Cara Melunasi Hutang dalam 2 Hari Secara Cermat & Efektif

Mampu melunasi hutang secepat mungkin adalah impian setiap debitur. Mungkin, setiap debitur akan bertanya mengenai gimana cara melunasi hutang dengan cepat?

Bagaimana cara melunasi hutang 200 juta dengan mudah? Apakah ada cara melunasi hutang dalam 2 hari, seminggu, atau hanya sebulan?

Anda bisa melihat beberapa cara atau strategi yang bisa dilakukan untuk melunasi hutang dengan mudah melalui artikel ini.

Sebab, artikel ini akan memberi informasi mengenai cara melunasi hutang dalam 2 hari (dengan cepat) dan mudah. Selamat menyimak!

Cara Melunasi Hutang Dalam 2 Hari

Apakah memang ada cara melunasi hutang dalam 2 hari? Bagaimana strategi atau cara melunasi hutang 50 juta, 100 juta, 200 juta, atau bahkan dengan nominal yang lebih banyak dalam waktu singkat dan mudah?

Berikut ini beberapa strategi atau cara yang dapat Anda terapkan untuk melunasi hutang dengan cepat.

1. Buat Rekapitulasi Hutang

Cara melunasi hutang dengan cepat dan mudah yang pertama adalah dengan membuat rekapitulasi hutang, mulai dari cicilan rumah, cicilan kartu kredit, cicilan kendaraan, cicilan paylater, dan pinjaman lainnya.

Anda dapat membuat rekapan informasi terperinci mengenai total tagihan, suku bunga, dan cicilan perbulannya.

Dengan melihat skema daftar hutang yang Anda miliki, Anda bisa membuat perencanaan hutang mana yang akan menjadi prioritas Anda untuk dilunasi lebih dulu sesuai dengan kemampuan finansial bulanan yang Anda miliki.

2. Buat Anggaran Realistis dan Rinci

Setelah memiliki daftar hutang, Anda perlu membuat rincian pemasukan dan pengeluaran perbulan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui pengeluaran mana yang bisa dipangkas sehingga dana dapat dialokasikan untuk membayar cicilan.

3. Membayar dari Bunganya yang Paling Besar

Nah, jika Anda memiliki lebih dari 1 hutang, Anda bisa membuat skala prioritas mengenai hutang mana yang akan dilunasi terlebih dahulu. Anda dapat memprioritaskan hutang dengan bunga paling besar untuk dilunasi terlebih dahulu.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Akulaku 2024 : Bunga, Biaya, dan Simulasi

Dengan begitu, beban bunga yang harus ditanggung dalam jangka panjang akan berkurang. Jika terjadi keterlambatan pembayaran, maka bunga yang harus ditanggung tidak akan terlalu membengkak.

4. Membayar dari Nominal Paling Kecil

Selain memprioritaskan hutang dengan bunga paling besar, Anda juga bisa melunasi hutang dengan nominal paling kecil terlebih dahulu.

Selain untuk menyesuaikan kemampuan finansial Anda pada saat itu, hal ini juga dapat memotivasi Anda untuk melunasi hutang yang lebih besar.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Cara melunasi hutang dengan cepat yang selanjutnya adalah mencari usaha sampingan. Memang, mendapatkan penghasilan tambahan bukan hal yang mudah. Namun, uang yang Anda dapatkan bisa membantu untuk melunasi hutang.

6. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Seperti yang telah dijelaskan di poin nomor 2, setelah Anda membuat daftar pengeluaran, Anda dapat mengetahui pengeluaran mana yang bisa dipangkas.

Anda juga perlu memperhitungkan pengeluaran mana yang harus dihilangkan agar pemasukan bisa terkendali dan dapat digunakan untuk membayar hutang.

7. Jual Barang yang Bisa Dijual

Jika penghasilan yang Anda miliki masih tidak mencukupi, Anda bisa menjual barang-barang tidak terpakai yang Anda miliki. Semisal, Anda memiliki 5 tas dengan jenis dan fungsi yang sama, Anda bisa menjual salah satunya yang jarang terpakai.

Terlebih jika Anda memiliki barang berharga seperti emas, Anda dapat menjual barang tersebut. Dengan begitu, cara melunasi hutang dalam 2 hari sangat mungkin untuk terjadi.

8. Disiplin dalam Membayar Hutang

Selain mendapat penghasilan tambahan dan mengurangi pengeluaran, Anda juga perlu untuk disiplin dalam membayar hutang. Pastikan Anda membayar hutang tidak melebihi jatuh tempo. Jelas hal ini dilakukan agar tidak mendapat denda keterlambatan.

Baca juga:  7 Cara Menaikkan Limit Shopee Pinjam hingga 15 Juta

Anda juga bisa membayar hutang di atas nominal minimum dan membayar lebih dari satu bulan. Dengan begitu, Anda bisa melunasi hutang dengan lebih cepat.

9. Take Over Kredit

Anda juga bisa melakukan take over kredit. Anda bisa memindahkan hutang yang Anda miliki pada bank yang menawarkan bunga lebih rendah dan tenor lebih panjang. Silahkan cek daftar bank yang bisa membantu melunasi hutang.

Meski “gali lobang tutup lobang”, Anda bisa mendapatkan dana segar dan angsuran bisa jadi lebih ringan.

10.  Meminta Bantuan

Ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang? Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk melunasi hutang adalah meminta bantuan orang terdekat.

Anda dapat meminta bantuan baik dalam bentuk materi atau saran yang bisa digunakan untuk melunasi hutang dengan mudah.

Anda juga bisa meminta bantuan untuk melunasi hutang pada yayasan yang bisa membantu seperti Amalan, YLKI, PMN, BAZNAS, dan Bank Indonesia.

Resiko Tidak Segera Melunasi Hutang

Sudah jelas dan pasti akan ada dampak yang disebabkan oleh hutang. Anda akan mendapat berbagai dampak yang tidak menguntungkan jika tidak segera melunasi hutang yang Anda miliki.

Berikut ini beberapa kemungkinan dampak negatif yang akan Anda terima saat tidak segera melunasi hutang.

1. Beban Hutang Semakin Besar

Dampak negatif yang pertama adalah beban hutang yang harus Anda tanggung akan semakin besar. Jika tidak segera melunasi hutang, Anda akan mendapat bunga yang berlipat karena beban hutang akan ditambah denda keterlambatan.

Jika sudah seperti itu, akan semakin sulit juga untuk melunasinya dalam waktu dekat. Oleh karena itu, pastikan Anda membayar hutang dengan disiplin.

2. Skor Kredit Menurun

Saat ada debitur yang tidak membayar hutang dengan disiplin, akan memberi pengaruh pada skor kredit yang dimiliki. Sebab, salah satu indikator dari skor kredit adalah pola pembayaran angsuran yang dilakukan oleh debitur.

Baca juga:  Cara Menambah Pinjaman di Pegadaian Online dan Offline

Jika skor kredit menurun, Anda akan kesulitan saat ingin mengajukan pinjaman lagi. Besar kemungkinan bank dan lembaga pinjaman lainnya akan menolak debitur dengan skor kredit buruk.

3. Penghasilan Terasa Sangat Sedikit

Anda akan merasa penghasilan yang Anda miliki menjadi sedikit. Sebab, Anda masih harus membayar angsuran selama berbulan-bulan.

Ditambah jika Anda pernah tidak tertib saat membayar angsuran. Penghasilan yang Anda miliki akan terus dikurangi oleh kewajiban pembayaran angsuran.

4. Hidup Tidak Tenang

Tidak ada orang yang merasa tenang-tenang saja saat memiliki hutang. Jika pun ada, kemungkinannya sangat kecil untuk terjadi. Terlebih jika Anda telat membayar atau bahkan sampai pada fase gagal bayar.

Petugas bank atau lembaga pinjaman tempat Anda berhutang akan terus meneror Anda. Mereka akan menurunkan petugas lapangan untuk melakukan penagihan secara langsung. Hal ini jelas akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, Anda harus membayar hutang secara tepat waktu agar cepat lunas dan tidak mendapat teror dari pihak kreditur.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara melunasi hutang dengan cepat. Apakah memungkinkan bisa digunakan sebagai cara melunasi hutang dalam 2 hari? Hal itu sangat mungkin terjadi. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar