Cara Aktifkan Blibli Paylater 2022 : Syarat, Limit dan Bunga

Blibli mengeluarkan layanan paylater untuk mempermudah pengguna membeli barang. Layanan ini dapat Anda gunakan jika sudah memenuhi beberapa syarat. Setelah syarat terpenuhi Anda bisa melakukan beberapa cara aktifkan Blibli Paylater yang akan dijelaskan di bawah ini.

Paylater yang disediakan oleh Blibli ini memiliki sistem yang hampir sama dengan paylater dari e-commerce lainnya. Seperti memiliki limit dan biaya administrasi. Nah, supaya Anda bisa memahami tentang Blibli Paylater lebih dalam, mari simak penjelasannya.

Apa itu Blibli Paylater

cara aktifkan blibli paylater

Blibli berkolaborasi dengan platform pinjaman online Indodana untuk menghadirkan Blibli PayLater.

Blibli PayLater merupakan salah satu alternatif metode pembayaran pascabayar atau post-paid yang ditawarkan untuk user di Blibli. PayLater dapat kamu pakai untuk bertransaksi di bebrapa produk pilihan di Blibli dan proses pembayarannya dapat kamu bayarkan 30 hari setelah transaksi berhasil.

PayLater dapat digunakan di situs Blibli dan aplikasi Blibli di iOS versi 12 ke atas dan di Android versi 5.0 (Lollipop) ke atas.

Syarat Blibli Paylater

Sebelum Anda mengetahui cara aktifkan Blibli Paylater, Anda harus memenuhi beberapa syarat pengajuan. Syarat Blibli paylater terdiri dari :

  1. Berusia minimal 20 tahun dan maksimal 65 tahun.
  2. Memiliki kartu identitas (KTP).
  3. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp3.500.000.
  4. Telah bekerja selama minimal 3 bulan.
  5. Memiliki rekening atas nama pribadi dan telah dimiliki selama 3 bulan ke atas.
  6. Berada di wilayah operasional Blibli.

Pastikan syarat-syarat di atas dan dokumen yang dapat membuktikan syarat tersebut adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebab jika ada kesalahan dokumen maka pengajuan aktifkan Blibli Paylater akan ditolak.

Baca juga:  15 Cara Mencairkan Blibli PayLater tanpa Aplikasi Tambahan

Limit Blibli Paylater

Blibli Paylater memiliki limit maksimal Rp8.000.000. Limit ini diberikan kepada pengguna dengan nominal yang berbeda-beda. Hal ini sesuai dengan riwayat paylater masing-masing pengguna. Jika pelunasan lancar dan sering menggunakan paylater ini maka limit akan meningkat dengan sendirinya.

Limit Paylater ini akan berkurang ketika Anda menggunakannya untuk bertransaksi. Kemudian pemakaian limit ini akan masuk ke dalam tagihan yang harus Anda lunasi. Setelah melunasi ini maka limit kembali seperti semula atau bisa bertambah.

Biaya Blibli Paylater

Blibli Paylater tidak akan membebankan biaya untuk pembayaran tagihan paylater. Akan tetapi, pengguna akan dikenakan biaya administrasi untuk per transaksinya.

Bagi Anda yang menggunakan paylater biasa atau dengan tenor 30 hari setelah transaksi. Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar 2% per transaksi.

Sementara bagi Anda yang ingin menggunakan paylater dengan tenor lebih lama yakni 3, 6, dan 12 bulan. Anda akan dikenakan biaya adminisrasi sebanyak 3% per transaksi. Biaya ini akan dibebankan per bulannya hingga jatuh tempo berakhir dan Anda berhasil melunasinya.

Cara Aktifkan Blibli Paylater

Blibli memberikan kemudahan bagi penggunanya yang ingin mengaktifkan fitur paylater. Ini terbukti dari cara aktifkan Blibli Paylater yang sangat mudah dan cepat.

1. Pilih Paylater

Cara Aktifkan Blibli Paylater

Setelah Anda membuka aplikasi Blibli, pada tampilan beranda pilih Paylater di bawah poster promo.

2. Klik Aktifkan PayLater

Cara Aktifkan Blibli Paylater

Selanjutnya Anda akan melihat tampilan Paylater yang berisi penjelasan biaya dan limit. Pada bagian bawah akan ada menu Aktifkan PayLater, klik menu tersebut.

3. Isi Data diri

Cara Aktifkan Blibli Paylater

Anda harus mengisi informasi data diri sesuai dengan KTP. Setelah semua data diri terisi, klik Lanjutkan.

4. Isi Pekerjaan

Cara Aktifkan Blibli Paylater

Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi form jenis pekerjaan, penghasilan, dan informasi lainnya yang berkaitan tentang pekerjaan Anda. Jika sudah selesai, klik menu Lanjutkan.

Baca juga:  Cara Aktifkan DANA Paylater dengan Cepat dan Mudah

5. Upload Dokumen data diri

Cara Aktifkan Blibli Paylater

Pada tahap isi data ketiga, Anda harus mengunggah foto KTP dan selfie dengan KTP. Upayakan untuk mengambil foto dengan jelas agar pengajuan Anda segera diproses. Selanjutnya klik Lanjutkan.

6. Klik Kirim Pengajuan

Cara Aktifkan Blibli Paylater

Cara aktifkan Blibli Paylater yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa data diri, pekerjaan, dan dokumen sudah terceklist. Jika sudah, klik Kirim Pengajuan.

Setelah mengikuti cara aktifkan Blibli Paylater di atas, Anda dapat menunggu hingga proses pengajuan disetujui. Jika sudah disetujui, limit paylater akan muncul nominalnya.

Baca juga:

Berapa Lama Proses Pengajuan Blibli Paylater

Proses pengajuan untuk mengaktifkan Blibli Paylater tidak memiliki waktu yang pasti. Beberapa kasus dapat lebih cepat karena dokumen yang diberikan jelas dan sesuai. Sementara untuk proses pengajuan yang lama karena dokumen tidak jelas.

Namun Anda dapat menunggu proses pengajuan sekitar 2 minggu hingga 1 bulan. Jika dalam waktu menunggu tersebut dan Anda telah mengikuti cara aktifkan Blibli Paylater di atas. Anda dapat menghubungi customer service Blibli untuk menanyakan kelanjutan dari pengajuan Anda.

Kenapa Blibli Paylater Ditolak?

Apabila Anda telah mengikuti beberapa langkah di atas, namun Blibli Paylater masih tidak bisa digunakan. Itu artinya pengajuan Blibli Paylater Anda ditolak. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Blibli Paylater ditolak bahkan setelah melakukan cara aktifkan Blibli Paylater dengan benar, yaitu :

1. Dokumen tidak jelas atau salah

Pada saat Anda ingin mengaktifkan fitur Blibli ini, Anda diminta untuk mengupload beberapa dokumen, bukan? Penolakan pengajuan bisa terjadi karena dokumen tersebut tidak jelas/ buram, kadaluwarsa, atau salah.

Baca juga:  6 Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal dan Resikonya

2. Ketidakcocokan dokumen

Selain diminta untuk mengupload beberapa dokumen, Anda juga diminta untuk mengisi identitas diri. Blibli Paylater Anda dapat ditolak apabila identitas diri atau keterangan dokumen yang Anda isi tidak sesuai dengan dokumen yang terlampir.

3. Nomor kontak referensi salah

Nomor kontak referensi ini juga sama pentingnya dengan dokumen lainnya. Jadi Anda tidak boleh menyepelekannya dengan mengisi menggunakan nomor yang salah atau tidak bisa dijangkau.

Penutup

Cara aktifkan Blibli di atas cukup mudah untuk dilakukan asalkan persyaratan pengajuan tersebut sudah terpenuhi. Jika Anda belum yakin untuk mengaktifkan Blibli Paylater, Anda dapat menyimpan informasi ini untuk digunakan di kemudian hari.

Bagikan: