2 Cara Kredit HP di Kredivo Tanpa DP dan Bunga Rendah

Kredit di Kredivo jadi salah satu opsi membeli gawai seperti smartphone. Dengan syarat yang tidak memberatkan, cara kredit HP di Kredivo pun terhitung mudah. Sebab, bisa diakses melalui berbagai platform jual beli, baik offline maupun online.

Pembelian barang menggunakan Kredivo pun sering kali mendapatkan opsi diskon tambahan. Cicilan yang ditawarkan beragam dengan tenor yang cukup panjang. Beberapa testimoni pengalaman pinjam uang Di Kredivo pun mengungkapkan review positif terkait pengalaman kredit HP di Kredivo.

Apa itu Kredivo?

cara kredit HP di kredivo

Kredivo merupakan layanan pemberi pinjaman dana baik untuk paylater maupun cicilan. Sistem bayar nanti dari Kredivo memungkinkan pengguna membayar tagihan dalam 30 hari. Adapun untuk cicilan, tersedia jangka waktu 3 bulan dengan bunga 0 persen, atau cicilan 6 bulan dan 12 bulan dengan bunga 2.6 persen per bulan.

Meski menyediakan layanan pinjaman dana, Kredivo tidak mengharuskan penggunanya memiliki kartu kredit. Cukup dengan memenuhi syarat yang ada, pengguna bisa mengajukan pinjaman tunai hingga Rp15 juta.

Pinjaman online ini merupakan produk dari PT FinAccel Finance Indonesia yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Selain diawasi oleh lembaga pemerintah, Kredivo juga mudah diakses dari berbagai macam platform kerja sama. Sebut saja berbagai marketplace hingga toko elektronik fisik.

Syarat kredit HP melalui Kredivo

Jangan bayangkan banyak hal rumit sebagai syarat menggunakan kredit di Kredivo. Pasalnya, lembaga ini menyediakan dana cepat termasuk layanan kredit HP tanpa persyaratan rumit. Sebelum mendaftarkan akun Kredivo, Anda hanya perlu memenuhi syarat:

  • Warga Negara Indonesia berusia 18-60 tahun
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto diri dengan KTP
  • Berpenghasilan minimal Rp3 juta per bulan
  • Bukti penghasilan (NPWP) atas nama diri sendiri sesuai KTP
Baca juga:  Syarat Pinjam Uang di Bank BRI

Selanjutnya, untuk mempermudah transaksi, Anda tinggal mengunduh aplikasi Kredivo melalui toko aplikasi. Perangkat lunak ini tersedia untuk Android maupun iOS. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menaikkan limit Kredivo untuk digunakan sebagai pembayaran pembelian HP di berbagai merchant kerja sama.

Cara kredit HP di Kredivo melalui aplikasi

cara kredit HP di kredivo
Cara kredit hp di kredivo

Opsi pertama mengajukan kredit sebagai pembayaran pembelian HP yakni langsung melalui aplikasi. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, aplikasi bisa diakses baik menggunakan ponsel Android maupun iOS.

Sebelum melakukan langkah-langkah cara kredit HP di Kredivo melalui aplikasi, Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Lewati tahapan ini apabila Anda sudah menjadi pengguna dan memiliki akun di aplikasi Kredivo.

  1. Unduh dan pasang aplikasi Kredivo, pastikan pemasangan sudah selesai sebelum dibuka
  2. Masukkan syarat menjadi pengguna Kredivo. Meliputi pengisian identitas diri, foto KTP, domisili, foto diri bersama KTP, juga beberapa syarat dokumen lainnya
  3. Buat akun Kredivo dengan klik tombol ‘Daftar’ > masukkan nomor ponsel aktif dan password baru. Keduanya diperlukan untuk login sebelum menggunakan kredit untuk transaksi

Begitu Anda menerima kode OTP melalui SMS dan memasukkannya ke aplikasi Kredivo, berarti Anda sudah terdaftar sebagai pengguna. Selanjutnya, Anda bisa mulai mengajukan kredit HP. Adapun tahapannya, yakni:

  1. Buka dan login ke aplikasi Kredivo menggunakan akun yang sudah Anda buat
  2. Temukan ponsel idaman yang hendak dibeli
  3. Pada halaman ponsel tersebut, klik ‘Beli’ di bagian kanan bawah
  4. Anda akan diarahkan menuju halaman pembayaran
  5. Pilih opsi cicilan, bisa 3, 6, 9, atau 12 bulan sesuai kebutuhan
  6. Jika sudah, klik tombol ‘Beli’ untuk memulai transaksi
  7. Masukkan alamat lengkap, merchant pembelian, juga nomor ponsel aktif yang bisa dihubungi
  8. Proses pengajuan pendanaan untuk kredit ponsel pun selesai.
Baca juga:  Tabel Angsuran BFI Finance 2023 : Syarat, Bunga & Tenor

Baca juga: Pengalaman Telat Bayar Kredivo

Cara kredit HP di Kredivo melalui Marketplace

Merasa kurang nyaman berbelanja melalui aplikasi langsung? Tenang, Kredivo telah bekerja sama dengan banyak merchant e-commerce untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi. Untuk barang elektronik, kredit tersedia melalui Lazada, Bukalapak, Blibli, JD.id, dan lainnya.

Tahapannya cukup sederhana. Anda hanya perlu berbelanja seperti biasa, lalu menggunakan kredit Kredivo saat tahap pembayaran. Sebagai contoh, berikut cara kredit HP di Kredivo melalui toko elektronik Tokopedia.

  1. Buka aplikasi Tokopedia, atau bisa e-commerce lain yang Anda gunakan dan telah bekerja sama dengan Kredivo
  2. Temukan toko dan HP yang Anda kehendaki. Pastikan toko adalah penjual yang terverifikasi. Sebaiknya membeli melalui toko atau distributor resmi dari brand ponsel yang Anda kehendaki
  3. Masukkan produk ke keranjang atau klik ‘Beli Sekarang’ untuk memulai transaksi
  4. Pastikan alamat pengiriman sudah benar dan lengkap
  5. Tambahkan asuransi jika perlu
  6. Pada metode pembayaran, pilih cicilan dengan Kredivo. Anda akan diminta menghubungkan Tokopedia dengan akun Kredivo milik Anda. Cukup login menggunakan password dan kata sandi yang sudah Anda buat sebelumnya
  7. Pilih opsi cicilan yang tersedia
  8. Anda akan diminta melakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel terdaftar
  9. Masukkan kode OTP tersebut pada aplikasi dan tunggu proses verifikasi
  10. Konfirmasi transaksi.

Jika limit Kredivo masih ada, maka pengajuan cara kredit HP di Kredivo Anda akan segera disetujui. Status pembayaran pembelian HP pun berubah menjadi lunas. Selanjutnya, tinggal menunggu barang pilhan Anda sampai di rumah.

Opsi di atas merupakan cara kredit HP di Kredivo tanpa DP. Anda tidak akan diminta melakukan pembayaran apapun sampai jatuh masa bayar satu bulan setelah transaksi. Selanjutnya, pastikan memenuhi tanggung jawab cicilan sesuai waktunya.

Baca juga:  6 Rekomendasi Pinjaman Online Langsung Cair KTP 24 Jam

Baca juga: Cara Gestun Kredivo

Simulasi kredit HP di Kredivo

cara kredit HP di kredivo
Cicilan di Kredivo

Menerapkan simulasi sebelum menerapkan cara kredit HP di Kredivo membantu Anda memperkirakan besaran pembayaran. Tentu saja nominalnya akan berbeda tergantung harga ponsel yang Anda beli, juga tenor pembayaran yang Anda pilih.

Jika Anda mengambil opsi Beli Sekarang Bayar Nanti alias paylater dengan jangka waktu 30 hari pembayaran cash, maka tidak akan dikenakan bunga tambahan. Anda hanya perlu membayarkan total harga HP beserta biaya admin jika ada.

Aturan tersebut juga berlaku jika pembayaran dilakukan secara cicilan 3 bulan dengan tambahan biaya layanan sebesar 3 persen. Selebihnya, Anda akan dibebankan biaya bunga tambahan sebesar 2,6 persen untuk cicilan 6 dan 12 bulan tanpa biaya layanan lainnya.

Agar lebih mudah memahaminya, berikut simulasi cara kredit HP di Kredivo:

Misalnya, Anda membeli HP dengan harga Rp5 juta dan cicilan 6 bulan. Maka hitungannya yakni:

Biaya bunga :

  • 2,6% x harga barang x tenor
  • 2,6% x Rp5 juta x 6 bulan
  • Rp130 ribu x 6 bulan
  • Rp780 ribu

Total pembayaran :

  • Rp5 juta + Rp780 ribu
  • Rp5.780.000

Besaran cicilan per bulan :

  • Rp5.780.000 : 6 bulan
  • Rp963.333 atau dibulatkan menjadi Rp963 ribu

Maka, biaya kredit yang harus Anda bayarkan setiap bulan sekitar Rp963 ribu selama 6 bulan. Besaran tersebut akan berbeda jika Anda mengambil tenor lebih lama atau lebih singkat, ya.

Jika Anda menerapkan cara kredit HP di Kredivo dan terlambat melakukan pembayaran cicilan, maka akan dikenai bunga keterlambatan sebesar 4 persen. Besaran tersebut flat setiap bulan dan berlaku kelipatan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar