Pengalaman Telat Bayar EASY CASH 1 Bulan, DC Kerumah?

Seperti layanan pembiayaan pada umumnya, pinjaman online juga akan menetapkan sanksi jika Anda mengalami keterlambatan bayar angsuran.

Malah, tidak sedikit layanan pinjaman online yang akan memberikan sanksi lebih mencekik daripada pinjaman di bank BUMN atau bank konvensional yang lain.

Easy Cash jadi salah satu layanan pinjol yang akan memberi risiko pada nasabah yang telat bayar. Apa saja resiko telat bayar Easy Cash? Berapa denda telat bayar Easy Cash yang dibebankan?

Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan itu telat bayar Easy Cash melalui artikel ini.

Mengenai Pinjaman Easy Cash

Pinjaman Easy Cash

Sebagai pinjaman online tanpa agunan, plafon dan tenor yang tersedia di Easy Cash tidak setinggi pinjaman lain yang menggunakan agunan atau pinjaman dari bank. Limit maksimal yang ditawarkan EasyCash mencapai Rp 50 juta dengan tenor maksimal 9 bulan.

Namun, tidak semua akun bisa mendapatkan plafon dan tenor maksimal tersebut. Jumlah plafon dan tenor pinjaman akan berbeda tergantung performa serta skor kredit yang dimiliki oleh masing-masing akun.

Bunga Easy Cash untuk lender adalah 20% dengan suku bunga maksimum sebesar 24% per tahun. Selain bunga, Easy Cash juga menetapkan biaya administrasi sebesar 10% dari pinjaman yang langsung dipotong di awal.

Jadi, semisal Anda mengajukan pinjaman sebesar Rp 1 juta, maka dana yang akan cair di rekening Anda hanya Rp 900 ribu.

Untuk mengajukan pinjaman, syarat yang diperlukan tidak susah. Anda hanya perlu menyiapkan KTP, buku rekening atas nama pribadi, serta informasi pekerjaan.

Resiko Telat Bayar Easy Cash

Bagaimana jika telat bayar Easy Cash? Apa saja resiko telat bayar Easy Cash yang akan diterima? Sebelum tanggal jatuh tempo, melalui SMS atau WA, Easy Cash akan memberi pengingat untuk segera melakukan pembayaran.

Baca juga:  Pengalaman Kerja di Bagian Marketing, Lingkungan Amburadul

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk telat membayar Easy Cash, maka Anda perlu mengetahui beberapa resiko telat bayar Easy Cash berikut ini untuk menghindari banyak kerugian.

1. Peringatan dari Desk Collection

Resiko telat bayar Easy Cash yang pertama adalah akan berurusan dengan Desk Collection. Desk Collection bertugas untuk memberi peringatan dan melakukan penagihan pada nasabah secara online atau melalui media komunikasi.

Biasanya, 3 hari setelah tanggal jatuh tempo, Anda akan menerima peringatan untuk segera membayar tagihan. Peringatan ini akan dikirim melalui SMS, WA, dan email.

2. Penagihan Lewat Telepon

Resiko telat bayar Easy Cash selain mendapat peringatan dan penagihan dari SMS, WA, dan email, Anda juga akan menerima penagihan dari pihak Desk Collection Easy Cash melalui telepon.

Jika Anda tidak memberi respon pada panggilan atau pesan dari Desk Collection, siap-siap Anda akan terus diteror. Karena, penagihan ini akan terus terjadi sampai Anda melakukan pembayaran.

Anda juga harus bersiap untuk mendapat telepon penagihan melalui keluarga. Easy Cash akan menghubungi kontak darurat yang Anda daftarkan atau menghubungi nomor lain yang ada di daftar kontak Anda. 

3. Denda Telat Bayar

Bukan hal asing lagi di dunia pinjaman, baik itu layanan pinjaman dari bank maupun pinjaman online, akan menetapkan denda jika nasabah mengalami telat bayar.

Untuk nominal denda telat bayar Easy Cash 1 hari dan 2 hari berbeda dengan telat bayar lebih dari 2 hari.

Anda akan dikenakan denda telat bayar Easy Cash sebesar Rp 40 ribu + 2% dari pokok kredit yang diterima dengan maksimal Easy Cash telat bayar 2 hari.

Jika telat bayar sudah masuk hari ke 3 dan seterusnya, nasabah akan dikenai denda lanjutan sebesar 2% dari pokok pinjaman.

Baca juga:  12 Pinjaman Online Cicilan 12 Bulan, Proses Mudah dan Cepat!

4. Didatangi Debt Collector

Jika Anda telat bayar Easy Cash dalam jangka waktu yang lama, Easy Cash akan melakukan penagihan secara langsung melalui pihak Debt Collector. DC akan datang ke rumah Anda untuk menagih tunggakan sekaligus denda yang harus Anda bayarkan.

5. Skor Kredit Turun

Resiko lain yang tidak bisa terelakkan adalah turunnya skor kredit. Dengan turunnya skor kredit, maka limit dan tenor yang Anda miliki juga akan mengalami penurunan atau menjadi lebih sedikit.

Selain itu, anda juga akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman di Easy Cash dan aplikasi pinjol lainnya.

6. Masuk Internal Blacklist Easy Cash

Anda juga akan masuk internal blacklist atau daftar hitam Easy Cash. Biasanya, Easy Cash akan memberi batas waktu telat bayar selama 30 hari.

Jika telat bayar Easy Cash lebih dari 30 hari, maka Anda akan dimasukkan pada internal blacklist.

Jika Anda masuk pada internal blacklist Easy Cash, Anda akan mengalami kesusahan atau bahkan tidak bisa sama sekali jika ingin mengajukan pinjaman lagi.

7. Masuk BI Checking/SLIK OJK

Easy Cash merupakan pinjaman online resmi yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Pihak Easy Cash akan melaporkan riwayat kredit Anda pada SLIK OJK.

Jika rekam riwayat kredit di SLIK OJK buruk, maka akan berdampak pada proses pengajuan kredit selanjutnya, baik di Easy Cash, pinjaman online lain, atau di layanan pinjaman manapun seperti bank atau KSP.

Baca juga: Pengalaman Telat Bayar AdaKami

Pengalaman Telat Bayar Easy Cash 1 Bulan

Resiko didatangi Debt Collector karena telat bayar Easy Cash atau pinjaman lain sering menjadi momok bagi para debitur yang telat bayar.

Kenapa? Sebab, tidak sedikit debitur telat bayar yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari Debt Collector.

Meski begitu, masih banyak Debt Collector yang bisa melakukan penagihan dengan cara yang baik. Seperti pengalaman telat bayar Easy Cash yang dibagikan oleh warganet melalui salah satu kanal youtube.

Baca juga:  Pengalaman Jualan di Lazada, Lumayan Hasilnya!

Dia membagikan pengalamannya galbay Easy Cash sebanyak Rp 19 juta dan sudah menunggak lebih dari 1 bulan. Jumlah tagihan yang awalnya hanya 19 juta menjadi sekitar 23 juta dikarenakan bunga dan denda keterlambatan.

Setelah itu peminjam menjelaskan bahwa, DC Easy Cash menghubunginya hampir tiap jam melalui telepon dan WA.

Namun, dia menanggapinya dengan santai dan menjelaskan dengan jujur bahwa kondisi keuangannya sedang buruk dan memberikan etikad baik untuk melunasinya segera mungkin.

Setelah dia menjelaskan secara jujur kepada DC mengenai alasan belum bisa bayar tagihan, DC tidak mengejarnya dengan cara yang kejam seperti cerita orang-orang. DC tersebut memberikan beberapa solusi seperti pengurangan denda dan bunga, serta menyarankan untuk mencicil tagihan.

Namun, dia tetap mendapat penagihan. Karena itu memang sudah tugas DC untuk melakukan penagihan sampai debitur membayar tunggakan.

Jadi, proses penagihan oleh DC tidak selalu menyeramkan seperti cerita yang sering terdengar. Bahkan terkadang ada DC yang bantu memberikan solusi seperti bantuan untuk mendapatkan keringanan bunga.

Akan tetapi, Anda tetap tidak boleh menganggap enteng perihal telat bayar angsuran. Karena hal ini akan sangat merugikan, mengingat banyak resiko yang akan berdampak pada Anda.

Itulah beberapa resiko telat bayar Easy Cash yang akan Anda terima. Tetap bijak dalam menggunakan pinjaman online agar terhindar dari segala resiko ketika telat bayar, seperti denda yang mencekik . Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar