Cara Merubah Jatuh Tempo Akulaku

Adakalanya Anda ingin mengubah jatuh tempo, bukan? Misalnya karena ada perubahan ketentuan pembayaran gaji oleh perusahaan. Jika Anda pengguna Akulaku, ada kabar baik bagi Anda. Semua pengguna Akulaku dapat melakukan perubahan jatuh tempo. Cara merubah jatuh tempo Akulaku pun memiliki beberapa pilihan.

Perubahan jatuh tempo ini tentunya tidak akan mempengaruhi jumlah cicilan Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda harus membayar tagihan dua kali dalam sebulan saat mengganti jatuh tempo. Lebih jelasnya lagi, Anda perlu menyimak pemaparan di bawah ini.

Sistem Jatuh Tempo Akulaku

cara merubah jatuh tempo akulaku

Akulaku memiliki sistem jatuh tempo Akulaku dengan 2 tanggal penting. Pertama tanggal untuk mencetak tagihan yang merupakan tanggal tutup laporan. Sementara yang kedua untuk tanggal pembayaran merupakan tanggal dimana pengguna harus membayar tagihan.

1. Tanggal cetak tagihan

Tanggal ini adalah batasan perhitungan transaksi selama 30 hari terakhir. Pada tanggal ini, Anda dapat mengetahui total jumlah tagihan yang harus dibayar. Total tagihan ini dapat diperiksa di aplikasi Akulaku, lalu klik tab Keuangan, kemudian klik menu Tagihanku.

2. Tanggal pembayaran

Inilah tanggal jatuh tempo, dimana pengguna harus membayar tagihan (pinjaman + bunga akulaku) yang selama 30 hari terakhir. Apabila Anda melakukan pembayaran lewat dari batas jatuh tempo, Anda akan dikenakan denda.

Terdapat dua pilihan tanggal pembayaran atau jatuh tempo ini. Pertama, jika Anda melakukan transaksi dari tanggal 1-10, maka pembayaran tagihan maksimal tanggal 25. Namun jika Anda melakukan transaksi dari tanggal 11-1, maka Anda dapat membayar tagihan mulai tanggal 26 – 10 di bulan berikutnya.

Baca juga:  Tabel Kredit Emas Pegadaian 2022: Simulasi, Syarat, & Keuntungan

Tempo antara tanggal transaksi dan pembayaran minimal adalah 14 hari dan maksimal 45 hari. Apabila Anda melakukan transaksi di tanggal 10 maret, maka tagihan akan terlihat di tanggal 11 Maret. Lalu tempo pembayaran adalah 14 hari.

Sedangkan jika Anda melakukan transaksi tanggal 11 Maret, maka tagihan baru terlihat tanggal 11 April sehingga tempo pembayarannya adalah 45 hari.

Dari uraian tersebut, Anda bisa mendapatkan tempo pembayaran maksimal jika bisa menghindari melakukan transaksi mendekati tanggal cetak tagihan.

Cara Memeriksa Jatuh Tempo Akulaku

Sebelum Anda mengetahui cara merubah jatuh tempo Akulaku, Anda perlu mengetahui cara memeriksa jatuh tempo terlebih dahulu. Di bawah ini akan diberikan pemaparan tentang cara memeriksa jatuh tempo Akulaku, yaitu :

1. Buka aplikasi Akulaku

cara merubah jatuh tempo akulaku

Buka aplikasi Akulaku, pastikan aplikasi Akulaku Anda sudah diupdate dalam versi terbaru. Lalu klik menu keuangan di bawah layar.

2. Klik Cek Tagihan

cara merubah jatuh tempo akulaku

Apabila Anda sudah berada di tampilan tab Tagihan. Kemudian klik Cek Tagihan yang berada di pojok kanan atas.

3. Total tagihan

cara merubah jatuh tempo akulaku

Selanjutnya Anda bisa melihat total tagihan di bawah tulisan Total belum dibayar. Pada tampilan ini, Anda bisa melihat jatuh tempo atau tanggal pembayaran di bagian bawah total tagihan.

Cara Merubah Jatuh Tempo Akulaku

Cara Merubah Jatuh Tempo Akulaku

Sebenarnya Akulaku tidak menyediakan pergantian jatuh tempo. Jatuh tempo Akulaku hanya bisa diatur sekali di awal pendaftaran akun. Jadi Anda perlu memikirkan matang-matang sebelum mengatur jatuh tempo.

Namun dalam situasi tertentu Anda masih bisa merubah jatuh tempo Akulaku. Ada cara merubah jatuh tempo Akulaku yang bisa Anda lakukan dengan efektif yaitu menghubungi Customer Service.

Anda dapat menghubungi customer service Akulaku di nomor 1500920. Untuk menghubungi nomor ini, Anda bisa menyediakan setidaknya pulsa Rp20.000 untuk melakukan panggilan ini. Cara merubah jatuh tempo Akulaku ini cukup efektif karena akan direspon lebih cepat.

Baca juga:  3 Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku Tanpa Ribet

Akan tetapi, jika Anda merasa keberatan dengan menyediakan pulsa Rp20.000 untuk melakukan panggilan ini. Anda bisa mengubungi customer service melalui email. Sampaikan keluhan, alasan, dan username Akulaku Anda di email resmi cs.id@akulaku.com.

Cara merubah jatuh tempo Akulaku ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena biasanya email yang diterima tidak hanya satu pengguna.

Denda Jatuh Tempo Akulaku

Anda harus memutuskan tanggal jatuh tempo dengan berbagai pertimbangan karena Akulaku menetapkan denda bagi pengguna yang membayar lewat dari jatuh tempo. Kira-kira bagaimana ketentuan denda jatuh tempo Akulaku?

Akulaku menerapkan kebijakan denda sebesar 2-10 % dari total angsuran yang harus dibayar. Tentunya denda ini akan terus bertambah apabila Anda tidak segera membayar angsuran.

Selain itu, apabila setelah beberapa peringatan melalui WhatsApp, pesan, dan telepon Anda belum melunasi angsuran. Maka Debt Collector (DC) bisa menagih angsuran langsung ke rumah Anda.

Tips Menetapkan Jatuh Tempo Akulaku

Meskipun terdapat cara merubah jatuh tempo Akulaku, cara yang lebih baik dari pada mengatasi adalah menghindari. Apabila Anda membuat akun Akulaku kembali atau orang di sekitar ingin membuatnya, Anda bisa melakukan beberapa tips menetapkan jatuh tempo.

Tetapkan waktu jatuh tempo saat Anda baru menerima gaji. Sebab lebih mudah memotong gaji di awal dari pada di belakang. Meskipun Anda sudah memiliki rencana pengeluaran, membayar di awal jauh lebih baik. Hal ini untuk mengurangi risiko adanya kejadian yang tidak terduga.

Jika penerapan penerimaan gaji belum pasti, Anda bisa mengambil jatuh tempo di awal bulan. Sebab banyak tempat kerja yang membayar gaji karyawannya di awal bulan.

Penutup

Setelah mengetahui cara merubah jatuh tempo Akulaku dari penjelasan di atas, Anda tidak perlu khawatir apabila tanggal penggajian tidak sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Sebab Anda bisa menyesuaikannya kapan saja.

Bagikan:

Tinggalkan komentar