8 Penyebab Paylater Traveloka Tidak Bisa Digunakan

Jika Anda sering menggunakan Paylater Traveloka, Anda mungkin pernah mengalami masalah ketika ingin melakukan transaksi menggunakan fitur tersebut. Salah satu masalah yang sering ditemukan adalah ketika Paylater Traveloka tidak bisa digunakan. Jika Anda juga mengalami masalah serupa, ada beberapa penyebab yang perlu diketahui. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Paylater Traveloka Dinonaktifkan

Apakah Anda memiliki pengalaman terkait limit Paylater Traveloka yang dibekukan atau dinonaktifkan? Kenapa limit Paylater Traveloka tidak bisa digunakan? Jika Anda merasa tidak pernah melakukan kesalahan fatal ketika bertransaksi menggunakan Paylater Traveloka, mungkin hal berikut ini menjadi penyebab kenapa Paylater Traveloka dinonaktifkan.

1. Penggunaan Limit di Atas 75%

Penyebab Paylater Traveloka Dinonaktifkan

Alasan pertama Paylater Traveloka tidak bisa digunakan adalah bertransaksi dengan menggunakan limit di atas 75%. Bukan tanpa alasan pihak Traveloka menonaktifkan limit pengguna yang bertransaksi melebihi 75%. Hal ini dilakukan karena pihak Traveloka takut akan terjadi masalah ketika pembayaran, semisal terlalu banyak tagihan, telat bayar Traveloka Paylater atau malah sampai gagal bayar.

Sebenarnya, Paylater Traveloka tidak langsung dibekukan ketika Anda bertransaksi sebanyak 75% atau lebih dari total keseluruhan limit. Biasanya Paylater Traveloka dibekukan saat sudah masuk di cicilan pertama, kedua, atau ketiga.

2. Ganti Handphone

Biasanya saat Anda login ke akun Traveloka di handphone yang berbeda, pihak Traveloka akan menonaktifkan akun Paylater Anda. Traveloka bisa membaca perangkat terpercaya yang Anda gunakan. Jika Anda login di ponsel lain bisa jadi Paylater Traveloka tidak bisa digunakan. Hal ini dilakukan untuk keamanan. Karena ditakutkan ada yang login secara ilegal menggunakan akun Anda.

Baca juga:  Shopee PayLater Tidak Muncul? ini 11 Penyebab & Solusinya

3. Riwayat Kredit Buruk

paylater traveloka tidak bisa digunakan

Nasabah dengan riwayat skor kredit yang buruk, seperti telat membayar angsuran berulang kali, sangat tidak disukai oleh penyedia pinjaman manapun. Sanksi yang biasanya diberikan oleh penyedia layanan pinjaman bagi nasabah dengan skor kredit buruk adalah penonaktifan akun.

4. Traveloka Paylater belum Diaktivasi

Sudah pasti Paylater Traveloka tidak bisa digunakan jika Anda belum melakukan pendaftaran dan aktivasi limit paylater. Cara mengaktifkan Traveloka Paylater bisa Anda lakukan dengan mudah melalui aplikasi. Dengan durasi verifikasi 1 hari kerja, akun Pyalater Traveloka bisa digunakan.

5. Tidak Mencapai Batas Minimal

Jika menggunakan Paylater Traveloka melebihi batas maksimal, maka akun Anda akan dinonaktifkan. Jika Anda bertransaksi tidak mencapai batas minimal, sebesar 50 ribu rupiah, maka Paylater Traveloka tersebut tidak bisa digunakan. Jadi, Anda harus mencari produk dengan harga di atas 50 ribu rupiah untuk menikmati fitur Traveloka Paylater.

6. Tidak Termasuk Kategori Jenis Pembayaran Paylater

Fitur Paylater Traveloka tidak bisa digunakan di semua produk. Lalu, Paylater Traveloka untuk apa saja? Limit Paylater Traveloka bisa digunakan di semua produk yang tersedia kecuali beberapa produk di menu Tagihan & Isi Ulang. Produk yang tidak bisa digunakan seperti Voucher Game, Kartu Kredit, Angsuran Kredit, dan Uang Elektronik.

7. Masih Memiliki Tagihan

Jika Anda masih memiliki tagihan paylater yang belum terselesaikan, besar kemungkinan Paylater Traveloka tidak bisa digunakan untuk transaksi berikutnya. Kenapa? Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi menumpuknya tagihan di tiap bulan yang bisa mengakibatkan tidak bisa membayar.

8. Transaksi Dianggap Beresiko

Penyebab yang terakhir adalah pengguna dianggap melakukan transaksi yang dianggap mencurigakan atau tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga:  3 Cara Mengaktifkan Spaylater yang Dinonaktifkan

Itulah beberapa kemungkinan limit Paylater Traveloka yang tidak bisa digunakan. Jadi, selalu gunakan limit Traveloka Paylater yang Anda miliki dengan sebaiknya.

Baca juga: Cara Mencairkan PayLater Traveloka

Cara Mengatasi Paylater Traveloka Tidak Bisa Digunakan

Ketika mengalami masalah Paylater Traveloka, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Anda dapat mengaktifkannya dengan mudah melalui menu Paylater yang ada pada aplikasi. Jika terdapat pilihan untuk mengaktifkan kembali, Anda bisa langsung memilih itu dan mengikuti arahan yang diberikan.

Anda juga bisa mengatasi masalah Paylater Traveloka yang tidak bisa digunakan dengan memperbaiki pola bertransaksi.

  1. Mematuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku seperti tidak bertransaksi melebihi 75% dari keseluruhan total limit yang dimiliki. Jika limit yang diberikan dirasa kurang anda bisa mencoba untuk menaikkan limit Traveloka Paylater terlebih dahulu.
  2. Tidak log in di sembarang perangkat, memilih produk yang tercover dalam pembayaran paylater, dan memilih produk di atas 50 ribu rupiah.
  3. Selain itu, Anda harus menjaga riwayat kredit agar selalu mendapatkan skor yang baik. Ini menjadi salah satu penyebab terbanyak dari kasus penonaktifan limit Paylater Traveloka.

Tidak hanya di Traveloka, hampir semua penyedia pinjaman baik secara online maupun offline tidak menyukai nasabah yang memiliki skor kredit buruk.

Dengan memiliki skor kredit yang buruk, tidak hanya berdampak pada penonaktifan akun saja. Anda juga akan mengalami kesulitan ketika hendak mengajukan pinjaman lain baik di aplikasi yang sama maupun di aplikasi lain.  

Setelah Anda berupaya memperbaiki pola bertransaksi namun akun Paylater Traveloka masih belum juga kembali, Anda bisa menghubungi Customer Service atau Call Center Traveloka. Anda bisa langsung menghubungi melalui nomor telepon atau akun resmi Traveloka di sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

Baca juga:  Cara Bayar Shopee Pakai Traveloka Paylater Virtual Number

Sampaikan keluhan yang Anda alami dengan sejelas mungkin. Selanjutnya, Anda akan diberikan arahan mengenai cara untuk mengaktifkan kembali akun Paylater Traveloka.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab Paylater Traveloka tidak bisa digunakan dan cara mengatasinya. Pada intinya, Anda harus menerapkan pola bertransaksi menggunakan paylater dengan baik agar terhindar dari penonaktifan akun.

Bagikan:

Tinggalkan komentar