6 Cara Mengaktifkan Shopee Paylater untuk Penjual

Muncul sebuah pertanyaan terkait cara mengaktifkan Shopee paylater untuk penjual. Sebab, dari beberapa info yang ada, penjual di Shopee tidak bisa mengaktifkan Shopee paylater layaknya pembeli di Shopee yang bisa mengaktifkan Shopee paylater secara manual. Benarkah demikian? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater untuk Penjual 

Shopee paylater dianggap sebagai solusi terbaik bagi pengguna, khsusnya penjual.  Sebab, meski sistem paylater adalah belanja sekarang bayar nanti, namun para penjual tetap bisa mendapatkan uang hasil penjualannya secara lancar.

Penjual mendapat pembiayaan dari Shopee sehingga tidak perlu menghadapi risiko penjualan kredit atau dengan sistem paylater ini. 

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan Shopee paylater untuk penjual? Sayangnya, tidak ada cara mengaktifkan Shopee paylater untuk penjual secara manual. Layanan paylater di akun penjual akan aktif secara otomatis jika telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:   

1. Akun Shopee sudah terverifikasi

verifikasi KTP shopee seller

Anda tidak akan bisa menggunakan cara pembayaran Shopee paylater jika akun belum diverifikasi. Sebab, akun yang belum diverifikasi menandakan bahwa akun tersebut belum pernah digunakan untuk transaksi. Jadi, pastikan bahwa akun Anda sudah diverifikasi terlebih dahulu. 

2. Umur akun Shopee lebih dari 3 bulan

Jangan harap Anda bisa menggunakan pembayaran Shopee paylater jika akun yang Anda miliki masih baru, karena yang bisa menggunakan manfaat ini hanya akun yang sudah digunakan minimal 3 bulan. 

3. Sering digunakan untuk penjualan

Umur 3 bulan saja nyatanya tidak cukup. Anda harus sudah sering menggunakan akun Shopee paylater untuk melakukan transaksi penjualan, karena pihak Shopee lebih memilih toko tertentu dengan predikat star seller atau star+ seller untuk menerima pembayaran menggunakan shopee paylater dibanding dengan toko yang bukan star seller atau star+seller. 

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater 1 Bulan

4. Pastikan menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru

cara mengaktifkan shopee paylater untuk penjual

Syarat selanjutnya yang harus Anda penuhi agar jualan Anda bisa mendapat akses Shopee paylater adalah pastikan Anda sudah upgrade aplikasi Shopee versi terbaru. Ini karena, versi terbaru biasanya menawarkan banyak fitur menarik daripada yang belum diperbarui, seperti Shopee paylater.

5. Tingkatkan performa toko

seller centre shopee

Layanan Shopee paylater di akun penjual tidak bisa diaktifkan secara manual. Penjual yang bisa memanfaatkan layanan ini sungguh beruntung karena termasuk penjual terpilih yang secara otomatis bisa memanfaatkan layanan Shopee paylater untuk menerima pembayaran daari pembeli. 

Namun, jika Anda termasuk penjual yang belum beruntung, Anda masih bisa berpeluang untuk mendapatkan akses layanan Shopee paylater. Asalkan Anda harus bisa meningkatkan performa toko Anda agar mendapat predikat star seller atau star+ seller. 

6. Ikuti program Shopee

Anda bisa membuat banyak program yang bisa mengundang calon pembeli menjadi pembeli. Misalnya saja dengan memberikan giveaway, diskon, program-program yang menarik minat pembeli untuk membeli produk Anda dan memberikan ulasan atau review terbaik, memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen, dan mematuhi kebijakan penjual Shopee. 

Semakin banyak pembeli yang datang ke toko Anda dan memberikan ulasan positif, maka semakin cepat toko jualan Anda mendapat predikat star seller atau star+ seller. Dengan begitu, akan semakin besar juga peluang toko jualan Anda bisa memanfaatkan layanan Shopee paylater dan mendapat manfaat lebih darinya. 

Cara Mengetahui Apakah Toko Kamu Sudah Support Metode Shopee Paylater

Predikat toko sudah star, tapi kenapa belum juga ada pembeli yang menggunakan layanan paylater? Apakah memang predikat star tidak menjamin toko tersebut bisa memanfaatkan layanan paylater? 

Temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini. Anda bisa mengecek atau melihat terlebih dahulu untuk memastikan apakah sudah ada layanan paylater di toko Anda atau belum.

Baca juga:  Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia

1. Melihat metode pembayaran pembeli

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat metode pembayaran yang dilakukan oleh pembeli. Jika ada yang membeli dengan membayar menggunakan Shopee paylater, itu sudah dapat dipastikan bahwa toko Anda sudah bisa menerima pembayaran Shopee paylater. 

Akan tetapi, jika belum ada yang menggunakan opsi Shopee paylater sebagai cara pembayarannya, maka masih ada dua kemungkinan. Pertama, mungkin memang toko Anda belum bisa menerima pembayaran Shopee paylater.

Kedua, toko Anda sudah bisa menerima pembayaran Shopee paylater namun memang belum ada pembeli yang menggunakan layanan ini. 

2. Masuk ke toko Anda menggunakan akun pembeli

Cara kedua yang bisa Anda terapkan adalah Anda harus memiliki dua akun. Akun pertama digunakan sebagai akun pembeli dan akun kedua digunakan sebagai akun penjual. 

  1. Buka aplikasi Shopee dan login menggunakan akun pembeli. 
cara mengaktifkan shopee paylater untuk penjual
  1. Search toko jualan Anda dan masukkan salah satu produknya ke keranjang akun pembeli Anda. 
cara mengaktifkan shopee paylater untuk penjual
  1. Klik Pilih Metode Pembayaran sepeti pada gambar dibawah ini. 
cara mengaktifkan shopee paylater untuk penjual
  1. Selanjutnya lihat pada halaman Metode Pembayaran, jika terdapat pilihan SPayLater berarti toko kamu sudah mendukung pembayaran Shopee Paylater. 
cara mengaktifkan shopee paylater untuk penjual
  1. Selesai.

Dari sini Anda bisa lihat apakah sistem pembayaran Shopee paylater telah tersedia di toko jualan Anda atau belum. Jika terdapat pilihan dengan Shopee paylater, itu bisa diartikan bahwa sistem pembayaran Shopee Paylater di akun jualan Anda memang sudah aktif. Namun, jika tidak ada pilihan tersebut, Anda bisa tap Ajukan ulang untuk membantu akun jualan Anda mendapat layanan paylater.

Penutup

Sampai sini sudah cukup terjawab kan bagaimana cara mengaktifkan Shopee paylater untuk penjual dan cara melihat Shopee paylater untuk penjual? Jika memang toko Anda bisa memanfaatkan layanan ini, peluang bagus untuk Anda karena masih banyak pembeli yang memilih untuk membeli barang dengan sistem paylater.

Baca juga:  2 Cara Menonaktifkan Shopee Paylater dengan Mudah

Jadi, jika ada toko kompetitor yang ternyata belum ada layanan paylater, pembeli tersebut bisa memilih toko Anda yang sudah ada layanan paylater.

Sementara, jika memang toko Anda belum bisa memanfaatkan layanan paylater, Anda masih tetap berpeluang untuk bisa memanfaatkan layanan paylater. Meski cara mengaktifkan Shopee paylater untuk penjual tidak bisa dilakukan secara manual, tetapi jika performa toko Anda bagus, maka pihak Shopee akan memberikan akses khusus secara otomatis.

Bagikan:

Tinggalkan komentar