2 Cara Transfer Gopay ke ShopeePay dengan Mudah      

Top up ShopeePay bisa dilakukan secara konvensional, seperti melalui gerai Alfamart maupun gerai Indomaret terdekat. Namun, bisa juga dilakukan secara modern dengan memanfaatkan dompet digital, seperti Gopay. Nah, bagaimana cara transfer Gopay ke ShopeePay?

Cara transfer Gopay ke ShopeePay cukup mudah dan praktis. Anda bisa melakukannya dari mana saja tanpa harus datang ke gerai Alfamart maupun Indomaret terdekat dan cukup menggunakan aplikasi Gojek dan Shopee tanpa aplikasi tambahan. Dalam tulisan ini, kami akan memberikan penjelasannya untuk Anda.

Gopay dan ShopeePay

cara transfer gopay ke shopeepay

Gopay dan ShopeePay sama-sama termasuk layanan dompet digital untuk melakukan transaksi secara online. Perbedaannya, Gopay hanya bisa digunakan untuk metode pembayaran di aplikasi Gojek. Sedangkan ShopeePay hanya bisa digunakan untuk metode pembayaran di aplikasi Shopee.

Namun sekarang, Gopay sudah bisa digunakan untuk melakukan transaksi dengan dompet digital lain, seperti halnya mentransfer sejumlah nominal ke ShopeePay. Cara transfernya cukup mudah, Anda hanya perlu nomor VA (Virtual Account) ShopeePay. VA ShopeePay adalah rekening virtual atau buatan yang tidak secara nyata sengaja dibuat untuk melakukan transaksi.

Syarat Transfer Saldo Gopay ke ShopeePay

Sebelum kami menjelaskan mengenai cara transfer Gopay ke ShopeePay, Anda perlu mengetahui syarat memulai transfer Gopay ke ShopeePay. Berikut beberapa diantaranya:

  • Akun Gopay sudah di upgrade menjadi Gopay Plus.
  • Sudah memiliki akun ShopeePay.
  • Memiliki saldo yang cukup. Minimal Rp 12.500, sebab nominal minimal transfer adalah Rp 10.000 dan biaya adminnya adalah Rp 2.500.
  • Mengetahui kode VA ShopeePay.

Cara Transfer Gopay ke ShopeePay

Ada dua cara tentang cara transfer Gopay ke ShopeePay. Cara pertama, membuka aplikasi Shopee untuk melihat kode VA ShopeePay Anda terlebih dahulu. Yang kemudian dilanjutkan dengan cara kedua, membuka aplikasi Gojek untuk mentransfer sejumlah nominal ke ShopeePay menggunakan Gopay. Langsung saja simak penjelasan berikut ini:

Baca juga:  5 Perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater

Cara Pertama, Melihat Virtual Account ShopeePay Terlebih Dahulu

  1. Buka aplikasi Shopee Anda.
  2. Pilih menu Saya yang ada di pojok kanan bawah halaman Shopee, kemudian pilih ShopeePay.
  3. Ada menu pilihan seperti Isi Saldo, Scan, Kode Bayar, Transfer, Tarik Dana, dan Minta Dana. Pilihlah menu Isi Saldo.
  4. Pilih Bank Transfer, kemudian pilihlah Bank Mandiri dan tap Konfirmasi. Dalam tulisan ini, kami memilih Bank Mandiri karena rekening Bank Mandiri ini milik ShopeePay yang bisa menerima transfer dari mana saja. Jika Anda ingin menggunakan rekening bank lain, juga bisa. Pada bagian Tambahkan Bank Lain, Anda isi dengan nama bank yang ingin digunakan.
  5. Salin Kode Virtual Account Mandiri tersebut dan pilih Konfirmasi. Kode ini berfungsi sebagai rekening tujuan transfer saldo Gopay ke ShopeePay di aplikasi Gojek. Lanjut saja ke penjelasan selanjutnya ya?

Baca juga: Cara Transfer DANA ke OVO

Cara Kedua, Buka Aplikasi Gojek untuk Transfer ShopeePay

  1. Buka aplikasi Gojek Anda.
  2. Pilih menu Bayar yang ada di halaman utama Gojek.
  3. Ada pilihan menu, seperti Bayar, Top Up, dan lain-lain. Pilihlah menu
  4. Pilih Ke Rekening Bank.
  5. Pada halaman Pilih rekening bank tujuan, pilihlah Transfer instan ke rekening baru.
  6. Pilih bank tujuan Anda. Karena sebelumnya Anda sudah mendapatkan VA Bank Mandiri ShopeePay, maka di halaman ini Anda bisa memilih rekening bank Mandiri.
  7. Pada kolom Nomor Rekening, paste (masukkan) nomor VA Mandiri ShopeePay yang sudah Anda copy (salin) tadi dan pilih verifikasi. Jika VA yang Anda masukkan sudah benar, maka di halaman tersebut akan muncul nama akun ShopeePay Anda. Kemudian, Anda bisa memilih Lanjut.
  8. Masukkan sejumlah nominal saldo yang ingin Anda transfer dari Gopay ke ShopeePay dan pilih Lanjut. Saldo minimal untuk transfer adalah Rp 10.000. Sementara, biaya admin dikenakan Rp 2.500. Namun, jika Anda beruntung bisa mendapat promo “Bebas Biaya Admin alias Gratis”.
  9. Akan muncul ringkasan nominal transfer Anda beserta biaya admin. Jika sudah sesuai, tap Konfirmasi.
  10. Masukkan kode PIN Anda untuk autentikasi keamanan.
  11. Tunggu beberapa saat hingga proses transfer selesai. Cara transfer Gopay ke ShopeePay pun berhasil.
Baca juga:  Kode Referral DANA 2024 untuk Bonus Pengguna Baru

Baca juga:

Cara Transfer Gopay ke ShopeePay tanpa Upgrade Akun

Pasti akan selalu ada komentar seperti ini, “Tidak upgrade Gopay ke Gopay Plus, sementara masih ingin transfer dari Gopay ke ShopeePay, apakah bisa dilakukan?” Kabar baiknya, Anda masih bisa mentransfer Gopay ke ShopeePay tanpa upgrade Gopay ke Gopay Plus. Hanya saja, cara ini cukup ribet karena Anda membutuhkan aplikasi pihak ke-3 yang bernama Ahli Pulsa maupun yang lainnya.

Berikut cara transfer Gopay ke ShopeePay menggunakan Ahli Pulsa:

  1. Daftarkan diri Anda ke situs atau aplikasi Ahli Pulsa agar memiliki akun Ahli Pulsa.
  2. Jika sudah, masuk ke Ahli Pulsa dan pilih menu ShopeePay yang ada di halaman utama Ahli Pulsa.
  3. Masukkan nomor HP yang terdaftar di akun Shopee > masukkan sejumlah nominal top up ShopeePay > pada bagian Metode Pembayaran, pilih QRIS 2 (Dana, Linkaja dll) > masukkan kode Captcha > tap Checkout.
  4. Screenshot atau tangkap layar kode QR yang muncul. Kode QR ini nantinya akan di scan di aplikasi Gojek.
  5. Buka aplikasi Gojek.
  6. Ada menu Bayar, Top Up, Eksplor. Pilihlah menu Bayar.
  7. Pilih Icon Gambar yang ada di pojok kanan atas.
  8. Cari kode QR yang telah Anda screenshot tadi.
  9. Tunggu beberapa saat agar aplikasi Gojek menscan gambar kode QR Anda.
  10. Jika berhasil, maka akan muncul total transaksi yang harus Anda bayarkan. Selesaikan pembayaran dengan memilih Konfirmasi & Bayar.
  11. Masukkan kode PIN Anda untuk autentikasi keamanan.

Anda bisa mengecek apakah saldo ShopeePay sudah masuk atau belum. Jika sudah masuk dan melihat nominalnya berkurang Rp 500, jangan kaget. Sebab, setiap ada saldo yang masuk ke ShopeePay, Shopee akan memotong secara langsung saldo tersebut sebesar Rp 500.

Baca juga:  Akun DANA Dibekukan? ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Baca juga: Cara Transfer Saldo Shopeepay ke Dana

Aplikasi Lain yang Bisa Anda Gunakan untuk Transfer Gopay ke ShopeePay

Saat memproses cara transfer Gopay ke ShopeePay, terkadang juga muncul notifikasi sebagai berikut, “This account is not supported”, yang artinya Gopay tidak bisa mengenali nomor VA ShopeePay Anda. Jika hal itu terjadi, Anda bisa menunggu beberapa saat dan mencobanya kembali atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti yang telah kami jelaskan di atas.

Apakah hanya Ahli Pulsa saja yang bisa digunakan? Tidak. Ada beberapa aplikasi perantara yang bisa Anda gunakan untuk transfer Gopay ke ShopeePay, seperti Neu, Flip, DANA, OY! Indonesia. Semua aplikasi ini memiliki ketentuannya masing-masing. Anda bisa mempelajari lebih lanjut ya, khususnya tentang minimal dan maksimal nominal transfer, biaya admin, dan lainnya.

Itulah cara transfer Gopay ke ShopeePay yang bisa Anda coba. Penggunaan aplikasi dompet digital di zaman sekarang patut diapresiasi. Ada banyak keuntungan yang didapat, seperti meminimalisir peredaran uang palsu, mempermudah transaksi tanpa harus datang ke gerai Alfamart maupun gerai Indomaret, dan berkesempatan mendapat promo menarik lainnya jika sudah diupagrade ke versi terbaru atau premium.

Bagikan:

Tinggalkan komentar