Cara Gestun Kredivo Sendiri ke Rekening atau E-Wallet

Gestun menjadi pilihan yang saat ini marak dilakukan oleh orang-orang yang memiliki limit kredit atau paylater di suatu aplikasi tertentu seperti Shopee, Akulaku, dan Kredivo. Akan tetapi yang dibutuhkan adalah uang tunai bukan barang.

Metode gestun Kredivo banyak dicari oleh pengguna yang membutuhkan uang mendesak. Kredivo sebenarnya sudah menyediakan fitur pinjaman tunai namun dengan bunga yang cukup tinggi, oleh karen itu gestun digunakan untuk memperoleh pinjaman dengan bunga yang lebih rendah.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapat penjelasan mengenai cara gestun Kredivo di Tokopedia dengan pilihan pencairan uang tunainya ke saldo e-wallet. Silakan menyimak!

Biaya Gestun Kredivo

Dengan melakukan gestun Kredivo sendiri, Anda hanya akan dikenakan biaya admin 3% dari total dana yang akan Anda cairkan.

Begitupun dengan bunga yang diterapkan. Untuk tenor 1 dan 3 bulan tidak dikenakan bunga alias 0% dan bunga 2,6% untuk cicilan 6 – 12 bulan.

Selain biaya dan bunga diatas, terdapat biaya transaksi MDR sebesar 0,3% untuk metode gestun menggunakan QRIS. Sedangkan gestun Kredivo di Tokopedia tidak dikenakan biaya lain selain biaya admin dan bunga dari Kredivo itu sendiri.

Cara Gestun Limit Kredivo di Tokopedia

Kami akan membahas mengenai cara gestun limit Kredivo paylater ke DANA, OVO, dan Gopay. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki akun Tokopedia yang terverifikasi karena di sini akan membahas cara gestun kredivo di Tokopedia.

Dan pastikan Anda sudah memiliki limit Kredivo. Jika belum, daftar terlebih dahulu di Kredivo dan aktifkan limitnya.. Berikut cara gestun kredivo yang dapat Anda ikuti.

1. Cek Limit Kredivo

Pastikan limit Kredivo tersedia dan terdapat fitur “Belanja di Tokopedia”. Jika limit Kredivo kamu tidak bisa digunakan kemungkinan besar akun Kredivo terblokir sementara.

Pastikan kamu sudah memulihkannya terlebih dahulu sebelum melakukan gestun Kredivo.

Sedangkan jika limit Kredivo habis atau terlalu sedikit, kamu bisa mencoba untuk menaikkan limit Kredivo terlebih dahulu agar memperoleh nominal gestun yang lebih tinggi.

2. Buka aplikasi Tokopedia versi Terbaru

Lakukan top up saldo OVO melalui Tokopedia. Saat ini top up saldo menggunakan Kredivo di Tokopedia hanya tersedia untuk saldo OVO saja, Top up Gopay sudah tidak tidak dapat digunakan.

cara gestun kredivo

Pada halaman utama, pilih menu “Top-Up & Tagihan” > klik icon “Semua Kategori” > dan cari menu “Top up OVO”.

3. Masukan Nominal Limit Kredivo yang Ingin Dicairkan

Setelah masuk pada menu Topup OVO, pilih nominal top yang diinginkan dan klik Lanjut. Pada halaman checkout akan muncul detail transaksi topup, jika sudah sesuai lakukan konfirmasi dengan klik Pilih Pembayaran.

Baca juga:  8 Pinjaman Online Tenor Panjang dengan Bunga Rendah
top up ovo di Tokopedia

4. Pilih Metode Pembayaran BRIVA

Untuk membayar pesanan Tokopedia menggunakan limit cicilan Kredivo anda bisa memilih metode pembayaran BRIVA. BRIVA digunakan Kredivo untuk membayar transaksi khusus untuk marketplace Tokopedia.

BRIVA Tokopedia untuk Gestun Kredivo

Anda bisa menemukan metode pembayaran ini dengan cara klik tulisan “Lihat Semua” dan scroll ke menu transfer virtual account kemudian pilih BRIVA. Lanjutkan dengan mengklik “Bayar” dan akan muncul nomor virtual 80777 + nomor HP yang terdaftar di Tokopedia.

5. Bayar Menggunakan Kredivo

Salin nomor rekening virtual atau kode virtual yang tertera pada halaman checkout dan buka aplikasi Kredivo untuk menyelesaikan proses gestun.

gestun Kredivo di Tokopedia
  1. Pilih menu “Belanja di Shopee”
  2. Pilih “Mulai Transaksi” dan izinkan akses untuk menempelkan kode virtual
  3. Tempelkan kode virtual yang telah disalin sebelumnya pada aplikasi Kredivo
  4. Pilih kategori produk pulsa dan voucher dan total tagihan Tokopedia, lalu klik “Lanjutkan”.
  5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti pembayaran dalam 1, 3, 6, atau 12 bulan, dengan bunga 0% untuk 1 dan 3 bulan
  6. Gunakan voucher diskon yang tersedia.
  7. Setelah memilih metode pembayaran, masukkan 6 digit PIN Kredivo dan klik “Lanjut”.

Proses gestun Kredivo di Tokopedia telah berhasil. Biasanya, saldo OVO akan bertambah dalam hitungan detik.

Baca juga: Cara Gestun Shopee Paylater

Cara Gestun Kredivo Sendiri Menggunakan QRIS

Cara Gestun Kredivo Sendiri QRIS

Bagaimana caranya gestun Kredivo? Anda bisa melakukan gestun sendiri tanpa harus menggunakan jasa gestun melalui scan QRIS. Berikut ini cara gestun Kredivo menggunakan QRIS.

1. Siapkan Aplikasi Pembuat QRIS

Untuk mencairkan limit Kredivo ke rekening ataupun e-wallet, Anda membutuhkan aplikasi ke dua. Aplikasi kedua ini berguna untuk mendapatkan QRIS yang nantinya akan di scan di aplikasi Kredivo.

Aplikasi ke dua yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi Qiosku – Agen Pulsa Termurah. Ada beberapa aplikasi untuk membuat QRIS untuk usaha yang bisa Anda gunakan selain Qiosku adalah aplikasi SooltanPay, Nobu Bank, DANA Bisnis, dll.

2. Daftar Akun Qiosku

Jika Anda belum memiliki akun Qiosku, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran bisa Anda lakukan dengan cara mengklik “Buat Akun” yang ada di halaman awal ketika Anda membuka aplikasi Qiosku.

Setelah itu isi data yang diperlukan seperti nama toko atau outlet, nomor HP, kata sandi, dan kode referal jika ada.

Pastikan nomor HP yang Anda masukkan adalah nomor HP yang masih aktif. Lalu klik “Daftar Sekarang”. Tunggu beberapa saat sampai pendaftaran akun Anda diterima.

Untuk bisa membuat QRIS di aplikasi Qiosku, Anda tidak perlu akun premium. Jadi, meski akun Anda masih baru dan belum terupgrade, Anda bisa mendapatkan QRIS All Payment dari aplikasi ini.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Bank BNI 2024 : Griya, Fleksi, dan KUR

3. Log In ke Aplikasi Qiosku

Anda dapat log in ke aplikasi Qiosku menggunakan nomor HP akun yang telah Anda daftarkan dan memasukkan kata sandi yang sesuai.

Anda akan mendapatkan kode OTP yang akan dikirim ke nomor HP sebagai bentuk verifikasi jika itu memang benar Anda.

Penting: Akun Qiosku harus yang memiliki reputasi baik dan sudah sering digunakan untuk bertransaksi agar QRIS bisa digunakan untuk gestun Kredivo.

4. Buat QRIS untuk Usaha

Setelah Anda berhasil log in ke aplikasi Qiosku, Anda dapat memilih menu “Deposit” yang ada di sebelah kanan keterangan saldo. Kemudian masukkan nominal deposit.

Karena Anda akan melakukan deposit melalui Kredivo, maka nominal yang bisa Anda masukkan tidak boleh lebih dari 500 ribu per hari.

Jadi meski Anda memiliki limit Kredivo dengan nominal besar, Anda tidak bisa mencairkan limit tersebut secara sekaligus.

Karena Kredivo sudah menyediakan fitur pinjaman tunai yang berbeda dengan limit paylater, sehingga Kredivo tidak suka jika Anda mencairkan limit paylater Kredivo dengan nominal besar.

5. Pilih Metode Pembayaran

Setelah Anda memasukkan nominal deposit, pilih metode pembayaran e-money “QRIS + Biaya Admin 0,3%”.

Setelah Anda memilih metode tersebut, Anda akan mendapatkan QR code. Anda juga akan diberi informasi mengenai batas pembayaran dan nominal yang harus dibayarkan (sudah termasuk biaya admin) tanpa dibulatkan, ditambah atau dikurangi.

6. Scan QRIS di Kredivo

Setelah Anda memilih metode pembayaran dan mendapatkan QR code, screenshot tampilan QRIS jika Anda menggunakan 1 HP. Namun, tidak perlu screenshot jika Anda menggunakan HP yang berbeda.

Kemudian buka aplikasi Kredivo lagi. Lalu pilih menu “QRIS” yang ada di bagian awal. Buka galeri untuk memasukkan hasil screenshot QR code dari aplikasi Qiosku tadi.

Selanjutnya masukkan nominal pembayaran yang telah disediakan tanpa ditambah atau dikurangi. Anda akan diberi informasi mengenai program cicilan dan biaya admin. Lalu klik “Bayar Sekarang”.

7. Cairkan Saldo ke Rekening atau E-Wallet

Saldo Anda akan masuk ke akun Qiosku. Untuk mencairkannya, Anda bisa memilih fitur “Uang Digital”.

Lalu masukkan nominal top up dan nomor DANA atau e-wallet lain seperti Shopeepay, Gopay, OVO.

Jika Anda ingin mencairkan nya ke rekening bank, Anda bisa memilih menu “Kirim Uang”. Kemudian masukkan nomor rekening yang sesuai di No. Pengisian. Selanjutnya pilih nominal yang sesuai.

Itulah cara gestun Kredivo yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa jasa gestun melalui aplikasi Qiosku. Gestun Kredivo dengan QRIS ini tidak terbatas pada aplikasi Qiosku saja. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan.

Baca juga:  Perbandingan Bunga Indodana Vs Kredivo, Pilih yang Terbaik!

Baca juga: Cara Gestun Akulaku

Risiko Gestun Kredivo

Rendahnya prosentase biaya Kredivo di atas lah yang menjadi godaan terbesar bagi para pemilik kartu kredit untuk melakukan gesek tunai Kredivo.

Padahal, pada dasarnya transaksi gestun adalah tindakan ilegal yang dilarang oleh pihak bank, karena bisa merugikan kedua belah pihak, yaitu bank dan Anda sendiri.

Berikut beberapa risiko yang bisa Anda hadapi jika melakukan gestun Kredivo:

  1. Memunculkan kebiasaan baru adanya ketagihan tanpa kontrol untuk melakukan gesek tunai.
  2. Jika tidak mampu melakukan pembayaran tagihan setiap bulan, Anda bisa gali lubang tutup lubang.
  3. Beban yang harus ditutup akan semakin besar, membengkak, hingga bisa mengakibatkan gagal bayar.
  4. Riwayat kredit Anda bisa masuk daftar hitam regulator SLIK OJK, sehingga Anda akan sulit mendapatkan pinjaman kedepannya.
  5. Bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk praktik pencucian uang. Anda bisa dirugikan jika terjerat di dalamnya.  

Baca juga: Cara Gestun Traveloka PayLater

Apakah Menggunakan Jasa Gestun Kredivo Aman?

Meskipun Kredivo sendiri aman dan legal, lalu apakah gestun Kredivo aman juga? Gestun termasuk kegiatan yang ilegal.

Jadi, jika Anda ingin melakukan hal ini, Anda harus bersiap untuk mendapatkan risikonya. Salah satu risiko yang sering terjadi adalah akun Kredivo akan terblokir.

Pihak Kredivo bisa mendeteksi transaksi fiktif yang Anda lakukan untuk gestun. Terlebih jika Anda menggunakan jasa gestun Kredivo yang telah sering melakukan gestun.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati terhadap penipuan gestun Kredivo. Jika terpaksa, pilihlah jasa gesek tunai Kredivo terdekat yang memang sudah terpercaya atau jasa gestun online yang terpercaya juga.

Perlu diingat jangan memberikan segala macam bentuk informasi pribadi akun Anda seperti password, kode OTP dan lain sebagainya kepada orang lain.

Penipuan kredivo lewat Whatsapp biasanya menawarkan pinjaman dana langsung dengan jumlah besar dan tawaran menaikkan limit Kredivo. Jadi, harap selalu berhati-hati ya!

Penutup

Sebagai penutup, ada cara alternatif lain untuk mencairkan limit Kredivo yaitu dengan bertransaksi pada barang fisik seperti emas atau perhiasan dan menjualnya secara manual di toko emas.

Namun, jangan lupa bahwa ini bukan uang gratis dan Anda harus membayar kembali pinjaman tersebut.

Pertimbangkan opsi lain jika memungkinkan, seperti meminjam dari teman atau kerabat, karena perusahaan seperti Kredivo hanya mencari keuntungan dan tidak memperhatikan kondisi keuangan Anda. Yang terpenting, pastikan Anda selalu membayar pinjaman tepat waktu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar