Lazada Paylater Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya

Fitur Lazada Paylater tidak muncul merupakan masalah yang seringkali terjadi bagi para pengguna marketplace ini.

Sesuai dengan slogan khasnya, “Beli Sekarang, Bayar Nanti!”, paylater yaitu salah satu metode pembayaran dengan cara mencicil dalam jangka waktu tertentu.

Muncul pertanyaan apa perbedaan Lazada credit dan paylater? Paylater merupakan sebuah bentuk upaya Lazada dalam menyediakan sistem cicilan bagi seluruh penggunanya.

Sedangkan credit adalah saldo yang bisa digunakan untuk berbelanja atau sebagai dompet untuk menampung uang refund akibat transaksi gagal.

Layanan Lazada Paylater

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Lazada Paylater dibanding dengan aplikasi kredit yang lainnya. Kamu pasti ingin mengetahui kelebihan yang disediakan oleh pihak Lazada melalui fitur Lazada Paylater. Berikut kelebihannya antara lain adalah:

  1. Kredit limit cukup besar senilai Rp2.500.000.
  2. Proses verifikasi data cepat. Jika pengajuan aktivasi gagal maka Anda tidak memenuhi syarat dari Lazada.
  3. Hanya membutuhkan KTP, email, dan juga nomor HP.
  4. Proses mudah dan aktivasi bisa kamu lakukan melalui HP.
  5. Cicilan bisa dilakukan dengan rentang waktu tertentu sesuai dengan harga barang yang kamu beli.
  6. Limit harga produk yang dibeli melalui Paylater minimal Rp1.000.000 dan maksimal adalah Rp20.000.000

Selain itu Lazada Paylater juga bisa digunakan untuk kredit HP di Lazada dengan tenor cicilan maksimal 9 bulan.

Penyebab Lazada Paylater Tidak Muncul

Ada beberapa penyebab yang memicu Lazada Paylater tidak muncul. Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi dan kemungkinan cara untuk mengatasinya.

1. Transaksi Di Lazada Sedikit

Salah satu penyebab Lazada Paylater kamu tidak muncul yaitu karena transaksi yang kamu lakukan di aplikasi Lazada sedikit. Lazada telah menerapkan sistem penilaian berdasarkan jumlah transaksi yang telah kamu lakukan.

Baca juga:  Tabel Angsuran Atome 2024 : Paylater & Pinjaman Tunai

Apabila kamu jarang melakukan pembelian atau transaksi dengan jumlah yang sedikit, kemungkinan fitur Lazada Paylater tidak akan muncul.

Jumlah transaksi dilakukan ini tentu mempengaruhi penilaian Lazada terhadap keaktifan penggunanya.

Jika kamu jarang berbelanja di Lazada, maka sistem akan menilai bahwa kamu kurang aktif dan kemungkinan besar fitur Lazada Paylater tidak akan ditampilkan.

2. Aplikasi Belum Diupdate

Adapun penyebab lain yang menyebabkan Lazada Paylater tidak muncul adalah bisa jadi karena aplikasi Lazada yang kamu miliki belum diperbarui.

Perlu diingat bahwa penting untuk selalu memperbarui aplikasi Lazada agar kamu bisa menikmati berbagai fitur terbaru yang diberikan termasuk Lazada Paylater.

Dengan memperbarui aplikasi Lazada, kamu akan mendapatkan akses ke semua fitur dan peningkatan yang telah ditambahkan oleh Lazada, termasuk kamu bisa menggunakan fitur Lazada Paylater.

Namun jika aplikasi Lazada yang kamu miliki belum diperbarui, mungkin nantinya akan ada fitur-fitur tertentu yang tidak muncul atau tidak berfungsi dengan baik.

3. Masih Ada Cicilan yang Tertunggak

Masih adanya cicilan yang tertunggak juga bisa menjadi salah satu penyebab Lazada Paylater tidak muncul. Pihak Lazada akan mempertimbangkan riwayat pembayaran kamu sebelum memberikan akses ke fitur Lazada Paylater.

Jika kamu masih memiliki cicilan yang masih menunggak dan belum lunas, maka sebaiknya kamu selesaikan terlebih dahulu.

Hal ini merupakan cara pihak Lazada untuk memastikan bahwa pengguna mampu membayar cicilan sebelum memberikan akses ke fitur kredit baru. Oleh karena itu, pastikan kamu membayar cicilan dengan tepat waktu.

4. Gangguan Pada Sistem Lazada

Penyebab lainnya adalah kemungkinan adanya gangguan pada sistem Lazada yang menyebabkan Paylater tidak muncul.

Meskipun Lazada merupakan salah satu platform e-commercer terbesar, tentunya juga memiliki sistem yang kompleks dan terkadang bisa saja mengalami gangguan.

Baca juga:  Cara Gestun Lazada Paylater Langsung Cair

Adapun gangguan yang terjadi bisa berupa masalah server, bug, atau masalah lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja dan fungsi dari aplikasi Lazada itu sendiri.

Namun tidak perlu khawatir, Lazada biasanya akan segera melakukan pembaruan dan perbaikan demi mengatasi gangguan tersebut.

Jika hal ini terjadi, kamu bisa mencoba untuk mengupdate aplikasi atau menunggu beberapa saat sampai aplikasi Lazada kembali normal.

5. Menghubungkan Banyak E-Wallet

Jika kamu mengubungkan banyak e-wallet bisa jadi akan menyebabkan Lazada Paylater kamu tidak muncul. Pihak Lazada mungkin akan melakukan evaluasi dan membatasi kamu untuk mengakses fitur-fitur teretntu jika kamu mengubungkan banyak e-wallet ke akun Lazada.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah adanya penyalahgunaan fitur yang tersedia dan juga memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna Lazada dilakukan dengan aman dan dapat dipertanggungjawabkan.

6. Belum Masuk Pada Kriteria Penerima Layanan

Kemudian penyebab Lazada Paylater Tidak muncul yaitu kamu belum memenuhi kriteria sebagai penerima layanan aplikasi Lazada.

Pihak Lazada tentu memiliki dan menentukan kriteria tertentu untuk pengguna yang bisa mengakses fitur tertentu dari Lazada salah satunya Lazada Paylater. Adapun kriteria tersebut mencakup riwayat transaksi, riwayat kredit, dan lainnya.

Apabila kamu belum memenuhi kriteria tersebut, maka kemungkinan Lazada Paylater tidak akan muncul di akun Lazada kamu.

Pihak Lazada melakukan ini untuk memastikan bahwa fitur Paylater diberikan kepada pengguna yang memenuhi persyaratan dan mampu membayar cicilan.

7. Belum Melakukan Aktivasi

Kemungkinan penyebab Lazada Paylater tidak bisa muncul adalah kamu belum melakukan aktivasi pada fitur Paylater.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Lazada Paylater

Cara Aktifkan Lazada Paylater

Apabila penyebab tidak munculnya Lazada Paylater di akun kamu adalah karena kamu belum melakukan aktivasi, maka kamu harus segera melakukan registrasi terlebih dahulu.

Baca juga:  Cara Mencairkan Lazada Paylater ke DANA atau Rekening

Kemudian setelah selesai melakukan registrasi, tunggulah beberapa saat untuk pihat Lazada melakukan proses aktivasi. Berikut cara melakukan aktivasi Lazada Paylater:

Cara Aktifkan Lazada Paylater
  1. Buka aplikasi Lazada pada HP kamu.
  2. Kemudian klik menu Akun yang berada di pojok kanan bawah aplikasi.
  3. Selanjutnya kamu pilih menu Limit Paylater.
  4. Lalu kamu akan masuk pada halaman Limit Kredit dan klik menu Aktifkan Sekarang.
  5. Lazada akan meminta kamu untuk memasukkan informasi seperti nomor HP yang aktif untuk mengirimkan kode verifikasi OTP.
  6. Kemudian masukkan kode OTP yang kamu terima untuk melakukan verifikasi.
  7. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengambil foto KTP dan selfie.
  8. Lalu kemudian kamu juga akan diminta untuk melakukan foto selfie sambil memegang KTP.
  9. Masukkan alamat email kamu pada kolom yang telah disediakan dan klik Berikutnya.
  10. Proses selanjutnya adalah memasukkan alamat sesuai dengan KTP dan klik Berikutnya.
  11. Masukkan juga informasi mengenai pekerjaan kamu, kemudian klik Ajukan Sekarang.
  12. Nantinya akan muncul notifikasi pengajuan Paylater yang sedang dalam proses review.

Apabila nantinya pengajuan Paylater kamu telah diterima oleh pihak Lazada, maka untuk tahap selanjutnya kamu bisa menggunakan layanan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai alasan mengapa Lazada Paylater tidak muncul ketika kamu akan melakukan pembelian dan beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar fitur Lazada Paylater bisa muncul kembali

Bagikan:

Tinggalkan komentar