Paylater Adalah: Daftar Aplikasi, Cara Daftar, dan Cara Bayar

Di era digital, kredit tidak hanya diberikan dalam bentuk uang oleh perbankan. Namun, fintech yang bekerja sama dengan marketplace mulai memberikan layanan paylater kepada pengguna dengan persyaratan yang lebih mudah. Paylater adalah pinjaman untuk transaksi barang atau jasa.

Merujuk pada pengertian singkat tersebut, pengguna dapat menggunakan layanan paylater untuk membeli barang atau jasa dengan sistem cicilan. Nah, bagi Anda yang masih belum memahami layanan ini sepenuhnya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Paylater Adalah

Paylater adalah layanan yang disediakan untuk mencicil pembayaran saat ingin bertransaksi di sebuah marketplace. Dari segi kegunaan, sebenarnya paylater memiliki fungsi yang hampir sama dengan kartu kredit. Hanya saja paylater bisa digunakan tanpa menggunakan kartu sehingga lebih praktis.

Prinsip yang digunakan paylater adalah dengan menawarkan pinjaman untuk pengguna yang melakukan transaksi dalam jangka waktu tertentu. Pembayaran pinjaman dilakukan dengan sistem angsuran.

Biasanya waktu pembayaran paylater adalah sekitar 1 bulan hingga 12 bulan. Durasi pembayaran tersebut jelas lebih pendek dari pada kartu kredit atau kredit perbankan. Jadi selain memudahkan, paylater juga dapat menimbulkan sifat konsumtif pada pengguna.

Daftar Paylater di Indonesia

paylater adalah
Tampian beberapa paylater. (Pricebook)

Paylater adalah layanan yang menjawab masalah masyarakat yang ingin membeli barang dengan mudah. Hingga saat ini, ada berbagai jenis aplikasi paylater yang tersedia untuk digunakan masyarakat.

1. Shopee Paylater (SPayLater)

Shopee Paylater adalah layanan kredit untuk pembelian barang di Shopee. Fitur ini memiliki sistem limit sehingga batas maksimal pinjaman yang tersedia untuk masing-masing pengguna bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, Shopee bisa menawarkan limit hingga Rp15 juta.

Dalam sebuah riset, fitur Shopee Paylater merupakan paylater yang paling banyak digunakan oleh responden. Terdapat 92% responden yang mengetahui fitur ini dan 76% diantara responden pengguna aktif.

Baca juga:  Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan? Ini 6 Penyebab dan Solusinya

Sementara tenggang waktu pelunasan cicilan Shopee Paylater adalah satu hingga dua belas bulan. Shopee Paylater juga menetapkan kebijakan pembayaran di awal bulan dan akhir bulan.

2. Gopay Paylater

Aplikasi Paylater berikutnya adalah Gopay Paylater. Sesuai dengan namanya, aplikasi paylater ini dikeluarkan oleh Gopay. Bagi pelanggan yang ini menggunakan layanan ini harus mendaftar dari Gopay Plus.

Cara mendaftar layanan ini harus mengunggah KTP dan selfie dengan KTP. Selain fitur ini, ada juga beberapa fitur GoCar, GoFood, GoRide, dan GoSend. Gopay Paylater juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran dari beberapa fitur tersebut.

3. Akulaku

Akulaku merupakan sebuah platform yang digunakan untuk jual beli barang. Selain itu, ada juga fiLatur paylater untuk membeli barang di platform ini. Maksimal pinjaman yang diberikan oleh Akulaku untuk penggunanya adalah sebesar Rp15 juta.

Sementara tenor yang tersedia maksimal selama 15 bulan. Akulaku memiliki dua produk yang ditawarkan oleh Akulaku Khusus Merchant dan Akulaku Khusus Pengguna. Kedua produk ini memiliki keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

4. Kredivo

Kredivo juga menyediakan layanan paylater yang menyediakan pinjaman hingga Rp3 juta dengan jangka waktu pembayaran selama sebulan. Pinjaman ini diberikan kepada pengguna tanpa bunga.

Aplikasi Kredivo ini dapat digunakan untuk merchant yang telah bekerja sama dengan Kredivo, seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain.

5. Ovo Paylater

Sebelumnya dijelaskan jika paylater adalah layanan cicilan yang bisa digunakan untuk pembelian barang di marketplace. Ovo paylater dapat digunakan untuk berbelanja di Tokopedia. Namun, paylater ini hanya bisa digunakan untuk pengguna Ovo Premier.

Untuk mendaftar paylater ini, Anda harus mengunggah KTP dan foto diri dengan memegang KTP atau identitas diri lainnya.

Keunggulan Menggunakan Paylater

Ilustrasi Paylater. (Amartha Blog)
Ilustrasi Paylater. (Amartha Blog)

Sebagai layanan penyedia kredit untuk barang atau jasa kepada pengguna, paylater memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah :

Baca juga:  Cara Mengubah Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

1. Transaksi kredit yang menarik

Konsep paylater memang mirip seperti kartu kredit, namun layanan ini dapat digunakan pelanggan hanya dengan menggunakan ponsel saja. Selain itu, persyaratan yang diperlukan juga cukup mudah yakni hanya perlu KTP dan selfie dengan kartu identitas saja.

2. Proses mudah, cepat, dan praktis

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh paylater adalah proses pembuatan dan transaksinya cepat, mudah, dan praktis. Layanan ini sangat tepat digunakan bagi pemilik usaha yang memiliki modal pas-pasan untuk tambahan modal.

Proses pembayarannya pun sangat mudah yakni hanya perlu melakukan satu klik dengan memasukkan password saja, maka pembayaran sudah bisa dilakukan. Apalagi supermarket dan minimarket juga menyediakan jenis pembayaran ini.

3. Tenor pembayaran beragam

Tenor pembayaran angsuran ini cukup beragam, mulai dari dua minggu hingga tiga bulan. Waktu pembayaran ini juga bebas tergantung pengguna. Jadi pengguna bisa menyesuaikan tenor pembayaran dengan kemampuannya.

4. Menawarkan banyak promo

Tidak bisa dipungkiri lagi jika pembayaran menggunakan paylater ini memberikan berbagai promo, diskon, dan cashback untuk penggunanya. Apalagi pengguna baru, akan ada banyak promo yang diperoleh.  

Kerugian Menggunakan Paylater

Dibalik keunggulan paylater yang bertujuan untuk mempermudah Anda. Nyatanya layanan ini juga menyebabkan beberapa kerugian bagi Anda yang ingin menggunakannya. Apa sajakah itu? Berikut ini kerugian menggunakan paylater, yaitu :

1. Menimbulkan perilaku konsumtif

Berkat kemudahan pengajuan paylater dan cara menggunakannya menimbulkan banyak orang berperilaku lebih konsumtif dari biasanya. Sebab dengan menggunakan paylater, seseorang tidak perlu melakukan usaha lebih untuk membayar pembelian barang atau jasa.

2. Potensi penyalahgunaan data

Kemudahan pendaftaran paylater yang hanya memerlukan KTP dan foto selfie menyebabkan paylater lebih berisiko terhadap penyalahgunaan dan kebocoran data. Sebab data yang telah diserahkan kepada pihak paylater dapat sudah terekam di dunia maya dan rawan dengan kejahatan cyber.

Baca juga:  12 Prospek Kerja Sistem Informasi dan Perkiraan Gajinya

3. Hutang semakin menumpuk

Kerugian ini sangat berkaitan dengan sikap konsumtif pengguna. Paylater adalah kredit yang mensyaratkan bunga dan denda. Apabila pembayaran angsuran tidak rutin dan pembelian terus terjadi, maka pengguna akan memiliki hutang yang kian menumpuk.

Cara Daftar Paylater

Pendaftaran paylater memang cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan persyaratan secara lengkap. Biasanya syarat yang diperlukan hanya terdiri dari foto KTP dan foto selfie menggunakan KTP.

Selanjutnya, Anda harus mengisi form pendaftaran dengan memasukkan identitas diri secara lengkap dan benar. Lalu unggah dokumen persyaratan yang diperlukan. Kemudian klik Daftar dan tunggu verifikasi dari pihak paylater.

Baca juga:

Cara Bayar Paylater

Untuk membayar paylater pengguna diberikan batas waktu yang beragam sesuai dengan kebijakan penyedia fitur. Dalam rentang waktu tersebut, pengguna harus membayar tagihan sesuai dengan jatuh tempo.

Pembayaran paylater bisa dilakukan dengan transfer rekening bank, indomaret, alfamart, hingga e-money. Apabila setelah melewati waktu jatuh tempo pengguna belum membayar, maka pengguna akan dikenakan denda. Besaran denda biasanya berkisar antara 2-10% dari total pinjaman.

Perbandingan Bunga dan Tenor Antar Paylater

Apakah Anda tertarik menggunakan paylater? Namun, karena ada banyak jenis paylater, Anda masih belum bisa menentukan. Nah, di bawah ini ada perbandingan bunga dan tenor paylater yang dapat membantu Anda menentukan pilihan yang tepat.

Jenis PaylaterSuku BungaTenor
Shopee Paylater2,95%1,3,6, dan 12 bulan
Gopay Paylater0%Setiap akhir bulan
Akulaku0,20% – 4,34%15 hari, 22 hari, 30 hari, 2 bulan, dan 3 bulan
Kredivo2,95% (3 – 12 bulan)
0% (tenor 30 hari)
30 hari atau 3,6, dan 12 bulan
Ovo Paylater2,9%1,3,6, dan 12 bulan

Itulah pembahasan mengenai paylater dan daftar paylater yang bisa Anda gunakan. Paylater adalah layanan kredit yang memiliki berbagai keunggulan. Namun, Anda juga harus bijak saat menggunakannya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar