7 Cara Cek Angsuran BCA Finance Secara Online

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai cara cek angsuran BCA Finance. Sebab, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan BCA Finance sebagai solusi pembiayaan kredit kendaraan bermotor khususnya mobil, baik mobil bekas maupun mobil baru.

Namun, terkadang diantara mereka ada yang belum tahu bagaimana cara cek angsurannya. Sehingga, para nasabah yang mengajukan pembiayaan tidak membayar tepat waktu. Hingga akhirnya terkena denda keterlambatan pembayaran.

Mengenai PT BCA Finance (BCAF)

Pada awalnya, PT BCA Finance (BCAF) didirikan dengan nama PT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation pada 1981 dengan komposisi kepemilikan saham dipegang oleh PT Bank Central Asia (BCA), The Long Term Credit Bank of Japan, dan Japan Leasing Corporation.

Fokus bisnis BCA Finance awalnya ada pada pembiayaan komersial, seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat, dan transportasi.

Selanjutnya, pada 2001 nama PT BCA Finance berubah menjadi PT Central Sari Finance (CSF). Dimana, BCA menjadi pemegang saham mayoritas dengan besar 99,58%.

Pada 28 Maret 2005, CSF berubah lagi menjadi PT BCA Finance (BCAF). Yang mana, kegiatan utamanya adalah pada pembiayaan kendaraan khususnya roda empat (mobil).

Produk Pembiayaan BCA Finance

cek angsuran BCA Finance

BCA Finance menawarkan banyak produk kepada para nasabah. Namun, dari sejumlah produk pembiayaan komersial yang ada, produk pembiayaan mobil menjadi unggulan yang banyak diminati oleh masyarakat.

Bukan tanpa alasan tentunya masyarakat memilih pembiayaan BCA Finance. Sebab, BCA Finance memberikan cicilan yang rendah dan suku bunga yang cukup ringan.

Bahkan, jenis kendaraan yang bisa diajukan dalam pembiayaan ada banyak. Ada produk Toyota, Daihatsu, Suzuki, Nissan, Honda, Isuzu, Mitsubishi, Renault, Wuling, dan DFSK, baik mobil baru maupun mobil bekas.

Untuk tenornya juga cukup lama, yaitu 1-4 tahun atau 5-6 tahun (Fix And Cap). Anda bisa memilih tenor yang disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Untuk Anda yang baru ingin mengajukan pinjaman di BCA bisa cek tabel pinjaman bank BCA untuk informasi bunga dan simulasi cicilan.

Baca juga:  Pinjaman Rekening Koran BCA, Plafon Hingga Rp 30 Milyar

Cara Cek Angsuran BCA Finance Secara Online

Jika sudah mendapat pembiayaan dari BCA Finance, Anda bisa mulai mengecek besaran angsuran BCA Finance yang harus Anda bayar nantinya.

Berikut cara cek angsuran BCA Finance yang bisa Anda ikuti:

Cek Angsuran BCA Finance Lewat Website

Anda bisa memanfaatkan situs BCA Finance di halaman berikut bcafinance.co.id untuk mengecek besaran angsuran atau tagihan BCA Finance.

Selain itu, dalam situs resmi ini Anda juga bisa mendapat banyak informasi mengenai seputar kredit, seperti pengurusan STNK, Pelunasan, Simulasi Kredit, hingga Pengambilan BPKB.

Cek Angsuran BCA Finance lewat Aplikasi Halo BCA

cek angsuran BCA Finance

Jika Anda lebih suka telepon, Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengecek angsuran BCA Finance.

Hubungi Call Center Finance BCA di nomor berikut (021) 29973100 atau Halo BCA di nomor berikut 150888 (Berbayar). Atau download aplikasi Halo BCA untuk bebas pulsa.

Dengan metode ini, selain bisa mengecek angsuran BCA Finance, Anda juga bisa bertanya langsung kepada petugas mengenai persyaratan apa saja yang diperlukan untuk melunasi angsuran, denda angsuran, dan informasi lain terkait angsuran Anda.

Cek Angsuran BCA Finance Lewat SMS

Sebaliknya, jika Anda ingin mengecek angsuran BCA Finance dengan cara yang lebih simple dan tentunya murah, Anda bisa menggunakan layanan SMS Finance BCA.

Cukup kirim SMS ke nomor pusat Finance BCA melalui format BCAF (spasi) Nomor Kontrak (spasi) isi informasi dan kirim ke 9123.

Cek Angsuran BCA Finance lewat Aplikasi Klik Indomaret

Cara Cek Angsuran BCA Finance

Cara keempat ini juga tak kalah praktis dari cara-cara sebelumnya. Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk mengecek tagihan BCA Finance yang harus dibayarkan melalui Virtual Klik Indomaret.

  1. Buka website Virtual Klik Indomaret
  2. Pilih menu “Multi Finance” > “BCA Finance” atau cari di kolom pencarian “BCA Finance” seperti pada gambar diatas
  3. Masukkan Nomor Kontrak, klik “Bayar”
  4. Setelahnya, akan muncul tampilan rincian angsuran BCA Finance.

Baca juga: Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu

Cek Angsuran BCA Finance Lewat Email CS BCA Finance

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengecek angsuran BCA Finance yaitu dengan menghubungi Customer Service BCA Finance melalui email customercarebcaf@bcaf.id.

Baca juga:  4 Cara Cek Angsuran PNM Mekaar dan ULaMM

Sebenarnya, cara ini memang masih efektif sampai sekarang. Hanya saja, Anda harus memberikan data-data informasi secara lengkap untuk mengetahui besaran angsuran BCA Finance, seperti menuliskan nomor kontrak dan tujuan mengirim email.

Begitupun dengan balasan dari petugas BCA Finance. Anda harus bersabar menunggu jawaban, karena petugas BCA Finance baru akan membalas email Anda setidaknya 1-2 hari pada jam kerja.

Cek Angsuran BCA Finance Lewat ATM Bank BCA

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengecek angsuran BCA Finance lewat ATM Bank BCA. Cara ini memang mudah.

Namun, Anda harus pergi ke tempat yang menyediakan ATM BCA. Ikuti tahapan berikut ini:

  1. Kunjungi gerai ATM BCA terdekat
  2. Masukkan kartu ATM dan nomor PIN dengan tepat
  3. Pilih opsi Pembayaran
  4. Lalu, pilih opsi Pinjaman
  5. Pilih BCA Finance
  6. Input nomor kontak pinjaman yang Anda miliki dan klik OK
  7. Akan muncul di layar ATM tentang rincian angsuran BCA Finance yang Anda miliki, seperti jumlah tagihan, hingga jatuh tempo pelunasan.

Cek Angsuran BCA Finance Lewat BCA Mobile

cek angsuran BCA Finance

Seiring dengan kemajuan teknologi, Anda juga bisa mengecek angsuran BCA Finance lewat mBanking BCA.

Namun, jika ingin menggunakan cara ini, maka Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa mengakses mBanking BCA. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke mBanking BCA yang sebelumnya sudah Anda daftarkan lewat aplikasi di smartphone
  2. Pilih opsi m-BCA dan opsi m-Payment
  3. Masukkan nama perusahaan atau PT dengan BFN
  4. Lalu, masukkan nomor kontrak pinjaman dan masukkan nomor PIN mBanking BCA
  5. Muncul info mengenai angsuran BCA Finance yang Anda miliki di layar smartphone Anda, mulai dari besaran angsuran yang harus dibayar hingga jatuh tempo pembayaran tagihan.

Ada banyak cara cek angsuran BCA Finance yang bisa Anda ikuti. Pastikan Anda memilih cara yang mudah dan komitmen untuk membayar angsuran tepat waktu agar Anda tidak mendapat denda.

Baca juga: Cek Angsuran BFI Finance

Denda Keterlambatan Pembayaran

Jika sudah terlanjur telat membayar angsuran BCA Finance, Anda bisa dikenakan biaya denda keterlambatan pembayaran.

Baca juga:  9 Cara Cek Angsuran Home Credit secara Online & Offline

Dimana, besaran denda akan dihitung sebesar 0,4% dari jumlah angsuran atau cicilan yang telat setiap hari. Berikut perhitungannya:

Denda = 0,4% * Jumlah Hari Keterlambatan * Jumlah Angsuran

Baca juga: Cek Angsuran Adira Finance

Cara Bayar Angsuran BCA Finance

Setelah mengetahui cara cek angsuran BCA Finance hingga denda keterlambatan pembayaran, bagaimana cara pembayaran angsuran BCA Finance?

Ada tiga metode pembayaran angsuran BCA Finance. Berikut diantaranya:

Melalui Fitur Autodebet

Fasilitas ini bisa didapatkan oleh nasabah (perorangan maupun badan) yang memang sebelumnya telah mengajukan fasilitas autodebet ke bank BCA terdekat.

Jadi, angsuran dari BCA Finance akan terbayar secara otomatis yang diambil dari saldo rekening tabungan.

Dikarenakan otomatis, maka bisa dipastikan bahwa pembayaran angsuran BCA Finance melalui autodebet ini akan selalu tepat waktu. Kecuali memang saldo di rekening tidak cukup untuk autodebet.

Melalui ATM

Angsuran BCA Finance juga bisa dibayar melalui ATM. Namun, tidak bisa dilakukan 24 jam. Biasanya, pembayaran hanya bisa dilakukan pada jam online BCA atau sebelum pukul 15.00 waktu setempat.

Melalui Internet Banking

Sebaliknya, jika Anda terlalu sibuk dan hanya bisa membayar angsuran pada malam hari, maka cara membayar angsuran melalui internet banking ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Angsuran bisa Anda bayarkan kapanpun dan dimanapun secara mudah bermodal internet. Anda bisa membayar angsuran melalui beberapa aplikasi diantaranya MyBCA, BCA Mobile, dan Klikbca.

Itulah cara cek angsuran BCA Finance yang perlu Anda tahu. BCA Finance sendiri menawarkan banyak kemudahan kepada para nasabah yang ingin mengajukan pembiayaan.

Baca juga: Cek Angsuran SMS Finance

Pun memberikan kemudahan kepada para nasabah untuk membayar angsurannya. Jadi, jika Anda salah satu nasabah yang mengajukan pembiayaan di BCA Finance, semoga Anda bisa membayar secara tepat waktu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar