3 Cara Mengaktifkan Spaylater yang Dinonaktifkan

Shopee Paylater merupakan salah satu layanan paylater yang sangat terkenal dan telah memiliki nama di Indonesia.

Dengan banyaknya pengguna, membuat Shopee menerapkan sistem keamanan yang sangat ketat. Shopee Paylater termasuk layanan yang sangat sensitif terkait keamanan. Hal ini ditujukan untuk menjaga kerahasiaan informasi pengguna.

Shopee tidak segan-segan langsung menonaktifkan akun paylater yang dirasa terdapat aktivitas yang mencurigakan. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab Shopee Paylater yang dinonaktifkan beserta cara mengaktifkan Spaylater yang dinonaktifkan.

Jadi, jika Anda mengalami penonaktifan akun Spaylater, artikel ini bisa membantu Anda untuk menemukan solusinya. Selamat menyimak!

Penyebab Shopee Paylater Dinonaktifkan

Kenapa akun Shopee Paylater dinonaktifkan sementara? Anda perlu mengenali beberapa hal yang bisa menjadi penyebab Spaylater dinonaktifkan. Berikut ini beberapa penyebab Shopee Paylater dinonaktifkan.

1. Data Tidak Sesuai

Salah satu persyaratan ketika mendaftar akun Shopee Paylater adalah mencantumkan atau mengunggah data pribadi, seperti KTP, alamat, dan lain sebagainya.

Hal ini diperlukan untuk mengidentifikasi apakah itu memang Anda. Jadi, Anda harus memasukkan data yang sesuai.

Jika Anda tidak memasukkan data yang sesuai dan di kemudian hari pihak Shopee mendeteksinya, maka Shopee akan menonaktifkan akun Spaylater Anda.

2. Salah Memasukkan PIN

PIN merupakan salah satu fitur yang ditujukan untuk menjaga kerahasiaan sebuah akun. Shopee juga menerapkan fitur ini di setiap aktivitas yang Anda lakukan di Shopee Paylater.

PIN yang telah Anda buat saat awal pendaftaran bersifat rahasia. Jadi ketika Anda salah memasukkan PIN berkali-kali, maka Shopee akan mencurigai aktivitas tersebut bukan dari Anda.

Salah memasukkan PIN dianggap sebagai percobaan pembobolan, sehingga pihak Shopee akan menonaktifkan akun Shopee Paylater milik Anda. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk keamanan dari Shopee.

3. Aktivitas Mencurigakan

Aktivitas mencurigakan seperti apa yang bisa menyebabkan Shopee Paylater dinonaktifkan? Misalnya, Anda jarang sekali menggunakan Spaylater atau tidak menggunakan Spaylater dengan nominal yang besar lalu tiba—tiba langsung menghabiskan semua limit yang tersedia.

Hal ini bisa menjadi penyebab Spaylater di nonaktifkan sementara, karena pihak Shopee akan melacak apakah transaksi tersebut memang dilakukan oleh Anda atau ada orang lain yang melakukannya.

Aktivitas mencurigakan lainnya adalah proses mencairkan limit Paylater. Saat Anda mencairkan limit Paylater atau gestun, Shopee bisa mendeteksi hal tersebut. Jadi, pastikan menggunakan limit paylater dengan sesuai dan bijak.

Baca juga:  Cara Mencairkan Lazada Paylater ke DANA atau Rekening

4. Login di Perangkat Asing

Untuk menyediakan layanan dengan sistem keamanan yang bagus, Shopee akan menonaktifkan akun Shopee Paylater ketika Anda login dan bertransaksi menggunakan perangkat dan alamat internet yang asing. Hal ini dilakukan untuk menghindari peretasan akun.

5. Keterlambatan Pembayaran Cicilan

Kebiasaan terlambat membayar cicilan atau bahkan sampai gagal bayar menjadi penyebab Spaylater dinonaktifkan.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan Spaylater sesuai dengan kemampuan Anda. Pilih cicilan yang sesuai dengan kemampuan Anda di tiap bulannya untuk menghindari keterlambatan pembayaran atau bahkan sampai gagal bayar.

6. Server Shopee Bermasalah

Terkadang penonaktifan akun juga dikarenakan oleh server Shopee yang bermasalah. Jadi, bukan berarti aktivitas yang telah Anda lakukan atau data yang Anda masukkan bermasalah. Ini murni keadaan dari pihak Shopee.

Itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab akun Shopee Paylater dinonaktifkan. Untuk menghindari penonaktifkan akun, selalu lakukan aktivitas atau transaksi yang sesuai dengan kebijakan Shopee.

7. Limit Spaylater Jarang Digunakan untuk Bertransaksi

Untuk meningkatkan pengguna Spaylater, maka bisa saja pihak Shopee mengalihkan limit Spaylater yang tidak digunakan di akun kita untuk dipindahkan ke akun Shopee lain yang lebih aktif, hal ini bertujuan untuk meningkatkan cashflow perusahaan.

Biasanya akun pengguna akan dinonaktifkan sementara atau permanen dengan pemberitahuan “Spaylater dinonaktifkan karena kebijakan internal”.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Shopee Paylater untuk Penjual

Cara Mengaktifkan Spaylater yang Dinonaktifkan

Bagaimana cara mengembalikan Shopee Paylater yang dinonaktifkan? Cara mengaktifkan SPaylater yang dinonaktifkan harus sesuai dengan penyebabnya.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui penyebab Spaylater milik Anda dinonaktifkan untuk bisa memilih cara mengaktifkan Spaylater yang dinonaktifkan yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Cara Mengaktifkan Spaylater yang Dinonaktifkan Lewat Shopee Chat

Jika cara mengaktifkan SPaylater yang dinonaktifkan di atas belum bisa, Anda bisa mencoba cara mengaktifkan Spaylater yang dinonaktifkan yang terakhir adalah dengan meminta pembukaan blokir Spaylater secara langsung ke pihak Shopee.

Anda bisa menghubungi pihak Shopee dengan beberapa cara. Berikut ini cara menghubungi pihak Shopee untuk meminta pengaktifan kembali akun Shopee Paylater.

1. Pilih Menu Shopee Paylater

Pertama, cara mengaktifkan SPaylater yang dinonaktifkan adalah dengan membuka aplikasi Shopee. Di halaman utama, pilihlah menu Shopee Paylater. Nanti Anda akan langsung mendapati informasi “kenapa akun Shopee Paylater Anda dinonaktifkan”.

Cara Mengaktifkan Spaylater yang Dinonaktifkan

2. Klik “?” (tanda tanya) untuk Bertanya

Baca juga:  Cara Kredit HP di Shopee Lewat Indomaret Tanpa DP

Berhubung seringkali Anda tidak mengetahui maksud dari informasi penyebab akun Shopee Paylater dinonaktifkan dan cara mengaktifkan SPaylater yang dinonaktifkan, Anda bisa langsung mengajukan pertanyaan kepada pihak Shopee. Klik saja “?” (tanda tanya) yang ada di bagian kanan atas.

cara mengaktifkan spaylater yang dinonaktifkan

3. Pilih “Chat Shopee Sekarang”

Akan muncul halaman “Pusat Bantuan”. Langsung saja scroll ke bawah dan pilih menu “Chat Shopee Sekarang”.

Cara Mengaktifkan Spaylater yang Dinonaktifkan

4. Tulis Kendalanya

Selanjutnya, tulis kendala yang Anda alami sesuai dengan informasi penonaktifan Shopee Paylater di awal. Misalnya, Anda menulis “Bagaimana cara mengaktifkan SPaylater yang dinonaktifkan” dan klik “kirim”. Maka, pihak Shopee akan segera mengirimkan balasan.

Cara Mengaktifkan Spaylater yang Dinonaktifkan

Dari balasan tersebut, langsung saja Anda klik “Butuh bantuan terkait akun SPaylater?”.

5. Lengkapi Data yang Dibutuhkan

Anda akan dibawa ke halaman “Shopee Paylater Account Status”. Lengkapi data yang dibutuhkan, seperti Shopee Username, Alamat Email, dan Kendala yang Anda alami kenapa harus dinonaktifkan sementara.

cara mengaktifkan spaylater yang dinonaktifkan

Contoh isian di kolom kendala, “Akun Shopee Paylater dinonaktifkan sementara karena ada data yang tidak sesuai. Mohon untuk diaktifkan kembali, terimakasih”. Jika data sudah lengkap, langsung saja pilih tombol “Kirim”.

6. Tunggu Notifikasi dari Pihak Shopee

Setelah data Anda kirim, akan muncul pop up pemberitahuan bahwa permintaan Anda akan segera diproses dalam waktu 24 jam. Tunggulah selama 24 jam dan cek kembali di hari berikutnya.

Cara Mengaktifkan Spaylater yang Dinonaktifkan

Setelah menunggu 24 jam, silakan Anda cek notifkasi “Info Shopee” dan di bagian atas “Kamu menerima balasan untuk kasusmu”.

7. Buka Isi Notifikasi

Klik notifikasi tersebut, maka Anda akan tahu alasan kenapa akun Shopee Paylater Anda dinonaktifkan sementara.

cara mengaktifkan spaylater yang dinonaktifkan

Cukup panjang pesan yang disampaikan, tapi intinya karena memang ada penonaktifan dari pusat yang dilakukan secara bergilir ke pengguna Shopee Paylater dan menganjurkan untuk Anda selalu membayar tagihan tepat waktu, baik di Shopee Paylater maupun di platform lain agar riwayat kreditnya tetap bagus.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Shopee Paylater Tanpa KTP

Cara Mengaktifkan Spaylater yang Dinonaktifkan Karena Data Tidak Sesuai

Setelah itu, Anda bisa melakukan verifikasi ulang data di akun Shopee Paylater. Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti, diantaranya:

cara mengaktifkan spaylater yang dinonaktifkan
  1. Masuk Menu Spaylater Anda bisa masuk ke tampilan akun Shopee Paylater yang ada di menu “Saya”. Kemudian, Anda bisa meng-klik pilihan menu “SPaylater”.
  2. Klik Pemberitahuan Silakan klik saja pemberitahuan tersebut sebagai cara mengaktifkan SPaylater yang dinonaktifkan.  
  3. Masukkan Kode OTP Akan muncul kolom OTP. Masukkan kode OTP SPaylater yang dikirimkan di akun Anda.
  4. Lengkapi Data yang Diminta Yang terakhir adalah dengan melengkapi segala kebutuhan data. Masukkan data dengan benar dan sesuai. Teliti sebelum melakukan konfirmasi. Jangan sampai ada kesalahan penulisan atau typo saat memasukkan data agar akun Anda bisa segera diaktifkan kembali.
Baca juga:  3 Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku yang Sudah Dibayar

Misalnya dinonaktifkan karena ada aktivitas mencurigakan, maka akan muncul “Maaf, akun Spaylater-mu dinonaktifkan sementara karena ada aktivtas mencurigakan. Mohon update informasimu untuk mengaktifkan akun.”

Pun jika dinonaktifkan karena telat membayar, maka akan muncul “Maaf, akun Spaylater-mu dinonaktifkan sementara karena belum melunasi tagihan Shopee Paylater. Segera lakukan pembayaran untuk mengaktifkan akunmu kembali”.

Menghubungi Media Sosial Shopee

Cara mengaktifkan SPaylater yang dinonaktifkan lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menghubungi kontak Shopee berikut ini:

  • Melalui Contact Us di Website Shopee : Cara mengajukan keluhan selanjutnya adalah contact us di website Shopee melalui help.shopee. co.id/s/contactusform. Isi formulir dengan benar dan sampaikan keluhan yang Anda alami. Sertakan juga screenshot Paylater yang dinonaktifkan sebagai bukti.
  • Mengirim Email Shopee : Anda bisa mengajukan keluhan atau bertanya cara mengaktifkan Spaylater yang dinonaktifkan melalui email Shopee dengan alamat email support@shopee.co.id. Pastikan Anda menulis subjek email dengan jelas. Jangan lupa memasukkan data akun Shopee dan Shopee Paylater di badan email serta berikan screenshot paylater yang dinonaktifkan sebagai bukti.
  • Melalui Akun Medsos Shopee : Anda juga bisa menguhubungi pihak Shopee melalui akun media sosialnya. Akun instagram: @shopee_id, facebook: ShopeeID, dan twitter: @ShopeeID.

Berapa Lama Akun Shopee Paylater Dibekukan?

Berapa lama akun paylater dinonaktifkan sementara tergantung dari penyebabnya. Akun paylater akan dinonaktifkan sampai Anda melakukan verifikasi data. Jika murni server Shopee yang bermasalah, maka Anda hanya perlu menunggu sampai server Shopee kembali normal.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab Spaylater dinonaktifkan beserta cara mengaktifkan Spaylater yang dinonaktifkan. Anda bisa menghindari penyebab-penyebab yang disebutkan agar terhindar dari penonaktifan akun Spaylater.

Bagikan:

Tinggalkan komentar