Cara Gestun Akulaku Paylater Sendiri Langsung Cair

Akulaku merupakan plaform marketplace yang menyediakan jasa pinjaman dalam bentuk kredit. Meskipun begitu, limit Akulaku paylater tidak dapat ditarik secara tunai melalui aplikasi secara langsung.

Akulaku Paylater hanya bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant yang sudah bekerja sama dengan Akulaku.

Namun, beberapa pengguna ingin mencairkan limit Akulaku Paylater menjadi uang tunai untuk membayar keperluan lain. Salah satu cara untuk menguangkan limit paylater adalah dengan cara gestun atau gesek tunai.

Ada beberapa cara gestun Akulaku yang bisa dilakukan sendiri maupun menggunakan pihak ketiga atau menggunakan jasa gestun.

Syarat Gestun Akulaku

Sebelum membahas tentang cara gestun Akulaku lebih jauh lagi, Anda harus memahami beberapa syarat gestun Akulaku. Supaya gestun yang Anda lakukan bisa diproses dengan cepat dan baik.

  1. Pastikan saldo limit Akulaku cukup.
  2. Memiliki kemampuan untuk membayar angsuran per bulan. Gestun sama saja dengan melakukan pinjaman Akulaku, jadi Anda harus membayar angsuran pinjaman tepat waktu agar terhindar dari denda telat bayar Akulaku.
  3. Memiliki salah satu aplikasi yang dapat menarik saldo limit Akulaku tanpa masalah.
  4. Membayar fee gestun sebesar 3-5% (jika menggunakan jasa).
  5. QRIS sudah mendukung pembayaran paylater.

Cara Gestun Akulaku Sendiri Tanpa Jasa

Cara Gestun Akulaku

Bagaimana cara gestun limit Akulaku sendiri? Anda bisa melakukan gestun sendiri tanpa harus menggunakan jasa gestun melalui scan QRIS. Berikut ini cara gestun Akulaku menggunakan QRIS.

Update: metode ini menggunakan SooltanPay yang sudah rebranding menjadi indibizPAY untuk aplikasi pembuat QRISnya.

1. Download Aplikasi Pembuat QRIS Paylater

Untuk mencairkan limit Akulaku ke rekening ataupun e-wallet, Anda membutuhkan aplikasi pembuat QRIS All Payment.

Aplikasi ini berguna untuk membuat QRIS untuk paylater yang bisa digunakan untuk gestun Akulaku Paylater.

cara gestun akulaku

Banyak pilihan aplikasi penyedia QRIS untuk usaha diantaranya Nobu Bank, Mitra Shopee, Gopay Bisnis, DANA Bisnis, indibizPAY, OCTO dan Neo Business.

Anda bisa memilih salah satu dari daftar aplikasi pembuat QRIS, pada tutorial gestun Akulaku ini yang digunakan adalah aplikasi indibizPAY. indibizPAY merupakan aplikasi buatan PT Telkom Indonesia sehingga tidak diragukan keamanannya.

2. Daftar Akun indibizPAY

Jika Anda belum memiliki akun indibizPAY, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran bisa Anda lakukan dengan cara mengklik “Buat Akun” yang ada di halaman awal ketika Anda membuka aplikasi indibizPAY.

Setelah itu isi data yang diperlukan seperti nama toko atau outlet, nomor HP, kata sandi, dan kode referal jika ada.

Pastikan nomor HP yang Anda masukkan adalah nomor HP yang masih aktif. Lalu klik “Daftar Sekarang”. Tunggu beberapa saat sampai pendaftaran akun Anda diterima.

Untuk bisa membuat QRIS di aplikasi indibizPAY, Anda tidak perlu akun premium. Jadi, meski akun Anda masih baru dan belum terupgrade, Anda bisa mendapatkan QRIS dari aplikasi ini.

3. Upgrade Akun indibizPAY

Anda dapat log in ke aplikasi indibizPAY menggunakan nomor HP akun yang telah Anda daftarkan dan memasukkan kata sandi yang sesuai.

Anda akan mendapatkan kode OTP yang akan dikirim ke nomor HP sebagai bentuk verifikasi jika itu memang benar Anda.

4. Buat QRIS indibizPAY

Setelah Anda berhasil log in ke aplikasi indibizPAY, Anda dapat memilih menu “pembayaran” yang ada di bawah kiri keterangan saldo.

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar Akulaku : Denda, Resiko, dan DC
Cara Gestun Akulaku

QRIS indibizPAY yang sudah dibuat harus yang memiliki reputasi baik agar QRIS bisa di scan menggunakan Pembayaran Akulaku Paylater. Berikut beberapa syarat agar QRIS bisa digunakan untuk paylater”

  • Harus ada transaksi setiap hari
  • Transaksi minimal 200 ribu per hari
  • Minimal 5 – 10 transaksi per hari
  • QRIS sudah digunakan selama 1 – 2 bulan
  • Merchant belum mendukung paylater sebelumnya.

Semakin sering dan banyak transaksi maka, QRIS anda akan semakin cepat mendukung pembayaran paylater. Syarat ini memang terlihat sulit dicapai jika anda tidak memiliki bisnis atau usaha.

Namun, setelah anda berhasil memenuhi syarat diatas anda bisa menggunakannya untuk jadi penyedia jasa gestun.

5. Pilih Metode Pembayaran

Setelah Anda memasukkan nominal deposit, pilih metode pembayaran e-money “QRIS + Biaya Admin 0,3Gestun Akulaku”.

QRIS SooltanPay
QRIS diatas hanya contoh

Setelah Anda mimilih metode tersebut, Anda akan mendapatkan QR code. Anda juga akan diberi informasi mengenai batas pembayaran dan nominal yang harus dibayarkan (sudah termasuk biaya admin) tanpa dibulatkan, ditambah atau dikurangi.

6. Buka Aplikasi Akulaku dan Scan QRIS

Setelah Anda memilih metode pembayaran dan mendapatkan QR code, screenshot tampilan QRIS jika Anda menggunakan 1 HP. Namun, tidak perlu screenshot jika Anda menggunakan HP yang berbeda.

Gestun Akulaku

Kemudian buka aplikasi Akulaku lagi. Lalu pilih menu “QRIS” yang ada di bagian awal. Buka galeri untuk memasukkan hasil screenshot QR code dari aplikasi indibizPAY tadi.

7. Masukan Nominal Gestun

Kemudian masukkan nominal gestun. Karena Anda akan melakukan deposit melalui Akulaku, maka nominal yang bisa Anda masukkan tidak boleh lebih dari 500 ribu per hari.

cara gestun akulaku

Jadi meski Anda memiliki limit Akulaku dengan nominal besar, Anda tidak bisa mencairkan limit tersebut secara sekaligus.

Karena Akulaku sudah menyediakan fitur pinjaman tunai yang berbeda dengan limit paylater, sehingga Akulaku tidak suka jika Anda mencairkan limit paylater Akulaku dengan nominal besar.

Selanjutnya masukkan nominal pembayaran yang telah disediakan tanpa ditambah atau dikurangi. Anda akan diberi informasi mengenai program cicilan dan biaya admin. Lalu klik “Bayar Sekarang”.

8. Cairkan Saldo Hasil Gestun Akulaku di indibizPAY

Saldo Anda akan masuk ke akun indibizPAY. Untuk mencairkannya, Anda bisa memilih fitur “Uang Digital”.

cara gestun akulaku

Lalu masukkan No. Pengisian sesuai dengan nomor DANA atau e-wallet lain seperti Shopeepay, Gopay, OVO, dan lain sebagainya. Lalu pilih nominal yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin mencairkannya ke rekening bank, Anda bisa memilih menu “Kirim Uang”. Kemudian masukkan nomor rekening yang sesuai di No. Pengisian.

Selanjutnya pilih nominal yang sesuai. Penarikan dikenakan biaya admin sebesar Rp 3.000 setiap transaksi penarikan.

Itulah cara gestun Akulaku yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa jasa gestun melalui aplikasi indibizPAY.

Cara Gestun Akulaku Langsung Cair

Selain menggunakan jasa gestun online, ada cara gestun Akulaku lainnya yakni melalui marketplace seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Nah, berikut ini cara gestun Akulaku via Bukalapak, Shopee dan Marketplace lain yang bisa dicoba:

Biaya Jasa Gestun Akulaku:

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa gestun yang tersedia di beberapa marketplace, Anda harus mengetahui kisaran harga jasa gestun ini. Nah, berikut ini rata-rata jasa gestun Akulaku yaitu :

  • Kurang dari Rp650.000, biaya yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp30.000.
  • Rp650.000 – Rp2.000.000, biaya jasa gestun Akulaku sebesar Rp50.000.
  • Rp2.000.000 – Rp5.000.000, biaya jasa gestun yang harus dibayar adalah Rp100.000.
  • Kurang dari Rp5.000.000, biaya yang harus dibayar sebesar Rp130.000.
Baca juga:  Tabel Angsuran Kredivo 2024 : Bunga dan Simulasi

Penting sebelum mulai cara gestun akulaku:

Meskipun menggunakan jasa gestun cukup mudah, tapi juga ada bahaya gestun Akulaku yang akan mengintai.

Menggunakan jasa gestun rawan terhadap penipuan, karena besar kemungkinan dana tidak akan sampai ke rekening Anda jika Anda tidak beruntung saat memilih jasa gestun Akulaku terpercaya. Terlebih sekarang banyak juga kasus penipuan yang mengatasnamakan jasa gestun.

1. Cek Limit Akulaku Paylater

cara gestun akulaku

Silahkan buka aplikasi Akulaku Anda untuk memeriksa jumlah limit yang tersedia dan bisa digunakan. Jika limit yang diberikan kurang, silahkan coba untuk menaikkan limit Akulaku terlebih dahulu.

2. Cari Jasa Gestun di Instagram atau Google

Setelah memastikan saldo Akulaku Paylater tersedia dan bisa digunakan kemudian, buka Instagram dan masukan kata kunci “Jasa Gestun Akulaku” di kolom pencarian akun Instagram atau Google.

cara gestun akulaku

3. Cari Akun yang Terpercaya

Pastikan akun tersebut aktif dan memiliki banyak follower serta like. Kemudian bandingkan besar fee tiap penyedia jasa gestun. Cara ini juga berlaku untuk pencarian jasa gestun di Google atau sosial media lain.

cara gestun akulaku

4. Hubungi Pemilik Akun

Pada bagian bio biasanya dicantumkan nomor Whatsapp atau Anda bisa mengklik tombol Hubungi atau via DM. Pihak jasa akan menjelaskan langkah apa saja yang harus Anda lakukan. Setiap penyedia gestun memiliki jam kerja dan prosedur yang berbeda.

cara gestun akulaku

5. Kunjungi Link Produk

Penyedia jasa akan memberikan link produk yang digunakan untuk gestun. Kemudian, silahkan klik link produk yang diberikan oleh penyedia gestun, setelah itu lakukan pembelian produk tersebut.

cara gestun akulaku

6. Klik Beli Sekarang

Apabila Anda sudah menemukan produk yang digunakan untuk transaksi gestun, klik Beli Sekarang. Kemudian pilih metode pembayaran Akulaku Paylater.

cara gestun akulaku

7. Pilih Tenor Paylater Akulaku

Pilih tenor pelunasan Akulaku, biasanya ada tiga pilihan yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 9 bulan. Jika sudah, klik Belanja Sekarang.

cara gestun akulaku

8. Klik Konfirmasi Pembayaran

Setelah Anda yakin klik Bayar Sekarang untuk mengkonfirmasi pesanan. Selanjutnya, lakukan konfirmasi ke penjual melalui fitur chat di aplikasi Akulaku atau langsung lewat WA.

cara gestun akulaku

9. Pesanan Selesai

Pesanan top up saldo selesai. Biasanya penjual akan menghubungi Anda melalui chat untuk menanyakan tujuan rekening. Anda bisa memberikan nomor rekening, OVO, Gopay, DANA, atau yang lainnya. Setelah uang ditransfer, Anda bisa menariknya sendiri.

Setelah dana diterima segera lakukan konfirmasi penerimaan barang. Cara gestun Akulaku ini bisa Anda terapkan juga di beberapa marketplace lainnya seperti Tokopedia dan Bukalapak. Namun, pastikan jika akun Akulaku Anda terhubung dengan aplikasi marketplace tersebut.

Baca juga: Cara Gestun Kredivo dan Cara Gestun Shopee Paylater

Cara Gestun Akulaku di Alfamart

Gestun paylater semakin diminati banyak orang karena proses yang mudah tanpa verifikasi. Dengan gestun, pengguna bisa menerima uang secara langsung di kasir. Lalu apakah Akulaku bisa tarik tunai di Alfamart? 

Sebenarnya ini tidak mungkin dilakukan karena Alfamart hanya mendukung layanan Akulaku untuk pembayaran belanja saja. Tetapi adakah cara lain untuk mencairkan limit paylater di Alfamart? 

Meskipun sulit tapi masih ada satu cara untuk gestun Akulaku di Alfamart. Simak penjelasan lengkapnya pada tutorial berikut ini.

  1. Kunjungi Alfamart Terdekat : Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari gerai Alfamart yang Anda kenali salah satu kasir atau karyawannya. Hal ini penting guna mempermudah negosiasi untuk melakukan gestun. 
  2. Sampaikan ke Kasir Bahwa Anda Ingin Gestun : Sebelum mulai belanja, sampaikan kepada kasir bahwa Anda akan gesek tunai paylater Akulaku. Jika mereka telah menyetujui, Anda bisa menjelaskan prosedurnya secara rinci. Kasir harus memproses transaksi seperti belanja pada umumnya.
  3. Pilih Belanjaan Sesuai Nominal Gestun : Setelah negosiasi berhasil Anda lakukan, selanjutnya pilih belanjaan sesuai nominal yang ingin Anda gesek tunai. Misalnya Anda ingin melakukan pencairan sebesar Rp300.000, maka ambil barang belanjaan sejumlah nominal tersebut.
  4. Buka Menu Paylater : Buka aplikasi Akulaku dan masuk menu ‘Paylater’. Pada bagian atas pilih ‘Barcode’, lalu masukkan verifikasi PIN pembayaran.
  5. Scan Barcode Pembayaran : Tunjukkan kepada kasir Alfamart untuk dilakukan scan barcode.  Pembayaran berhasil dan dan total belanjaan sebesar Rp300.000 tadi telah lunas dibayar dengan paylater Akulaku. 
  6. Batalkan Transaksi : Selanjutnya minta kasir membatalkan transaksi, mengembalikan uang secara tunai sejumlah nominal yang telah Anda bayarkan tadi.
  7. Terima Uang : Jika kasir bersedia melakukannya, Anda akan mendapat pengembalian uang dari transaksi yang telah dibatalkan. Uang inilah yang Anda peroleh dari gestun Akulaku di Alfamart.
  8. Berikan Komisi Kepada Kasir : Terakhir dan tidak kalah penting, berikan sejumlah fee kepada kasir sesuai kesepakatan yang Anda lakukan di awal. Seperti transaksi pada umumnya, Anda harus membayar jasa gesek tunai yang telah mereka lakukan. 
Baca juga:  7 Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek 2024 Langsung Cair

Itulah cara gestun Akulaku di Alfamart yang bisa Anda coba. Gunakan paylater Akulaku dengan bijak hanya untuk keperluan mendesak. Pastikan membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari gagal bayar pinjaman online.

Keuntungan dan Kerugian Gestun Akulaku

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan gestun Akulaku pastikan sudah memahami keuntungan dan kerugiannya.

Keuntungan Gestun Akulaku

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan gestun Akulaku, diantaranya adalah :

  • Limit Akulaku yang besar akan cukup digunakan untuk berbagai kebutuhan.
  • Banyak pihak merchant yang sudah mendukung gestun Akulaku.
  • Dapat digunakan dimanapun dan kapanpun.
  • Memiliki banyak jenis pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Ada berbagai pilihan tenor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk memudahkan pembayaran angsuran.
  • Bunga Akulaku yang dibebankan cenderung lebih ringan dibandingkan pinjaman lainnya.

Kerugian Melakukan Gestun Akulaku

Meskipun cara gestun Akulaku dapat memberikan Anda keuntungan, namun tindakan ini juga dapat menimbulkan beberapa kerugian diantaranya adalah :

  • Biaya gestun menggunakan jasa online cukup mahal.
  • Belanja menggunakan gestun Akulaku akan menimbulkan perilaku boros.
  • Anda harus tetap membayar angsuran sesuai tenor meskipun gestun tidak digunakan.
  • Keamanan gestun menggunakan jasa online belum terjamin. Jadi Anda harus berhati-hati saat menyerahkan identitas diri dan rekening bank.
  • Banyak resiko jika tidak membayar tagihan Akulaku salah satunya DC Akulaku akan datang ke rumah Anda.
  • Gestun juga dapat menyebabkan konsumen untuk berhutang lebih dari yang seharusnya mereka mampu, yang dapat menyebabkan masalah keuangan jangka panjang.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Akulaku di Indomaret

Itulah cara gestun Akulaku yang bisa Anda coba saat membutuhkan pinjaman berupa uang tunai. Untuk melakukan cara-cara di atas, pastikan Anda sudah membaca review dari pembeli lainnya. Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari penipuan.

Bagikan: