DC Lapangan Adakami 2024, Begini Cara Mereka Menagih

Adakami ada DC atau tidak? DC Adakami merupakan salah satu posisi penting yang ada di sistem Adakami. Kenapa? Sebab, tiap layanan pinjaman akan menghadapi nasabah yang bermasalah dalam pembayaran angsuran alias gagal bayar.

Nah, untuk mengatasi hal ini, setiap layanan pinjaman akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk menugaskan DC (Desk Collection/Debt Collector).

Yang kerap menjadi pertanyaan adalah apakah Adakami ada DC lapangan atau tidak, jika iya kapan DC Adakami datang ke rumah. Artikel ini akan menjawab jawaban mengenai DC lapangan Adakami.

Penagihan DC Lapangan Adakami

Perlu diketahui, DC Adakami ini terbagi menjadi dua jenis.

  • Pertama, namanya Desk Collector, yang tugasnya memperingatkan tanggal jatuh tempo dan menagih nasabah via sistem, dan kebanyakan Desk Collector ini masih bekerja sesuai dengan SOP penagihan Adakami yang berlaku.
  • Kedua, ada yang namanya Debt Collector. Nah, DC jenis ini yang banyak membuat resah. Debt Collector ini biasanya diperkerjakan oleh pihak ketiga dan bukan di bawah naungan langsung pihak perusahaan pinjolnya.

Biasanya kasus yang sering terjadi, jika ada nasabah yang sudah galbay atau telat bayar Adakami, maka tugas penagihan dari Desk Collector akan dialihkan ke Debt Collector.

Dimana si Debt Collector ini akan melakukan penagihan dengan cara yang ditentukan oleh perusahaan yang memperkerjakannya.

Kebanyakan kasus perusahaan pihak ketiga ini bukan perusahaan yang memiliki daftar resmi, melainkan perusahaan siluman.

Mereka tidak memiliki alamat, tidak memiliki kantor, tidak memiliki ADRT, dan tidak memiliki landasan hukum alias ILEGAL.

Itu sebabnya saat melakukan penagihan, si debt collector tidak pernah menyebutkan berasal dari perusahaan mana, tidak menyebutkan nama, tidak punya lisensi, tidak punya nomor, dan ID Card.

Jadi jika berhadapan dengan DC jenis ini, jangan digubris. Kalau si DC sudah melakukan pengancaman, cukup laporkan ke pihak yang berwajib.

Ingat, yang mereka sering lupa adalah bahwa mereka tidak punya payung hukum, tidak memiliki perlindungan secara hukum, sedangkan si nasabah yang mereka ancam tentu memiliki perlindungan secara hukum.

Itu yang sering tidak dipahami oleh para DC tersebut, mungkin karena keterbatasan latar pendidikan dan memang tidak memahami aturan dan UU yang ada juga sih.

Baca juga:  Tabel Pinjaman AdaKami 2024 : Bunga, Limit, dan Simulasi

Jadi, tidak perlu takut menghadapi mereka yang suka mengancam seperti itu. Cukup dilaporkan saja ke polisi, OJK, SWI, AFPI, dan ke Kominfo.

Keberadaan DC Lapangan Adakami

DC lapangan akan melakukan penagihan secara langsung dengan mengunjungi kediaman nasabah. Hasil penelusuran dari beberapa sumber, saat ini DC lapangan Adakami terdapat di area Jabodetabek dan kota-kota besar seperti Surabaya, Semarang, Medan hingga Denpasar.

Untuk area luar Jabodetabek yang berstatus kota kecil, belum dipastikan keberadaan Adakami DC lapangan.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga terdapat DC lapangan Adakami di luar area Jabodetabek. Sebab pada tahun 2024, area cakupan layanan Adakami terus berkembang dan menjangkau kota-kota kecil.

Biasanya, penurunan DC lapangan akan dilakukan saat nasabah tidak bisa dihubungi sama sekali, nasabah tidak menunjukkan itikad baik untuk melunasi tagihan, dan nasabah gagal bayar dalam waktu lebih dari 90 hari atau 3 bulan.

Cara Menghadapi DC Lapangan Adakami

Tidak jarang nasabah pengalaman galbay Adakami menyebutkan bahwa merasa sangat terganggu dalam proses penagihan.

Tips Menghadapi DC Lapangan Adakami
Penagihan lewat WA oleh DC Adakami

Sebab, DC akan terus-menerus melakukan penagihan yang bisa menyebabkan aktivitas harian terganggu.

Bahkan, tidak jarang ada nasabah yang mendapat ancaman DC Lapangan Adakami. Salah satu contoh ancamannya adalah DC Adakami sebar data atau menghubungi kontak orang terdekat.

Lalu, bagaimana cara menghadapi model proses penagihan yang mengganggu ini? Apakah benar DC Adakami sebar data? Berikut ini beberapa tips menghadapi DC Lapangan Adakami.

1. Tunjukkan Itikad Baik

Saat DC Adakami melakukan penagihan jangan Anda abaikan. Sebab, DC Adakami tidak akan menyerah begitu saja. Respon penagihan tersebut dengan menunjukkan itikad baik bahwa Anda akan melunasi tagihan.

Anda bisa meminta DC untuk memperpanjang pinjaman di Adakami yang sudah jatuh tempo. Biasanya DC Adakami memberi keringanan tambahan waktu selama 1-2 minggu saja.

2. Negosiasi dan Berikan Penjelasan yang Masuk Akal

Nah jika Anda belum mampu membayar tagihan, lakukan negosiasi dengan pihak DC. Berikan penjelasan yang masuk akal mengenai penyebab Anda belum bisa membayar tagihan.

Terkadang terdapat DC yang malah akan membantu Anda untuk mencari jalan keluar atas masalah yang ada. Tak jarang DC Adakami memberikan penawaran seperti pengurangan denda dan memotong bunga tagihan.

Baca juga:  Review AdaKami : OJK, Kelebihan, Galbay, & Penagihan

3. Jangan Takut

Hadapi DC dengan perasaan rileks. Jika Anda menunjukkan rasa takut, tidak menutup kemungkinan DC akan mengancam dan memperlakukan Anda dengan lebih semena-mena.

Jika DC Adakami mengatakan akan melakukan penyebaran data, besar kemungkinan hal tersebut hanya ancaman belaka. Kenapa? Sebab, Adakami adalah pinjaman online yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Nah, salah satu aturan yang harus dipatuhi adalah tidak menyebarkan identitas pribadi nasabah.

Bagaimana jika DC mengancam akan menyita barang? Anda juga tidak perlu takut. Sebab, proses penyitaan barang harus melalui regulasi khusus terlebih dahulu. Selain itu, penyitaan barang juga memerlukan izin dari lembaga kehakiman.

4. Simpan Riwayat Percakapan di SMS, WA, atau Telepon

Nah jika Anda mendapat ancaman atau penagihan yang tidak menyenangkan dari pihak DC, abadikan bentuk ancaman tersebut.

Anda bisa mengabadikannya dengan cara screenshot atau rekaman. Hal ini diperlukan sebagai bukti untuk melaporkan DC tersebut pada OJK.

5. Pastikan Identitas DC

dc lapangan adakami

Jika ada DC lapangan Adakami yang mengunjungi Anda, pastikan identitas dari DC tersebut. Anda bisa meminta DC untuk memperlihatkan kartu identitas, kartu sertifikat profesi, surat tugas dari perusahaan, bukti dokumen debitur wanprestasi, dan lain sebagainya.

Hal ini perlu dilakukan agar Anda terhindar dari penipuan dan sebagai bentuk waspada jika DC bertindak semena-mena.

6. Bayar Tagihan Sesuai dengan Aplikasi

Anda juga perlu berhati-hati saat akan membayar tagihan. Jika ada DC yang menyebutkan bahwa dia bisa membantu Anda membayar tagihan melalui rekeningnya, harap untuk diabaikan. Sebab, tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan merugikan Anda.

Bayar tagihan sesuai dengan cara pembayaran tagihan yang telah dijelaskan oleh aplikasi. Bayar tagihan sesuai nominal dan rekening/virtual account yang tertera pada aplikasi.

Tugas DC Lapangan Adakami

Seperti tugas DC pada umumnya, DC Lapangan Adakami juga memiliki tugas untuk memastikan nasabah berhasil membayar tunggakannya. DC Lapangan Adakami yang mana?

Tugas ini berlaku untuk DC Adakami dalam artian Desk Collection atau Debt Collector (DC lapangan). Mereka sama-sama bertugas untuk memastikan uang yang dipinjam oleh nasabah berhasil dikembalikan.

Namun, terdapat perbedaan antara metode penagihan yang dilakukan oleh Desk Collection atau DC lapangan. Informasi selengkapnya mengenai tugas DC Adakami adalah sebagai berikut.

Baca juga:  3 Cara Hapus Akun AdaKami Secara Tuntas dan Permanen

1. Melakukan Penagihan Via SMS atau Pesan WA

Tugas pertama yang dilakukan oleh DC Adakami untuk memastikan nasabah berhasil melunasi hutang adalah melakukan penagihan melalui SMS atau WA. Nah, penagihan ini dilakukan oleh Desk Collection.

Desk Collection akan rutin mengirim pesan penagihan baik melalui SMS atau pesan WA. Biasanya isi pesan tersebut adalah peringatan keterlambatan, pemberitahuan nominal yang harus dibayarkan, dan permintaan untuk segera melunasi tagihan.

2. Melakukan Penagihan Via Telepon

Selain melakukan penagihan via SMS atau WA, Desk Collection juga akan melakukan penagihan melalui telepon.

Biasanya, Desk Collection akan mulai menghubungi Anda jika Anda tidak memberi respon yang baik saat ditagih melalui pesan. Desk Collection juga akan menelepon Anda saat Anda sudah mengalami keterlambatan dalam waktu yang cukup lama.

Desk Collection akan menghubungi Anda setidaknya 3 kali dalam sehari atau malah lebih. Apalagi jika Anda mengabaikan telepon tersebut, DC akan menghubungi melalui nomor yang berbeda-beda.

3. Melakukan Penagihan ke Kontak Darurat

Jika SMS, WA, dan telepon diabaikan oleh nasabah gagal bayar atau bahkan nasabah menghilang tanpa jejak, DC Adakami akan melakukan penagihan dengan menghubungi saudara atau teman yang nasabah jadikan sebagai kontak darurat.

Tidak jarang juga ada DC yang menghubungi nomor telepon kantor untuk melakukan penagihan saat nasabah benar-benar tidak bisa dihubungi. Untuk menghindari situasi ini, pastikan Anda segera melunasi tagihan atau merespon dan menunjukkan niat baik saat ditagih oleh DC.

4. Melakukan Penagihan Secara Langsung

Nah, jika semua proses penagihan secara tidak langsung yang dilakukan oleh Desk Collection (SMS, WA, telepon, dan melalui kontak darurat) tidak membuahkan hasil yang baik, pihak pinjaman akan menurunkan Debt Collector atau DC lapangan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai DC Lapangan Adakami. Tetap gunakan pinjaman online dengan bijak agar terhindar dari kerugian.

Bagikan:

Tinggalkan komentar