GoPay PayLater Tidak Muncul? ini 7 Penyebab dan Solusinya

Sebagai platform transportasi online, Gojek memperluas layanan dengan bekerja sama di banyak layanan mulai dari kuliner, jasa pijat, sampai marketplace seperti Tokopedia.

Untuk memberi kemudahan dalam memenuhi kebutuhan mobilitas dan belanja harian, Gojek menyediakan fitur GoPay PayLater. Namun, tidak jarang ada yang mengeluh bahwa GoPay PayLater tidak muncul.

Jika Anda termasuk pengguna yang fitur PayLater tidak muncul di Gojek, Anda perlu menyimak artikel ini. Artikel ini akan memberi penjelasan mengenai penyebab GoPay PayLater tidak muncul dan bagaimana cara mengatasinya. Selamat menyimak dengan baik!

Penyebab GoPay PayLater Tidak Muncul

Kenapa menu PayLater Gojek tidak muncul di akun saya? Apa saja penyebab GoPay PayLater tidak muncul? Berikut ini beberapa alasan GoPay PayLater tidak muncul di akun Anda.

1. Akun Masih Baru

Penyebab GoPay PayLater tidak muncul yang pertama adalah akun yang masih baru. Sebab, layanan GoPay PayLater ini merupakan layanan yang diberikan pada pengguna lama.

Jadi, tidak perlu risau jika Anda masih baru mengaktifkan akun Gojek. Seiring berjalannya waktu, fitur ini bisa muncul di akun Anda.

2. Informasi Pribadi Tidak Sesuai

Alasan kedua yang menyebabkan GoPay PayLater tidak muncul adalah data pribadi yang tidak sesuai. Jadi, nama yang dimasukkan harus sesuai dengan KTP dan melakukan verifikasi alamat email yang masih aktif. 

3. Jarang Menggunakan Aplikasi Gojek dan GoPay

Jarang menggunakan layanan Gojek, seperti GoRide, GoFood, GoCar, dan lain sebagainya, bisa menjadi alasan GoPay PayLater tidak muncul.

Lalu, bagaimana jika sudah sering melakukan transaksi tapi menu PayLater Gojek tidak muncul juga? Hal ini bisa dikarenakan Anda jarang top up dan menggunakan GoPay.

Baca juga:  5 Cara Menaikkan Limit Blibli Paylater Dengan Cepat

4. Transaksi Buruk

GoPay PayLater tidak muncul juga bisa disebabkan karena pola transaksi yang buruk. Maksudnya bagaimana?

Semisal, Anda sering meng cancel pesanan (baik itu GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, atau yang lainnya), telat membayar, atau pelanggaran lain.

5. Aplikasi Belum Di Update

Sudah sering bertransaksi di Gojek dengan menggunakan GoPay, tidak pernah meng cancel pesanan, sudah mengisi data pribadi dengan sesuai, tapi kenapa menu PayLater Gojek tidak muncul?

Nah, penyebab kelima dari permasalahan GoPay PayLater tidak muncul adalah karena aplikasi yang Anda gunakan masih versi lama.

6. Belum Menjadi Pengguna GoPay Plus

Penyebab lain mungkin karena Anda belum mengaktifkan fitur GoPay Plus. Jika Anda sudah menjadi pengguna GoPay Plus, besar kemungkinan fitur GoPay PayLater akan muncul di akun Anda.

7. Memiliki Catatan Kredit yang Buruk

Sudah menjadi rahasia umum jika setiap layanan paylater atau pinjol menggunakan SLIK OJK untuk menentukan kelayakan nasabah untuk pertimbangan memberikan pinjaman.

Gopay Paylater adalah salah satu layanan pinjol yang masuk SLIK OJK, dan layanan ini digunakan untuk menilai apakah seseorang layak atau tidak untuk menggunakan Gopay Paylater.

Oleh karena itu, pastikan anda tidak memiliki tanggungan dan kredit macet di layanan keuangan lain seperti pinjol dan bank.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Gopaylater

Cara Mengatasi Gopay Paylater Tidak Muncul

GoPay PayLater Tidak Muncul

Setelah mengetahui beberapa alasan GoPay PayLater tidak muncul, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Verifikasi Email

Anda perlu melakukan verifikasi email untuk segera memunculkan fitur GoPay PayLater. Pastikan juga email yang Anda masukkan merupakan email yang masih aktif.

2. Sering Transaksi dan Menggunakan GoPay

Cara kedua untuk mengatasi GoPay PayLater tidak muncul adalah sering melakukan transaksi di GoJek dengan menggunakan GoPay.

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar Kredivo, Denda & Cara Penagihan

Tidak perlu melakukan transaksi di semua layanan yang tersedia. Cukup rutin transaksi GoRide, GoCar, atau GoFood sudah bisa membantu memunculkan GoPay Later dengan segera. Jangan lupa untuk menggunakan GoPay saat membayar.

3. Upgrade Akun ke GoPay Plus

Selanjutnya adalah upgrade akun ke GoPay Plus. Persiapkan KTP untuk melakukan upgrade akun.

Bagaimana cara mengaktifkan GoPay Plus? Anda bisa upgrade akun ke GoPay Plus melalui fitur “Plus” yang ada di menu “Eksplore”.

4. Menjaga Riwayat Transaksi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu penyebab GoPay PayLater tidak muncul adalah karena sering meng cancel pesanan.

Untuk itu, pertimbangkan dengan matang sebelum memesan layanan di GoJek. Setelah memesan pastikan Anda tidak membatalkannya.

5. Update Aplikasi

Alasan lain yang mungkin menjadi penyebab GoPay PayLater tidak muncul adalah karena aplikasi belum di update. Oleh karena itu, Anda bisa mengupdatenya terlebih dahulu.

Jika Anda mencari aplikasi Gojek di Google PlayStore atau AppStore dan terdapat keterangan “Perbarui”, itu tanda bahwa aplikasi Anda masih versi lama.

6. Sambungkan ke Tokopedia

Cara aktifkan Gojek PayLater dengan segera adalah menyambungkannya dengan akun Tokopedia. Tokopedia merupakan aplikasi yang bekerjasama dengan Gojek untuk fitur pembayaran non tunai.

Anda bisa menyambungkan akun GoPay dengan Tokopedia untuk segera memunculkan fitur GoPay PayLater. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti cara berikut ini.

  1. Klik menu profil yang ada di pojok kanan atas
  2. Gulir ke bawah hingga menemukan menu “Atur Akun”
  3. Masuk ke menu “Atur Akun”
  4. Lalu klik “Sambungin Akun Tokopedia”
  5. Ikuti prosedur yang ada

Itulah cara menyambungkan fitur GoPay PayLater dengan Tokopedia. Fitur GoPay PayLater bisa muncul dengan persetujuan Tokopedia.

Baca juga:  Akun DANA Dibekukan? ini Penyebab & Cara Mengatasinya

7. Aktifkan GopayLater Lewat Website Findaya

Mengatasi kendala GoPay PayLater tidak muncul juga bisa dengan langsung mengaktifkannya melalui website Findaya. Findaya merupakan layanan pinjaman online milik PT. Mapan Global Reksa yang telah diakuisisi oleh GoJek pada akhir 2017 lalu.

Aktifkan GopayLater Lewat Website Findaya

Bagaimana cara aktifkan Gojek PayLater melalui Findaya? Berikut ini cara yang bisa Anda ikuti.

  1. Buka website findaya.co.id
  2. Scroll ke bawah sampai menemukan banner layanan “GoPayLater”
  3. Klik tombol “Daftar Untuk PayLater”
  4. Klik tombol “Masuk” yang ada di menu GoPayLater
  5. Masukkan no HP yang masih aktif
  6. Masukkan kode OTP yang dikirim melalui pesan
  7. Klik tombol “Lanjut ke T&C”
  8. Scroll sampai bawah
  9. Klik tombol “Saya Menyetujui S&K”
  10. Unggah foto KTP dan foto selfie dengan KTP (pastikan foto tidak blur dan sesuai dengan contoh yang ada)
  11. Lengkapi data pribadi (alamat email, nama gadis ibu kandung, pendidikan terakhir, dan lainnya)
  12. Lengkapi data pekerjaan (nama pekerjaan, bidang, tempat, lama bekerja, dan lain sebagainya)

Data yang Anda masukkan akan diverifikasi terlebih dahulu. Berapa lama verifikasi GoPay PayLater? Proses verifikasi memakan waktu sekitar 1×24 jam.

Itulah beberapa alasan mengenai GoPay PayLater tidak muncul. Anda bisa mengikuti cara di atas untuk mengatasi kendala GoPay PayLater tidak muncul. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar