2 Cara Memperpanjang Pinjaman di Adakami yang Jatuh Tempo

Setiap layanan pembiayaan membebankan denda untuk debitur yang telat melunasi angsuran, seperti Adakami.

Bagaimana jika telat bayar Adakami? Berapa denda jatuh tempo Adakami? Adakami membebankan denda per hari sebesar 0,72% dari pinjaman pokok dan biaya penagihan sebesar 0,08% dari pinjaman pokok.

Nah, untuk memberi pelayanan ekstra agar debitur terhindar dari denda, ada layanan pembiayaan yang menyediakan perpanjangan jatuh tempo pinjaman.

Apakah Adakami bisa diperpanjang juga? Jawabannya, ya. Adakami menyediakan layanan restrukturisasi atau perpanjangan untuk debitur.

Lalu, bagaimana cara memperpanjang pinjaman di Adakami? Anda bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut. Selamat menyimak!

Apa itu Perpanjang Pinjaman di Adakami?

Perpanjang pinjaman atau restrukturisasi merupakan layanan yang memberi kesempatan pada debitur untuk bisa mendapat perpanjangan jatuh tempo pembayaran angsuran.

Berapa kali perpanjangan Adakami? Ada dua jenis perpanjangan yang tersedia di Adakami dengan ketentuan yang berbeda. Berikut ini penjelaskan mengenai jenis perpanjangan tersebut.

Restrukturisasi Adakami lewat Aplikasi

Cara memperpanjang pinjaman di Adakami untuk jenis ini adalah tanpa melalui pihak Adakami. Jadi, Anda bisa melakukannya sendiri melalui aplikasi Adakami.

Perpanjangan Adakami jenis ini hanya berlaku satu kali dan debitur perlu melakukan pembayaran minimal sesuai dengan rincian yang terdapat di aplikasi.

Debitur yang menggunakan cara memperpanjang pinjaman di Adakami melalui aplikasi tidak akan dibebankan denda selama periode restrukturisasi berlangsung.

Restrukturisasi Adakami saat Penagihan

Cara memperpanjang pinjaman di Adakami yang kedua adalah saat Debt Collector melakukan penagihan.

Baca juga:  7 Aplikasi P2P Lending Terbaik 2024 Terdaftar OJK

Untuk jenis restrukturisasi ini adalah cara memperpanjang pinjaman di Adakami yang bersifat negosiasi antara kedua belah pihak (debitur dan petugas Adakami).

Berbeda dengan restrukturisasi melalui aplikasi, cara memperpanjang pinjaman di Adakami untuk jenis ini tidak ada minimum pembayaran. Semua tergantung dengan hasil negosiasi.

Anda bisa negosiasi dengan meminta perpanjangan tanpa harus membayar sebagian. Namun, Anda tetap akan dikenakan biaya keterlambatan sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku.

Syarat Memperpanjang Pinjaman di Adakami

Setelah mengetahui dua cara memperpanjang pinjaman di Adakami, Anda juga perlu mengetahui persyaratan yang telah ditetapkan. Apa saja persyaratannya? Berikut ini persyaratan restrukturisasi pinjaman Adakami sesuai jenisnya.

Persyaratan Restrukturisasi Melalui Aplikasi

Apa saja syarat perpanjangan pinjaman melalui aplikasi Adakami? Berikut ini persyaratan yang perlu Anda ketahui.

  • Hanya berlaku untuk jenis pinjaman 1x bayar (tidak berlaku untuk layanan cicilan)
  • Debitur hanya memiliki 1x kesempatan perpanjangan
  • Pengajuan dapat dilakukan mulai tiga hari sebelum jatuh tempo
  • Maksimal pengajuan dilakukan tiga hari setelah jatuh tempo. Lebih dari itu tidak bisa mengajukan perpanjangan
  • Debitur harus membayar biaya perpanjangan sebelum pukul 24.00 WIB di hari yang sama saat melakukan perpanjangan
  • Penggunaan fitur perpanjangan tidak bisa digabung dengan kupon pinjaman

Itulah beberapa syarat perpanjang pinjaman di Adakami. Pastikan Anda segera membayar biaya perpanjang setelah melakukan permohonan agar permohonan bisa disetujui.

Persyaratan Restrukturisasi Saat Penagihan

Jika Anda memilih cara memperpanjang pinjaman di Adakami melalui petugas penagihan, Anda hanya perlu melampirkan bukti atau dokumen yang berisi informasi bahwa belum bisa melakukan pembayaran full karena ada suatu kondisi yang memaksa.

Karena jenis restrukturisasi ini bersifat negosiasi, maka keberhasilan pengajuan dan nominal angsuran yang perlu segera dibayarkan tergantung dari hasil persetujuan petugas penagihan.

Baca juga:  12 Pinjaman Online Cicilan 12 Bulan, Proses Mudah dan Cepat!

Untuk itu, Anda perlu melakukan negosiasi dengan baik agar petugas bisa memberi persetujuan dengan mudah.

Baca juga: Tabel Pinjaman AdaKami

Cara Memperpanjang Pinjaman di Adakami Melalui Aplikasi

Bagaimana cara memperpanjang pinjaman di Adakami melalui aplikasi? Jika Anda pengguna layanan paylater (bukan layanan cicilan perbulan), berikut ini cara memperpanjang pinjaman di Adakami yang bisa Anda ikuti.

Cara Memperpanjang Pinjaman di Adakami
  1. Buka aplikasi Adakami
  2. Masuk ke “Riwayat Pinjaman” yang ada di bagian bawah halaman aplikasi
  3. Anda akan diberi tampilan mengenai riwayat pinjaman mulai dari jumlah, periode, dan tanggal jatuh tempo
  4. Klik tombol “Ajukan Perpanjangan”
  5. Lalu klik “Daftar Perpanjangan”
  6. Anda akan diberi tampilan mengenai biaya perpanjangan, lama perpanjangan, tanggal pembayaran baru, dan nominal yang harus dibayarkan saat jatuh tempo
  7. Kemudian klik tombol “Mulai”
  8. Anda harus segera membayar biaya perpanjangan yang tertera sebelum pukul 24.00 WIB di hari yang sama
  9. Pembayaran biaya perpanjangan bisa dilakukan dengan transfer ke BNI atau melalui Alfamart
  10. Salin dan gunakan kode pembayaran yang tersedia untuk melakukan pembayaran biaya perpanjangan

Setelah biaya perpanjangan dibayarkan, Adakami akan menyetujui permohonan perpanjangan pinjaman. Harap untuk selalu diingat bahwa biaya perpanjangan harus segera dibayarkan agar pengajuan tidak otomatis gagal.

Kerugian Restrukturisasi Hutang Adakami

memperpanjang pinjaman di Adakami

Meskipun melakukan restrukturisasi pinjaman Adakami memberikan jalan keluar bagi peminjam yang kesulitan membayar, ada beberapa potensi kerugian yang perlu diperhatikan:

  1. Dikenai Biaya Tambahan: Restrukturisasi Adakami memiliki biaya layanan sebesar 6% dari nominal pinjaman yang harus dibayarkan oleh peminjam. Meskipun tujuannya adalah memperpanjang tenor, biaya ini dapat menambah beban hutang yang sudah ada.
  2. Ketergantungan pada Pinjol: Restrukturisasi akan membuat pinjaman tetap terikat dengan pihak pinjol, hal ini akan mempersulit peminjam untuk berganti ke alternatif yang lebih murah atau lebih baik.
  3. Berkurangnya Limit Pinjaman: Secara umum, ketika peminjam mengalami kredit macet akan membuat pihak pinjol mempertimbangkan kembali untuk menaikkan limit. Bahkan tidak jarang kasus kredit macet akan menurunkan limit pinjaman di akun mereka.
  4. Pengaruh pada Skor Kredit: Hal ini tergantung apakah layanan pinjol masuk SLIK OJK atau tidak. Hal ini dapat berdampak negatif pada catatan skor kredit peminjam yang berdampak pada kesulitan memperoleh pinjaman di kemudian hari.
Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar AdaKami 1 Bulan, Resiko & Solusinya

Itulah cara memperpanjang pinjaman di Adakami yang bisa Anda ikuti. Harap untuk selalu memperhatikan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan agar perpanjangan dapat diterima. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar