Pengalaman Telat Bayar Indodana 3 Bulan, DC ke Rumah

Sebagai salah satu layanan pinjaman, Indodana memberi kemudahan kepada nasabah untuk bisa menerima pinjaman dengan cara online dan proses yang mudah.

Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkan, jangan sampai saat meminjam terlena sehingga mengalami telat bayar Indodana dan dikenakan denda.

Sesuai dengan pengalaman saya, Indodana akan memberikan sanksi atau resiko yang akan sangat merugikan ketika telat bayar Indodana. Pengalaman telat bayar Indodana ini juga dialami oleh banyak pengguna lain.

Jika Anda saat ini berpeluang untuk telat bayar Indodana, sebaiknya Anda menyimak pengalaman saya dan beberapa debitur lain agar Anda tidak mengalami kerugian yang serupa.

Pengalaman Telat Bayar Indodana 3 Bulan

Pada bulan Oktober 2023 saya mendaftar Indodana untuk mencairkan limit melalui gestun Indodana. Setelah itu saya sudah menggunakan uang hasil gestun dan kesulitan untuk membayar cicilan tiap bulannya.

Kisah ini dimulai ketika saya telah melewati batas waktu pembayaran selama lebih dari 200 hari. Awalnya, ketika sudah lewat dari 90 hari, bahkan sampai 4 atau 5 bulan, tidak ada penagih dari lapangan yang datang.

Mungkin saat itu saya merasa aman, berpikir bahwa tidak akan ada penagihan yang akan terjadi. Namun, tiba-tiba, saat sudah telat 200 hari, seorang debt collector (DC) muncul di depan rumah saya.

Saya tinggal di daerah Jakarta Timur, yang masih tergolong dalam kawasan Jabodetabek. Maka tak heran jika Indodana masih bisa mengirim DC karena masih dalam areka jangkauan penagihan.

Mereka mungkin memprioritaskan untuk menagih nasabah yang dinilai memiliki kemampuan untuk membayar terlebih dahulu.

Ini adalah strategi yang wajar, mengingat tugas mereka adalah untuk mengingatkan dan mendorong nasabah untuk segera membayar hutangnya.

Namun, bagi orang-orang yang sudah terbiasa dengan situasi ini, atau bahkan memiliki pemahaman yang baik tentang hukum-hukum terkait pinjaman online, mereka mungkin tidak akan terpengaruh oleh tekanan dari penagihan DC lapangan.

Mereka bisa saja cuek dan tidak takut, karena mereka telah memahami risiko dan konsekuensi dari gagal bayar.

Menghadapi DC yang Datang ke Rumah

Sebagai nasabah, saya berusaha tetap tenang dan siap menghadapi situasi seperti ini. Pelajari aturan yang terkait dengan pinjaman online, seperti yang tertera dalam peraturan OJK. Pastikan Anda paham akan hak dan kewajiban Anda sebagai konsumen.

Baca juga:  Pengalaman Bekerja Sebagai Peternak Ikan Lele: Pelajari Berbagai Hal Sebelum Memulai

Ketika DC datang, saya berusaha tidak panik. Sebaliknya, saya mempersiapkan diri dengan baik dan menghadapi situasi tersebut dengan tenang. Saya ingat bahwa saya memiliki hak dan perlindungan hukum sebagai konsumen, dan saya berusaha untuk mempertahankannya.

Saya menunjukan sikap yang sopan dan menerima DC dengan baik, kemudian saya menceritakan kenapa saya tidak bisa melunasinya.

Hasilnya pihak DC pun memahami dan memberikan beberapa opsi penyelesaian seperti pengurangan bunga dan denda serta menyarankan untuk menjual beberapa barang yang ada di rumah.

Semoga pengalaman saya ini dapat memberikan wawasan bagi teman-teman yang menghadapi masalah telat bayar Indodana. Mari belajar dari pengalaman ini dan menjadi lebih bijaksana dalam mengelola keuangan kita.

Resiko Telat Bayar Indodana

Ada banyak resiko yang saya alami ketika telat bayar Indodana. Resiko tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Resiko Telat Bayar Indodana

1. Denda Keterlambatan

Sudah menjadi pengetahuan umum jika debitur yang telat bayar akan dibebankan denda keterlambatan. Denda keterlambatan Indodana yang dibebankan maksimal sebesar 10%. Sistem biaya keterlambatan Indodana sedikit berbeda dengan pinjaman online yang lain.

Jika di pinjol lain, biaya keterlambatan akan langsung dibebankan pada hari pertama keterlambatan. Untuk biaya keterlambatan Indodana baru dibebankan ketika sudah telat bayar lebih dari 3 hari.

Jadi, jika telat bayar Indodana 1 hari, debitur masih punya masa tenggang sampai hari ketiga keterlambatan sebelum dibebankan denda.

Denda telat bayar Indodana sebesar 10% termasuk biaya yang tidak sedikit. Jadi, usahakan Anda segera melunasi cicilan agar angsuran beserta dendanya tidak menumpuk.

2. Dihubungi Desk Collection Terus-menerus

Hal yang pasti akan dialami oleh setiap debitur telat bayar Indodana atau pinjaman online lain adalah dihubungi oleh Desk Collection. Pengalaman dihubungi Desk Collection termasuk pengalaman yang kurang menyenangkan.

Desk Collection akan menghubungi melalui SMS, WA, atau telepon untuk melakukan penagihan secara terus-menerus sampai utang dilunasi.

Baca juga:  Kode Referral Indodana Paylater 2024 untuk Pengguna Baru

Pengalaman saya telat bayar Indodana, bisa dihubungi oleh pihak Desk Collection hampir 30 menit sekali. Hal ini jelas akan sangat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin diganggu seperti ini, segera lunasi utang yang Anda miliki.

3. Penagihan Ke Kontak Darurat

Saya pernah mengabaikan pesan dan telepon penagihan dari Indodana, tahu apa yang terjadi? Pihak Indodana menghubungi kontak kerabat yang saya jadikan kontak darurat saat awal pendaftaran.

Tidak hanya sampai di situ. Ada kemungkinan pihak Indodana akan menghubungi kontak lain yang ada di daftar kontak Anda, selaras dengan pengalaman yang dibagikan oleh debitur telat bayar Indodana.

Pihak Indodana juga akan menghubungi kontak tempat kerja jika SMS, WA, atau telepon penagihan dari Indodana diabaikan oleh debitur. Jelas hal ini akan memberi kesan pengalaman yang tidak menyenangkan di lingkungan kerja.

Jadi, meski Anda berusaha kabur dengan mengabaikan bahkan sampai mengganti nomor, pihak Indodana masih bisa melakukan teror penagihan melalui kerabat bahkan tempat kerja. Untuk menghindari hal itu, segera lunasi cicilan di Indodana!

4. Didatangi Debt Collector (DC)

Pengalaman yang sering menjadi momok bagi debitur telat bayar Indodana yang lain adalah didatangi oleh Debt Collector. Tidak ada ketentuan pasti mengenai waktu datang Debt Collector untuk melakukan penagihan ke rumah debitur.

Pengalaman tiap debitur berbeda-beda. Sepengalaman saya, DC mulai mengancam akan datang ke rumah ketika saya mengabaikan penagihannya lewat telepon dan tidak segera melunasi cicilan. Ada yang memiliki pengalaman didatangi Debt Collector Indodana setelah 2 bulan tidak membayar cicilan.

DC tidak selalu menyeramkan seperti berita yang sering beredar. OJK telah memiliki aturan tersendiri mengenai tata cara penagihan oleh DC. Oleh karena itu, jangan takut jika mendapat ancaman dari DC.

5. Masuk BI Checking

Pengalaman telat bayar Indodana yang terakhir adalah masuk daftar hitam BI Checking. Jika sudah masuk daftar hitam BI Checking, urusan di dunia pinjaman baik itu bank, koperasi, atau pinjaman online akan semakin susah.

Setiap pinjaman online bisa mengakses riwayat kredit debitur melalui sistem BI Checking. Debitur yang memiliki riwayat kredit buruk akan susah untuk bisa mengajukan pinjaman lain. Baik di layanan yang sama maupun di layanan pinjaman lain.

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar Home Credit, DC Datang ke Rumah!

Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan riwayat kredit yang baik agar ketika butuh pinjaman lagi bisa di ACC dengan mudah.

Baca juga: Bantuan untuk Melunasi Hutang Pinjaman Online

Penagihan Telat Bayar Indodana

Penagihan lewat Telepon

Di Indodana, sebelum debitur mengalami telat bayar Indodana, pihak Indodana akan mengirim pengingat melalui SMS atau WA.

Namun jika sudah jatuh tempo dan telat bayar Indodana, maka pihak DC Indodana akan diturunkan untuk melakukan penagihan, baik melalui telepon, SMS/WA, atau langsung datang ke rumah.

Selanjutnya muncul pertanyaan apakah Indodana menyebar data penggunanya? Jawabannya, tidak. Sebagai salah satu layanan pinjaman online yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Indodana wajib mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan.

Salah satunya adalah larangan untuk menyebarkan data pribadi nasabah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika ada DC yang mengancam akan menyebarkan data jika telat bayar Indodana dalam waktu yang lama.

Penagihan ke Rumah

Jika rumah Anda berada di kawasan Jabodetabek, maka kemungkinan besar DC Indodana akan melakukan penagihan dengan datang ke rumah.

DC datang ke rumah debitur juga sesuai dengan kebijakan masing-masing koordinator tiap wilayah. DC juga memiliki kriteria khusus mengenai debitur yang akan dikunjungi.

Umumnya, debitur yang sulit dihubungi dan tidak memiliki itikad baik ketika ditagih via telepon atau pesan yang akan menjadi sasaran DC.

Debitur yang masih awam, mudah untuk ditakut-takuti, dengan kemungkinan membayar lebih tinggi juga menjadi kriteria untuk DC datang ke rumah. Karena, tugas utama DC adalah berhasil membuat debitur segera membayar cicilan.

Itulah beberapa resiko telat bayar Indodana. Tetap gunakan pinjaman online dengan bijak agar terhindar dari pengalaman tidak menyenangkan akibat tidak bisa membayar cicilan tepat waktu. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar