5 Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga 2024

Kebutuhan sehari-hari yang membengkak terkadang membuat ibu rumah tangga harus memutar otak untuk memperoleh uang tambahan.

Tak jarang mereka meminjam uang dari bank keliling mingguan dengan bunga cukup tinggi sehingga bukannya membaik, keadaan justru semakin sulit. Karenanya koperasi hadir sebagai penyedia pinjaman yang paling tepat untuk ibu rumah tangga.

Koperasi masih populer di masyarakat karena memberikan bunga yang lebih rendah dibandingkan lembaga keuangan lainnya. Layanan berupa pinjaman koperasi untuk ibu rumah tangga dapat membantu masalah keuangan keluarga.

Pada artikel ini akan dibahas secara tuntas bagaimana cara mengajukan pinjaman di koperasi serta apa saja persyaratannya.

Sekilas Tentang Pinjaman Koperasi

Koperasi merupakan sebuah badan hukum yang bergerak di bidang ekonomi dan dioperasikan oleh anggotanya berdasarkan asas kekeluargaan.

Berbeda dengan lembaga keuangan lain, koperasi berfokus pada kesejahteraan anggota meskipun beberapa telah memperluas layanan untuk non anggota, salah satunya koperasi simpan pinjam.

Koperasi ini memberikan pinjaman sekaligus tempat menyimpan uang bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan operasional koperasi simpan pinjam juga telah diawasi oleh OJK, sehingga keamanan transaksi terjamin.

Koperasi simpan pinjam melayani jasa penyimpanan, pengelolaan, dan peminjaman dana. Namun untuk mengajukan pinjaman dana, terlebih dahulu harus mendaftar sebagai anggota koperasi. Tidak membutuhkan proses yang rumit, Anda dapat mengikuti langkah sederhana berikut ini.

Bunga Pinjaman Koperasi

Setiap koperasi memiliki ketentuan berbeda terkait bunga yang dikenakan, namun rata-rata bunga pinjaman koperasi berkisar antara 7-8 % per tahun tergantung jenis pinjaman. Perlu diketahui jika terdapat tiga jenis bunga yang berlaku di koperasi, antara lain:

  • Bunga Flat, berlaku untuk pinjaman jangka pendek. Perhitungannya sama setiap bulan sehingga tidak diperlukan penghitungan khusus
  • Bunga Menurun (RC), dipengaruhi oleh besaran nilai pinjaman pokok. Semakin kecil pinjaman maka semakin kecil pula bunga yang harus dibayar
  • Bunga Menurun Efektif (sliding rate), dihitung dari saldo akhir tiap bulan sehingga bunga yang dibayar akan terus menurun.

Tenor Pinjaman Koperasi

Jangka waktu pengembalian dana disesuaikan pada kesepakatan awal pinjaman. Berikut standar pengembalian pinjaman pada koperasi:

  • Angsuran tetap, yaitu membayar pokok dan bunga secara bersamaan setiap bulan sesuai tanggal perjanjian
  • Angsuran bunga menurun, yaitu mengangsur pokok pinjaman sesuai kemampuan atau dibayar sekaligus saat jatuh tempo sedangkan setiap bulannya hanya membayar bunga.
Baca juga:  6 Cara Melihat Data Diri di Kredit Pintar

Setelah pelunasan selesai, selanjutnya koperasi akan mengembalikan barang yang dijadikan jaminan saat akad pinjaman. Pastikan tepat waktu dalam membayar angsuran maupun pelunasan agar tidak dikenai sanksi.

Limit Pinjaman Koperasi

Sesuai Peraturan Menteri No.15 Tahun 2015 mengenai Koperasi Simpan Pinjam, batas minimal dan maksimal pinjaman dana tidak disebutkan. Hal itu sesuai kesepakatan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Pinjaman koperasi untuk ibu rumah tangga merupakan langkah efektif untuk membantu perekonomian keluarga. Persyaratan yang mudah dan bunga rendah tidak akan memberatkan peminjam, terlebih kini koperasi mempermudah dengan menyediakan layanan digital.

Baca juga: Pinjaman Online Untuk Ibu Rumah Tangga

Rekomendasi Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga

Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga

Sebelum mengajukan pinjaman dana, pastikan koperasi yang Anda pilih terjamin keamanannya. Salah satu caranya dengan mengunjungi situs web resmi Kementerian Koperasi dan UMKM di nik.depkop.go.id.

Kemudian masukkan nama koperasi yang ingin dituju, apabila data muncul artinya koperasi tersebut telah berbadan hukum.

Berikut beberapa koperasi yang telah berbadan hukum dan dapat Anda jadikan pilihan untuk mengajukan pinjaman dana:

KSP Namastra

Koperasi Namastra merupakan koperasi simpan pinjam yang didirikan pada tangga 23 Maret 2016. Kantornya berpusat di Jl. Kolonel Achmad Syam No. 179 C Tanah Baru, Bogor Utara – Bogor, Jawa Barat.

Terdapat dua jenis pinjaman yang tersedia di koperasi ini, yaitu pinjaman namakarya untuk anggota yang bekerja sebagai karyawan dan pinjaman komersil berupa modal untuk pedagang atau pengusaha. 

KSP Duta Sejahtera

Koperasi yang sudah mendirikan badan usaha sejak 5 Desember 1998 ini memiliki kantor pusat yang terletak di Jalan Satelit No. 6 Denpasar.

Koperasi Duta Sejahtera memiliki empat produk pinjaman, yaitu pinjaman konsumtif, pinjaman produktif, pinjaman investasi, dan pinjaman mikro. 

KSP Buana Artha Prima

Koperasi Buana Artha Prima merupakan koperasi primer tingkat nasional yang berdiri pada tanggal 12 Desember 2012. Koperasi ini menyediakan tiga jenis pinjaman, di antaranya pinjaman flat, tempo, dan menurun.

Apabila tertarik Anda dapat mengunjunginya di kantor pusat Jl. Abdulrahman Saleh No. 226 F, Kelurahan Manyaran, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. 

KSP Syariah Artha Mulia

Koperasi yang melayani jasa keuangan syariah ini didirikan pada tanggal 13 Februari 2018 dengan menerapkan tata kelola setara perbankan.

Baca juga:  Tabel Angsuran KUR BSI 2024 Plafon Hingga 500 Juta

Sesuai dengan namanya, koperasi ini menjamin transaksi terhindar dari riba maupun penipuan. Kantor pusatnya berada di Gedung Shakira Lantai 1 Jl. Taman Pahlawan No. 37 Purwakarta.

KSP Maju Wijaya

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Maju Wijaya atau yang lebih dikenal dengan koperasi Maju didirikan di Jakarta pada tanggal 21 September 2012.

KSP ini bergerak dalam bidang simpan pinjam dan telah mendapat pengesahan dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Pinjaman Koperasi Maju tersedia untuk ibu rumah tangga yang mau meningkatkan usaha maupun untuk keperluan lainnya.

Bagi anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya bisa mengunjungi KSP Maju yang beralamat di Gedung Prasadha Jinarakkhita, Jl. Raya Kembangan Blok JJ Kembangan Selatan, Jakarta Barat, 11610.

Koperasi Simpan Pinjam Online

Bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki waktu mengurus pengajuan dana ke koperasi, maka aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Online bisa menjadi solusi.

Anda bisa melakukan pendaftaran dan pengajuan pinjaman secara online tanpa perlu datang ke tempat.

Syarat untuk menjadi anggota tidak jauh berbeda dari koperasi lainnya, lengkapnya dapat Anda akses melalui website resmi Koperasi. Pastikan KSP online yang dipilih sudah aman dan mengantongi izin usaha dari pemerintah dan OJK. Lihat daftar aplikasi disini.

Selain koperasi yang disebutkan di atas, tentu ada banyak koperasi lain yang tersebar di setiap wilayah. Anda dapat menentukan mana yang paling tepat dalam memberikan pinjaman koperasi untuk ibu rumah tangga. 

Syarat Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga

Untuk menjadi anggota koperasi caranya cukup mudah, Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran. Selanjutnya petugas akan menjelaskan syarat dan ketentuan yang harus Anda setujui, yaitu membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan koperasi.

Kemudian menyetujui anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, serta mematuhi segala peraturan yang berlaku di sana. Jika telah melakukan proses tadi, Anda telah resmi menjadi anggota dan dapat mengajukan pinjaman dana.

Baca juga: Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek

Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi ibu rumah tangga yang tertarik meminjam uang di koperasi, beberapa langkah mudah berikut akan membantu Anda.

  1. Membawa Dokumen yang Diperlukan : Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain fotokopi KTP Anda dan pasangan, fotokopi kartu keluarga, rekening listrik, slip gaji, dan jaminan.
  2. Bawa Jaminan : Barang yang dapat dijadikan jaminan seperti BPKB, sertifikat deposito, akta kepemilikan tanah, dan surat berharga lainnya. Pastikan Anda melengkapi semua dokumen yang diperlukan sebelum mengajukan pinjaman dana.
  3. Mengisi Formulir Pengajuan : Setelah dokumen diserahkan kepada petugas, Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan pinjaman dana. Formulir inilah yang akan dijadikan pertimbangan oleh koperasi, sehingga usahakan untuk mengisi data dengan benar dan jujur.
  4. Menunggu Persetujuan Koperasi : Selanjutnya Anda perlu menunggu persetujuan dari koperasi. Jika semua persyaratan telah dipenuhi, koperasi akan memberitahukan persetujuan secepatnya.
  5. Menerima Pencairan Dana : Setelah pengajuan disetujui, pinjaman dana akan dicairkan melalui rekening Anda. Pastikan juga untuk membayar angsuran tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan.
Baca juga:  7 Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek 2024 Langsung Cair

Keuntungan Meminjam Uang di Koperasi

Pinjaman koperasi untuk ibu rumah tangga memberikan manfaat yang besar, tidak hanya bagi individu namun juga masyarakat.

Sebab dengan terpenuhinya kebutuhan keluarga, maka kesejahteraan dalam masyarakat akan tercipta. Berikut manfaat yang dapat Anda peroleh dengan meminjam dana di koperasi:

  1. Memperoleh Dana untuk Modal Usaha : Koperasi memberikan kemudahan bagi anggotanya yang ingin membuka usaha tetapi belum memiliki modal. Pengajuan pinjaman yang lebih sederhana dibandingkan perbankan umum menjadikan koperasi digemari masyarakat, utamanya pelaku usaha mikro.
  2. Proses Peminjaman Lebih Mudah : Pengajuan pinjaman di koperasi lebih mudah, calon peminjam cukup mengisi formulir dan menyertakan beberapa dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, slip gaji, dan dokumen yang dibutuhkan lainnya.
  3. Membantu Masalah Finansial Keluarga : Dengan adanya modal dari koperasi, maka anggota dapat menjalankan usaha sehingga meningkatkan pendapatan. Bunga yang rendah juga tidak akan memberatkan anggota.
  4. Terhindar dari Rentenir : Karenanya dengan meminjam dana di koperasi, ibu rumah tangga dapat menghindari hutang rentenir. Meskipun memberi dana pinjaman dalam jumlah besar dan cepat, tetapi bunga yang tinggi akan mempersulit peminjam di kemudian hari.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan tambahan dana tetapi enggan meminjam ke bank, maka koperasi dapat menjadi pertimbangan. Selamat mencoba.

Bagikan:

Tinggalkan komentar