Cara Melihat Tagihan Shopee Paylater

Cara Melihat Tagihan Shopee Paylater – Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan e-commerce Shopee, pasti sudah tidak asing dengan metode pembayaran yang bernama Shopee PayLater (SPayLater) dan cara melihat tagihan Shopee PayLater. Namun, bagi Anda yang belum terbiasa, pasti merasa bingung mengenai fungsi dari layanan tersebut dan bagaimana cara melihat tagihannya.

Jangan khawatir, sebab dalam tulisan ini kami akan memberikan ulasannya untuk Anda. Tujuannya, agar Anda lebih mengetahui fungsi dari layanan Shopee PayLater dan jika memang diharuskan untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa melihat tagihan secara detail, sehingga tidak telat bayar. Sebab, ada resiko tersendiri ketika Anda telat bayar, baik itu telat bayar 1 hari, 1 bulan, dan seterusnya.

Mengenal Shopee PayLater

Shopee PayLater (SPayLater) adalah produk layanan pinjaman secara online yang telah disediakan oleh PT Commerce Finance yang telah diawasi oleh OJK dan pihak yang bekerjasama dengan PT Commerce Finance guna memberikan pinjaman kepada para pengguna.

Sistem ini memungkinkan para pengguna untuk membeli barang terlebih dahulu di marketplace Shopee tanpa harus membayarnya secara langsung. Jadi, pembayarannya dilakukan nanti secara kredit.

Sangat disayangkan, layanan Shopee PayLater ini tidak bisa dinikmati oleh semua pengguna Shopee. Hanya pengguna yang memenuhi syarat dan ketentuan yang bisa menggunakan layanan ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya dari pihak Shopee untuk meminimalisir penyalahgunaan metode pembayaran PayLater atau “Beli Sekarang Bayar Nanti”.

Cara Melihat Tagihan Shopee PayLater

Cara melihat tagihan shopee paylater
Cara melihat tagihan shopee paylater | Credit: manajemenbankcom

Apabila Anda menjadi pengguna terpilih, maka Anda bisa mengaktifkan fasilitas Shopee PayLater. Anda bisa berbelanja dengan sistem pembayaran Shopee PayLater. Namun, perlu diingat juga bahwa privilege ini tidak boleh Anda sia-siakan.

Ada hal penting lain yang perlu Anda perhatikan dalam berbelanja menggunakan sistem pembayaran Shopee PayLater yaitu mengenai cara melihat tagihan Shopee PayLater. Sebab, berbelanja menggunakan sistem pembayaran PayLater tidak akan membuat beban Anda berkurang, justru akan bertambah di kemudian hari. Anda harus melihat total tagihan dan membayarnya di kemudian hari secara kredit yang bisa jadi jika ditotal akan lebih besar daripada membeli secara cash.

1. Buka Aplikasi Shopee

Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi Shopee terbaru ya. Bukalah aplikasi Shopee Anda dan masuklah ke halaman Saya. Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi Shopee terbaru ya. Bukalah aplikasi Shopee Anda dan masuklah ke halaman Saya.

2. Pilih Shopee PayLater

Pada halaman ini, silakan Anda tap menu SPayLater untuk melihat tagihan Shopee PayLater.

3. Lihat Tagihan Saya

Inilah inti dari cara melihat tagihan Shopee PayLater. Pada layar HP Anda akan muncul sisa limit SPayLater beserta jumlah tagihan yang harus dibayar di bulan tersebut. Kemudian, pada bagian bawah halaman juga tersedia menu Tagihan Saya. Anda bisa tap menu Tagihan Saya tersebut untuk melihat tagihan secara lebih detail.

4. Tap Tagihan Belum Dibayar

Pada menu Tagihan Saya tadi, terdapat dua macam tagihan, yaitu Tagihan Telah Dibayar dan Belum Dibayar berdasarkan bulan pembayaran. Anda bisa melihat satu-persatu.
Jika Anda langsung ingin membayar, maka Anda bisa tap terlebih dahulu Tagihan Belum Dibayar untuk mengecek rincian tagihan.

5. Bayar Tagihan Belum Dibayar

Setelah itu, akan muncul rincian total tagihan yang harus Anda bayar. Pada bagian bawah halaman juga tersedia tombol Bayar Sekarang. Anda bisa tap tombol tersebut untuk membayar semua tagihan.

6. Tap Tagihan Telah Dibayar

Kemudian, untuk melihat rincian total tagihan yang sudah dibayarkan sebelumnya, maka silakan tap tagihan yang berstatus Telah Dibayar.

7. Muncul Tagihan Sudah Dibayarkan

Kemudian, akan muncul rincian total tagihan yang sudah dibayarkan sebelumnya.

Itu tadi cara melihat tagihan Shopee PayLater yang bisa Anda coba. Anda cara melihat tagihan Shopee PayLater ini Anda praktekkan, maka Anda bisa langsung melunasi pembayaran, bisa juga tidak. Jika memang langsung melunasi, maka Anda juga bisa memilih metode pembayaran yang tersedia sesuai dengan kenyamanan saat Anda melakukan pembayaran.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Kode Referral Shopee Paylater 9 Digit

Apabila tagihan tersebut sudah terbayarkan, maka sisa limit Shopee PayLater Anda akan bertambah. Kemudian, Anda bisa menggunakannya kembali untuk membeli barang atau melakukan transaksi lainnya di Shopee.

Bagaimana jika setelah mengetahui cara melihat tagihan Shopee PayLater, tetapi Anda justru tidak membayar tepat waktu? Anda bisa saja terkena resiko telat bayar. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak artikel ini hingga tuntas ya?

Denda Telat Bayar Shopee PayLater 1 Hari

Para pengguna yang telah memiliki privilege untuk mengaktifkan Shopee PayLater, maka wajib memilih jatuh tempo pembayaran cicilan dengan pilihan termin 1 bulan, 3 bulan, atau 12 bulan. Selain itu, juga wajib membayar cicilan per tanggal 5 atau 25 setiap bulannya. Cicilan ini mencakup bunga (2,95%) dan biaya penanganan transaksi (1%).

Apabila Anda telat bayar atau tidak membayar sesuai tanggal jatuh tempo, maka Anda akan dikenai denda, meskipun hanya telat bayar Shopee PayLater 1 hari. Sangat disayangkan lagi, perhitungan denda telat bayar Shopee PayLater 1 hari ini tetap disamakan dengan perhitungan denda telat bayar Shopee PayLater 1 bulan.  Resiko utang Anda akan semakin tinggi.

Denda Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan

Setelah mengetahui cara melihat tagihan Shopee PayLater dan Anda tidak segera membayar tagihan tersebut sebelum atau sesudah tanggal jatuh tempo, maka Anda akan mendapat denda sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan.

Sebagai contoh, Anda memiliki tagihan SPayLater sebesar Rp 100.000. Akan tetapi, Anda telat melakukan pembayaran. Menyambung penjelasan sebelumnya, meskipun telat satu hari, maka denda tetap berlaku dan dihitung selama satu bulan, kan? Jadi, total tagihan pada bulan tersebut yang nantinya harus Anda bayarkan adalah sebesar Rp 105.000.

Jika Anda tidak segera membayar, maka total tagihan ini akan terus meningkat setiap bulannya. Resiko utang Anda akan semakin tinggi. Selain itu, akan muncul resiko-resiko lain yang dampaknya tidak hanya sekadar resiko internal menggunakan layanan dari Shopee itu sendiri, melainkan bisa lebih luas lagi. Berikut beberapa resiko lain yang perlu Anda tahu jika Anda telat bayar Shopee Paylater, baik itu telat bayar 1 hari, 1 bulan, 3 bulan, dan seterusnya:

  • Pertama, pihak Shopee akan membatasi akun Anda untuk mengakses fungsi dan voucher dari aplikasi. Anda sudah tidak bisa memanfaatkan promo yang diberikan oleh Shopee. Anda baru bisa mengaksesnya kembali saat Anda sudah melunasi tagihan total dan denda Shopee PayLater.
  • Kedua, keterlambatan pembayaran Shopee PayLater bisa mempengaruhi peringkat kredit di Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK. Dampaknya, peringkat kredit Anda buruk dan membuat Anda kesusahan untuk mendapat pembiayaan atau kredit dari bank maupun perusahaan lain.
  • Ketiga, Shopee akan menagih Anda secara langsung akibat telat atau gagal bayar Shopee PayLater.
Baca juga:  7 Cara Menaikkan Limit Kredivo Hingga 30 Juta Dengan Cepat

Itulah ulasan mengenai fungsi layanan Shopee PayLater, cara melihat tagihan Shopee PayLater, dan resiko jika Anda telat bayar Shopee PayLater 1 hari, 1 bulan, dan seterusnya. Jika memang tidak ada kendala, usahakan untuk selalu bayar tepat waktu ya agar kemudahan yang diberikan oleh Shopee bisa selalu Anda rasakan manfaatnya. Namun, jika sudah terlanjur telat bayar, kedepannya segera dibayar dan jangan terlalu banyak menggunakan sistem pembayaran Shopee PayLater tanpa mengukur kemampuan sanggup bayar.

Bagikan:

Tinggalkan komentar