7 Perbedaan Lazada Credit dan Paylater

Lazada menawarkan dua jenis pembayaran yakni Lazada Credit dan Paylater. Bagi Anda pengguna Lazada dan ingin menggunakan salah satu metode pembayaran tersebut. Sebaiknya simak apa perbedaan Lazada Credit dan Paylater terlebih dahulu.

Meskipun keduanya merupakan metode pembayaran yang dikeluarkan oleh Lazada, namun dari segi fitur dan kegunaannya tetap berbeda. Supaya Anda dapat menggunakannya dengan optimal, berikut ini penjelasan tentang perbedaan Lazada Credit dan Paylater.

Perbedaan Lazada Credit dan Paylater

perbedaan lazada credit dan paylater
Ilustrasi pembayaran di Lazada.

Apakah Anda pengguna baru Lazada? Jika iya, apakah Anda masih bingung dengan perbedaan Lazada Credit dan Paylater? Maka ulasan di bawah ini akan sangat membantu Anda.

Pengertian Lazada Credit dan Paylater

Dari pengertian kedua metode pembayaran tersebut pun memiliki perbedaan yang mencolok. Lazada Credit merupakan metode pembayaran yang saldonya dapat digunakan untuk pembelian barang secara cicilan di Lazada.

Sementara Lazada Paylater merupakan metode pembayaran yang disediakan untuk pengguna agar bisa melakukan transaksi secara cicilan maupun kredit di Lazada. Tentu saja, Anda dapat memilih diantara kedua pembayaran tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Cara Mencairkan Lazada Paylater

Fungsi Lazada Credit dan Paylater

Perbedaan Lazada Credit dan Paylater berikutnya dapat dilihat dari fungsi keduanya. Lazada Credit memiliki dua fungsi utama untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi, diantaranya adalah :

  • Saldo Lazada Credit dapat digunakan untuk berbagai pembayaran seperti, top up, belanja barang, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya.
  • Pengguna memiliki pilihan untuk melakukan refund dana dengan cepat.
  • Saldo Lazada Credit dapat ditarik melalui rekening bank atau Dana.

Sedangkan Lazada Paylater memiliki fungsi yang berbeda dari Lazada Credit. Lazada Paylater dapat digunakan unuk pembayaran transaksi di Lazada, pembelian barang dengan cicilan, dan pembelian dengan pembayaran menggunakan tenor.

Baca juga:  Cara Melihat Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi

Fitur Lazada Credit dan Paylater

Lazada Credit memiliki fitur yang tidak dimiliki Lazada Paylater, begitu pula sebaliknya. Fitur Lazada Credit yakni

  • Isi ulang, Lazada Credit dapat Anda gunakan apabila saldonya mencukupi.
  • Bisa dihubungkan dengan akun Dana, fitur yang tidak dimiliki oleh Lazada Paylater adalah fitur ini. Lazada Credit dapat dihubungkan dengan akun Dana.
  • Bisa diuangkan, berkat Lazada Credit yang dapat dihubungkan dengan Dana, saldo pada Lazada Credit dapat dicairkan.

Sedangkan Lazada Paylater terdiri dari beberapa fitur, diantaranya adalah :

  • Beli sekarang bayar nanti, fitur ini dapat digunakan pengguna untuk membeli barang yang pembayarannya dapat dilakukan di kemudian hari.
  • Tenor cicilan, Lazada Paylater menawarkan pembayaran cicilan dengan berbagai pilihan tenor yakni mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.
  • Naik limit paylater, fitur berikutnya adalah kesempatan untuk kenaikan limit. Limit paylater pengguna memiliki jumlah yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah riwayat kredit/pembayaran tagihan pengguna.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Lazada Paylater

Kelebihan Lazada Credit dan Paylater

Meskipun terdapat perbedaan Lazada Credit dan Paylater, namun keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Apabila Anda menggunakan Lazada Credit, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh.

Pembayaran pembelian barang di Lazada akan lebih mudah dan cepat sebab Anda hanya perlu menekan Lazada Credit dan memasukkan passwordnya. Selain itu, jika transaksi gagal maka akan ada pengembalian dana dengan cepat. Berdasarkan klaim dari Lazada, proses refund tidak akan lebih dari 1 x 24 jam.

Dengan menggunakan Lazada Credit, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai promo menarik seperti cashback, bonus, dan gratis ongkir.

Sedangkan Lazada Paylater juga memiliki kelebihan seperti dapat memberikan opsi cicilan hingga Rp20 juta. Pengembalian cicilan juga beragam mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan. Selain itu, biaya administrasi untuk layanan ini juga rendah.

Baca juga:  7 Cara Menaikkan Limit Lazada Paylater Hingga 5 Juta

Biaya tambahan

Lazada Credit tidak memerlukan biaya tambahan untuk menggunakannya. Bahkan saat pengguna ingin mengisi saldo Lazada Credit melalui rekening bank, pengguna tidak akan dikenakan biaya sepeserpun atau Rp0. Hanya saja, pengisian saldo Lazada Credit bisa dilakukan minimal sebesar Rp10.000.

Di sisi lain, apabila Anda menggunakan Lazada Paylater akan ada biaya tambahan mulai dari biaya administrasi hingga bunga. Meskipun biaya administrasi cukup rendah, namun bunga pinjaman cukup besar yakni 2,95%.

Minimal pembelian

Lazada Credit dapat digunakan untuk pembelian barang minimal seharga Rp50.000. Sedangkan Lazada Paylater hanya bisa digunakan untuk pembelian barang dengan harga minimal Rp1.000.000.

Jadi bagi Anda yang ingin membeli barang dengan harga kurang dari Rp1.000.000, Lazada Credit adalah pilihan yang tepat.

Syarat daftar Lazada Credit dan Paylater

Perbedaan Lazada Credit dan Paylater selanjutnya adalah syarat daftar. Dari kedua jenis metode pembayaran Lazada ini, Lazada Credit tidak memerlukan persyaratan khusus. Anda hanya perlu mengaktifkannya di aplikasi. Bahkan jika Anda sudah memiliki akun di DANA, proses pendaftaran akan lebih mudah.

Sedangkan Lazada Paylater mengharuskan calon penggunanya untuk mengunggah identitas diri lengkap, alamat email, dan KTP.

Itulah perbedaan Lazada Credit dan Paylater yang perlu Anda ketahui sebagai pengguna Lazada. Keduanya akan memberikan Anda kemudahan dalam bertransaksi di Lazada. Tentu saja, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar