Cara Membuat QRIS untuk Usaha 2024, Mudah & Cepat Aktif

Di masa sekarang, jika Anda memiliki usaha baik online maupun offline, ada baiknya Anda harus memiliki QRIS untuk metode pembayaran. Karena dengan QRIS proses pembayaran secara digital dapat berjalan lebih mudah.

Lalu, bagaimana cara bikin barcode QRIS? Anda bisa mengetahui cara membuat QRIS untuk usaha melalui artikel ini. Silahkan menyimak!

Apa itu QRIS?

QRIS adalah

Quick Response Code Indonesian Standar atau QRIS (dibaca KRIS) adalah standar kode QR Nasional untuk proses pembayaran dengan sistem kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Dengan menggunakan QRIS proses transaksi akan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

QRIS dapat di gunakan di seluruh aplikasi pembayaran baik bank maupun no bank, di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meski penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Jenis-jenis Pembayaran yang Menggunakan QRIS

Ada tiga jenis pembayaran yang menggunakan QRIS, antara lain yaitu:

Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Jenis pembayaran menggunakan QRIS yang pertama ini adalah paling mudah dan sering ditemui. Toko atau merchant hanya perlu memajang (bisa berupa stiker atau print out) QRIS yang nantinya akan di scan oleh pelanggan.

Ketika proses pembayaran, pelanggan hanya perlu melakukan scan QRIS, memasukkan nominal, dan memasukkan PIN.

Merchant akan menerima notifikasi pembayaran berhasil setelah pelanggan melakukan proses pembayaran menggunakan QRIS. Jenis yang satu ini cocok digunakan oleh usaha kecil dan menengah.

Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

Hampir sama dengan MPM Statis, QRIS pada jenis ini juga disediakan oleh pihak merchant, biasanya berasal dari mesin EDC atau smartphone.

Namun, perbedaannya terletak pada QR Code yang dinamis atau tidak tetap dan pelanggan tidak perlu memasukkan nominal pembayaran.

Jadi, setiap pelanggan akan mendapatkan QR Code yang berbeda tergantung dengan pembeliannya. Cara pembayaran menggunakan QRIS MPM Dinamis adalah sebagai berikut.

  1. Pelanggan melakukan pembelian di merchant QRIS
  2. Kemudian pihak merchant akan menentukan nominal pembayaran dan membuat QR Code yang sesuai dengan nominal transaksi
  3. QR Code diberikan pada pelanggan
  4. Pelanggan melakukan scan QRIS
  5. Pembayaran berhasil.
Baca juga:  Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA, Belanja Jadi Makin Mudah! 

Jenis QRIS ini biasanya cocok untuk usaha menengan dan besar dengan volume pembayaran yang tinggi.

Customer Presented Mode (CPM)

Berbeda dengan jenis MPM, jenis ini pelangganlah yang menampilkan QRIS dari aplikasi pembayaran yang nantinya akan discan oleh merchant.

Merchant yang menggunakan jenis QRIS ini biasanya ditujukan untuk transaksi dengan kecepatan tinggi. Merchant yang menggunakan jenis QRIS ini seperti penyedia transportasi, parkir, dan ritel modern.

Cara Membuat QRIS untuk Usaha Lewat QRIS.ONLINE

Apakah bisa membuat QRIS sendiri? Jawabannya, bisa. Ada banyak cara membuat QRIS untuk usaha melalui beragam aplikasi, seperti aplikasi DANA, Gopay, Mitra Shopee, Neo Commerce, Nobu, BCA, BRI, dan bank lainnya.

Berikut ini beberapa cara membuat QRIS all payment atau semua pembayaran melalui qris.online.

1. Masuk ke Website QRIS.ONLINE

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke website resmi QRIS Indonesia. Anda dapat masuk melalui laman pendaftaran QRIS.

Setelah masuk di halaman QRIS, silakan klik menu “Daftar QRIS” yang ada di bagian atas untuk melanjutkan ke proses pendaftaran.

2. Isi Form Pendaftaran

Form Pendaftaran QRIS

Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke form pendaftaran. Tampilan awal adalah informasi mengenai skema pencairan dana dan biaya.

Anda bias terus menggulir ke bawah untuk mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan larangan ketika pendaftaran, seperti harus memfoto semua dokumen yang asli dan dapat dibaca serta larangan mencantumkan Kartu Tanda Anak dan lain sebagainya.

Lalu Anda bisa mengisi form pendaftaran. Data yang harus diisi adalah :

  • Jenis usaha yang didaftarkan
  • Nama pemilik usaha sesuai KTP
  • Jabatan nama yang didaftarkan (pemilik/direktur/staff yang dipercaya untuk mendaftar QRIS)
  • Nomor HP pemilik usaha yang valid dan terhubung ke Whatsapp
  • Email aktif pemilik usaha, nama usaha (brand/toko)
  • Terakhir, kode referal (opsional).

Perhatikan tanda “*” berwarna merah di samping kolom yang menandakan kolom tersebut harus diisi. Setelah semua terisi, klik “Lanjut”.

3. Membayar Biaya Pendaftaran

Anda diharuskan membayar biaya pendaftaran QRIS. Ada beberapa pilihan metode pembayaran yaitu QRIS (tanpa biaya tambahan), e-wallet dan mobile banking (ada biaya tambahan).

Anda bisa memilih metode pembayaran QRIS agar tidak dikenai biaya tambahan. Lalu klik “Verifikasi Pembayaran”.

Selanjutnya, Anda akan diberi barcode pembayaran yang nantinya bisa discan melalui aplikasi pembayaran yang Anda gunakan, seperti DANA.

Baca juga:  OVO Paylater Dibekukan? ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Lakukan step by step pembayaran menggunakan scan barcode DANA seperti pada umumnya. Setelah pembayaran berhasil, silakan kembali ke website qris.online.

4. Log In ke akun QRIS

login qris

Setelah proses pembayaran biaya pendaftar berhasil, Anda akan mendapatkan username dan password yang dikirimkan melalui email. Gunakan username dan password tersebut untuk log in ke dashboard QRIS.

5. Lengkapi Data

Jika Anda telah berhasil log in ke dashboard QRIS, silakan melengkapi data lanjutan untuk mendapatkan QRIS usaha Anda.

Data yang harus Anda unggah dan lengkapi antara lain adalah foto KTP yang sesuai dengan nama pemilik, detail informasi bisnis, informasi akun bank, dan file produk usaha sesuai Nama Badan Usaha.

Setelah semua proses terlalui, Anda telah terdaftar sebagai merchant QRIS akan mendapatkan QRIS untuk usaha Anda. QRIS tersebut bisa Anda unduh dalam format PDF & ukuran A5.

Anda bisa mencetaknya untuk dipasang di toko atau usaha Anda sebagai salah satu metode pembayaran.

Daftar Penyedia QRIS untuk Usaha

Selain cara membuat QRIS untuk usaha melalui qris.online, Anda juga bisa membuat QRIS untuk usaha melalui aplikasi lain, seperti aplikasi Bank dan E-Wallet Bisnis.

DANA Bisnis

Jika melalui DANA, pastikan akun Anda telah terupgrade agar bisa mendaftarkan bisnis Anda terlebih dahulu. Proses pendaftaran bisnis di DANA membutuhkan waktu selama 2 hari.

Setelah bisnis Anda terdaftar di DANA, Anda pelu menunggu selama 7 hari lagi untuk mendapatkan QRIS usaha Anda.

QRIS usaha bisa Anda lihat dan unduh melalui menu “Bisnis” lalu klik “QRIS BISNIS”. Nah, setelah muncul, bisa langsung Anda unduh dan cetak untuk diletakkan di toko offline Anda.

Algo Store (QRIS Tanpa KTP)

Jika melalui aplikasi Algo Store, pastikan Anda memiliki akun terlebih dahulu. Anda dapat membuat QRIS tanpa KTP dengan nominal tertentu melalui menu “Buat QRIS”.

Ikuti langkah yang diperintahkan dan pilih nominal. Kemudian klik “Topup Saldo” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Setelah semua proses dilalui, silakan klik “Bayar Sekarang” untuk menampilkan QRIS.

Bank Penyedia QRIS

Berikut daftar bank yang memiliki layanan pembuatan QRIS untuk bisnis atau usaha dengan MDR 0,3%.

  • Nobu ePay (PT Bank Nationalnobu, Tbk)
  • BRI (PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk)
  • Bank Neo Commerce
  • QRIS BNI (PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk)
  • Livin’ by Mandiri (PT Bank Mandiri (Persero) Tbk)
  • QRIS BNI (PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk)
  • BSI (PT Bank Syariah Indonesia)
  • Bank BCA.
Baca juga:  Cara Mencairkan Shopee Paylater Tanpa 2 Akun

Penyedia QRIS Non-Bank

Beberapa aplikasi E-wallet juga menyediakan layanan pembuatan QRIS untuk anda yang ingin menerima pembayaran di bisnis anda.

  • Mitra Shopee Pay
  • Paydia
  • Merchant Gopay (GoBiz)
  • Doku
  • OVO
  • Mitra Bukalapak.

Anda dapat mengunduh dan mencetaknya. Saldo dari proses pembayaran menggunakan QRIS ini akan masuk ke saldo Algo Store. Anda dapat menariknya ke e-wallet seperti DANA, Shopee, OVO, Gopat, dan LinkAja.

Keuntungan Menggunakan QRIS

Dengan adanya standarisasi proses pembayaran dari BI ini memberikan banyak manfaat, baik untuk pengguna aplikasi pembayaran ataupun untuk merchant. Berikut ini beberapa manfaat penggunaan QRIS.

Bagi Pengguna

  • Modern dan cepat
  • Aman dan bisa digunakan hampir di semua merchant offline dan online
  • Tidak repot membawa uang tunai
  • Tidak perlu pusing memikirkan QR siapa yang terpasang
  • Terlindungi karena semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) QRIS sudah memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Bagi Merchant

  • Dengan menerima pembayaran menggunakan QR apapun bisa meningkatkan potensi penjualan
  • Meningkatkan branding
  • Kekinian
  • Dengan menggunakan satu QRIS, proses pembayaran jadi lebih praktis
  • Mengurangi biaya pengelolaan kas
  • Terhindar dari uang palsu
  • Tidak perlu menyediakan uang kembalian
  • Transaksi akan tercatat secara otomatis dan dapat dilihat setiap saat
  • Bisa memisahkan mana uang untuk usaha dan mana yang personal
  • Memudahkan rekonsiliasi dan berpotensi mencegah terjadinya kecurangan dari pembukuan transaksi tunai
  • Membangun informasi kredit profil yang bisa memudahkan memperoleh kredit kedepan.

Itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan QRIS. Jadi, apakah Anda tertarik menggunakan QRIS untuk proses transaksi di usaha Anda? Berikut ini cara membuat QRIS untuk usaha.

Itulah beberapa informasi mengenai QRIS dan cara membuat QRIS untuk usaha. Hal ini bisa Anda terapkan untuk menunjang kemajuan usaha Anda mengingat di zaman saat ini proses pembayaran virtual sudah banyak dilakukan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar