurkan yakni sebesar Rp. 10.300.000.

4. Gaji translator bahasa Arab

Translator bahasa Arab juga dibutuhkan oleh beberapa perusahaan multinasional atau kementerian. Gaji yang diperoleh berkisar antara $ 2115 USD.

Baca juga:  Gaji Karyawan PT Solid Gold Berjangka 2022 dan Jabatannya

5. Gaji translator bahasa Inggris

Meskipun bahasa Inggris sudah dipelajari banyak orang, namun tak jarang klien meminta untuk menerjemahkan teks atau video berbahasa Inggris. Gaji yang diterima oleh translator bahasa Inggris sekitar Rp. 5.300.000.

Gaji Translator sesuai Projek

Contoh webtoon yang diterjemahkan (Urban Digital)
Contoh webtoon yang diterjemahkan. (Urban Digital)

Translator biasanya menerima berbagai macam projek terjemahan, seperti webtoon, manga, film, dan lain sebagainya. Gaji yang diterima juga berbeda tergantung projeknya.

1. Gaji translator webtoon

Webtoon merupakan aplikasi atau web yang disediakan untuk mengunggah sebuah cerita komik. Kebanyak author webtoon berasal dari Jepang atau Korea. Gaji yang diterima berkisar antara Rp. 4.500.000 – 7.000.000.

2. Gaji translator manga

Manga merupakan cerita komik yang berasal dari Jepang. Cerita manga bisa ditemukan di aplikasi, website, maupun komik fisik. Gaji yang diterima translator manga berkisar Rp. 3.000 per halaman.

3. Gaji translator film

Translator film juga biasa disebut dengan editor subtittling. Pekerjaan ini juga termasuk pekerjaan yang menggiurkan mengingat banyaknya film asing yang dinikmati di dalam negeri. Gaji karyawan tetap berkisar antara Rp. 3.000.000 – 5.000.000. Sedangkan untuk pekerjaan freelance bisa mencapai angka Rp. 10.000.000.

Gaji Translator Freelance

Profesi ini juga bisa Anda geluti tanpa harus tergabung di perusahaan, bahkan kebanyakan translator memilih untuk bekerja lepas. Alasannya lebih fleksibel dan dapat menerima gaji lebih besar.

Translator freelance bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 6.000.000 – 10.000.000 dalam sekali proyek. Sangat menggiurkan, bukan?

Skill yang Dibutuhkan

Seorang translator sedang bekerja (Glints)
Seorang translator sedang bekerja. (Glints)

Tak hanya kemampuan berbahasa, seorang translator juga perlu memiliki skill di bawah ini. Apa sajakah itu?

1. Kemampuan memahami dengan baik

Seorang translator perlu memahami teks dengan baik sebab ada beberapa teks yang terjemahannya memiliki alur dan konsep tersendiri. Jadi Anda perlu memahami apa yang dimaksud teks aslinya untuk menerjemahkan dengan baik.

Baca juga:  Gaji Part Time Superindo per Jam dan Posisinya

2. Kemampuan menulis

Setelah memahami teks asli, Anda harus menginterpretasikannya ke bahasa yang berbeda. Ada kalanya apa yang dimaksud dalam teks asli memiliki makna yang berbeda dari bahasa terjemahan. Jadi sebagai translator, tugasnya adalah menuliskan kembali dengan tepat.

3. Memahami budaya

Pemahaman terhadap budaya setempat sangat penting bagi seorang translator. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanyak kesalahan dalam menerjemahkan. Untuk meningkatkan pemahaman terkait budaya, Anda bisa membaca buku, internet, majalah, berita, ensiklopedia, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai gaji translator dari berbagai bahasa. Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti mengetahui cerita dari webtoon, manga, dan film terlebih dahulu atau bisa bekerja secara fleksibel.

Bagikan:

Tinggalkan komentar