5 Cara Cek Angsuran KUR BRI Secara Online dan Offline

KUR BRI merupakan salah satu program kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para pelaku usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi yang memiliki usaha produktif dan layak.

Namun, di antara banyaknya pelaku usaha yang meminjam terkadang ada saja yang masih belum tahu bagaimana cara untuk mengecek angsuran KUR BRI.

Nah, bagi yang belum tahu, Anda patut untuk menyimak artikel ini hingga selesai yang juga akan membahas mengenai jenis hingga resiko telat bayar KUR BRI. Jadi, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Jenis Pinjaman KUR BRI

KUR yang disalurkan oleh Bank BRI kepada debitur terbagi dalam tiga jenis. Jenis KUR BRI tersebut adalah sebagai berikut.

1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan Kredit Modal Kerja atau Kredit Investasi yang disediakan oleh Bank BRI dengan plafon sampai dengan Rp 50 juta per debitur.

Jangka waktu untuk Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun, sedangkan untuk Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.

Berdasarkan tabel KUR BRI Mikro ini memiliki suku bunga 6% efektif per tahun serta bebas biaya administrasi dan provisi.

Untuk mengajukan pinjaman KUR Mikro ini, terlebih dahulu Anda harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini.

  1. Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak
  2. Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  3. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan, kecuali kredit konsumtif, seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  4. Persyaratan administrasi (identitas berupa KTP, KK, dan surat izin usaha).

2. KUR Kecil

Jenis KUR BRI berikutnya adalah KUR Kecil. Jenis KUR ini memiliki plafon di atas Rp 50 juta dengan batas pinjaman maksimal mencapai Rp 500 juta per debitur.

Jangka waktu untuk Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 4 tahun, sedangkan untuk Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun. KUR Kecil juga memiliki suku bunga 6% efektif per tahun. Untuk agunan atau jaminan disesuaikan dengan peraturan bank.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Bank BCA 2024 : KTA, KUR, KPR, & Refinancing

Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan pinjaman, berikut terdapat beberapa syarat pinjam uang di Bank BRI harus Anda penuhi.

  1. Mempunyai usaha produktif dan layak
  2. Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  3. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan, kecuali kredit konsumtif, seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  4. Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil atau surat izin usaha lainnya yang dapat dipersamakan.

3. KUR TKI

Kemudian ada KUR TKI yang diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negera penempatan.

Jenis KUR ini memiliki plafon sampai dengan Rp 25 juta per debitur atau berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

KUR TKI memiliki jangka waktu paling lama adalah 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja. Selain itu, KUR TKI juga memiliki suku bunga 6% efektif per tahun serta bebas biaya administrasi dan provisi.

Untuk mengajukan pinjaman KUR TKI ini, di bawah merupakan beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu.

  1. Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan
  2. Persyaratan administrasi (identitas berupa KTP dan KK, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, serta perjanjian penempatan berupa paspor, visa, dan persyaratan lainnya sesuai ketentuan).

Cara Cek Angsuran KUR BRI

Lantas, bagaimana cara cek angsuran KUR BRI? Berikut Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini yang dapat dilakukan secara online maupun offline.

Namun, sebelum itu terlebih dahulu Anda harus menyiapkan nomor rekening pinjaman KUR BRI dan beberapa dokumen pribadi yang sekiranya dibutuhkan saat hendak mengecek angsuran.

Cek angsuran KUR BRI melalui internet banking

Cek angsuran KUR BRI melalui internet banking

Cara pertama yang dapat dilakukan yakni dengan mengecek angsuran KUR BRI melalui internet banking. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka website ib.bri.co.id
  2. Masukkan user ID, password, dan kode validasi untuk login
  3. Klik “Masuk”
  4. Pilih menu “Rekening” > “Rincian Pinjaman”
  5. Pilih nomor rekening pinjaman untuk melihat detailnya
  6. Setelahnya akan muncul informasi mengenai detail tagihan yang harus dibayarkan.

Cek angsuran KUR BRI melalui mobile banking

cek angsuran kur bri

Kemudian pengecekan angsuran juga bisa dilakukan melalui mobile banking. Cara cek angsuran melalui mobile banking adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke menu utama Mobile Banking BRI
  2. Pilih menu “Lainnya”
  3. Gulir ke bawah, lalu pilih menu “Pinjaman BRI” > “Bayar Pinjaman Baru”
  4. Masukkan nomor rekening pinjaman, klik “Lanjutkan”
  5. Lalu, detail tagihan pembayaran akan muncul pada layar.
Baca juga:  Cara Kredit di TikTok Shop Tanpa Kartu Kredit

Cek angsuran KUR BRI lewat Contact Center

bantuan bri

Di samping itu, Anda juga dapat mencari tahu perihal angsuran KUR BRI ini dengan mengirim email ke pihak bank yang bersangkutan.

Anda bisa langsung mengirimkan pertanyaan yang dimiliki ke email callbri@bri.co.id atau formulir bantuan BRI di bri.co.id/hubungi-kami.

Selanjutnya, Anda juga bisa mengecek angsuran KUR BRI yang Anda miliki dengan menanyakannya melalui Call Center BRI. Untuk menanyakan tentang hal ini, Anda bisa langsung saja menghubungi

  • Nomor Telepon : 14017 atau 1500017
  • Whatsapp: 08121214017
  • Email : callbri@bri.co.id
  • FB Messenger : BANK BRI.

Cek angsuran KUR BRI melalui media sosial

Cara berikutnya yang dapat Anda coba adalah dengan menanyakan tentang angsuran KUR BRI ini melalui pesan yang dikirim ke beberapa akun media sosial resmi milik BRI, seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Untuk WhatsApp bisa dengan menghubungi nomor 08121214017. Kemudian untuk Facebook bisa dengan mengirim pesan ke fanpage resmi Bank BRI yang bernama BANK BRI.

Sementara untuk Twitter bisa melalui akun @kontakBRI. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengirim pesan ke Instagram melalui akun @bankbri_id.

Cek angsuran KUR BRI melalui kantor cabang BRI

Selain beberapa cara di atas, pengecekan angsuran ini juga bisa dilakukan dengan berkunjung langsung ke kantor cabang BRI terdekat.

Anda bisa menanyakan terkait besaran tagihan angsuran KUR BRI yang Anda miliki pada petugas yang tengah berada di kantor.

Anda hanya perlu mengatakan pada CS untuk cek angsuran KUR BRI. Setelah itu Anda hanya perlu ikuti semua arahan. Namun, kekurangan cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama mengantri terlebih dahulu.

  1. Datang kantor cabang bank BRI dan ambil nomor antrian.
  2. Saat tiba nama Anda dipanggil, beritahu teller bank bahwa Anda ingin cek angsuran KUR BRI.
  3. Beritahukan identitas dan nomor rekening yang terkait dengan KUR.
  4. Tunggu sebentar sampai Anda menerima informasi terkait angsuran KUR yang sedang berjalan.
Baca juga:  Tabel Angsuran Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian 2024

Resiko Telat Bayar KUR BRI

Setelah mengetahui cara-cara untuk mengecek angsuran KUR BRI, pastikan untuk membayar angsuran sebelum tanggal jatuh tempo. Jika tidak, maka Anda harus siap-siap untuk menghadapi beberapa resiko telat bayar KUR BRI berikut ini.

1. Terus ditagih debt collector

Apabila tidak segera membayar angsuran setelah tanggal jatuh tempo berlalu, kemungkinan besar Anda akan terus menerus ditagih oleh Debt Collector yang tentunya hal ini akan mengganggu waktu yang Anda miliki. Penagihan dapat dilakukan melalui telepon, WhatsApp, ataupun pengiriman surat.

Sebagai langkah penagihan selanjutnya jika tidak mendapat respons dari peminjam, debt collector akan datang untuk menagih langsung ke rumah yang bersangkutan.

2. Dikenakan denda keterlambatan

Sama seperti pinjaman lainnya, Anda juga bisa dikenakan denda keterlambatan jika mengalami telat bayar KUR BRI. Namun, tidak diketahui secara pasti berapa besaran denda yang diberikan oleh pihak bank.

3. Masuk blacklist SLIK OJK

Resiko telat bayar KUR BRI selanjutnya yang mungkin saja terjadi adalah masuk blacklist SLIK OJK. Bagi Anda yang masuk dalam blacklist ini, nantinya Anda akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari fintech ataupun perbankan lain.

Namun, jika utang yang tertunggak tersebut dapat dilunasi, maka nama peminjam akan dihapus dari blacklist dan bisa kembali mengajukan pinjaman.

Nah, itulah tadi sederet cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek angsuran KUR BRI yang juga membahas mengenai jenis hingga resiko telat bayarnya. Jangan lupa untuk selalu membayar angsuran KUR BRI tepat waktu sesuai kesepakatan agar tak mengalami beberapa resiko yang telah disebutkan di atas.

Bagikan:

Tinggalkan komentar