Limit Kredit Akulaku Tidak Bisa Digunakan? Ini Solusinya

Bagi pengguna Akulaku, istilah limit kredit bukan hal yang asing lagi. Limit kredit Akulaku menjadi batas maksimal pengajuan cicilan bagi pengguna. Lalu bagaimana jika limit kredit Akulaku tidak bisa digunakan?

Tentu ini akan berakibat pada pengajuan kredit. Jika limit kredit Akulaku tidak bisa digunakan, Anda tidak bisa menggunakan Akulaku untuk mengajukan cicilan atau kredit. Namun Anda tak perlu khawatir, di bawah ini akan dibahas penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Limit Akulaku Tidak Bisa Digunakan

limit kredit akulaku tidak bisa digunakan
Limit kredit Akulaku.

Limit Akulaku yang tidak bisa digunakan bukan terjadi secara mendadak. Jika mengalami hal seperti ini, Anda perlu mengetahui penyebabnya supaya bisa mengatasinya dengan benar. Oleh karena itu, berikut ini rincian penyebab limit kredit Akulaku tidak bisa digunakan yaitu :

1. Kredit point tidak mencukupi

Untuk menggunakan limit Akulaku, pengguna harus memiliki kredit poin yang mencukupi. Batas minimal kredit poinnya adalah sebesar 700 poin.

Apabila kredit poin Anda memang belum mencukupi, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menaikkan kredit poin dengan cara melengkapi profil. Lengkapi profil mulai dari dokumen data diri dan slip gaji karyawan.

2. Cicilan menunggak

Jika kredit poin Anda sudah mencapai batas minimal tapi limit kredit Akulaku tidak bisa digunakan. Bisa jadi penyebabnya adalah Anda memiliki cicilan menunggak. Hal tersebut akan menjadi pertimbangan pihak Akulaku untuk memberikan limit kredit kembali.

3. Pembelian barang di atas limit

Akulaku hanya menerima pengajuan kredit maksimal sebanyak limit kredit. Jadi sebelum Anda berbelanja, periksa terlebih dahulu jumlah limit kredit baru berbelanja. Sebaiknya Anda memilih barang dengan harga di bawah limit kredit.

Baca juga:  Besaran Bunga Akulaku 2022 : Tenor dan Denda Telat Bayar

Baca juga: Apakah Limit Kredit Akulaku Harus Dibayar Jika Tidak Digunakan?

4. Tidak membayar cicilan tepat waktu

Meskipun Anda sudah melunasi tagihan dan tidak memiliki tagihan lagi. Sebaiknya Anda menghindari kebiasaan membayar tagihan melebihi tenggang waktu yang diberikan. Sebab hal ini dapat mempengaruhi saldo limit kredit Anda. Bisa dibilang tindakan tidak membayar cicilan tepat waktu akan mengurangi kepercayaan pihak Akulaku pada Anda.

5. Harga Barang yang Dibeli Melebihi Limit

Alasan lain yang menyebabkan limit Akulaku tidak bisa digunakan adalah pembelian barang atau aktivitas transaksi melebihi jumlah limit yang dimiliki. Limit baru bisa digunakan untuk pembelian jika barang yang dimaksud memiliki harga di bawah limit Akulaku Anda. Apabila harganya di atas limit kredit, otomatis Anda tidak bisa menggunakannya.

Jadi, selalu pastikan tagihan Anda tidak lebih dari jumlah limit kredit yang dimiliki sebelum melakukan transaksi, ya!

6. Melanggar Kebijakan yang Ditetapkan Akulaku

Sudah memahami dan menjalankan ketiga faktor di atas namun limit kredit tetap tidak bisa digunakan? nah, bisa jadi Anda telah melanggar kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak Akulaku. Perlu Anda ingat kembali saat melakukan registrasi di awal Akulaku meminta Anda untuk memahami syarat dan ketentuan berlaku.

Jika Anda ketahuan melanggar salah satu atau lebih kebijakan yang telah tertulis tersebut maka Akulaku akan memberikan sanksi, termasuk limit Akulaku tidak bisa digunakan bahkan sampai memblokir akun jika pelanggaran yang dilakukan berat.

Limit Kredit Akulaku Pengguna Baru Tidak Bisa Digunakan

Situasi limit kredit Akulaku tidak bisa digunakan juga bisa dialami oleh pengguna baru. Alasan penyebabnya juga hampir sama dengan pengguna lama. Biasanya ini disebabkan oleh akun yang belum terverifikasi. Akun belum terverifikasi bisa disebabkan karena belum mengunggah KTP dan selfie bersama KTP.

Baca juga:  Tabel Angsuran BKK 2022: Bunga, Tenor, dan Jenis

Apabila sudah terverifikasi namun limit masih belum bisa digunakan. Penyebab lainnya adalah karena kredit poin masih belum mencapai jumlah kredit poin yang ditentukan.  

Baca juga: Cara Mencairkan Limit Akulaku

Cara Mengatasi Limit Akulaku Tidak Bisa Digunakan

Tampilan aplikasi Akulaku (Krediblog)
Screenshot Aplikasi Akulaku

Jangan panik saat Anda mengalami permasalahan limit Akulaku tidak bisa digunakan, karena pembahasan berikutnya adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sesuaikan saja solusi di bawah ini dengan penyebab mengapa limit Akulaku tidak bisa digunakan. Apa saja solusinya? Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Lunasi tunggakan

Supaya Anda bisa segera menggunakan limit kredit Akulaku, segera lunasi tunggakan meskipun sudah melewati tenggang waktu pelunasan. Untuk cicilan berikutnya, sebaiknya Anda membayar cicilan terpat waktu atau sebelum jatuh tempo.

2. Menaikkan kredit point

Apabila kredit point Anda berada di bawah angka 700, upayakan untuk meningkatkannya. Anda dapat melengkapi dokumen yang perlu diunggah seperti KTP dan slip gaji. Saat ingin mengunggahnya, pastikan dokumen tersebut terfoto dengan jelas dan tidak buram.

3. Bertransaksi tunai sebesar Rp200 ribu

Untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak Akulaku, Anda bisa melakukan transaksi tunai sebesar Rp200.000 di aplikasi Akulaku. Anda dapat bebas melakukan transaksi tunai seperti pembayaran listrik, pembelian pulsa/ paket data, ataupun pembelian token listrik.

4. Mengajukan pinjaman KTA Asetku

Jika Anda tidak bisa melakukan pengajuan pinjaman cicilan melalui aplikasi Akulaku secara langsung, Anda dapat memanfaatkan layanan pinjaman KTA Asetku. Layanan pinjaman ini dapat memberikan pinjaman secara tunai tanpa mempertimbangkan limit kredit.

KTA Asetku dapat memberikan pinjaman secara tunai dengan jumlah uang maksimal sebesar Rp3.000.000. Setelah itu, Anda bisa menggunakan pinjaman tunai tersebut untuk berbelanja.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Akulaku 2022: Bunga, Biaya, dan Tenor

Silahkan cek Tabel Pinjaman Akulaku untuk mengetahui bunga dan tenor pinjman.

5. Hubungi Customer Service Akulaku

Apabila keempat langkah di atas belum bisa membantu Anda mengatasi limit kredit Akulaku tidak bisa digunakan, Anda dapat menghubungi Customer Service. Untuk menghubungi CS di 1500290 atau Hotline Collection Akulaku di 021-24112009.

Selain itu, Anda bisa menghubungi Customer Service Akulaku melalui email di collection.indonesia@akulaku.com dan media sosial Akulaku. Jika Anda ingin menghubungi Customer Service sebaiknya hubungi saat jam operasional 08.00 – 21.00 WIB, supaya dapat direspon dengan cepat.

F.A.Q

Jika penjelasan di atas masih belum menjawab pertanyaan Anda, di bawah ini ada beberapa jawaban dari pertanyaan yang biasa dipertanyakan pengguna Akulaku.

Kenapa Akulaku tidak bisa kredit lagi?

Apabila Anda tidak bisa mengajukan kredit di Akulaku, penyebabnya karena limit cicilan kurang, kredit skor rendah, dan masih ada tunggakan.

Berapa lama Akun Akulaku dibekukan?

Tidak ada batasan yang jelas berapa lama akun Akulaku dibekukan, ini tergantung dari keadaan akun masing-masing. Jika Anda sering menunggak cicilan dan masih ada tunggakan, akun Akulaku akan dibekukan hingga Anda melunasinya.

Limit Akulaku tidak bisa digunakan apakah harus dibayar tagihannya?

Tentu, supaya limit Akulaku bisa digunakan kembali Anda harus membayar sisa tagihan yang dimiliki.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai limit kredit Akulaku tidak bisa digunakan. Apabila limit kredit sudah bisa digunakan, sebaiknya hindari beberapa penyebab limit kredit tidak bisa digunakan. Sebab jika hal ini terjadi secara terus menerus, akun Akulaku bisa dibekukan secara permanen.

Bagikan:

Tinggalkan komentar