5 Perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater

Akhir – akhir ini belanja secara daring atau yang biasanya dikenal dengan sebutan belanja online menjadi kebiasaan baru masyarakat.

Dibanding harus pergi ke tempat perbelanjaan, masyarakat lebih memilih belanja online di berbagai e-commerce karena tidak membutuhkan effort ekstra seperti jika harus pergi ke tempat perbelanjaan secara langsung.

Sekilas Tentang Shopee

Berbagai e-commerce berlomba – lomba untuk menyempurnakan platformnya dengan berbagai fitur yang memudahkan konsumennya untuk berbelanja secara online.

Berbagai diskon dan promo menarik juga ditawarkan untuk menarik minat konsumen. Salah satu start up e-commerce terbesar dan terpercaya di Indonesia adalah Shopee.

Shopee memiliki banyak fitur – fitur yang memudahkan konsumen terutama dalam metode pembayaran yang memiliki banyak pilihan.

Mulai dari transfer bank, Cash on delivery (COD), pembayaran melalui Alfamart/Indomaret, pembayaran dengan kartu kredit/debit, OneKlik, cicilan dengan kartu kredit, Shopeepay, dan Shopee Paylater.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai perbedaan Shopeepay dan Shopee Paylater. Mungkin bagi pengguna lama apikasi Shopee, fitur Shopeepay dan Shopee Paylater sudah tidak asing lagi.

Namun bagi para pengguna baru mungkin masih bingung dengan perbedaan Shopeepay dan Shopee Paylater.

Karena itu artikel ini akan menjelaskan apa sih sebenarnya perbedaan Shopeepay dan Shopee Paylater. Simak baik – baik ya!

Apa itu ShopeePay?

perbedaan shopeepay dan shopee paylater

ShopeePay adalah salah satu metode pembayaran yang bisa digunakan untuk membayar pembelian barang di aplikasi Shopee dan bahkan bisa juga digunakan untuk membayar di merchant – merchant yang bekerja sama dengan ShopeePay seperti Alfamart, Indomaret, dan masih banyak lagi merchant lainnya.

ShopeePay merupakan salah satu jenis uang elektronik yang diluncurkan oleh Shopee. Oleh karena itu, ShopeePay juga dapat digunakan untuk membayar di merchant – merchant lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya dengan cara scan QRIS merchant yang ingin dibayarkan.

Baca juga:  7 Aplikasi Undang Teman Dapat Saldo DANA Langsung Cair

ShopeePay seperti dompet digital yang dapat diisi saldo yang diinginkan oleh pengguna.

Bagi pengguna yang akun Shopeenya masih belum diverifikasi, saldo maksimal yang dapat diisi ke ShopeePay adalah sebesar Rp2.000.000 saja dan bagi pengguna yang sudah memverifikasi akun Shopeenya maka dapat mengisi saldo ShopeePaynya hingga Rp10.000.000.

Pengguna bisa menggunakan ShopeePay untuk membayar pesanannya di Shopee maupun di merchant lain selama ada saldo yang mencukupi di ShopeePaynya.

Bagi pengguna yang sudah terverifikasi akun Shopeenya juga mendapat fitur transfer antarbank dan juga dapat menarik saldo ShopeePaynya.

Untuk memverifikasi akun Shopee, pengguna membutuhkan kartu identitas seperti KTP agar dapat menggunakan lebih banyak fitur ShopeePay seperti transfer dan tarik saldo yang telah dijabarkan di atas.

Banyak keuntungan yang didapatkan pengguna jika membayar dengan ShopeePay untuk transaksi pembelian di shopee maupun merchan – merchant lain yang bekerja sama dengan shopee.

Biasanya keuntungan yang didapatkan seperti cashback hingga gratis ongkos kirim ekstra jika berbelanja di Shopee.

Untuk proses top up atau pengisian saldo ShopeePay juga sangat mudah karena bisa dilakukan melalui transfer bank ke rekening virtual account ataupun di Indomaret maupun Alfamart.

Baca juga:

Apa Itu Shopee Paylater?

perbedaan shopeepay dan shopee paylater

Seperti namanya yakni Paylater, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk beli sekarang, bayar nanti. Artinya pengguna Shopee Paylater dapat membeli barang yang diinginkan menggunakan metode pembayaran paylater dan dapat dibayar sekaligus maupun dicicil dengan jangka waktu tertentu.

Fitur ini adalah fitur bawaan dari Shopee yang sayangnya tidak dapat diajukan oleh pengguna Shopee karena biasanya Fitur Shopee Paylater akan muncul sendirinya. Tidak seperti ShopeePay, fitur Paylater pada Shopee hanya dapat digunakan oleh pengguna yang telah memenuhi syarat yaitu :

  • Pengguna sudah memiliki akun yang berusia 3 bulan
  • Akun tersebut sering digunaka untuk bertransaksi
  • Aplikasi Shopee telah terupdate ke versi terbaru
  • Akun shopee telah terverifikasi
Baca juga:  Cara Mengaktifkan Shopee Paylater Tanpa KTP

Jika pengguna sudah memenuhi syarat – syarat tersebut maka otomatis akan masuk tawaran di akun Shopee untuk menggunakan fitur Shopee Paylater.

Metode pembayaran dengan Shopee Paylater sama halnya dengan sistem utang yang dapa memudahkan pengguna yang ingin membeli barang namun ingin membayar secara langsung dalam waktu 30 hari dengan bunga 0%, maupun dicicil dengan tenor 30 hari hingga 12 bulan dengan bunga yang bersaing dengan aplikasi lain dengan fitur Paylater.

Sama halnya dengan ShopeePay, membayar dengan menggunakan Shopee Paylater juga memberikan banyak keuntungan kepada penggunanya seperti cashback, gratis ongkos kirim ekstra, dan penawaran menarik lainnya dari Shopee.

Shopee Paylater dapat digunakan untuk membeli semua barang di Marketplace Shopee namun tidak dapat digunakan untuk membeli produk digital seperti pulsa, tagihan listik, dan tagihan sejenisnya.

Pihak Shopee menjelaskan bahwa Shopee Paylater tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang dan hanya untuk membeli barang secara cicilan maupun bayar nanti di Marketplace Shopee dan beberapa merchant partner.

Baca juga: Cara Mencairkan Shopee Paylater

Limit Shopee Paylater

Limit yang diberikan oleh Shopee kepada tiap – tiap pengguna Shopee Paylater berbeda – beda. Biasanya limit yang diberikan pada saat awal menggunakan fitur ini tergantung dari seberapa sering pengguna bertransaksi di Shopee.

Rata – rata limit awal yang diberikan untuk pengguna baru Shopee Paylater adalah sebesar Rp750.000 dan pengguna diijinkan untuk mengajukan kenaikan limit satu kali.

Sedangkan, untuk limit maksimal Shopee Paylater adalah Rp 20.000.000 (jumlah limit berbeda tiap akun). Lihat disini untuk tips menaikkan limit Shopee Paylater hingga 20 juta.

Tapi jangan khawatir, jika pengguna menggunakan Shopee Paylater dan membayar dengan tepat waktu terus menerus maka otomatis Shopee akan menaikkan limit Shopee Paylater di akun Shopeenya tanpa perlu mengajukan kenaikan limit.

Baca juga:  7 Cara Menaikkan Limit Shopee Paylater Dengan Cepat

Untuk tahu lebih lengkap mengenai seluk beluk Shopee Paylater kamu bisa cek artikel mengenai review Shoppe Paylater yang sudah dirangkum oleh TipKerja ya!

Perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater

Seletah mengetahui apa itu ShopeePay dan Shopee Paylater, maka sekarang saatnya kita membahas tentang perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater.

Perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater terletak pada cara kerja keduanya. Fitur ShopeePay dapat kita gunakan sebagai metode pembayaran jika kita telah mengisi saldo pada akun ShopeePay kita.

Sedangkan untuk Shopee Paylater dapat digunakan sebagai metode pembayaran tanpa kita perlu untuk mengisi saldo terlebih dahulu karena jumlah tersebut akan kita bayarkan dalam waktu 30 hari maupun dapat kita cicil dengan jangka waktu 30 hari hingga 12 bulan.

Perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater
infografis perbedaan Shopee Pay dan Shopee Paylater dari beberapa aspek

perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater lainnya adalah ShopeePay merupakan uang elektronik yang kita miliki sedangkan Shopee Paylater adalah fasilitas pinjaman yang diberikan Shopee kepada penggunanya yang telah memenuhi syarat yang telah dijelaskan di atas.

Jadi bagaimana? apakah pembahasan diatas sudah menjawab rasa penasaran kalian mengenai perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Bagikan: