Pengalaman Pinjam Uang di Adakami : Bunga, Penagihan & DC

Ingin mengajukan pinjaman di Adakami? Boleh-boleh saja, selama itu keputusan yang bijak menurut Anda. Karena, tidak bisa dipungkiri, bahwa setiap aplikasi pinjaman online, termasuk Adakami menawarkan pengalaman yang berbeda kepada masing-masing nasabahnya. Ada pengalaman yang memuaskan dan kurang memuaskan. 

Anda bisa membaca terlebih dahulu artikel ini untuk mengetahui pengalaman pinjam uang di Adakami dari beberapa nasabah sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut. Sebab, dari dua sisi yang kami jelaskan tadi, banyak yang merasa pengalaman kurang memuaskannya lebih mendominasi daripada yang memuaskan. Terutama saat mengetahui bunga real yang dikenakan terlampau besar dari yang tercantum di aplikasi, juga DC melakukan penagihan yang terkesan buruk. 

Legalitas Adakami

Sebelum membahas ke pengalaman pinjam uang di Adakami, Anda perlu tahu tentang kredibilitas Adakami. Sebagai salah satu aplikasi yang memberikan layanan pinjaman online, Adakami ini termasuk perusahaan yang kredibel, reputasinya bagus.

Dari segi legalitasnya, Adakami yang dioperasikan oleh PT Pembiayaan Digital Indonesia telah mengantongi izin resmi dari OJK dengan nomor surat KEP-128/D.05/2019 dan telah mendapat sertifikasi ISO 27001:2013 yang berarti pengolahan datanya sudah berstandar internasional. Adakami juga terdaftar sebagai anggota AFPI, yaitu sebuah asosiasi yang menjadi wadah dari P2P Lending di Indonesia.

Produk Pinjaman Adakami

Mengenai produk pinjaman, perusahaan dengan alamat kantor Adakami yang terletak di Jl. H. R. Rasuna Hasid Blok X-5 No.13, Kuningan Timur, Jakarta Selatan ini memiliki dua produk pinjaman. Pertama adalah pinjaman harian dan kedua adalah pinjaman cicilan. Berikut penjelasan lengkapnya!

Pinjaman Harian

Sesuai dengan namanya, produk ini menyediakan tenor pembayaran yang singkat, hanya hitungan hari. Mulai dari 14, 21, dan 28 hari. Sementara untuk tenornya sendiri mencapai nominal Rp 3.000.000. 

Para pengguna bisa dengan mudah mengajukan pinjaman harian ini karena Adakami menyediakannya tanpa agunan. Pun, saat pertama kali mendaftar di layanan Adakami, jenis pinjaman inilah yang banyak digunakan oleh pengguna untuk mengajukan pinjaman yang pertama dan mendapatkan kenaikan limit Adakami setelahnya. 

Baca juga:  Pengalaman Cara Menggemukan Badan Secara Drastis Hanya Dalam 3 Bulan!

Pinjaman Cicilan

Meskipun sama-sama tanpa agunan, tetapi pinjaman cicilan ini menawarkan metode pembayaran yang bisa dicicil per bulan hingga 3 kali (3 bulan). Produk pinjaman cicilan Adakami bisa dicicil dengan jangka waktu yang cukup lama. Mulai dari 2, 3, 6, dan 12 bulan. 

Sementara untuk limit pinjaman Adakami jenis pinjaman cicilan ini mencapai Rp 10.000.000. Lebih besar daripada limit pinjaman harian. Namun, untuk mendapatkan limit besar di produk pinjaman cicilan, Anda harus memiliki skor kredit yang bagus terlebih dahulu. 

Bunga Pinjaman di Adakami

Adakami menawarkan bunga pinjaman jangka pendek, artinya pinjaman yang jangka waktunya kurang dari 30 hari. Berdasarkan tabel pinjaman Adakami, bunga pinjaman produktifnya antara 12% – 24%. Besaran bunga ini merupakan kesepakatan dari Asosiasi Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Di aplikasi Adakami juga sudah memenuhi aturan OJK. Disana tertulis bahwa bunga yang dikenakan adalah <0,4% per hari. Namun bagaimana dengan riwayat aslinya?  Anda bisa mengetahui ulasan aslinya di paragraf selanjutnya mengenai pengalaman pinjam uang di Adakami. 

Pengalaman Pinjam Uang di Adakami

Pengalaman Pinjam Uang di Adakami

Setelah mengetahui dua jenis produk pinjaman di Adakami, tertarikkah Anda untuk mengajukan pinjaman? Saran kami, lebih baik jika Anda mengetahui pengalaman pinjam uang di Adakami terlebih dahulu. 

Disini ada beberapa pengalaman pinjam uang di Adakami dari beberapa nasabah dengan kondisi berbeda yang kami dapatkan dalam website diskusi. Berikut detailnya untuk Anda jadikan pertimbangan. 

Pelayanan Adakami Lumayan Baik dan Cepat

Seorang nasabah membagikan pengalaman saudaranya yang menggunakan aplikasi pinjaman online Adakami. Dia menyebutkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Adakami lumayan baik dan cukup memuaskan.

Menurutnya, proses pencairan uang dari Adakami tidak membutuhkan waktu yang lama. Yang biasanya untuk pencairan dana membutuhkan waktu 1×24 jam, ia bisa meminjam dana dan cair kurang dari 60 menit.

Dengan pelayanan seperti ini menjadikan Adakami sangat cocok digunakan bagi nasabah yang membutuhkan dana daurat dengan proses cepat. Bahkan jika proses pengajuan dilakukan pada kali kedua, ketiga, dan seterusnya, selama riwayat kredit baik, prosesnya bisa lebih cepat.

Namun, ada juga nasabah yang justru punya pengalaman sebaliknya. Mulus pada pinjaman pertama, tapi sulit cair pada pinjaman kedua, ketiga, dan seterusnya. Alasannya karena skor kredit buruk. Padahal, ia juga selalu membayar tagihan tepat waktu. Dari sini Anda bisa antisipasi untuk selalu cek dan ricek setiap proses pengajuan sampai acc.

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar EASY CASH 1 Bulan, DC Kerumah?

Baca juga: Trik Agar Pinjaman Online Di ACC

Tingkat Kepuasan Adakami

Mengenai tingkat kepuasan Adakami, aplikasi pinjaman online ini bisa tergolong memuaskan. Ini bisa dilihat dari rating aplikasi yang ada. Nasabah banyak mengunduh aplikasi Adakami dan ratingnya adalah bintang empat lebih.

Meski banyak berita tidak sedap, tapi dari beberapa nasabah mengenai pengalaman pinjam uang di Adakami tidak seburuk yang didengar. Aplikasi ini bahkan sangat ramah untuk pengguna baru yang belum pernah melakukan pinjaman online di aplikasi lain.

Ketika mereka mendaftar, bisa mendapat acc dengan mudah.Setelah mendapat notifkasi acc, tidak menunggu lama dana akan langsung ditransfer ke rekening peminjam. Meskipun limit saldonya masih minim untuk awal peminjaman. Pun ketika ada kesulitan atau pertanyaan, para adminnya dengan sigap untuk segera membantu.

Kenyamanan Adakami

Aplikasi ini memberikan kenyamanan kepada para penggunanya. Khususnya dari segi akses CAMILAN (Camera, Microphone, dan Location).

Yang orang lain sering bilang kalau Adakami ada DC yang menagih dengan kasar, justru pengalaman beberapa nasabah sama sekali tidak ditagih secara kasar. Iya memang ada penagihan melalui telpon sebanyak 2-3 kali dalam 1 periode pinjaman ketika telat membayar. Akan tetapi, DC Adakami menagih dengan cara yang sopan dan nyaman.

Balik lagi untuk yang penagihan secara kasar tadi, umumnya para nasabah memang mendapat teror dari para DC Adakami. Padahal hanya mengalami keterlambatan pembayaran selama dua hari, namun penagihan Adakami sudah sangat keterlaluan.

DC Adakami melakukan pengancaman, menulis di media sosial kampus (tempat bekerja), dan membagikan foto anaknya seolah-olah anaknya akan diculik, serta melakukan teror di tempat kerja. Menurutnya, proses penagihan yang dilakukan oleh DC Adakami tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh OJK. Namun, ketika komplain ke CS Adakami, itu bukanlah DC Adakami.

Maka, ketika Anda mengalami posisi ini, Anda bisa tanya terlebih dahulu itu DC darimana. Bisa jadi, mereka memang hanya menakut-nakuti agar Anda segera membayar. Tidak sepenuhnya kasar.

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar Gopaylater, DC Datang ke Rumah

Baca juga: Pengalaman Telat Bayar AdaKami 1 Bulan

Limit Sesuai, Tapi Beban Tidak

Umumnya, Adakami memberikan limit yang sesuai dengan yang Anda pinjam. Ini terbukti dari para nasabah yang mengajukan pinjaman di Adakmi sebesar Rp 400.000 dengan tenor 14 hari, ia betul mendapat limit tersebut.

Namun yang sangat disayangkan, bunga yang dikenakan tidak sesuai dengan aturan OJK yang tercantum di aplikasi Adakami. Bunga seharusnya tidak lebih dari 0,4%, tetapi nasabah tersebut justru mendapat bunga 0,79%. Yang berarti ia mengembalikan pembayaran sebesar Rp 444.689.

Belum tahu pasti apa yang menyebabkan riwayat asli bunga di Adakami tinggi. Tidak seperti Kredivo maupun Akulaku yang mengenakan bunga sesuai dengan aturan OJK. 

Namun, perkiraan yang ada karena Adakami tidak mengenakan agunan dan cek lapangan kepada peminjam. Sehingga, untuk meminimalisir risiko seperti gagal bayar, pihak Adakami mengenakan bunga yang tinggi kepada para peminjam. Juga, bisa jadi besaran bunga yang dikenakan sudah termasuk dengan biaya administrasi maupun biaya lainnya.

Tidak hanya itu, dari pengalaman pinjam uang di Adakami, nasabah mendapat denda setelah menggunakan paylater pulsa di DANA yang bekerjasama dengan Adakami. Nasabah diharuskan membayar denda 10% per hari. Menurutnya, denda tersebut sangatlah besar.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai pengalaman pinjam uang di Adakami, baik yang memuaskan maupun yang kurang memuaskan. Apakah pinjaman Adakami penipuan? Dari reputasinya, Adakami ini legal dan sudah membantu banyak nasabah. Namun memang diantaranya ada yang kurang beruntung.

Anda bisa menjadikan artikel pengalaman pinjam uang di Adakami ini sebagai acuan dan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman. Bisa jadi bagi sebagian orang Adakami adalah pilihan yang tepat, tapi bagi sebagiannya lagi tidak, termasuk Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar