Tips dan Contoh Kalimat Promosi Diri Lamaran Kerja Berbagai Jabatan

Ketika ingin melamar sebuah pekerjaan, terlebih secara online baik itu via aplikasi, email, whatsaap maupun platform pencari kerja anda diharuskan untuk membuat kalimat promosi diri. Contoh kalimat promosi diri lamaran kerja ini berisi tentang kemampuan diri yang dicantumkan sebagai bahan pertimbangan para recruiter agar lamaran anda diterima.

Dalam membuat kalimat promosi diri, anda harus menulisnya dengan kata-kata yang tepat, mengapa? Sebab trik ini akan membuat recruter merasa tertarik dengan tawaran promosi diri yang anda cantumkan. Menulis contoh kalimat promosi diri lamaran kerja memang gampang-gampang susah, namun karena harus ditulis menggunakan bahasa yang singkat padat dan jelas. Maka anda harus benar-benar memaksimalkan isi dari kalimat promosi tersebut. Berikut bebera tips yang harus anda perhatikan ketika menulis kalimat promosi diri.

Tips Menulis Kalimat Promosi Diri yang Efektif

  1. Tidak perlu perkenalan

Dalam kalimat promosi diri, anda tidak perlu memperkenalkan diri lagi karena tim recruterakan membacanya secara langsung. Jika kalimat promosi yang anda cantumkan dirasa menarik, maka kemungkinan saja anda langsung diterima. Oleh karena itu hindari menulis perkenalan nama ataupun informasi data diri lainnya, baik jurusan ataupun tahun kelulusan karena hal tersebut sudah tercantum dalam CV (curriculum vitae).

  1. Ketahui skill yang anda miliki

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika akan membuat kalimat promosi pada surat lamaran kerja adalah menentuka skill. Cobalah untuk merangkum apa saja keahlian yang anda miliki. Seperti kemampuan public speaking, desain grafis, programming, ms office, administrasi dan lainnya. Rangkuman singkat ini akan sangat berguna untuk mempromosikan keahlian anda kepada perusahaan yang dituju.

  1. Gunakan pengalaman kerja

Jika anda sudah pernah memiliki pengalaman kerja, maka tentu akan lebih mudah lagi untuk menulis contoh kalimat promosi diri lamaran kerja baru yang anda masukkan. Cantumkan setiap pengalaman kerja beserta waktu atau lamanya anda bekerja pada perusahaan sebelumnya. Dengan begitu anda akan terlihat memiliki pengalaman kerja yang cukup banyak.

  1. Sesuaikan skill dengan lamaran yang dituju

Saat anda menuliskan kemampuan skill yang dimikili, Ada baiknya jika anda kemampuan skill yang anda cantumkan tersebut sesuai dengan kualifika pekerjaan yang dilamar. Sehingga antaran skill dan lamaran kerja menjadi seimbang dan saling mendukung. Misalnya saja anda melamar untuk posisi Content Creator, maka anda bisa menunjukkan beberapa skill yang berkaitan dengan hal tersebut. Misalnya kemampuan mengoperasikan aplikasi grafis, kemampuan menulis serta membuat konten yang menarik dan masih banyak lagi.

  1. Hindari menggunakan kalimat generic

Sebaiknya anda tidak menggunakan kalimat yang bersifat umum digunakan oleh banyak orang. Contohnya seperti saya akan bekerja dengan keras, saya akan selalu tekun dalam bekerja dan lainnya. Penilaian utama dari kalimat promosi yang anda cantumkan terletak pada kemampuan skill dan pengalaman yang dimiliki. Sedangkan apakah nanti anda dapat bekerja dengan keras dan tekun dapat dibuktikan ketika sudah diterima.

contoh Kalimat Promosi Diri Lamaran Kerja

Contoh Kalimat Promosi Diri Lamaran Kerja

Selain membuat CV yang menarik, salah salah satu trik yang sering digunakan agar lamar kerja dapat dilirik oleh rekruter adalah dengan membuat kalimat promosi diri. Meskipun terlihat mudah, namun tidak semua orang dapat membuat contoh kalimat promosi diri lamaran kerja yang baik dan benar lho. Padahal dengan mencantumkan kalimat promosi yang benar, maka akan menambah nilai jual CV (curriculum vitae) dan menaikkan image branding anda.

Mengingat bahwa untuk membuat kalimat promosi diri untuk melamar kerja menggunakan kata-kata yang sopan bukanlah hal yang mudah. Maka berikut beberapa contoh kalimat promosi diri lamaran kerja yang bisa anda gunakan. Terlebih lagi jika anda masih fresh graduated dan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Maka mengunakan kata-kata promosi di bawah ini akan sangat bermanfaat

  1. Posisi Desain Grafis

“Saya mahir menggunakan berbagai aplikasi design grafis, seperti corel draw, photoshop, hingga adobe illustrator. Punya pengalaman sebagai pekerja Freelance desain grafis. Memiliki banyak inspirasi ide-ide kreatif serta bisa menunangkannya kedalam bentuk desain sesuai kebutuhan.”

  1. Posisi marketing

“Kemampuan public speaking yang  aktif membuat saya dapat memasarkan berbagai produk baik barang maupun jasa dari perusahaan. Memiliki kemampuan kerja  yang baik serta dapat bekerja secara individu maupun dengan tim. Serta memiliki pengalaman kerja di bidang marketing selama 2 tahun pada perusahaan PT X.

  1. Posisi content writer

“Lulusan S1 Sastra Indonesia. Memiliki kemamouan menulis artikel dalam segala bentuk baik soft maupun hard selling. Mampu menerjemahkan artikel dari bahasa inggri ke bahasa indonesida dan memiliki pemahaman tentang SEO. Memiliki pengalaman magang di media berita Detik News.”

  1. Posisi finance

“Lulusan D3 akutansi, pernah bekerja menempati posisi  finance di PT X. Skill administrasi yang akurat dan detail serta mahir menggunakan  MS Excell terutama pada formula-formulanya. Saya juga terbiasa denngan beberapa aplikasi lain yang mendukung kebtuhan pekerjaan sehari-hari. Saya yakin dapat beradaptasi dengan cepat sehingga mampu membantu membantu perusahaan agar lebih baik lagi.”

  1. Posisi IT

“Memiliki kemampuan dalam programming javascript dan PHP. Kelebihan saya memuliki pengalam kerja pada bidang IT 2 tahun di PT X. Saya juga terbiasa melakukan beberapa skill lainnya seperti mengoperasikan jaringan IT dan OS Linux.”

  1. Posisi translater

Saya lulusan S1 bahasa inggri. Mempunyai kemampuan berbahasa dan menerjemahkan bahasa inggris secara aktif. Memiliki sertifikat TOEFl terbaru. Punya pengalam kerja sebagai tour guide selama 1 tahun.

Tinggalkan komentar