Cara Aktifkan DANA Paylater untuk Pengguna Baru

Fitur paylater sedang menjadi tren akhir – akhir ini. Banyak aplikasi yang berbondong – bondong menggunakan fitur ini sperti Shopee dengan Shopee Paylater, Lazada dengan Lazada Paylater, dan masih banyak lagi.

Tidak mau kalah, DANA juga meluncurkan fitur paylater yaitu DANA Paylater pada tahun 2023. DANA yang merupakan Layanan sistem pembayaran dengan bentuk dompet digital, uang elektronik, transfer dana, dan pembayaran PPOB.

Banyak orang penasaran dengan fitur baru yang diluncurkan oleh DANA ini. Maka dari itu, kali ini Tipkerja akan membahas tentang DANA Paylater berserta semua rinciannya seperti cara aktifkan DANA Paylater dan masih banyak lagi topik seputar DANA Paylater. Yuk simak informasinya!

Fitur DANA Paylater

Aplikasi DANA telah digunakan oleh jutaan orang sehingga kemungkinan besar fitur terbarunya yakni DANA Paylater diminati banyak orang. Lalu sebenarnya apa itu DANA Paylater?

DANA Paylater adalah fitur terbaru yang diluncurkan oleh DANA yang bekerja sama dengan mitra yang ditunjuk oleh EDIK yakni Akulaku yang memungkinkan pengguna DANA untuk membeli produk dengan pembayaran secara angsuran.

Fitur DANA Paylater hanya dapat diakses dan digunakan oleh pengguna dengan akun premium DANA.

Namun tidak semua pengguna dengan akun premium dapat menggunakannya karena pengguna harus mengajukan terlebih dahulu permohonan DANA Paylater kepada DANA dan nantinya akan dapat disetujui ataupun ditolak.

DANA Paylater memungkinkan pengguna membeli produk yag tersedia dengan pembayaran secara angsuran dengan tenor 30 hari hingga 12 bulan, lho!

Limit DANA Paylater

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengaktifkan DANA paylater, sebaiknya kita membahas terlebih dahulu limit DANA Paylater bagi penggunanya.

Limit yang diberikan oleh DANA sebagai limit DANA Paylater kepada setiap penggunanya berbeda – beda. Sebelum menteapkan limit yang akan diberikan kepada penggunanya, DANA akan terlebih dahulu melihat credit scoring dan risk profiling terhadap penggunanya.

DANA akan menilai profil peggunanya apakah permohonan akan fasilitas DANA Paylater yang diajukan oleh sang pengguna layak untuk disetujui atau tidak.

Baca juga:  4 Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Online Langsung Cair

DANA juga akan menganalisis riwayat kredit dari sang pengguna apakah selalu taat membayar pinjaman atau kredit, berapa banyak kredit yang masih harus ditanggung oleh pengguna, apakah pengguna sering menunggak pembayaran kredit dan hal lainnya yang berhubungan dengan riwayat transaksi pengguna.

Setelah menganalisis semua yang dibutuhkan maka pihak DANA akan memuuskan berapa besar limit DANA Paylater yang layak diberikan kepada pengguna tersebut data – data yang diserahkan oleh pengguna. Limit paylater yang disediakan berkisar antara Rp500.000 hingga Rp10.000.000.

Bunga DANA Paylater

Sebelum beralih ke pembahasan cara mengaktifkan DANA Paylater, kamu harus tahu terlebih dahulu berapa bunga yang dikenakan dari penggunaan DANA Paylater.

Namun jangan sedih karena selama satu bulan pertama bunga yang harus dibayar oleh pengguna DANA Paylater adalah sebesar 0% alias bebas bunga.

Pengguna hanya perlu membayar biaya transaksi dari pembelian produk saja dan tidak dikenakan bunga selama satu bulan. Sangat menarik, bukan?

DANA Paylater memang sangat cocok dijadikan pilihan jika kamu ingin menggunakan fitur Paylater karena keuntungan – keuntungan yang diberikan, termasuk bungan 0% selama 1 bulan ini!

Baca juga: Cara Mencairkan DANA Paylater ke Rekening

Syarat Mengaktifkan DANA Paylater

Setelah mengetahui tentang seluk beluk DANA dan fiturnya yakni DANA Paylater, sekarang saatnya kita membahas tentang cara mengaktifkan DANA Paylater.

Ada beberapa syarat untuk mengaktifkan DANA Paylater yang harus dipenuhi oleh pengguna agar proses aktivasi fitur DANA Paylater berjalan lancar yaitu sebagai berikut :

  1. Memiliki akun DANA yang sudah diupgrade menjadi akun premium dan sudah terverifikasi
  2. Sering bertransaksi menggunakan DANA
  3. Nomor HP yang didaftarkan di akun DANA masih aktif dan dapat dihubungi
  4. Kontak darurat yang dapat dihubungi
  5. Memiliki KTP dan berusia 21 Tahun keatas
  6. Berpendapatan tetap setiap bulannya
  7. Foto selfie yang digunakan untuk proses identifikasi
  8. Koneksi internet yang stabil selama proses aktivasi berlangsung.

Sebaiknya seluruh persyaratan tersebut telah dipersiapkan terlebih dahulu sebelum kamu memulai proses aktivasi agar proses aktivasi berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Cara Aktifkan DANA Paylater

Sekarang saatnya kita masuk ke pembahasan utama yakni cara aktifkan DANA Paylater. Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pengguna yang ingin aktifkan fitur DANA Paylaternya yaitu apakah cara aktifkan DANA Paylater mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama?

Baca juga:  14 Penyedia Kredit HP Syarat Cukup KTP Tanpa DP
Cara Aktifkan DANA Paylater

Jawabannya adalah iya, untuk aktifkan fitur DANA Paylater tidak membutuhkan waktu yang lama dan prosesnya pun sangat mudah. Berikut cara aktifkan DANA Paylater :

  1. Buka aplikasi DANA : Pastikan aplikasi DANA di ponsel kamu seudah terupdate ke versi terbaru. Jika belum, segera update aplikasi DANA kamu di Playstore bagi pengguna android dan di App Store bagi pengguna IOS.
  2. Pastikan akun DANA sudah Premium : Setelah berhasil masuk ke akun kamu yang sudah terverifikasi dan diupgrade menjadi akun premium, pilih profil yang berada di bagian pojok kanan bawah.
  3. Cari Menu DANA Paylater : Di bagian profil, scroll ke bawah lalu cari dan pilih menu paylater.
  4. Setujui Syarat dan Ketentuan DANA Paylater : Saat membuka menu paylater maka akan langsung muncul halaman yang berisi syarat dan ketentuan DANA Paylater. Baca dengan saksama kemudian setujui syarat dan ketentuan tersebut dengan cara checklist kotak kecil yang berada di bawah, lalu klik lanjutkan.
  5. Lengkapi Form Data Diri : Akan muncul form yang harus kamu isi data diri secara lengkap. Pastikan mengisi data diri kamu sesuai dengan kolom yang tersedia dan dengan benar. Setelah selesai mengisi data diri secara lengkap, klik berikutnya.
  6. Isi Kontak Darurat : Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi kontak darurat. Pilih hubungan kemudian tuliskan nomor kotak darurat kamu yang dapat dihubungi, lalu klik berikutnya.
  7. Isi Informasi Pekerjaan : Di tahap selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi data pekerjaan seperti bidang bisnis, pendapatan, hingga alamat. Jika sudah diisi, klik berikutnya.
  8. Foto Sefie dengan KTP : Di tahap terakhir ini kalian diminta untuk mengambil foto selfie saambil memegang kartu identitas. Ambillah foto selfie dengan jelas, pastikan kualitas foto jernih dan cukup cahaya agar tidak blur supaya proses aktivasi berhasil. Setelah mengambil foto yang jernih, klik submit.
  9. Submit, dan masukan PIN DANA : Setelah menekan tombol submit, kamu akan diminta untuk memasukkan pin DANA kamu. Silahkan masukkan pin DANA kamu dengan benar dan akan muncul halaman yang menyatakan bahwa proses pendaftaran berhasil dan akan ada SMS masuk ke nomor HP kamu yang terdaftar di akun DANA.
  10. Tunggu Hingga Layanan Paylater aktif : Tunggu sebentar dan proses aktivasi DANA pun berhasil dan akan muncul limit yang diberikan buat kamu. Biasanya memerlukan 1-2 hari kerja untuk memproses pengajuan paylater.
Baca juga:  Pengalaman Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Begitulah cara aktifkan DANA Paylater. Sangat simpel dan cepat, bukan?

Penyebab DANA Paylater Tidak Muncul di Aplikasi

Setelah mengetahui cara mengaktifkan DANA Paylater, salah satu kendala yang sering dialami oleh pengguna DANA yang ingin menggunakan fitur DANA paylater adalah fitur DANA Paylater yang tidak muncul.

Ada beberapa penyebab mengapa fitur ini tidak muncul di beberapa akun milik pengguna, seperti belum update aplikasi DANA ke versi terbaru dan belom mengupgrade akun DANA Premium.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan cek artikel penyebab dan mengatasi DANA Paylater tidak muncul ya!

Kelebihan dan Kekurangan DANA Paylater

Fitur DANA Paylater tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki oleh DANA Paylater adalah :

  • Dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak saat tidak ada dana tunai
  • Suku bunga yang dikenakan kepada pengguna rendah
  • Proses aktivasi tidak membutuhkan waku yang lama dan sangat mudah
  • Syarat yang diminta juga simpel
  • Banyak promo menarik yang ditawarkan oleh DANA setiap hari
  • Bisa mengajukan untuk menaikkan limit
  • Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK
  • Tenor cicilan yang beragam
  • proses transaksi sangat mudah dan cepat.

Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, DANA Paylater juga memiliki kekurangan sebagai berikut :

  • Hanya pengguna terpilih saja yang dapat menggunakan fitur ini
  • Tidak semua akun mendapat undangan untuk menggunakan DANA Paylater.

Cara mengaktifkan DANA Paylater dapat dikatakan mudah dan cepat. Selain karena memang tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses aktivasinya, syarat yang diminta pun sangat sederhana.

Fitur DANA Paylater juga menawarkan banyak sekali keuntungan – keuntungan yang dapat diterima oleh penggunanya. Maka DANA Paylater ini bisa jadi rekomendasi untuk kamu yang ingin menggunakan fitur Paylater. Semoga artikel cara mengaktifkan DANA Paylater ini bermanfaat ya!

Bagikan: