Cara Penyelesaian Kredit Macet KUR BRI

Bagaimana jika tidak bisa membayar KUR BRI? Ketika debitur KUR BRI tidak bisa membayar angsuran dan telah 18 bulan berlalu sejak digolongkan sebagai kredit diragukan dan tidak terdapat usaha pelunasan maupun jaminan, maka debitur tersebut akan digolongkan ke kredit macet.

Jika debitur telah masuk ke golongan kredit macet, debitur harus siap menerima sanksi. Ada beberapa proses penyelesaian kredit macet KUR BRI agar debitur keluar dari kategori kredit macet dan tidak mendapat sanksi kredit macet KUR BRI.

Sanksi Kredit Macet KUR BRI

Bagaimana jika kredit KUR macet? Ketika ada debitur KUR BRI yang masuk kategori kredit macet, pihak BRI akan memberikan sanksi pada debitur yang bersangkutan dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

Berikut ini beberapa prosedur yang akan dilakukan oleh pihak bank untuk memberikan sanksi kredit macet KUR BRI.

  1. Pemberitahuan Keterlambatan Angsuran
    • Tahap awal menghadapi debitur yang mengalami kredit macet adalah dengan mengidentifikasi lamanya keterlambatan angsuran dan waktu jatuh temponya.
    • Setelah itu, pihak bank akan memberitahu debitur melalui telepon atau surat untuk segera melakukan pelunasan hutang.
  2. Memberikan Tenggat Waktu
    • Prosedur kedua setelah mendapat telepon atau surat mengenai pemberitahuan keterlambatan, debitur kredit macet akan mendapatkan kompensasi berupa tenggat waktu pelunasan.
  3. Memberikan Surat Peringatan
    • Setelah mendapat kompensasi perpanjangan tenggat waktu pelunasan (biasanya selama sebulan) dan debitur tidak ada itikad baik untuk membayar angsuran pokok dan bunga yang dibebankan, maka debitur akan mendapat surat peringatan.
  4. Penyitaan Aset
    • Jika semua prosedur di atas telah dilakukan, namun debitur kredit macet tetap tidak bisa melakukan pelunasan, maka langkah terakhir sanksi kredit macet KUR BRI adalah menyita aset sebagai jaminan kredit.
Baca juga:  Setelah Ditelpon Analis Kartu Kredit Bank, ini Penjelasannya

Apakah Anda pernah melihat rumah yang terdapat plang pemberitahuan tidak boleh ditempati atau digunakan lagi? Nah, biasanya rumah yang seperti itu adalah rumah yang dijadikan sebagai jaminan oleh debitur kredit macet.

Artikel terkait: Tabel Angsuran KUR BRI

Tahapan Penyelesaian Kredit Macet KUR BRI oleh Pihak Bank

kredit macet

Bagaimana penyelamatan dan penyelesaian kredit bermasalah? Proses penyelesaian kredit macet KUR BRI dilakukan oleh dua pihak yang bersangkutan.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan oleh pihak bank dan debitur sebegai bentuk penyelesaian KUR macet.

Pihak bank punya prosedur tersendiri sebagai cara penyelesaian kredit macet KUR BRI. Berikut ini penjelasan mengenai langkah bank dalam menyelesaikan debitur kredit macet.

Pengumpulan Informasi

Sebelum masuk pada tahap lebih lanjut untuk menyelesaikan debitur kredit macet, pihak bank akan mengumpulkan informasi mengenai debitur yang nantinya akan digunakan sebagai landasan tindakan. Informasi yang dikumpulkan antara lain adalah:

  • Hubungan antara bank dan debitur. Mengetahui pola hubungan antara bank dan debitur diperlukan untuk mengetahui potensi debitur diajak kerjasama dalam proses penyelesaian KUR macet.
  • Potensi manajemen. Pihak bank mempelajari potensi pengelolaan finansial debitur dengan cara melihat perkembangan usaha yang dijalankan.
  • Laporan keuangan. Untuk menganalisis penyebab kredit macet, bank mempelajari laporan keuangan usaha debitur.
  • Kekuatan/kelemahan bank dari segi hukum. Untuk mengantisipasi salah langkah dalam bertindak, bank akan mempelajari kekuatan bank dari segi hukum.
  • Kekuatan debitur dalam hukum. Selain mempelajari kekuatan/kelemahan bank dari segi hukum, kekuatan yang dimiliki debitur dalam hukum juga perlu dipertimbangkan agar bank tidak masuk pada posisi yang sulit.
  • Posisi debitur yang berkaitan dengan aset usaha sangat penting untuk diketahui. Hal ini ditujukan agar bank tidak mengalami kesulitan ketika diperlukan penjualan aset untuk melunasi cicilan.

Analisis Permasalahan

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh pihak bank adalah melakukan analisis permasalahan. Pihak bank akan mempertimbangkan apakah permasalahan kredit macet ini bisa diselesaikan tanpa jalur hukum atau harus menempuh jalur hukum jika memang debitur bersangkutan melakukan kecurangan.

Baca juga:  Cara Menggabungkan 2 Rekening di BRImo Tanpa ke Bank

Pihak bank juga akan mempertimbangkan beberapa hal untuk menentukan apakah debitur bersangkutan masih bisa melanjutkan kredit pada bank. Beberapa hal yang akan dipertimbangkan adalah:

  • Prospek keberlangsungan usaha milik debitur
  • Potensi kecakapan manajemen finansial
  • Kuantitas dan kualitas faktor produksi usaha
  • Strategi debitur dalam proses penyelesaian KUR macet

Tindakan Penyelesaian Kredit Macet

Tindakan selanjutnya dalam proses penyelesaian KUR macet adalah sebagai berikut.

Tindakan Litigasi

Jika debitur benar-benar tidak memiliki itikad baik untuk menyelesaikan kredit macet, pihak bank akan mengambil tindakan litigasi. Tindakan litigasi yang bisa dilakukan bank bisa melalui 3 cara, yaitu:

  • Pengadilan Negeri. Dengan dasar hukum pasal 1131 KUH Perdata, menjadikan seluruh harta debitur sebagai jaminan hutang.
  • Pengadilan Niaga. Debitur mengajukan kepailitan.
  • Laporan ke Kepolisian. Hal ini dilakukan jika bank hanya menemukan data fiktif saat proses pengumpulan informasi dari debitur.

Tindakan Non Litigasi

Tindakan ini tidak mengharuskan adanya campur tangan pengadilan. Pihak bank bisa menyelesaikan kredit macet dengan cara bermusyawarah dengan pihak debitur.

Hal ini ditujukan agar usaha yang sedang dijalankan dapat terselamatkan sehingga debitur bisa melunasi hutangnya.

Baca juga: Pinjaman Online BRI Langsung Cair

Cara untuk Menyelesaikan Kredit Macet KUR BRI

Penyelesaian Kredit Macet

Penyelesaian kredit macet KUR BRI yang terjadi juga harus terdapat usaha penyelesaian dari debitur. Debitur bisa melakukan hal berikut ini untuk menyelesaikan kredit macet di bank.

  1. Mengetahui Total Hutang Tertunggak, Dengan mengetahui total tagihan, debitur bisa memperkirakan sumber pendapatan tambahan yang nantinya bisa digunakan untuk melunasi hutang.
  2. Menghentikan Pengeluaran yang Tidak Perlu, Membelanjakan uang dengan bijak sangat membantu proses penyelesaian KUR macet. Dengan begitu, dana yang dimiliki bisa digunakan untuk melunasi hutang.
  3. Restructuring / Restrukturisasi Utang, Meminta persyaratan kembali atau restructuring bisa dilakukan oleh debitur sebagai cara penyelesaian kredit macet KUR BRI. Tujuannya untuk menaksir ulang pinjaman sehingga kredit bisa diatur ulang.
  4. Rescheduling, Setelah waktu pelunasan yang ditentukan telah habis, debitur bisa meminta penjadwalan ulang (rescheduling) atau penambahan tenggat waktu pembayaran sesuai dengan kemampuan.
  5. Menambah Fasilitas Kredit, Cara penyelesaian kredit macet KUR BRI selanjutnya yang bisa dilakukan oleh debitur untuk menyelesaikan kredit macet adalah dengan berkonsultasi ke pihak bank untuk meminta penambahan fasilitas kredit. Fasilitas kredit yang dimaksud misalnya pembayaran angsuran dibagi lebih kecil agar tidak memberatkan.
  6. Mengkonversi Tunggakan Menjadi Pokok Kredit Baru, Dengan melakukan hal ini, bunga yang dibebankan bisa dibayar di belakang. Untuk bisa mendapatkan konversi tunggakan, debitur perlu datang ke bank.
  7. Pembebasan Bunga Kepada Debitur, Pembebasan bunga ini hanya bisa diberikan pada debitur yang benar-benar tidak mampu secara finansial.
  8. Membayar Tagihan Tepat Waktu, Membayar tagihan tepat waktu adalah sikap dasar yang harus dilakukan oleh setiap debitur agar terhindar dari kredit macet.
  9. Menjaminkan Barang Gadai, Debitur bisa menggadaikan barang yang taksiran nilainya sama dengan besar pinjaman. Anda bisa mencari penyedia gadai sertifikat rumah 1 hari cair untuk melunasi KUR sesegera mungkin.
Baca juga:  Tabel Kredit Emas Pegadaian 2024 : Simulasi, & Pengajuan

Itulah informasi mengenai penyelesaian kredit macet KUR BRI yang bisa Anda terapkan sebelum terkena sanksi kredit macet KUR BRI.

Harapannya, jika ingin mengajukan pinjaman, maka sesuaikan dengan kemampuan bayar Anda agar tidak menunggak bahkan sampai masuk ke golongan kredit macet.

Bagikan:

4 pemikiran pada “Cara Penyelesaian Kredit Macet KUR BRI”

  1. Saya mau bertanya, perihal teman saya yang mempunyai kredit macet KUR. Akan tetapi dia didatangi oleh pihak bank BRI dengan maksud akan menyita motor nya, apakah ini masih dalam koridor hukum pihak BRI atau bagaimana mohon penjelasanya!

    Balas
    • Sebelumnya apakah sudah mendapatkan surat peringatan dari pihak Bank BRI? karena pihak bank tidak akan serta-merta menyita aset milikmu. Biasanya pihak bank akan memberitahukan lewat surat terlebih dahulu

      Balas
  2. Saya besok 23 agustus 2023 dipanggil ke kantor BRI karena KUR saya macet 14 bulan dan telah jatuh tempo. Saya sudah tidak bisa kerja dan tidak punya penghasilan. Saya bingung gimana besok apa yang terjadi. Apa langkah yang harus saya ambil. Saya sekeluarga bingung

    Balas
    • Saran saya, penuhi panggilan pihak Bank BRI kemudian ceritakan kondisi keuangannya dengan jujur. Ceritakan apa adanya kondisi keuangan dan ketidaksanggupan untuk membayar KUR setelah itu minta restrukturisasi hutang kepada bank BRI.

      Balas

Tinggalkan komentar