Pengalaman Telat Bayar Akulaku, Awas DC Datang ke Rumah

Akulaku merupakan sebuah marketplace yang sekaligus layanan pinjaman online. Beberapa pengguna mengalami telat bayar karena beberapa alasan yang disengaja maupun tidak sengaja. Berikut ini adalah pengalaman telat bayar Akulaku yang dialami pengguna yang gagal bayar.

Akulaku menerapkan adanya bunga atau denda bagi pengguna yang telat bayar Akulaku. Jika Anda sedang mengalami keterlambatan dalam membayar tagihan di Akulaku, Anda perlu mengetahui pengalaman telat bayar Akulaku dan apa yang terjadi kalau telat bayar Akulaku.

Pengalaman Telat Bayar Akulaku Lebih Dari 1 Bulan

Ini pengalaman telat bayar Akulaku saya seorang nasabah Akulaku sejak tahun 2021 disaat pandemi. Saya selalu membayar tagihan di Akulaku tepat waktu tanpa keterlambatan apapun.

Akan tetapi, belakangan ini saya mengalami kesulitan keuangan dan telat bayar tagihan di Akulaku selama 2 bulan.

Dari pihak Akulaku selalu menanyakan mengenai keterlambatan ini melalui Whatsapp, dan tentu saya berusaha kooperatif untuk menjawab dan memberikan janji untuk melunasi tagihan.

Namun setelah bulan ketiga, saya masih belum memiliki uang untuk melunasinya kemudian pihak Akulaku memberikan peringatan akan melakukan penagihan ke kontak darurat, serta perusahaan tempat saya bekerja.

Saya mendapat telpon dari Akulaku yang menginfokan jika tidak segera melunasi tagihan Akulaku, maka Akulaku akan mengirim DC untuk melakukan penagihan ke alamat yang tertera pada KTP.

Pas 90 hari setelah jatuh tempo dan saya masih tidak mencicil tagihan sama sekali, pihak DC Akulaku pun mengunjungi rumah saya dan melakukan penagihan dengan sopan serta membantu saya mencari solusi melunasi tagihan.

DC Akulaku yang datang ke rumah hanya satu orang dan DC tersebut menawarkan penghapusan denda dan hanya membayar pokok + bunga pinjamannya saja.

Jika tidak ada pembayaran selama 2 – 3 bulan dari nasabah maka DC akan datang kerumah atau menghubungi kontak yang telah didaftarkan pada akun Akulaku yang bersangkutan.

Baca juga:  Pengalaman Tes IELTS Band Score 6.5, Kalian Bisa Lebih!

Apakah jika telat bayar Akulaku bisa pinjam lagi?

Jika Anda telat membayar tagihan di Akulaku, maka tentu saja akun Akulaku Anda akan ditangguhkan sementara.

Itu berarti, Anda tidak bisa melakukan aktivitas lain untuk melakukan pinjaman. Anda tidak bisa melakukan pinjaman lagi di Akulaku sampai Anda melunasi seluruh tagihan terlebih dahulu.

Berapa denda telat bayar Akulaku?

Jika telat bayar tagihan Akulaku 1 sampai 6 hari, kamu belum dikenakan denda. Namun, pada hari 7 kamu akan dikenakan denda sebesar 2%, di hari ke 14 denda yang dikenakan naik menjadi 4%.

Besar denda per minggu sebesar 2%, jika kamu telat 1 bulan maka persentase dendanya 10%.

Cara Penagihan Telat Bayar Akulaku

Pengalaman Telat Bayar Akulaku

Teror dalam bentuk telepon akan terus terjadi dalam rentang waktu satu minggu bahkan bisa berbulan-bulan sampai pengguna Akulaku yang terlambat membayar melakukan pembayaran tagihannya.

Lalu debt collector atau DC akan datang kerumah sebagai opsi terakhir apabila tidak ada kepastian dan sulit melakukan penagihan melalui telepon atau Whatsapp.

Perusahaan pinjol yang legal diizinkan melakukan kerja sama dengan pihak ke-3, dalam hal ini debt collector atau DC. Namun DC wajib mematuhi peraturan dan kode etik Asosiasi dan SOP penagihan sesuai peraturan OJK.

Namun, hingga saat ini belum dapat dipastikan keberadaan DC Akulaku di luar Jawa. Namun tidak menutup kemungkinan DC akan menagih pengguna di luar Jawa jika jumlah pinjamannya besar.

Baca juga: Pengalaman Telat Bayar Kredivo

Resiko Jika Telat Bayar Akulaku

Jika Anda tidak membayar keterlambatan tagihan di Akulaku, Anda tentu sudah harus siap dengan segala konsekuensinya. Adanya kerugian juga bisa terjadi jika Anda terlambat membayar tagihan Akulaku.

Berikut adalah ulasan mengenai beberapa resiko jika tidak membayar tagihan Akulaku mulai dari blacklist dan proses hukum.

1. Masuk Daftar Blacklist SLIK

Perlu diketahui bahwa Akulaku menjadi salah satu lembaga peminjaman resmi sehingga terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Konsekuensi lainnya apabila Anda tidak membayar tagihan Akulaku adalah masuk kedalam daftar hitam (Blacklist BI Checking).

Hal ini tentu akan menyusahkan Anda di kemudian hari apabila sewaktu-waktu Anda ingin melakukan peminjaman di Bank atau melakukan kredit barang karena daftar hitam yang tercatat di SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

Baca juga:  Apa Bisa Buat ATM di Luar Domisili? ini Syarat & Prosedurnya

2. Membayar Denda Keterlambatan

Seperti yang diketahui bahwa Akulaku sudah menetapkan jatuh tempo yang sesuai dengan tanggal yang tertera. Apabila Anda melewati batas jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan denda sesuai dengan jumlah hari keterlambatan.

Artinya semakin lama Anda membayar tagihan, Biaya yang diterapkan oleh Akulaku apabila kamu telat bayar Akulaku maka akan dikenakan denda mulai dari 2% hingga 10% dari total angsuran pada tanggal 7 setiap bulannya.

Jika nasabah masih belum bisa melunasi pada tanggal jatuh tempo, nasabah bisa merubah jatuh tempo Akulaku melalui call center.

3. Skor Kredit Menurun

Akulaku juga menerapkan sistem skor pinjaman, di mana skor ini akan digunakan sebagai patokan baik buruknya Anda dalam meminjam uang. Oleh karena itu, jika Anda terlambat membayar, tentu skor akan menurun.

Apabila Anda akan melakukan pengajuan pinjaman dengan nominal yang lebih besar, maka pihak platform Akulaku akan susah untuk menyetujui pinjaman Anda atau bahkan Anda hanya bisa mendapatkan nominal yang sedikit dari yang Anda ajukan.

Penurunan limit Akulaku berlaku untuk layanan paylater, pinjaman dan dana cicil. Penurunan ini akan dilakukan secara bertahap sampai pembayaran angsuran tepat waktu kembali.

4. Teror dari Debt Collector atau DC Akulaku

Seperti yang diketahui, jika Anda masih memiliki tagihan Akulaku (terlambat membayar) pastinya debt collector akan terus-menerus menghubungi Anda. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu bagi Anda.

Bila Anda pengguna tidak memberikan respon sama sekali dalam waktu 2 bulan, kemungkinan besar DC akan langsung datang kerumah untuk menemui Anda.

Mengingat alamat Anda sudah diketahui oleh pihak Akulaku saat melakukan pendaftaran atau dari KTP yang Anda unggah saat melakukan peminjaman uang.

5. Resiko Aset Disita

Resiko jika Anda tidak segera membayar tagihan Akulaku adalah penyitaan asset berupa kendaraan, rumah, tanah, atau properti lain dengan nilai yang sama.

Baca juga:  Pengalaman Diet Keto Satu Bulan, Begini Hasilnya!

Penyitaan tentu dapat dilakukan oleh pihak Akulaku sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam aplikasi yang telah Anda setujui saat mendaftar.

6. Berurusan Dengan Hukum

Meskipun jarang sekali terjadi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa pihak Akulaku akan meminta bantuan kepada pihak kepolisian untuk membantu menyelesaikan masalah tagihan yang tidak terbayarkan.

Tuntutan yang akan diajukan bisa berbeda-beda seperti penipuan, penyalahgunaan aplikasi, dan lain sebagainya. Perlu diingat, bahwa semakin Anda menunda melakukan pembayaran, maka denda yang dibebankan semakin besar.

Besaran denda yang ditetapkan oleh Akulaku berbeda-beda dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada jenis pinjaman yang diajukan oleh penggunanya.

Baca juga: Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater 2 Bulan

Cara Menjawab Telepon dari DC Akulaku

Menjawab Telepon dari DC Akulaku

Jika Anda tidak membayar tagihan Akulaku bukan karena faktor kesengajaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mengurangi risiko yang dihadapi.

Mungkin saja, cara ini bisa membantu meringankan risiko yang dihadapi oleh Anda nantinya. Berikut ini beberapa cara mengurangi risiko terlambat membayar di Akulaku:

Memberikan Keterangan Alasan Keterlambatan

Dengan menulis keterangan alasan keterlambatan yang terdapat pada menu bantuan Akulaku, Anda bisa mengirimkan surat agar pihak Akulaku memahami keadaan Anda. Dengan begitu, pihak Akulaku akan memberi solusi agar Anda bisa mengatasinya.

Belum Memiliki Dana yang Tersedia

Jika Anda terlambat membayar tagihan di Akulaku karena belum ada dana yang tersedia, Anda bisa meminta tambahan waktu apabila debt collector menelepon. Namun, usahakan pembayaran dilakukan sesuai dengan janji atau tanggal yang telah Anda sepakati.

Jadi, alangkah baiknya untuk menghindari adanya keterlambatan dalam pembayaran. Jangan pernah lari dari tanggung jawab dengan meminjam uang tanpa mengembalikannya, karena hal tersebut merupakan tindakan yang menyalahi aturan dan melanggar hukum atau norma yang berlaku. Yuk, biasakan membayar tagihan tepat waktu, ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar