Cara Top Up Jenius di Indomaret dan Alfamart dengan Mudah

Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang diluncurkan oleh Bank BTPN. Ada sejak tahun 2016 menjadikan Jenius sebagai pelopor bank digital di Indonesia.

Dengan sistem digital, seluruh aktivitas Jenius dilakukan secara online. Mulai dari mendaftar, membuka rekening tabungan hingga aktivitas menabung bisa dilakukan secara online.

Jika semua proses dilakukan secara online, lalu bagaimana cara mengisi saldo Jenius? Top up Jenius dimana saja? Apakah bisa top up Jenius di Indomaret atau Alfamart? Bagaimana cara top up Jenius di Indomaret?

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, Anda perlu menyimak artikel ini hingga tuntas. Sebab, artikel ini akan menyediakan informasi tentang top up Jenius di Indomaret dan media top up Jenius lainnya. Selamat menyimak!

Metode Top Up Jenius

Jika untuk mengisi saldo rekening BRI, BNI, Mandiri, atau bank lainnya, bisa Anda lakukan dengan cara setor tunai di teller atau langsung melalui mesin ATM setor tunai.

Kalo top up Jenius dimana? Sebagai aplikasi perbankan digital yang aktivitasnya dilakukan secara online, Anda bisa mengisi saldo Jenius dengan cara berikut ini.

1. Melalui Jenius Service Point

Anda bisa mengunjungi Jenius Service point terdekat lalu melakukan setor tunai di mesin TCR (Teller Cash Recycler).

Hal ini sama seperti layanan setor tunai setiap bank, Anda perlu memasukkan kartu Jenius ke dalam mesin, memasukkan PIN, kemudian mengikuti instruksi yang tertera. Ada dua pilihan transaksi input data, yaitu:

  • Manual: memasukkan data secara manual dengan mengikuti instruksi di mesin TCR
  • QR Code: melalui aplikasi Jenius dengan cara men-scan QR Code yang ada di mesin TCR
Baca juga:  Cara Transfer Saldo DANA Tanpa Upgrade Premium

2. Melalui ATM, Mobile Banking, atau Internet Banking

Jika tidak menemukan Jenius Service Point terdekat, Anda bisa top up Jenius melalui bank lain. Anda bisa menggunakan ATM, Mobile Banking, atau Internet Banking dari BTPN, BCA, Mandiri, BRI, BNI, PERMATA, CIMB Niaga, dan BTN. Anda juga bisa menggunakan ATM Bersama dan ATM Prima.

Bagaimana cara top up Jenius dari Mandiri? Bagaimana cara top up Jenius dari BNI? Atau bagaimana cara top up Jenius dari BRI, BCA, dan bank lain?

Cara top up Jenius dari BCA, Mandiri, BNI, BRI, atau bank lain, baik melalui ATM, Mobile Banking, atau Internet Banking, sama seperti proses transfer ke bank lain pada umumnya.

Karena top up Jenius sama seperti proses transfer pada umumnya, Anda perlu memasukkan nomor rekening Jenius sebagai tujuan transfer.

Nomor rekening tersebut bisa Anda dapatkan melalui menu “Profil” yang ada di aplikasi Jenius. Jangan lupa juga untuk memasukkan kode bank BTPN (213) jika diminta.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Jenius Paylater

Cara Top Up Jenius di Indomaret atau Alfamart

Cara Top Up Jenius di Indomaret

Top up Jenius di Indomaret bisa menjadi cara yang bisa Anda lakukan jika tidak memiliki rekening bank atau berada jauh dari Jenius Service Point.

Namun, cara top up Jenius dari Indomaret atau Alfamart ini mengharuskan Anda memiliki akun aktif e-wallet seperti OVO, DANA, dan lain sebagainya.

Kenapa? Sebab, sampai saat ini BTPN belum bekerjasama dengan Indomaret untuk menyediakan metode top up Jenius di Indomaret secara langsung.

Jadi, Anda bisa top up e-wallet terlebih dahulu, baru memindah saldo dari e-wallet ke Jenius. Anda bisa mengikuti cara top up Jenius di Indomaret berikut ini.

Baca juga:  Cara Melihat Nomor ShopeePay untuk Top Up & Terima Uang

1. Kunjungi Indomaret atau Alfamart Terdekat

Cara top up Jenius di Indomaret yang pertama sudah jelas adalah mengunjungi Indomaret atau Alfamart. Kunjungi Indomaret terdekat lalu sampaikan pada kasir bahwa Anda ingin top up OVO.

2. Sebutkan Kode dan Nominal Top Up ke Kasir

Ketika sudah sampai di kasir Indomaret atau Alfamart dan menyebutkan keperluan Anda, kasir akan meminta kode top up akun OVO Anda.

Darimana kode top up OVO didapatkan? Anda bisa mendapatkannya melalui aplikasi OVO milik Anda. Berikut cara mendapatkan kode top up OVO di Indomaret atau Alfamart.

top up jenius di indomaret
  1. Buka aplikasi OVO (pastikan akun sudah aktif)
  2. Klik menu “Top Up”
  3. Pilih “Indomaret” atau “Alfamart”
  4. Masukkan nominal top up OVO yang Anda inginkan, lalu klik “Lanjut”
  5. Anda akan diberi informasi mengenai kode yang harus Anda berikan pada kasir Indomaret (bisa disalin, screenshot, atau langsung tunjukkan HP yang menampilkan kode tersebut pada kasir)
  6. Bayar sesuai nominal top up + biaya admin (Rp 1.500)

3. Transfer Saldo ke Jenius

top up jenius di indomaret

Setelah saldo top up OVO masuk, Anda bisa langsung memindahkannya ke rekening Jenius. Bagaimana caranya? Karena Jenius merupakan bank digital, Anda bisa menggunakan fitur “Transfer” yang ada di halaman awal aplikasi OVO lalu pilih menu “Ke Rekening Bank”.

4. Masukkan Bank Tujuan, Nomor Rekening, dan Nominal Top Up

Top Up Jenius di Indomaret

Pilih Bank BTPN di kolom “Bank Tujuan” lalu masukkan nomor rekening akun Jenius Anda. Seperti yang telah dijelaskan di atas, nomor rekening Jenius bisa Anda dapatkan melalui menu “Profil” di aplikasi Jenius. Setelah dirasa benar, masukkan nominal top up Jenius yang Anda inginkan. Kemudian klik “LANJUTKAN”.

Lalu, berapa minimal top up jenius dari OVO? OVO menetapkan minimal transfer ke bank sebesar Rp 10 ribu. Jadi, Anda tidak bisa top up Jenius dari OVO hanya Rp 5 ribu.

Baca juga:  Apa Saja Tes Fisik Indomaret dan yang Perlu Dipersiapkan

5. Konfirmasi Transfer

Top Up Jenius di Indomaret

Anda akan diberi informasi mengenai rincian transaksi. Periksa kembali rincian transaksi yang akan dilakukan termasuk nomor dan nama pemilik rekening tujuan. Periksa juga nominal transfer. Jika sudah dirasa benar, silakan klik “Transfer”.

6. Masukkan Security Code OVO

PIN OVO

Anda diminta untuk memasukkan security code atau PIN OVO Anda. Top Up Jenius akan diproses dan saldo akan segera dikirim ke rekening Jenius Anda.

7. Periksa Saldo Jenius

Top Up Jenius di Indomaret berhasil

Step terakhir top up Jenius dari OVO adalah memeriksa saldo Jenius apakah sudah diterima atau belum. Prosesnya transfer biasanya instan, jika saldo tidak masuk cobalah untuk memeriksa kembali riwayat transfer OVO.

Baca juga: Cara Kredit HP di Shopee Lewat Indomaret

Cara top up Jenius dari DANA juga kurang lebih sama seperti cara di atas. Anda melakukan top up dengan menggunakan fitur “Kirim” yang ada di halaman awal DANA, lalu pilih menu “Kirim ke Bank”. Namun, untuk top up DANA sendiri tidak bisa melalui Indomaret. Anda bisa melakukan top up DANA di Alfamart atau Alfamidi.

Itulah beberapa langkah cara top up Jenius di Indomaret. Cukup memudahkan Anda yang tidak memiliki rekening bank dan jauh dari Jenius Service Point, bukan? Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar