Cara Penagihan Adakami 2024, Apakah DC Datang ke Rumah?

Apakah Anda memiliki pinjaman di Adakami dan telat membayar pinjaman? Seperti layanan pinjol lain, Adakami akan melakukan penagihan Adakami bagi para debitur yang telat dan tidak membayar angsuran. 

Jika Anda telat membayar angsuran Adakami, Anda akan mendapat serangkaian proses penagihan Adakami yang bisa disebut tidak selalu menyenangkan. Anda juga akan mendapat kerugian lain seperti denda dan bunga.

Sebelum Anda memutuskan untuk telat bayar angsuran, Anda perlu mengetahui apa saja kerugian yang bisa didapat dan bagaimana cara penagihan Adakami kepada debitur telat bayar. Informasi mengenai penagihan Adakami bisa Anda dapatkan di artikel ini. Selamat menyimak!

Kerugian Telat Adakami

Apa saja sanksi dan kerugian yang akan dialami jika telat bayar Adakami? Anda akan mendapat berbagai sanksi yang bisa sangat merugikan. Sanksi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mendapat Denda Keterlambatan

Jelas dan sudah pasti Anda akan mendapat denda keterlambatan. Denda Adakami untuk telat 1 hari sebesar 1,2% per hari dan tidak melebih 100% pokok pinjaman. Jika dibiarkan terlalu lama akan sangat membebani keuangan anda di kemudian hari.

2. Skor Kredit Menurun

Dalam dunia pinjaman, setiap debitur akan diberi skor kredit. Salah satu unsur yang menentukan skor kredit adalah pola pembayaran angsuran. Keterlambatan pembayaran angsuran akan menurunkan skor kredit Anda.

Karena Adakami termasuk pinjaman online yang legal dan telah diawasi oleh OJK, pola pembayaran angsuran Adakami akan terekam di SLIK OJK atau BI Checking. Rekaman ini bisa diakses atau dilihat oleh layanan pinjaman lain yang legal dan berizin OJK.

3. Sulit Melakukan Pinjaman Lagi

Skor kredit yang Anda miliki sangat penting untuk penentuan pinjaman berikutnya. Baik di layanan yang sama atau di layanan pinjaman lain.

Kok bisa? Seperti yang telah dijelaskan di atas, skor kredit Anda akan terekam di SLIK OJK atau BI Checking, yang mana bisa diakses oleh layanan legal lain.

Baca juga:  Perbandingan Bunga Indodana Vs Kredivo, Pilih yang Terbaik!

Layanan pinjaman biasanya akan mem blacklist debitur yang memiliki skor kredit buruk. Sehingga Anda akan mengalami kesulitan untuk mendapat persetujuan pada pengajuan selanjutnya.

4. Mengganggu Ketenangan

Kerugian terakhir yang akan Anda dapatkan saat telat bayar Adakami adalah mendapat gangguan ketenangan. Gangguan dari petugas yang melakukan proses penagihan Adakami dan bayang-bayang utang menumpuk dengan banyaknya bunga.

Secara umum, proses penagihan pinjol Adakami sama seperti penagihan pinjaman online yang lain dengan proses yang sangat mengganggu. Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca di bawah ini.

Cara Penagihan Adakami 2024

Cara Penagihan Adakami

Penagihan pinjol Adakami akan dilakukan dengan beberapa cara, baik secara online dan juga secara langsung. Berikut ini serangkaian cara penagihan Adakami pada debitur gagal bayar.

1. Pengingat Tanggal Jatuh Tempo

Sebelum mendapat penagihan Adakami, Anda akan diberi peringatan terlebih dahulu. Pengingat tersebut ada untuk memberitahu bahwa tanggal jatuh tempo sudah semakin dekat.

Anda akan dihimbau untuk segera melakukan pembayaran angsuran sebelum jatuh tempo. Pengingat ini akan dikirim ke SMS atau pesan WhatsApp nomor yang Anda daftarkan di akun.

Adakami juga akan memberi informasi mengenai cara membayar baik melalui ATM atau M-Banking dari bank yang bekerjasama dengan Adakami seperti BNI, BCA, Mandiri, BRI, BTN, Danamon, Maybank, Cimb, Panin, dan Permata. Informasi ini bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Adakami.

2. Penagihan Secara Online

Cara penagihan Adakami yang pertama Anda dapatkan adalah penagihan secara online. Tahap pertama penagihan Adakami yang dilakukan oleh Desk Collection adalah melalui SMS, pesan WhatsApp, email atau telepon.

Penagihan ini akan dilakukan secara terus menerus hingga bisa menyebabkan aktivitas harian terganggu. Desk Collection akan menghubungi Anda melalui beberapa nomor yang berbeda dengan jarak waktu yang berdekatan. Terlebih jika Anda mengabaikan penagihan tersebut.

Terkadang ada Desk Collection yang akan memberi ancaman kepada debitur. Ancaman yang diberikan juga bermacam-macam, seperti ancaman akan menyebarkan data pribadi debitur dan ancaman akan menagih langsung ke tempat tinggal debitur. 

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar AdaKami 1 Bulan, DC ke Rumah

3. Penagihan Melalui Kontak Darurat

Jika penagihan Adakami secara online dari Desk Collection tidak mendapat respon yang baik, Desk Collection akan melakukan penagihan lewat orang yang Anda daftarkan sebagai kontak darurat. Mereka akan meminta tolong pada orang tersebut untuk menyuruh Anda membayar angsuran.

Terkadang ada Desk Collection yang meminta orang di kontak darurat untuk membayarkan hutang tersebut. Tidak jarang juga ada Desk Collection yang menghubungi nomor kantor (tempat kerja) Anda untuk melakukan penagihan.

Hal ini jelas akan mengganggu dan bisa mencoreng nama baik Anda. Agar saudara, kerabat, atau teman Anda tidak terganggu oleh penagihan dari Desk Collection, usahakan Anda tidak menunggak angsuran Adakami.

4. Penagihan DC Adakami ke Rumah

Nah, cara penagihan Adakami yang terakhir adalah penagihan secara langsung dengan menurunkan Debt Collector atau DC Lapangan Adakami.

Dilansir dari beberapa sumber, saat ini kemungkinan besar ada DC Adakami yang keberadaannya di daerah Jabodetabek dan sebagaian kota besar di Jawa, Bali, dan Sumatera. Untuk daerah diluar jawa bali belum bisa dipastikan keberadaannya.

Jadi, untuk Anda yang tidak berada dalam daerah operasi DC lapangan Adakami mungkin tidak perlu terlalu khawatir DC akan ke rumah.

Umumnya, pinjaman online akan menurunkan DC saat debitur telah mengalami keterlambatan lebih dari 90 hari. Namun, semua itu kembali pada keputusan DC.

DC Adakami akan meminta peminjam agar segera melunasi tagihan dan menawarkan untuk memperpanjang pinjaman di Adakami.

Biasanya DC telah menetapkan kriteria debitur yang akan didatangi, seperti yang lokasinya dekat, tunggakan banyak dan telah telat dalam waktu yang lama, serta debitur dengan sisi kooperatif (kemungkinan bayar) lebih besar.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Adakami Dengan Cepat

Pengalaman Penagihan Telat Bayar Adakami

Setiap debitur memiliki pengalaman yang berbeda-beda saat proses penagihan Adakami. Tugas Desk Collection/Debt Collector adalah memastikan debitur membayar angsuran baik secara keseluruhan maupun setengah.

Baca juga:  7 Aplikasi Pinjol Syariah Terbaik 2024, Resmi & Tanpa Riba

Oleh karena itu, tidak semua petugas melakukan penagihan Adakami dengan cara yang baik dan sopan. Ada yang sampai mengeluarkan ancaman agar debitur segera membayar.

Berikut ini beberapa rangkuman mengenai pengalaman debitur telat atau gagal bayar saat proses penagihan Adakami.

Pengalaman ini dilansir dari beberapa sumber dan bisa Anda jadikan referensi untuk memutuskan apakah akan telat bayar atau mengusahakan agar selalu tepat waktu dalam membayar angsuran.

Pengalaman pertama dari debitur yang telat bayar 2 hari, namun penagihan Adakami sudah sangat menakutkan.

Debitur ini bercerita bahwa selama memiliki pinjaman di Adakami dia selalu lancar dan tepat waktu saat membayar angsuran. Namun, karena suatu hal yang mendesak, dia telat bayar selama dua hari.

Penagihan Adakami yang diterimanya sangat tidak menyenangkan. Selain menagih secara terus menerus, petugas juga menagih dengan menggunakan bahasa yang tidak sopan, mengancam akan menyebarkan foto anaknya serta menagih melalui kolom komentar di sosial media tempat debitur bekerja.

Pengalaman lain datang debitur yang menyebutkan bahwa dia sudah gagal bayar selama 4 bulan, namun petugas penagihan Adakami tidak lagi menerornya.

Ada juga debitur yang menceritakan bahwa setelah 5 bulan gagal bayar Adakami, teror penagihan sudah mulai mereda.

Debitur juga menceritakan bahwa dia telat bayar sebanyak 25 juta dengan durasi keterlambatan selama 4 bulan.

Dia menyebutkan bahwa tidak ada Debt Collector yang menagihnya secara langsung. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa DC Adakami tidak selalu ada di setiap daerah.

Nah, itulah beberapa cara penagihan Adakami yang akan diterapkan pada debitur yang telat bayar angsuran. Harap gunakan pinjaman online dengan bijak dan terukur. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar