7 Bantuan untuk Melunasi Hutang Pinjaman Online

Ketika ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, apakah ada lembaga yang bisa membantu melunasi hutang tersebut?

Saat ini sudah ada beberapa yayasan atau komunitas pelunas hutang yang bisa memberikan Anda bantuan ketika Anda mengalami kesulitan untuk membayar hutang atau saat pihak pemberi pinjaman berbuat semena-mena dengan Anda.

Melalui yayasan atau komunitas pelunas hutang ini, Anda akan mendapatkan bantuan pendampingan untuk mendapatkan jalan tengah sebagai solusi pelunasan hutang dengan pihak pemberi hutang.

Jika Anda sedang membutuhkan bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online, Anda bisa menghubungi lembaga-lembaga yang tertera dalam artikel ini.

Lembaga Bantuan untuk Melunasi Hutang Pinjaman Online

Saat ini, di Indonesia sudah ada lembaga yang memberikan bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online atau pinjol.

Jika Anda terlilit hutang di pinjaman online dan kesusahan untuk melakukan pelunasan, Anda bisa menggunakan jasa bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online berikut ini:

1. Amalan

Amalan

PT Amalan International Indonesia adalah fintech yang bergerak dibidang manajemen hutang. Amalan telah mengantongi ijin resmi dari OJK dan telah mendapatkan sertifikat dari International Association of Professional Debt Arbitrators.

Amalan hadir untuk memberikan bantuan pada masyarakat yang kesulitan melakukan pembayaran hutang kepada pihak bank atau institusi pemberi pinjaman resmi lainnya, seperti aplikasi pinjaman online yang telah terdaftar di OJK.

Cara kerja Amalan adalah membantu klien bernegosiasi dengan pihak pemberi pinjaman mengenai rancangan pelunasan hutang dengan cicilan yang terjangkau.

Jadi, Amalan adalah pihak ketiga yang akan melakukan mediasi atau negosiasi dengan pihak pemberi pinjaman untuk membantu klien mendapatkan keringanan dalam proses pelunasan, seperti pengurangan nominal angsuran tiap bulan menjadi lebih terjangkau.

Amalan akan merancang program pengelolaan hutang yang disesuaikan dengan situasi klien. Biaya layanan yang dibebankan oleh pihak Amalan hanya akan ditagih setelah Anda menyetujui program keringanan hutang yang didapatkan.

Jika Anda tertarik menggunakan jasa Amalan sebagai bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online, Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui websitenya di www.amalan.com atau melalui aplikasi yang bernama Amalan.

Baca juga:  7 Ciri-Ciri Orang yang Susah Bayar Hutang

2. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)

YLKI

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merupakan organisasi atau lembaga pengaduan konsumen dari berbagai industri.

YLKI juga merupakan yayasan yang membantu melunasi hutang, karena salah satu keluhan yang bisa diadukan adalah permasalahan mengenai hutang.

Jika Anda mengalami hal-hal yang menyangkut hak konsumen, dalam hal ini hutang, seperti teror dari Debt Collector dengan gaya bicara yang tidak sopan serta melakukan intimidasi, Anda bisa melakukan pengaduan ke YLKI.

Pihak YLKI nantinya akan memfasilitasi antara Anda dan pihak pemberi pinjaman untuk mencari jalan tengan guna menyelesaikan masalah tersebut.

Anda dapat menggunakan layanan ini dengan cara mendaftar akun terlebih dahulu melalui website resmi YLKI di ylki.or.id.

Biasanya laporan Anda akan diproses dan ditindaklanjuti paling lama 21 hari terhitung setelah laporan pengaduan sudah dianggap lengkap.

Baca juga: Pemberi Pinjaman Uang Pribadi

3. Pusat Mediasi Nasional (PMN)

Pusat Mediasi Nasional (PMN) bisa menjadi salah satu pilihan Anda mendapatkan bantuan dalam permasalahan hutang. Pusat Mediasi Nasional merupakan lembaga profesional yang memberikan jasa mediasi dan pelatihan mediasi.

Jadi, sistem bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online yang diberikan hampir sama dengan bantuan yang diberikan oleh Amalan dan YLKI.

PMN akan memberikan bantuan berupa proses mediasi dengan pihak pemberi pinjaman untuk mendapatkan solusi guna kelancaran proses pelunasan hutang Anda.

Anda akan diberi layanan mediasi melalui staf yang telah berpengalaman sesuai dengan teknik perbankan, hukum, serta bidang bisnis. Staf mediator yang dimiliki oleh PMN berjumlah lebih dari 2.190 staf profesional.

Jika Anda tertarik mendapatkan bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online dari PMN, Anda bisa mengunjungi website nya di pnm.or.id untuk informasi lebih lanjut.

4. Bank Indonesia

Bank Indonesia adalah bank yang bisa membantu melunasi hutang. Pihak Bank Indonesia akan membantu Anda bernegosiasi dengan bank atau penyedia layanan tempat Anda berhutang  untuk membantu menyelesaikan masalah utang dengan bank tersebut.

Bank Indonesia menawarkan tiga kemudahan yang bisa Anda dapatkan ketika meminta bantuan untuk melunasi hutang.

Yang pertama, bantuan yang diberikan bersifat gratis. Kedua, perjanjian mediasi yang diberikan adalah maksimal 60 hari kerja sejak pihak bank menyampaikan masalah pada nasabah. Ketiga, proses mediasi berjalan secara fleksibel dan informal.

Baca juga:  Cara Melunasi Hutang dalam 2 Hari Secara Cermat & Efektif

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi jika tertarik meminta bantuan pada Bank Indonesia, yaitu.

  1. Nilai hutang tidak lebih dari 500 juta rupiah
  2. Permasalahan yang diajukan belum pernah diajukan ke lembaga atau yayasan yang membantu melunasi hutang, seperti YLKI dan PMN
  3. Sengketa yang diajukan maksimal berumur 60 hari terhitung sejak pihak Bank Indonesia menyampaikan sengketa tersebut pada nasabah bersangkutan.

Jika Anda tertarik untuk meminta bantuan pada Bank Indonesia, Anda bisa langsung menghubungi call center nya untuk informasi lebih lanjut.

5. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online

Salah satu program yang dimiliki oleh BAZNAS adalah layanan pelunasan hutang, baik pinjaman online, pinjaman pada lembaga keuangan, atau perseorangan secara offline.

Karena ini lembaga zakat, maka layanan ini diperuntukkan bagi orang dalam kategori penerima zakat. Jadi, tujuan dari pinjamannya dalah digunakan untuk kebutuhan mendesak.

Sistem bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online maupun offline yang diberikan BAZNAS berbeda dari 4 lembaga sebelumnya. BAZNAS memberikan bantuan langsung berupa dana bukan sebagai pihak mediator.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, warga yang terjerat hutang harus datang langsung ke kantor BAZNAS dengan membawa syarat pelunasan hutang BAZNAS.

Pemohon juga harus memberikan bukti hutang dari pihak yang memberi pinjaman. Pemohon juga harus memberikan bukti pembayaran hutang kepada BAZNAS setelah mendapatkan bantuan dana.

6. Ikut Komunitas Pelunas Hutang

Komunitas pelunasan hutang adalah kelompok atau forum di mana individu yang menghadapi hutang dan kesulitan keuangan saling mendukung dan berbagi pengalaman, saran, dan strategi untuk mengatasi dan melunasi hutang.

Anda bisa menemukan komunitas pelunas hutang melalui group Facebook atau forum lain seperti Quora dan Reddit, cari dengan kata kunci “pelunas hutang”. Ingatlah untuk melindungi informasi pribadi Anda saat bergabung dan berpartisipasi dalam komunitas online.

Sementara banyak orang di komunitas ini memiliki niat baik, selalu ada risiko penipuan atau penyalahgunaan informasi. Selalu pertimbangkan saran dari komunitas ini dengan hati-hati dan konsultasikan dengan ahli keuangan profesional jika diperlukan.

Baca juga:  12 Pinjaman Online Cicilan 12 Bulan, Proses Mudah dan Cepat!

7. Bantuan Langsung Tunai Pemerintah BLT

Biasanya, BLT merupakan program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam situasi darurat atau krisis ekonomi. Namun, sering kali pemberian BLT digunakan untuk melunasi hutang.

Anda bisa terus mencari informasi terkait kapan dan bagaimana prosedur pengambilan BLT. Pastikan nama anda terdaftar dalam daftar penerima manfaat BLT.

Baca juga: Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

Daftar Pinjaman untuk Melunasi Hutang

Bank BRI, BNI, dan Mandiri menyediakan produk pinjaman tanpa agunan yang bisa Anda gunakan untuk melunasi hutang pinjaman online.

Jika menggunakan pinjaman untuk melunasi hutang di pinjaman online melalui bank, maka Anda menerapkan sistem gali lobang tutup lobang. Namun, ini juga bisa membantu Anda mengingat bunga yang biasanya dipatok oleh pinjol sangat besar.

Anda bisa menggunakan produk Pinjaman Online BRI Ceria, KTA BNI Fleksi Aktif, Pinjaman Mandiri KSM, dan lain sebagainya untuk mendapatkan dana guna melunasi hutang di pinjaman online.

Tentunya, Anda harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan pinjaman dan gunakan trik agar pinjaman online di acc.

Itulah beberapa media yang bisa Anda gunakan guna meminta bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online. Dari sekian banyak lembaga, hanya BAZNAS yang memberikan bantuan dana tunai. Bantuannya pun diperuntukkan hanya bagi asnaf zakat.

Bantuan dari lembaga lain berupa proses mediasi untuk mencari jalan tengah dengan pihak pemberi pinjaman.

Selain hanya memberikan bantuan untuk melunasi hutang pinjaman online sebagai mediator, Anda juga diharuskan membayarkan sejumlah biaya. Jadi, Anda melakukan gali lobang tutup lobang untuk melunasi hutang pinjaman online.

Oleh karena itu, Anda harus mengambil pinjaman dengan bijak. Mengambil pinjaman yang memang dibutuhkan dan sesuai dengan kapasitas finansial Anda, agar proses pelunasan tidak terhambat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar