Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan? Ini 6 Penyebab dan Solusinya

Shopee Paylater banyak diminati oleh pengguna Shopee. Sebab pengguna dapat membeli barang dengan mencicil. Meskipun begitu, tak jarang Shopee Paylater mengalami kendala misalnya tiba-tiba Shopee Paylater tidak bisa digunakan.

Apabila ini terjadi saat Anda ingin membeli barang yang sangat dibutuhkan, tentu sangat mengganggu, bukan? Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab dan solusi Shopee Paylater tidak bisa digunakan di bawah ini.

Kendala Shopee Paylater

shopee paylater tidak bisa digunakan

Sebuah sistem biasanya mengalami kendala termasuk Shopee Paylater. Kendala yang terjadi bisa beragam mulai dari Shopee Paylater lemot hingga tidak bisa digunakan. Nah, berikut ini beberapa kendala Shopee Paylater yang bisa dialami oleh pengguna Shopee.

  • Pengguna tidak dapat mengakses halaman SPayLater.
  • Saat memilih metode pembayaran tagihan SpayLater, pengguna tidak dapat klik Bayar.
  • Setelah memilih metode pembayaran Shopee Paylater, kode pembayaran tidak muncul.
  • Ketika ingin membayar tagihan Shopee Paylater, pengguna tidak dapat memilih metode pembayaran (Indomaret, ShopeePay, atau Virtual Account).
  • Shopee Paylater tidak bisa digunakan sebagai metode pembayaran. Tombol SPayLater tidak muncul, tidak bisa diklik, atau ada tulisan Aktifkan Sekarang.

Apabila Anda mengalami salah satu kejadian di atas artinya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dari Shopee Paylater milik Anda.

Jika fitur Shopee Paylater belum aktif di akun Anda bisa cek artikel Cara Mengaktifkan Shopee Paylater untuk Penjual.

Penyebab Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

Apakah Anda mengalami salah satu kendala Shopee Paylater di atas? Jika iya, Anda harus menyimak ulasan di bawah ini tentang kenapa Shopee Paylater tidak bisa digunakan padahal sudah Anda aktifkan.

Baca juga:  7 Cara Menaikkan Limit Lazada Paylater Hingga 5 Juta

1. Sistem error

Saat Shopee Paylater tidak bisa digunakan, ada kemungkinan sistem aplikasi Shopee sedang mengalami gangguan. Saat aplikasi Shopee mengalami kegagalan sistem maka beberapa atau semua fitur aplikasi Shopee tidak bisa digunakan.

Error pada sebuah sistem tidak hanya terjadi saat ada kendala tapi bisa juga karena pihak Shopee sedang melakukan perbaikan performa aplikasi. Jika hal ini terjadi, Anda tidak bisa menggunakan Shopee Paylater bahkan fitur lainnya.

2. Limit Shopee Paylater tidak cukup

Shopee Paylater memiliki limit atau batasan untuk transaksi. Limit ini merupakan besaran nominal yang dapat digunakan oleh pengguna saat membeli barang secara kredit. Nominal limit Shopee Paylater berbeda antar pengguna tergantung riwayat penggunaan dan pembayaran tagihannya.

Namun, beberapa pengguna terkadang tidak memperhatikan nominal limit Shopee Paylater dan langsung menggunakannya untuk membeli sesuatu. Apabila itu terjadi maka Shopee Paylater tidak bisa bisa digunakan. Ada cara menaikkan limit shopee paylater hingga 20 juta yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi limit yang kecil.

3. Penjual tidak menyediakan pembayaran Shopee Paylater

Penyebab lainnya Shopee Paylater tidak bisa digunakan adalah toko tidak menyediakan metode pembayaran Shopee Paylater. Memang benar jika Shopee telah menyediakan berbagai metode pembayaran yang bisa digunakan oleh pengguna.

Akan tetapi, penggunaan metode pembayaran ini juga tergantung pada penjual. Toko atau penjual berhak memilih metode pembayaran apa saja yang dapat diterima. Jika penjual tidak menyediakan Shopee Paylater maka Anda juga tidak bisa menggunakan fitur pembayaran ini untuk pembelian barang di toko tersebut.

4. Pengguna masih memiliki tagihan yang menunggak

Apabila pengguna Shopee Paylater atau Anda masih memiliki tunggakan tagihan yang belum dibayar, maka ada kemungkinan Anda tidak bisa menggunakan Shopee Paylater. Apalagi jika Anda telah menunggak tagihan cukup lama, pihak Shopee akan mempertimbangkan jumlah limit Anda.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Flexi Cash Jenius

Hal ini karena pihak Shopee akan melakukan evaluasi secara rutin skor kredit pengguna. Apakah pengguna masih layak untuk mengakses penggunaan limit atau tidak. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan pembayaran tagihan Shopee Paylater.

Baca juga: Cara Melunasi Shopee Paylater Sekaligus

5. Koneksi internet tidak memadai

Aplikasi Shopee termasuk aplikasi yang membutuhkan jaringan internet yang stabil. Sebab tampilan pada aplikasinya cukup rumit dan berat. Oleh karena itu, jaringan internet harus stabil untuk melakukan transaksi.

6. Memori ponsel penuh

Penyimpanan ponsel dapat mempengaruhi kinerja ponsel termasuk aplikasi. Jika penyimpanan ponsel Anda penuh maka ponsel akan berjalan lebih lambat dari biasanya. Bahkan dalam beberapa kasus, ponsel juga tiba-tiba berhenti.

Solusi Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

shopee paylater tidak bisa digunakan
Tampilan limit Shopee Paylater. (Paylaterin)

Setelah mengetahui beberapa kendala dan penyebab Shopee Paylater tidak bisa digunakan, berikut ini beberapa solusi yang dapat Anda lakukan saat mengalaminya.

1. Pastikan limit Shopee Paylater mencukupi

Sebaiknya saat Anda ingin menggunakan Shopee Paylater sebagai metode pembayaran, periksa limit Shopee Paylater terlebih dahulu. Pastikan pula untuk menggunakannya dengan bijak, ya.

2. Pastikan penjual dapat menerima Shopee Paylater

Solusi mengatasi Shopee Paylater tidak bisa digunakan berikutnya adalah memastikan penjual menyediakan pilihan metode pembayaran menggunakan Shopee Paylater.

Apabila Anda ingin membeli barang di toko yang tidak menerima jenis pembayaran ini, Anda dapat mengurungkan niat dan mencari toko lainnya yang menjual barang serupa.

3. Lunasi tagihan

Sebelum Anda menggunakan Shopee Paylater, periksa terlebih dahulu tagihan Anda. Apakah Anda masih memiliki tagihan atau tidak. Jika masih ada tagihan yang belum dibayar, sebaiknya Anda melunasi tagihan tersebut agar Shopee Paylater dapat digunakan.

4. Pastikan jaringan internet stabil

Apabila Shopee Paylater tidak bisa digunakan, periksa jaringan internet Anda. Jika jaringan lemah, Anda bisa mencari tempat yang bisa meningkatkan jaringan internet. Anda juga bisa menggunakan WiFi saat melakukan transaksi.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Kredivo 2022 : Bunga dan Simulasi Pinjaman

5. Menghapus cache

Salah satu penyebab penyimpanan ponsel penuh adalah cache aplikasi yang tidak dibersihkan secara rutin. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari ini adalah dengan menghapus cache aplikasi.

6. Hubungi CS Shopee

Apabila Anda sudah melakukan beberapa cara mengatasi Shopee Paylater tidak bisa digunakan di atas, namun masih belum berhasil. Anda bisa menghubungi CS Shopee melalui nomor 1500702 atau chat di aplikasi Shopee 24 jam.

Kesimpulan

Anda tidak perlu panik saat Shopee Paylater tidak bisa digunakan. Sebab beberapa solusi di atas dapat membantu Anda menangani kendala tersebut. Bahkan Anda juga bisa menghindari kendala Shopee Paylater setelah mengetahui penyebabnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar