Begini Cara Tarik Tunai DANA di Alfamart dan Biayanya

Bukan hanya aktivitas belanja di zaman sekarang yang dipermudah. Tetapi juga aktivitas tarik tunai, seperti tarik tunai DANA di Alfamart juga dipermudah.

Anda bisa tarik tunai tanpa harus melalui ATM dan memiliki kartu ATM terlebih dahulu melalui aplikasi DANA Premium. Bahkan, proses transaksi ini tidak dikenakan biaya admin dan cukup praktis dilakukan. Bagaimana caranya? Simak artikel ini hingga selesai ya!

Cara Tarik Tunai DANA di Alfamart

Seperti halnya tarik tunai melalui dompet digital lain maupun ATM sekalipun, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa saldo yang ingin Anda tarik mencukupi.

Tidak lucu, bukan, jika transaksi Anda gagal hanya karena saldo tidak cukup? Nah, setelah itu Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut untuk tarik tunai DANA di Alfamart:

1. Upgrade Akun ke DANA Premium

Fitur-fitur premium memberikan banyak kelebihan untuk Anda. Salah satunya Anda bisa mudah tarik tunai DANA di Alfamart.

tarik tunai DANA di Alfamart

Jika akun DANA Anda belum premium, maka Anda harus mengupgradenya terlebih dahulu atau proses tarik tunai tidak dapat dilakukan. Karena fitur ini tidak tersedia untuk pengguna DANA Basic yang belum verifikasi KTP.

Baca juga: Cara Aktifkan DANA Paylater

2. Pilih Menu Kirim

Cara Tarik Tunai DANA di Alfamart

Di halaman utama aplikasi DANA ada banyak menu. Silahkan Anda memilih menu kirim > kirim & tarik tunai yang ada di pojok kanan bawah.

3. Pilih Tarik Tunai

Pada halaman kirim pilih dan klik tarik tunai di pojok kanan layar.

tarik tunai DANA di Alfamart

4. Pilih Alfamart

Di halaman kirim & tarik tunai, silahkan Anda pilih melalui kasir toko Alfamart. Sebab, disana ada dua pilihan, yaitu Alfamart dan Pegadaian.  Setelah itu, silahkan Anda klik tarik tunai untuk diri sendiri.

Baca juga:  Cara Transfer DANA ke ShopeePay Tanpa Aplikasi Tambahan
tarik tunai DANA di Alfamart

5. Muncul Opsi Tarik Tunai

Setelah itu, akan muncul tampilan tarik saldo. Di halaman tersebut ada beberapa informasi yang mesti Anda perhatikan, diantaranya adalah “Biaya Transaksi GRATIS (1 dari 10) dan petunjuk cara tarik tunai DANA di Alfamart.”

tarik tunai DANA di Alfamart

Untuk “Biaya Transaksi GRATIS (1 dari 10), ini artinya Anda bisa tarik tunai DANA di Alfamart secara gratis tanpa biaya admin. Hanya saja, ada limit yang mesti Anda perhatikan.

6. Kunjungi Alfamart Terdekat

Sementara untuk petunjuk cara tarik tunai DANA di Alfamart adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai Alfamart, Alfamidi, DanDan, atau Lawson terdekat.
  2. Informasikan nomor handphone (ID DANA) Anda dan token Anda pada kasir dan tentukan jumlah yang ingin Anda tarik tunai.
  3. Apabila token Anda habis masa berlakunya, silahkan tekan tombol “Tampilkan token”.
  4. Tarik tunai hanya bisa Anda lakukan sendiri sebagai pemilik akun DANA.
  5. Transaksi hanya bisa dilakukan di toko yang dimiliki oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, PT Midi Utama Indonesia Tbk, PT Sumber Indah Lestari, atau PT Lancar Wiguna Sejahtera.

*Catatan:

  • Untuk penarikan saldo pertama kali, jumlah maksimum yang dapat ditarik adalah Rp 250.000.
  • Anda hanya bisa menarik tunai dengan kelipatan Rp 50.000 dengan minimum jumlah tarik saldo Rp 50.000 dan maksimum Rp 1.000.000 per penarikan.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Akulaku di Indomaret

7. Klik Tampilkan Token

Setelah Anda memahami tampilan tarik saldo, maka selanjutnya Anda harus klik tampilkan token untuk tarik DANA.

tarik tunai DANA di Alfamart

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, DANA menampilkan token dengan limit waktu, yaitu biasanya 5 menit. Jadi, lebih baik Anda klik tampilkan token saat sudah di gerai terdekat.

Baca juga:  Cara Melihat Nomor ShopeePay untuk Top Up & Terima Uang

Ini karena jika batas waktunya habis, Anda harus klik tampilkan token kembali untuk proses transaksi pencairan.

8. Masukkan PIN DANA

Setelah Anda klik tampilkan token, silahkan Anda masukkan PIN DANA yang Anda punya untuk mengkonfirmasi. Maka, token akan terlihat di halaman selanjutnya.

Silahkan Anda beritahu kasir tentang nomor handphone yang terdaftar di DANA, token DANA, dan nominal uang yang ingin Anda tarik tunai.

9. Tunggu Kasir Menyerahkan Uang dan Struk

Untuk beberapa saat, tunggulah kasir memproses tarik tunai DANA Anda. Tidak lama, hanya perlu beberapa menit saja. Kemudian, Anda akan mendapat sejumlah uang dan struk bukti tarik tunai DANA di Alfamart.

Baca juga: Top Up Saldo DANA Pakai Shopee Paylater

Biaya Tarik Tunai DANA di Alfamart

Untuk masalah biaya tarik tunai di Alfamart, di atas sudah kami singgung. Anda bisa tarik tunai tanpa biaya admin sepeser pun.

Hanya saja, ini berlaku untuk tarik tunai tiga kali pertama transaksi per bulan. Jadi, jika Anda dalam sebulan tarik tunai sampai empat kali, maka transaksi yang keempat bisa dikenakan biaya admin.

Besaran biaya admin pada transaksi keempat dan seterusnya adalah sebesar Rp 3.000. Sementara, transaksi gratis biaya admin untuk tiga kali tarik tunai pertama bisa berlaku pada bulan berikutnya dan gerai lain, seperti Pegadaian, Alfamidi, DanDan, hingga Lawson.

Nah, itulah cara tarik tunai DANA di Alfamart yang bisa Anda praktekkan. Cukup mudah, bukan? Ini akan sangat menguntungkan jika Anda hanya bisa transaksi menggunakan dompet digital DANA dan tidak memiliki kartu ATM untuk tarik tunai. Sebab, proses ini tidak memerlukan kartu ATM.

Namun disatu sisi, cara tarik tunai di Alfamart membutuhkan ekstra effort. Anda harus datang ke gerai Alfamart terdekat terlebih dahulu agar bisa memproses transaksi. Tertarikkah Anda untuk mempraktikkan cara ini dalam tarik tunai?

Bagikan: