Perbedaan myBCA dan BCA Mobile, Aplikasi Banking BCA

Memahami perbedaan myBCA dan BCA Mobile bisa jadi salah satu cara bagi nasabah dalam memanfaatkan semua layanan perbankan digital yang ditawarkan oleh Bank Central Asia (BCA).

Artikel ini ditulis untuk menjelaskan perbedaan myBCA dan BCA Mobile, sehingga dapat memberikan wawasan tentang bagaimana masing-masing platform beroperasi dalam melayani berbagai kebutuhan perbankan secara digital.

Di Indonesia, Bank BCA telah memimpin transformasi dunia perbankan melalui dua produk unggulannya, yaitu myBCA dan BCA Mobile. myBCA dan BCA Mobile terus berkembang sebagai produk digital banking yang sangat digemari di Indonesia.

Sejalan dengan pertumbuhan tren digital di Indonesia, kedua platform ini menawarkan kemudahan dan kecanggihan dalam layanan perbankan, namun dengan karakteristik dan fitur yang berbeda.

Mari kita bahas lebih detail perbedaan myBCA dan BCA Mobile untuk memberikan wawasan baru kepada Anda. Dari aspek layanan yang ditawarkan, kemudahan dalam penggunaan, hingga kendala yang sering pengguna alami.

Fitur myBCA

Fitur myBCA

myBCA adalah platform digital dari Bank BCA yang membantu nasabahnya agar dapat mengakses seluruh informasi rekening yang dimilikinya dalam satu akun atau user ID. Berikut adalah beberapa fitur dari myBCA:

  • e-Deposito : Nasabah dapat membuka, melihat tenor, hingga mencairkan deposito secara online tanpa perlu ke ATM atau kantor cabang. Nasabah dapat memilih sendiri jangka waktu dan bunga deposito sesuai keinginan.
  • e-Statement : Pengguna dapat mengakses rekening koran secara elektronik melalui myBCA
  • Transaksional : Meliputi berbagai kegiatan transaksi seperti transfer antar rekening BCA, transfer antar bank, pembayaran tagihan, dan lain-lain.
  • Administrasi : Memudahkan pengguna dalam melakukan pengelolaan akun, seperti reset password BCA ID jika lupa.
  • Akses Semua Rekening : Dengan myBCA, nasabah dapat mengakses semua rekening BCA yang mereka miliki hanya dari satu aplikasi, sehingga memudahkan pengelolaan keuangan.
  • Impor Daftar Transfer : Fitur ini membantu pengguna untuk mengimpor daftar transfer dari BCA mobile atau KlikBCA ke daftar transfer di myBCA, agar tidak repot melakukan transfer berulang.
  • Login dengan Face ID atau Finger Scan : Akses masuk aplikasi melalui fitur biometrik, seperti sidik jari atau pengenalan wajah, tanpa perlu input manual password BCA ID.
Baca juga:  6 Sekuritas Terbaik di Indonesia Buat Investor dan Trader

Selain fitur-fitur tersebut, myBCA juga terus mengalami pengembangan dengan menambah layanan-layanan inovatif, seperti Welma dan fitur Paylater BCA.

Fitur BCA Mobile

Fitur BCA Mobile

BCA Mobile adalah aplikasi mobile banking dari Bank BCA yang membantu nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui smartphone. Berikut adalah beberapa fitur dari BCA Mobile:

  • m-Info : Membantu pengguna untuk memeriksa informasi saldo, rekening deposito, mutasi rekening, info reward BCA, dan info reksadana.
  • m-Transfer : Menyediakan opsi untuk transfer dana antar rekening BCA dan antar bank, serta pembayaran ke BCA Virtual Account.
  • m-Payment : Fitur ini mencakup pembayaran kartu kredit, telepon, handphone, asuransi, internet, publik/utilitas, dan pinjaman BCA.
  • m-Commerce : Memudahkan pembayaran listrik, pembelian voucher, dan transaksi lainnya.
  • Cardless : Fitur ini untuk menarik tunai tanpa perlu menggunakan kartu ATM.
  • m-Admin : Fitur administrasi untuk mengubah PIN, memblokir kartu ATM dan kartu kredit, mengatur limit, dan aktivasi kartu kredit
  • BCA Keyboard : Fitur yang membantu pengguna melakukan transaksi perbankan langsung dari keyboard smartphone tanpa perlu berganti aplikasi.
  • Flazz : Kartu prabayar yang dikeluarkan oleh BCA untuk berbagai transaksi yang memudahkan pengguna dengan sistem bayar non-tunai.
  • BagiBagi : Fitur ini memudahkan pengguna untuk berbagi dengan teman atau keluarga tanpa perlu memasukkan detail rekening, hanya dengan menggunakan nama pengguna atau nomor telepon penerima.
  • Lifestyle : Layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti: Pemesanan tiket pesawat, kereta, dan hotel. Pembelian voucher untuk shopping, games, dan streaming. Serta transportasi dan donasi.

BCA Mobile memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja melalui smartphone mereka. Aplikasi BCA Mobile tersedia di platform iOS dan Android.

Baca juga: Kode Referral BCA Mobile

Perbedaan myBCA dan BCA Mobile

Perbedaan myBCA dan BCA Mobile yang utama terletak pada desain dan fokusnya. BCA Mobile dirancang sebagai aplikasi mobile, sehingga lebih nyaman bagi nasabah yang lebih suka mengelola keuangan mereka di mana saja melalui layar handphone.

Di sisi lain, myBCA adalah platform berbasis web yang menyediakan layanan yang lebih beragam, termasuk layanan investasi dan deposito yang tidak tersedia di BCA Mobile. Berikut adalah perbedaan dalam hal penggunaanya.  

Aksesbilitas

BCA Mobile hanya dapat diakses melalui smartphone menggunakan satu rekening.

Baca juga:  3 Cara Menonaktifkan Shopee Paylater di Shopee

Sedangkan myBCA dapat diakses melalui smartphone dan melalui website di desktop, serta dapat mengakses seluruh informasi rekening BCA yang dimiliki nasabah hanya dengan menggunakan satu user ID.  

Namun, untuk melakukan transaksi finansial melalui website myBCA, dibutuhkan koneksi token KeyBCA. Mengkoneksikan token KeyBCA dapat dilakukan melalui menu Pengaturan atau kunjungi kantor cabang BCA terdekat. 

Keamanan

Dari sisi keamanan, kedua platform ini tergolong cukup tangguh, meski sempat heboh isu jual jasa bobol rekening di media sosial pada tahun lalu.

Untuk transaksi finansial di aplikasi BCA Mobile, nasabah harus memasukkan 6 Kode Akses yang berupa kombinasi huruf dan angka untuk Login dan 7 digit PIN yang boleh sama dengan PIN ATM nasabah.

Sama dengan BCA Mobile, Untuk Login di aplikasi myBCA pada versi website maupun mobile dibutuhkan password yang berupa kombinasi angka dan huruf.

One Time Password (OTP) dikirim melalui email atau SMS sebagai verifikasi tambahan untuk transaksi tertentu dan penggunaan Token KeyBCA untuk transaksi finansial. Platform ini juga menawarkan fitur biometrik untuk keamanan tambahan.

Tidak ada perbedaan myBCA dan BCA Mobile jika pengguna salah memasukkan kode akses hingga 3 kali berturut-turut. Hal tersebut membuat myBCA dan BCA Mobile tidak dapat diakses.

Target Pengguna

Meskipun keduanya dirancang untuk memberikan layanan perbankan digital yang nyaman dan aman, myBCA dan BCA Mobile memiliki pengguna yang berbeda, yang sebagian besar didasarkan pada cara penggunaan dan fitur yang ditawarkan.

myBCA banyak digunakan pada nasabah BCA yang lebih nyaman menggunakan layar yang lebih besar, seperti tablet, komputer atau laptop untuk transaksi perbankan online.

Oleh karena itu, myBCA ditargetkan untuk nasabah BCA yang menginginkan kemudahan transaksi di seluruh portofolio perbankan BCA dan mengelola seluruh informasi rekening serta produk perbankan mereka secara digital melalui satu aplikasi.

BCA Mobile ditargetkan untuk nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi perbankan harian secara digital melalui aplikasi mobile.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Top Brand Award, pengguna BCA Mobile sangat beragam, mulai dari usia 15 hingga 65 tahun yang lebih nyaman dengan teknologi mobile untuk transaksi sehari-hari yang cepat dan sederhana.

Baca juga:  Review BCA Paylater, Layanan Paylater BCA Bunga 0 Persen

Namun, dalam praktiknya perbedaan target pengguna ini tidak selalu kaku. Banyak juga pengguna yang menggunakan kedua platform tersebut tergantung situasi dan kebutuhan spesifik mereka.

Perbedaan Batasan Operasional myBCA dan BCA Mobile

Berikut ini beberapa perbedaan kendala serta batasan teknis operasional antara myBCA dan BCA Mobile yang kerap kali dialami oleh pengguna.

myBCABCA Mobile
Sering mengalami error atau gangguan teknis.Jika nasabah mengganti ponsel, proses instalasi BCA Mobile di ponsel baru tidak mudah. Proses verifikasinya rumit.
Memerlukan koneksi internet yang stabil untuk mengakses layanan.Efektivitas penggunaan tergantung pada kualitas koneksi internet.
Fitur setor dan tarik tunai tanpa kartu ATM tidak tersedia.Terdapat pembatasan dalam menampilkan detail saldo dan mutasi rekening.
Fungsi untuk memeriksa saldo atau mengisi ulang Flazz BCA tidak disediakan dalam aplikasi.Tampilan aplikasi dianggap kurang modern.
Aktivasi layanan harus dilakukan di kantor cabang BCA.  Pemeliharaan sistem dilakukan secara rutin, sehingga mengganggu penggunaan.
 –Data mutasi rekening hanya dapat ditampilkan dan tidak mendukung impor daftar transfer dari myBCA.

Integrasi dan pengembangan myBCA dan BCA Mobile

Integrasi dan pengembangan masa depan myBCA dan BCA Mobile saat ini menjadi fokus utama bagi Bank BCA.

BCA telah mengumumkan bahwa implementasi BI Fast Payment dengan harga terjangkau sedang dilakukan secara bertahap, dimulai dari platform myBCA, disusul dengan platform lainnya seperti KlikBCA, BCA Mobile, dan ATM.

BCA juga akan terus mengembangkan fitur-fitur yang tersedia pada BCA Mobile dan myBCA agar dapat saling melengkapi, terutama bagi nasabah yang sudah terbiasa dengan gaya hidup dan tren digital, seperti layanan pembukaan rekening secara online.

Melansir dari laman informasi bca.co.id, beberapa fitur yang akan ditambahkan pada myBCA dan BCA Mobile dalam masa depan meliputi:

  • Integrasi BI Fast Payment, mencakup penurunan biaya layanan transfer antar bank
  • Peningkatan fitur deposit, termasuk deposit tunai ke rekening BCA dan deposit di gerai Mini ATM
  • Pengembangan fitur transaksional, seperti transfer dana, pembayaran tagihan, dan pembelian produk
  • Pengoptimalan layanan digital, termasuk pilihan jenis investasi yang semakin beragam

Meskipun terdapat perbedaan dan kekurangan antara keduanya, myBCA dan BCA Mobile tetap dapat saling melengkapi untuk mendukung transaksi digital.

Jika Anda membutuhkan fitur yang lengkap, seperti membuka deposito dan investasi, myBCA adalah pilihan yang tepat. Jika Anda lebih menyukai tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, maka BCA Mobile cocok untuk Anda.

Jadi, pilihan antara myBCA dan BCA Mobile tergantung pada kebutuhan transaksi perbankan Anda, seperti jumlah rekening yang ingin diakses dan jenis transaksi yang sering Anda lakukan.

Semoga ulasan perbedaan myBCA dan BCA Mobile ini dapat membantu Anda dalam memaksimalkan penggunaan dari kedua platform tersebut.

Bagikan:

Tinggalkan komentar