E-Wallet Adalah : Manfaat, Kelebihan, dan Aplikasi

Salah satu dampak kemajuan teknologi yang bisa dirasakan masyarakat adalah mudahnya pembayaran. Saat ini masyarakat tidak perlu membawa uang tunai untuk berbelanja karena ada E-Wallet. Apa itu E-Wallet? Singkatnya, E-Wallet adalah dompet elektronik yang berguna untuk menyimpan uang secara digital.

Dengan adanya E-Wallet, masyarakat bisa melakukan pembayaran baik berbelanja maupun tagihan. Nah, pada artikel ini akan dibahas lebih mendalam tentang apa itu E-Wallet, manfaat, dan aplikasinya.

E-Wallet Adalah

e-wallet adalah
Ilustrasi penggunaan E-Wallet.

Sebelumnya telah disinggung sedikit tentang pengertian e-Wallet. Namun pada bagian ini, Anda akan diberikan penjelasan yang lebih lengkap. E-Wallet adalah suatu layanan digital yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan uang dan dapat digunakan sebagai instrumen pembayaran.

Saat ini, e-Wallet tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi online, namun juga transaksi offline. Misalnya saja saat Anda ingin membeli makanan di sebuah kedai makan, Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan uang yang ada di e-Wallet. Anda hanya perlu menggunakan QR Code yang tersedia di e-Wallet tersebut.

Dengan adanya layanan ini, tentunya Anda akan mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi. Apalagi ada berbagai promo dan diskon yang bisa Anda peroleh saat menggunakan layanan ini. Jadi tidak ada salahnya menyebut e-wallet adalah dompet digital dengan banyak keuntungan.

Manfaat E-Wallet

e-wallet adalah

Tak hanya berfungsi sebagai penyimpan uang, E-Wallet juga memiliki berbagai manfaat lainnya untuk pengguna. Apa saja manfaat E-Wallet? Berikut ini penjelasan lebih rincinya, yaitu :

1. Transaksi online dan offline

E-Wallet adalah layanan dompet digital yang manfaat utamanya membayar transaksi online dan offline. Transaksi online seperti pembelian barang di e-commerce lebih mudah dibayar menggunakan e-Wallet. Sebab semua e-commerce telah terintegrasi satu sama lain dengan dompet elektronik ini.

Sedangkan transaksi offline juga sudah bisa melakukan pembayaran menggunakan e-Wallet. Pengguna hanya perlu scan QR Code yang disediakan penjual, maka pembayaran pun sudah terlaksana.

2. Transfer

Saat ini transfer dana tidak perlu menggunakan bank lagi. Anda bisa melakukan transfer dana dengan layanan e-Wallet. Proses transfer dana ini pun bisa dilakukan antar e-wallet maupun rekening bank.

Baca juga:  11 Cara Mendapatkan Gaji dari Youtube yang Perlu Diketahui

3. Pembayaran tagihan

Banyak e-wallet yang telah bekerja sama dengan pemerintah. Jadi jika Anda ingin melakukan pembayaran tagihan PLN, PDAM, Pajak, Pajak Kendaraan, dan lainnya, Anda tidak perlu datang ke kantor terkait.

4. Pembelian pulsa/ paket data

Selain terintegrasi dengan pemerintah, e-wallet juga sudah terintegrasi dengan provider telekomunikasi. Jadi Anda bisa membeli pulsa atau paket data dengan mudah asal saldo e-wallet mencukupi.  

Aplikasi E-Wallet Populer di Indonesia

Logo beberapa aplikasi E-Wallet. (Wananow)
Logo beberapa aplikasi E-Wallet.

Di Indonesia, ada berbagai macam aplikasi e-wallet yang bisa Anda gunakan dan memberikan berbagai manfaat.

1. OVO

Aplikasi E-wallet populer yang pertama adalah OVO. Dompet digital yang berdiri tahun 2017 ini telah menguasai lebih dari 70% area belanja di Indonesia, mulai dari supermarket, minimarket, cafe, bioskop, hingga kedai makanan. Ovo memberikan reward berupa Ovo Point kepada para penggunanya jika melakukan transaksi di merchant Ovo. Berikut Cara Mencairkan OVO Point ke Rekening.

2. GoPay

GoPay merupakan e-wallet yang dikelola oleh salah satu aplikasi transportasi, Gojek. Pada awalnya dompet digital ini hanya digunakan untuk transaksi di Gojek saja. Akan tetapi, saat ini Dompet digital ini juga mulai bertransformasi dan sudah digunakan untuk berbagai transaksi di luar Gojek. Gopay juga memiliki layanan bayar nanti yang dikenal sebagai Gopay Paylater. Dengan layanan ini pengguna dapat melakukan transaksi sekarang dan membayarnya bulan depan.

3. DANA

Kehadiran DANA yang dimulai sejak tahun 2018 ini telah mampu bersaing dengan e-wallet lainnya. Hingga saat ini, DANA telah berhasil menduduki peringkat tiga besar e-wallet yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Cara Aktifkan DANA Paylater

4. LinkAja

LinkAja merupakan dompet digital yang dikelola oleh beberapa perusahaan di Indonesia yakni Telkomsel, HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara), dan Pertamina. Dompet digital ini berhasil berada di posisi keempat sebagai e-wallet dengan pengguna terbanyak di tahun 2019.

Baca juga:  12 Prospek Kerja Ekonomi Syariah dan Perkiraan Gajinya

5. Jenius

Jenius merupakan layanan dompet digital yang dikeluarkan oleh Bank BTPN. Produk ini memiliki berbagai fitur seperti Save It, Pay Me, Send It, Split Bill, dan eCard. Fitur-fitur ini akan membantu Anda memudahkan pengaturan keuangan dalam satu aplikasi.

6. Sakuku

Sakuku adalah produk yang dikeluarkan oleh Bank Central Asia (BCA). Dompet digital ini cenderung digunakan untuk pembayaran gaji karyawan BCA. Sakuku dibagi menjadi dua jenis yaitu Sakuku dan Sakuku Plus.

7. iSaku

Tak hanya lembaga perbankan yang mengeluarkan e-wallet, namun juga minimarket seperti indomaret. Dompet digital ini dapat digunakan untuk pembayaran transaksi di Merchant, transfer, tarik tunai, dan pembayaran tagihan.

Kelebihan E-Wallet

E-Wallet adalah dompet digital yang dilengkapi beberapa kelebihan dibandingkan dengan uang tunai, diantaranya adalah :  

1. Transaksi lebih cepat

Apabila dibandingkan dengan uang tunai, transaksi menggunakan e-wallet jauh lebih cepat. Anda hanya perlu memindai barcode yang disediakan oleh penjual. Selain itu, Anda tidak perlu menunggu uang kembalian di setiap transaksi.

2. Terhindar dari uang palsu

Uang palsu menjadi masalah dalam penggunaan uang tunai. Akan tetapi, transaksi menggunakan akan lebih aman karena diperlukan verifikasi data dan identitas yang benar. Bahkan pengguna bisa mengaktifkan fitur keamana seperti sidik jari, verifikasi PIN, atau pemindaian wajah.

3. Tersedia riwayat transaksi

Kelebihan lainnya yang dimiliki e-wallet adalah memiliki riwayat transaksi. Dengan adanya riwayat transaksi, Anda bisa memantau keuanganmu setiap saat dengan mudah dan jelas. Apalagi riwayat transaksi ditampilkan dengan jelas dan detail.

4. Bisa digunakan kapan saja

E-wallet dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Bahkan saat Anda tidak berada di toko penjual, Anda masih melakukan pembayaran. Tentu saja, asalkan Anda memiliki saldo dan internet yang lancar.

Perbedaan E-Wallet dan E-Money

Banyak orang yang menganggap e-wallet adalah e-money, begitupula sebaliknya. Padahal keduanya jelas berbeda. Nah, apa saja perbedaan e-wallet dan e-money?

1. Server Based vs Chip Based

E-Wallet adalah dompet digital yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang berbasis aplikasi, sehingga dibutuhkan peran sebuah server. Oleh karena itu, e-wallet memiliki sifat server-based.

Baca juga:  Cara Membuat Neraca Saldo (NS) Dalam Siklus Akuntansi

Akan tetapi, berbeda dengan e-money yang berbasis chip yang ada di sebuah kartu. Kartu e-money tersebut diterbitkan oleh pihak penyedia.

2. Limit saldo

E-wallet menawarkan saldo yang lebih besar yakni Rp10.000.000, sementara rata-rata limit saldo e-money adalah Rp2.000.000.

3. Tingkat keamanan

Dari segi keamanan, e-wallet memiliki perlindungan fitur keamanan seperti multi factor authentication yang terdiri dari password, email, kode OTP, nomor telepon, dan lainnya. Fitur ini digunakan untuk membuka aplikasi dan saat melakukan pembayaran.

Sementara e-money hanya menggunakan password tanpa verifikasi lainnya. Apalagi jika kartu hilang, maka saldo juga kemungkinan bisa hilang.

4. Cara Top Up

Pengisian saldo e-wallet lebih bervariatif dari pada e-money. Saldo e-wallet dapat diisi melalui transfer bank, merchant, dan transfer antar e-wallet. Sedangkan e-money hanya bisa diisi dari penyedia layanan.

5. Registrasi

E-wallet adalah dompet digital yang memerlukan data diri lengkap untuk proses registrasinya. Sedangkan e-money terkadang tidak menuntut penggunanya melakukan registrasi.

E-Wallet Prakerja

Apabila Anda adalah peserta kartu Prakerja, maka e-wallet adalah hal yang wajib Anda miliki. Kenapa? Sebab untuk pencairan bantuan kartu Prakerja akan disalurkan melalui e-Wallet yang telah bekerja sama dengan program ini.

Lalu e-wallet apa yang harus dimiliki? Kartu Prakerja telah bekerja sama dengan beberapa e-wallet untuk pencairan dana, diantaranya adalah LinkAja, OVO, DANA, dan GoPay. Jadi, untuk mempermudah proses pencairan dana, Anda bisa memiliki salah satu dompet digital tersebut.

E-Wallet adalah layanan yang wajib Anda gunakan untuk mempermudah pembayaran. Apalagi manfaat dan kelebihan yang dimiliki akan membantu Anda mendapatkan pengalaman berbelanja dengan cepat, aman, dan mudah.

Bagikan:

Tinggalkan komentar