Penagihan Kredit Pintar dari Peringatan hingga Jalur Hukum

Setiap layanan pembiayaan, termasuk ketika menggunakan Kredit Pintar, akan dihadapkan pada debitur yang telat membayar angsuran.

Untuk itu ada sistem dan petugas khusus untuk melakukan penagihan, baik secara langsung maupun melalui ponsel setelah tanggal jatuh tempo Kredit Pintar.

Jika Anda debitur Kredit Pintar dan telat bayar angsuran, siap-siap menerima resiko seperti denda keterlambatan dan penagihan Kredit Pintar oleh Desk/Debt Collector.

Bagaimana cara penagihan Kredit Pintar? Apakah penagihan Debt Collector Kredit Pintar datang ke rumah? Informasi selengkapnya mengenai penagihan Kredit Pintar bisa Anda dapatkan di artikel ini. Selamat menyimak!

Sistem Penagihan Kredit Pintar

Tagihan harus dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo. Jika tidak, Anda akan merasa terganggu dengan adanya penagihan Kredit Pintar yang dilakukan hampir setiap hari. Berikut ini beberapa hal yang diterapkan pada sistem penagihan Kredit Pintar.

1. Peringatan

Sebelum tanggal jatuh tempo Kredit Pintar, Anda akan mendapat notifikasi pengingat untuk segera membayar angsuran Kredit Pintar.

Pengingat ini akan dikirim ke nomor WhatsApp yang Anda daftarkan atau pemberitahuan melalui notifikasi aplikasi.

2. Penagihan Tidak Langsung (SMS, WA, dan Telepon)

Jika Anda tidak membayar setelah melewati jatuh tempo, Anda akan dihadapkan pada sistem penagihan Kredit Pintar secara online. Petugas Desk Collection Kredit Pintar akan rutin melakukan penagihan melalui SMS, WA, dan juga telepon.

penagihan kredit pintar lewat wa

Cara penagihan Kredit Pintar dengan melalui SMS, WA, atau telepon ini akan sangat mengganggu aktivitas harian. Desk Collection akan terus melakukan tagihan setiap hari.

Tidak hanya satu kali penagihan. Anda akan mendapat penagihan Kredit Pintar hampir tiap jam. Terlebih jika Anda mengabaikan pesan atau telepon tersebut.

Jika tidak ingin terganggu, hanya perlu memblokir nomornya, bukan? Itu bukan solusi yang tepat. Penagihan Kredit Pintar melalui pesan dan telepon tidak hanya menggunakan satu nomor.

Baca juga:  7 Aplikasi Pinjol Syariah Terbaik 2024, Resmi & Tanpa Riba

Desk Collection akan menggunakan banyak nomor guna melakukan penagihan. Jadi, meski Anda memblokir satu nomor penagihan, akan bermunculan nomor lain yang akan melakukan penagihan.

3. Penagihan Melalui Kontak Darurat

Tim penagihan Kredit Pintar tidak akan tinggal diam jika Anda menghiraukan pesan dan teleponnya. Petugas ini ada untuk memastikan Anda membayar tunggakan angsuran.

Penagihan Kredit Pintar bahkan akan melibatkan saudara, teman, atau kerabat lain yang Anda jadikan kontak darurat.

Dilansir dari website resmi Kredit Pintar, ada beberapa kondisi penagihan Kredit Pintar akan dilakukan melalui kontak darurat. Berikut ini beberapa kondisi tersebut:

  • Debitur tetap menunggak dan tidak diketahui keberadaannya untuk dilakukan penagihan secara langsung
  • Debitur tetap menunggak dan tidak memiliki itikad baik untuk melakukan komunikasi dengan Kredit Pintar
  • Debitur tetap menunggak dan tidak merespon atau bekerjasama dalam upaya penagihan Kredit Pintar.

Itulah beberapa kondisi yang akan menyebabkan Kredit Pintar melakukan penagihan melalui kontak darurat. Bahkan, bisa jadi kontak yang ada di HP Anda secara random atau nomor telepon tempat kerja.

Jika Anda tidak ingin memiliki pengalaman penagihan Kredit Pintar melalui nomor kerabat, harap untuk merespon dan segera melakukan pembayaran meski hanya setengah.

4. Penagihan Secara Langsung ke Rumah

Apakah penagihan Kredit Pintar datang ke rumah? Informasi dari website resmi Kredit Pintar, mereka akan menurunkan Debt Collector untuk melakukan penagihan dengan kunjungan langsung ke rumah.

Biasanya, hal ini terjadi karena Anda tidak memberi respon atau tidak ada tanda-tanda itikad baik untuk melakukan pelunasan.

Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa penagihan Kredit Pintar oleh Debt Collector juga akan mengunjungi tempat kerja.

Penagihan melalui Debt Collector ini menjadi momok bagi debitur pinjaman online. Kenapa? Sebab, sering terdengar berita mengenai proses penagihan oleh DC secara tidak menyenangkan.

Apakah penagihan Debt Collector Kredit Pintar berlaku untuk semua daerah? Tidak hanya di Jabodetabek? Dilansir dari kanal youtube Fintech ID, Kredit Pintar memiliki DC yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Baca juga:  6 Cara Melihat Data Diri di Kredit Pintar

Informasi ini didapat dari Jobstreet, di mana Kredit Pintar memasang lowongan kerja dengan posisi DC untuk berbagai kota.

5. Penagihan Melalui Jalur Hukum

Melalui website resminya, Kredit Pintar juga mengatakan bisa saja melakukan penagihan dengan menempuh jalur hukum.

Namun, Kredit Pintar berusaha untuk memastikan semua debitur membayar pinjaman terlebih dahulu tanpa harus melalui jalur hukum.

Itulah beberapa cara penagihan Kredit Pintar pada nasabah yang tidak membayar angsuran sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Baca juga: Cara Menghapus Data di Kredit Pintar

Pengalaman Saat Penagihan Kredit Pintar oleh DC

penagihan kredit pintar

Pengalaman debitur saat penagihan Kredit Pintar berbeda-beda. Anda bisa mengetahui beberapa pengalaman penagihan Kredit Pintar pada debitur telat bayar agar bisa mengambil pelajaran. Berikut ini beberapa pengalaman debitur yang dilansir dari beberapa sumber.

Pengalaman pertama didapat dari mediakonsumen.com. Debitur menceritakan bahwa dia baru telat satu hari. Namun, penagihan Kredit Pintar melalui pesan WA sudah sangat mengganggu.

DC mengirim banyak pesan beruntun yang isinya terkesan meragukan keinginan debitur untuk melakukan pembayaran. DC juga menyinggung tentang nama baik perusahaan tempat debitur bekerja.

Hal senada juga dirasakan oleh debitur lain yang baru telat satu hari. Dia menceritakan bahwa DC penagihan Kredit Pintar menghubungi saat maghrib, dengan cara yang kasar dan mengancam akan mendatangi rumah debitur serta melaporkannya pada RT/RW setempat.

Ada juga yang membagikan pengalaman terkait penagihan Kredit Pintar ke rumah. Dia menceritakan bahwa Kredit Pintar mengutus DC untuk melakukan penagihan karena dia telat bayar baru selama dua bulan. Dengan posisi debitur di Jakarta Timur.

Untuk penagihan Kredit Pintar datang ke rumah, kasusnya berbeda-beda tiap debitur. Dari kanal youtube Fintech ID dijelaskan bahwa penurunan DC berbeda-beda tergantung nominal tunggakan, sisi kooperatif debitur, dan lokasi debitur. Biasanya, Kredit Pintar baru akan menurunkan DC jika sudah telat dari 90 hari.

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar Julo : Denda dan Cara Penagihan DC

Dilihat dari penjelasan dan kebiasaan Kredit Pintar menurunkan DC lapangan setelah 90 hari, menandakan bahwa jika Anda telat bayar dengan durasi hitungan hari, maka tidak perlu khawatir akan didatangi DC.

Tapi, bagaimana dengan pengalaman yang disampaikan bahwa DC Kredit Pintar sudah datang meski baru telat dua bulan?

Hal ini kembali lagi dengan kondisi Anda. Fintech ID menjelaskan bahwa hal ini bisa saja terjadi karena lokasi debitur berada di lokasi yang sama dengan kantor pusat Kredit Pintar.

Konsep DC lapangan datang ke rumah juga menyesuaikan dengan jumlah DC yang tersedia di lokasi debitur telat bayar dan seberapa banyak debitur yang bermasalah.

Jika DC lebih banyak daripada debitur gagal bayar, maka besar kemungkinan DC akan langsung mendatangi rumah meski baru telat kurang dari 90 hari (3 bulan). Jika debitur gagal bayar lebih banyak daripada DC yang tersedia, maka DC lebih memprioritaskan debitur dengan sisi kooperatif yang baik.

Jika Anda telat bayar Kredit Pintar, Anda tidak perlu khawatir akan ancaman yang dikeluarkan oleh petugas seperti penyebaran data pribadi. 

Sebab, OJK telah menetapkan aturan mengenai prosedur penagihan. Jika Anda baru telat satu hari dan diancam akan didatangi DC, Anda juga tidak perlu khawatir. Sebab, biasanya Kredit Pintar baru akan menurunkan DC setelah lebih dari satu bulan.

Itulah beberapa uraian mengenai cara penagihan Kredit Pintar. Anda juga bisa belajar dari pengalaman debitur. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa DC yang datang merupakan petugas resmi. Harap selalu menggunakan pinjaman online dengan bijak. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar