11 Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam untuk Penjual dan Pembeli

Apakah Anda pernah melakukan pinjaman online? Di platform apa? Bagaimana prosedur pengajuannya? Kita akan membahas salah satu pinjaman online yaitu Shopee Pinjam. Simak Tutorial cara mengaktifkan shopee pinjam berikut inni.

Oke, cukup Anda jawab dalam hati saja. Kali ini, kami akan berbagi informasi kepada Anda tentang platform pinjaman online yang proses pengajuannya mudah dan cepat, yang bernama Shopee Pinjam.

Shopee Pinjam atau SPinjam adalah sebuah platform e-commerce Shopee yang berguna untuk melakukan pinjaman online. Baik pinjaman tersebut dilakukan oleh pembeli atau dilakukan oleh penjual di akun Shopee.

Apakah ada perbedaan cara mengaktifkan Shopee Pinjam untuk penjual dan pembeli?Oke, yuk cek.

Perbedaan SPinjam Untuk Pembeli dan Penjual

Jika dilihat dari syarat Shopee Pinjam untuk pembeli dan penjual, itu sama. Begitupun jika dilihat dari cara mengaktifkan SPinjam, juga sama.

Bedanya hanya ada pada peruntukan pinjaman, limit pinjam, dan jangka waktu pelunasan pinjaman.

Baca Juga : Cara Daftar Shopee Food untuk Driver dan Merchant

Syarat Mengajukan Pinjaman di SPinjam

Dilihat dari syarat untuk mengajukan pinjaman online, syarat Shopee Pinjam untuk pembeli dan penjual sama. Yaitu, pihak Shopee akan mengutamakan pengguna akun Shopee yang aktif dan terpilih. Disamping itu, Anda tetap harus melengkapi syarat-syarat berikut ini.

  • Memiliki KTP aktif.
  • Melakukan verifikasi wajah.
  • Memiliki rekening bank pribadi dan masih aktif.
  • Menyiapkan data kontak darurat.
  • Sudah menggunakan akun Shopee. Jika belum, Anda bisa mengunduhnya di App Store atau di Play Store.
Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

Setelah semua syarat Anda lengkapi, Anda sudah bisa mulai mengaktifkan menu pinjaman online via SPinjam. Berikut cara mengaktifkan SPinjamyang mesti Anda pahami.

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Untuk Penjual dan Pembeli

Baik Anda sebagai penjual maupun sebagai pembeli, ada cara mengaktifkan Shopee Pinjamyang mesti Anda terapkan. Berikut cara-cara lengkapnya.

1. Buka aplikasi Shopee yang telah Anda unduh dan instal di HP.

2. Masuk ke menu ‘saya’, kemudian pilih ‘Shopee Pinjam’.

cara mengaktifkan shopee pinjam

Catatan : Apabila di HP Anda tidak ada menu SPinjam, berarti akun Anda belum terpilih.

3. Klik ‘aktifkan sekarang’.

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

4. Masukkan nomor telepon aktif (jika belum muncul), kemudian klik ‘lanjut’ jika nomor telepon yang tertera di layar sudah benar.

5. Masukkan kode verifikasi di kolom yang tersedia, kemudian klik ‘lanjut’. Kode verifikasi dikirim ke nomor telepon yang Anda isi pada poin sebelumnya.

Catatan :

Demi menjaga keamanan data, jangan memberikan kode OTP yang telah dikirim ke nomor HP Anda kepada siapapun, termasuk memberikannya kepada Tim Shopee.

6. Isi ‘2 kontak darurat’ secara lengkap dan benar, mulai dari nama, status hubungan, hingga nomor teleponnya. Kemudian, klik ‘kirim’.

Catatan :

Pastikan dalam memasukkan nomor HP diawali dengan angka 0, bukan +62.

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

7. Klik ‘mulai verifikasi wajah’. Pastikan posisi wajah Anda terlihat jelas di frame. Tunggulah proses verifikasi wajah tersebut beberapa menit hingga berhasil untuk mengajukan aktivasi SPinjam.

Penting : Cara Memindahkan Koin Shopee ke Shopeepay

8. Apabila proses verifikasi wajah berhasil, akan muncul tulisan pop-up di layar HP berupa ‘Selamat! Kamu Telah Berhasil Mengaktifkan Shopee Pinjam’.

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

Catatan:

Proses verifikasi identitas diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, aman ya.

9. Setelah proses verifikasi berhasil, Anda harus melanjutkan proses pengajuan pinjaman dengan cara klik menu ‘Shopee Pinjam’. Kemudian, klik ‘ajukan’ untuk menentukan jumlah pinjaman.

10. Tambahkan rekening bank kalian yang digunakan untuk menerima uang.

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

11. Masukkan Pin ShopeePay Anda dan Jika pengajuan Shopee Pinjam Anda berhasil, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa pengajuan Shopee Pinjam berhasil dan uang akan ditransfer ke rekening bank yang sudah ditambahkan di langkah sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

12. Selesai harap ikuti semua langkah di atas dengan benar dan tunggu respon dari pihak shopee.

Prosedur peminjaman di atas tidak susah kan? Hanya, pihak Shopee memang membatasi jumlah peminjam. Hanya peminjam aktif dan terpilih yang bisa menerapkan cara mengaktifkan Shopee Pinjam tersebut.

Jadi, jika Anda belum bisa mengaktifkannya, ya jangan khawatir. Anda hanya perlu lebih bersabar untuk mendapatkan kesempatan tersebut dan memanfaatkan menu alternatif, seperti Shopee PayLater.

Begitupun jika Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan menu SPinjam, Anda harus sudah bebas dari semua tanggungan. Apapun itu jenis tanggungannya.

Sementara, untuk proses pengajuan pinjaman, Shopee memberikan limit pinjaman yang berbeda. Limit SPinjam untuk pembeli, maksimalnya adalah Rp 3.000.000. Sedangkan, limit SPinjam untuk penjual, maksimalnya adalah Rp 5.000.000.

Namun, bisa juga limit yang diberikan pihak Shopee lebih kecil atau lebih besar dari limit yang telah ditentukan. Itu semua tergantung dari profil risiko akun Anda.

Biasanya, proses pencairan berkisar 2 hari saja. Namun, ada juga yang proses pencairannya lebih cepat. Bahkan menurut salah satu reviewer, prosesnya hanya hitungan menit, 10 menit.

Secara keseluruhan, cara mengaktifkan Shopee Pinjam cukup mudah dan tidak susah, bukan? Anda tinggal mengikut cara-caranya di atas dan isilah data-data yang dibutuhkan dengan benar.

Gunakan pinjaman dengan sebaik-baiknya. Jangan karena suku bunga terkecilnya adalah 2,45%, Anda jadi boros melakukan pinjaman. Apalagi, batas pelunasan juga tidak lama, hanya hitungan bulan. Bisa satu bulan, dua bulan, atau hanya tiga bulan.

Tinggalkan komentar