Dana Paylater Tidak Muncul? ini 6 Penyebab & Solusinya

Banyak perusahaan di bidang finansial mulai merilis produk Paylater sebagai solusi kemajuan ekonomi makro. Jika sebelumnya hanya mengenal GoPay paylater, Shopee Paylater, Traveloka Paylater, dan LinkAja Paylater. Sekarang, ada satu layanan baru bernama DANA Paylater.

DANA PayLater tidak muncul dibeberapa akun pengguna membat bingung. Banyak pengguna yang mengharapkan fitur paylater ini untuk membayar sesuatu. Jadi, apa yang menjadi penyebab DANA PayLater tidak muncul?

Layanan DANA Paylater

Seperti layanan Paylater lainnya, DANA Paylater adalah fasilitas pembayaran yang dipakai oleh konsumen untuk memenuhi berbagai kebutuhan, yang mana pembayaran belanjaan dilakukan dengan cara mengangsur, tanpa harus memiliki kartu kredit.

DANA Paylater menjadi salah satu fitur unggulan yang ditawarkan platform finansial DANA untuk para penggunanya. Fitur ini dikembangkan oleh DANA selaku perusahaan induk yang bekerja sama dengan Akulaku selaku pemberi pinjaman dana.

Anda bisa menggunakan Paylater DANA untuk membayar berbagai kebutuhan ke merchant DANA, seperti Gojek, Grab, perusahaan transportasi Blue bird, dan lainnya. Anda bisa melakukan transaksi dengan memanfaatkan limit kredit ke lebih dari 1000 merchant di tanah air.

Bukan hanya transaksi pembelian barang-barang kebutuhan, melainkan juga transaksi pembayaran tagihan token listrik, BPJS, asuransi, pulsa, air, dan sebagainya. Saat ini, DANA Paylater menyediakan tenor pelunasan mulai dari 30 hari sampai dengan 12 bulan.

Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna aktif DANA yang sudah upgrade ke versi premium. Seberapa aktif pengguna melakukan transaksi dengan apikasi DANA. Semakin sering melakukan transaksi, makin besar kemungkinan DANA Paylater muncul di akun kamu.

Baca juga: Cara Mencairkan Shopee Paylater

Baca juga:  Kode Referral Indodana Paylater 2024 untuk Pengguna Baru

Penyebab DANA PayLater Tidak Muncul

cara mengatasi dana paylater tidak muncul

Paylater DANA memang cukup menarik perhatian, khususnya bagi orang yang gemar bertransaksi secara online. Daripada membuka kartu kredit, lebih baik menggunakan satu aplikasi yang juga berfungsi sebagai kartu kredit.

Apalagi ada tawaran limit transaksi yang cukup besar dengan suku bunga yang ringan. Namun, banyak pengguna aktif DANA yang merasa sudah sesuai kualifikasi pengguna pilihan, nyatanya tidak bisa menggunakan fitur ini, DANA Paylater tidak muncul. Apa penyebabnya?

1. Belum Update Aplikasi

dana paylater tidak muncul

Penyebab DANA PayLater tidak muncul yang pertama, yaitu pengguna belum mengupdate aplikasi DANA ke versi terbaru. Semakin baru versi aplikasi DANA yang digunakan, semakin banyak fitur baru yang bisa diakses.

Untuk beberapa kasus pengguna tidak mengaktifkan auto update di Play Store atau App Store. Oleh karena itu, untuk mengatasinya perhatikan langkah berikut.

  1. Buka Google Play Store di Android atau App Store di IPhone.
  2. Cari aplikasi DANA.
  3. Kemudian klik ‘Update’ atau ‘Perbarui’.
  4. Tunggu proses hingga proses update selesai.

2. Akun DANA Baru

Penyebab berikutnya DANA Paylater tidak muncul adalah Anda sebagai pengguna baru. Akun anda wajib aktif minimal 3 bulan terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan layanan ini.

Kebanyakan pengguna baru belum memenuhi kualifikasi untuk bisa menggunakan fitur Paylater DANA. Kemungkinannya sangat kecil untuk menggunakan fitur unggulan ini.

3. Akun DANA Belum Premium

dana paylater tidak muncul

Pastikan bahwa Anda sudah upgrade ke versi premium. Bagaimanapun versi premium memang lebih unggul daripada versi basic.

Untuk menikmati layanan yang memang hanya disediakan pada aplikasi yang sudah premium, Anda pun harus mengupgrade aplikasinya menjadi premium juga. Berikut langkah mudah upgrade DANA ke versi premium:

  1. Masuk ke aplikasi DANA.
  2. Pada halaman utama, klik
  3. Klik Verifikasi Akun Saya.
  4. Unggah data diri secara lengkap dan benar. Misalnya, Foto KTP, selfie di lokasi yang pencahayaannya jelas agar area wajah nampak jelas.
  5. Klik Submit dan tunggu proses selanjutnya sampai aplikasi premium siap digunakan.
Baca juga:  2 Cara Mencairkan Saldo Flazz BCA ke Rekening Atau E-Wallet

Itulah sedikit penyebab DANA Paylater tidak muncul di aplikasi Anda. Cermati, apakah memang penyebab tersebut benar terjadi pada akun Anda? Jika iya, simak ulasan lebih lanjut di bawah ini.

4. Akun Premium, Tapi Jarang Melakukan Transaksi

Hal ini justru sebaliknya. Walaupun akun DANA Anda sudah diupgrade ke tipe premium, tetapi jika Anda jarang melakukan transaksi, kemungkinan besar fitur DANA Paylater tidak akan muncul.

Sering-seringlah untuk melakukan transaksi, misalnya untuk Top Up Shopeepay atau yang lainnya.

Anda bisa lebih sering untuk melakukan transaksi, walaupun itu transaksi yang nominalnya kecil. Sebatas top up ke dompet digital dengan nominal Rp 10.000 misalnya.

Serta, lakukan pembersihan chache pada aplikasi minimal satu minggu sekali agar aplikasi tetap fresh, bersih, dan tidak banyak sampah.

5. Belum Menerima Undangan

Untuk saat ini, layanan DANA Paylater masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk semua pengguna DANA.

Persis dengan fitur Paylater perusahaan sejenisnya yang akan memberikan undangan terlebih dahulu kepada para penggunanya yang berhak menggunakan fitur paylater.

Bisa jadi DANA Paylater tidak muncul karena Anda tidak mendapat undangan untuk mengaktifkan DANA paylater.

6. Akun DANA Memiliki Pelanggaran

Pelanggaran kebijakan penggunaan akun DANA bisa menyebabkan beberapa fitur menjadi tidak bisa digunakan.

Salah satunya adalah layanan paylater DANA, untuk mengatasinya anda perlu mengajukan banding terhadap pelanggaran tersebut melalui halaman bantuan DANA. Setelah proses banding selesai dan akun berhasil dipulihkan maka fitur paylater bisa di akses kembali.

Baca juga:

Jatuh Tempo dan Denda DANA Paylater

Ketika DANA Paylater tidak muncul di aplikasi, tentu akan membuat resah hati. Padahal dengan memanfaatkan fitur ini Anda bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan dan aktivitas lainnya secara virtual dengan mudah. Saat kondisi mendesak belum memiliki uang, sementara transaksi harus segera dilakukan.

Baca juga:  Cara Transfer Shopeepay ke Rekening Bank

DANA Paylater bisa dibayarkan 30 hari setelah transaksi dilakukan atau malah ada yang diangsur untuk beberapa bulan ke depan. Waktu pembayaran yang lumayan panjang ini tentu sangat menarik, walaupun ada ketentuan pembayaran biaya lain yang harus ditanggung pengguna.

Misalnya, pengguna harus menanggung biaya penanganan sebesar 3%, biaya bunga kredit, hingga biaya denda jika pembayaran angsuran mengalami keterlambatan.

Sebagai pengguna yang berkesempatan menggunakan fitur ini, alangkah baiknya bisa semakin bijak dalam menggunakannya agar tidak terbebani di kemudian hari.

Jangan sampai fasilitas yang tujuannya untuk memudahkan transaksi, justru terlalu dianggap mudah hingga kalap melakukan banyak transaksi padahal tidak terlalu dibutuhkan.

Baca juga: Cara Mencairkan DANA Paylater

Sebagai pengguna, hendaknya Anda juga lebih bijak ketika bisa menggunakan fitur ini. Jika memang DANA Paylater tidak muncul walaupun sudah mengikuti beberapa saran di atas, ya tidak masalah.

Anda harus lebih sabar lagi untuk bisa menggunakan fitur Paylater DANA. Baiknya, Anda tidak akan mudah ketergantungan untuk membeli barang atau bertransaksi dengan sistem pembayaran angsuran.

Bagikan:

2 pemikiran pada “Dana Paylater Tidak Muncul? ini 6 Penyebab & Solusinya”

Tinggalkan komentar