3 Cara Menonaktifkan Shopee Paylater di Shopee

Tidak lagi ingin menggunakan Shopee paylater? Tenang, Anda bisa mengajukan diri untuk berhenti dari layanan paylater yang disediakan oleh marketplace berlogo oren ini.

Terdapat tiga cara menonaktifkan Shopee paylater, Anda bisa memilih salah satunya sesuai kebutuhan. 

Bagi sebagian orang, Shopee Paylater bisa sangat menguntungkan. Namun, tidak sedikit pula yang justru merasa merugi akibat sistem ‘beli sekarang, bayar nanti’ ini.

Cara menonaktifkan Spaylater dan Spinjam jadi pilihan tepat jika Anda sedang ingin mengurangi gaya hidup konsumtif. Atau, jika ingin terbebas dari beban cicilan yang juga bertambah bunga, bahkan denda setiap bulannya.

Kenapa Perlu Menonaktifkan Shopee Paylater?

Shopee Paylater sebernarnya merupakan sistem pembayaran yang memudahkan dari Shopee. Menggunakan paylater, Anda bisa berbelanja, melakukan berbagai bentuk transaksi di Shopee, tanpa harus pusing memikirkan bayar saat itu juga.

Shopee bahkan menyediakan pilihan menu pembayaran yang beragam. Mulai dari bayar full pada bulan berikutnya, hingga cicilan 3, 6, sampai 12 bulan.

Limit yang diberikan pun beragam, mulai ratusan ribu hingga belasan juta. Pengguna bahkan dapat mengubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater, tanggal 5 atau 11 setiap bulannya.

Tujuan awal adanya paylater ini tentu untuk membantu pengguna memenuhi kebutuhan maupun gaya hidup.

Namun, penggunaan Shopee Paylater dinilai dapat merugikan pengguna. Berikut beberapa alasan untuk berhenti menggunakan Shopee Paylater:

  • Membebani Keuangan : Adanya bunga, tenggat waktu bayar, dan denda telat bayar Shopee Paylater membuat tagihan membengkak.
  • Memicu Prilaku Konsumtif : Dengan adanya Shopee Paylater memunculkan prilaku konsumtif karena akan dipermudah mendapatkan barang yang diinginkan meski uang belum cukup.

Syarat Menonaktfikan Shopee Paylater

Sebelum menerapkan cara menonaktifkan Shopee PayLater, Anda perlu memastikan telah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Beberapa poin yang perlu Anda perhatikan, yakni:

  1. Akun Shopee tidak sedang ditangguhkan
  2. Tidak ada tagihan Shopee Paylater yang menunggak atau belum terbayar
  3. Tidak ada proses pembelian yang sedang berlangsung
  4. Nomor HP dan email masih aktif dan tidak terdaftar pada akun Shopee lain.

Selama ada tagihan Shopee Paylater yang belum dilunasi, maka akun Shopee tidak akan bisa dihapus. Atau, jika Anda membiarkannya tanpa melakukan pembayaran, maka besar kemungkinan bunga terus bertambah dan nama Anda akan masuk dalam blacklist BI checking.

Perlu Anda ketahui, penghapusan akun Shopee dapat menimbulkan risiko hilangnya koin dan saldo Shopee.

Baca juga:  2 Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu di ATM dan Indomaret

Pun pihak Shopee tetap menyimpan data transaksi, tetapi Anda tidak lagi bisa melihat detailnya. Lebih jauh, terdapat kemungkinan Shopee menolak jika Anda mengajukan pembuatan akun baru. 

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater dengan Menghapus Akun

Menimbang sisi negatifnya, bukan hal aneh jika akhirnya banyak yang memutuskan untuk menonaktifkan layanan Shopee Paylater. Itu artinya, pengguna mengharapkan pihak Shopee tidak lagi menyediakan layanan bayar nanti.

Sayangnya, tidak ada cara yang Shopee sediakan untuk menonaktifkan Shopee Paylater saja. Sebagaimana tertulis pada laman resminya, Shopee hanya menyediakan cara mengaktifkan Shopee Paylater dan tidak untuk sebaliknya.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk membatasi penggunaan Shopee Paylater. Anda tetap bisa mencoba mengurangi pembelian dengan menghapus akun.

Itulah alasan mengapa tidak boleh ada tagihan yang sedang berlangsung ketika hendak mencoba cara menonaktfikan Spaylater.

cara menonaktifkan shopee paylater

Perlu diketahui, akun Shopee yang telah berhasil terhapus tidak dapat dipulihkan. Koin atau Saldo ShopeePay akan hangus dan tidak bisa dikembalikan.

  1. Masuk Menu Saya

    cara nonaktifkan shopee paylater

    Buka aplikasi Shopee yang terpasang di gadget Anda, pilih menu profil di bagian kanan bawah.

  2. Pilih Menu Pengaturan Shopee

    cara nonaktifkan shopee paylater

    Jika sudah masuk jendela profil, pilih pengaturan melalui ikon bergerigi di bagian kanan atas samping keranjang.

  3. Pilih dan Klik Opsi Ajukan Penghapusan Akun

    cara nonaktifkan shopee paylater

    Selanjutnya akan terbuka menu pengaturan akun pada layar ponsel. Gulir sampai bagian paling bawah dan klik menu Ajukan Penghapusan Akun.

  4. Klik OK

    cara nonaktifkan shopee paylater

    Akan muncul pop-up yang mengonfirmasi penghapusan akun. Pilih ok untuk melanjutkan.

  5. Konfirmasi Penghapusan Akun

    cara nonaktifkan shopee paylater

    Sekali lagi, Shopee akan meminta konfirmasi Anda dengan membaca deskripsi penting. Anda bisa klik lanjutkan.

  6. Terima OTP

    cara nonaktifkan shopee paylater

    Muncul pop-up yang mengonfirmasi nomor ponsel terdaftar untuk pengiriman kode verifikasi. Tekan “ok” apabila setuju atau pilih cara lain untuk menampilkan langkah verifikasi lain.

  7. Masukan Kode Verifikasi

    cara nonaktifkan shopee paylater

    Masukkan 6 digit kode verifikasi yang telah dikirimkan ke nomor ponsel terdaftar baik melalui WhatsApp, sms, maupun panggilan singkat.

  8. Isi Form Pengajuan Penghapusan Akun

    cara nonaktifkan shopee paylater

    Langkah selanjutnya, Shopee akan meminta Anda memasukkan alasan tidak lagi ingin menggunakan Shopee. Tulis alasan pengajuan penghapusan akun dan masukan alamat email aktif. Jangan lupa centang kotak untuk mengkonfirmasi penghapusan akun Shopee.

  9. Klik Kirim dan Selesai

    Shopee akan memproses pengajuan penghapusan akun Anda maksimal 2×24 jam. Nantinya, Shopee akan mengirimkan pemberitahuan proses pengajuan penghapusan akun melalui alamat email yang telah Anda daftarkan.

Dengan demikian, secara otomatis Shopee paylater tidak lagi dapat Anda gunakan. Penghapusan akun secara permanen ini juga memberikan keuntungan lain. Termasuk menghindari adanya kemungkinan penyalahgunaan akun oleh pihak tidak bertanggung jawab. 

Baca juga:  Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater Tanpa Hapus Akun

menonaktifkan Shopee paylater

Lalu, bagaimana jika mau berhenti menggunakan Shopee paylater tetapi tidak ingin menghapus akun? Anda bisa menggunakan cara menonaktifkan Spaylater yang kedua. 

1. Jangan Menggunakan Shopee Paylater untuk Bertransaksi

Cara menonaktifkan Shopee PayLater yang pertama adalah dengan membiarkannya. Selama durasi waktu tersebut, Anda tetap bisa menggunakan Shopee.

Namun, menghindari pembayaran menggunakan Shopee PayLater. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan layanan COD atau pembayaran via transfer bank.

Shopee PayLater jika tidak digunakan, tidak akan memberikan tagihan apapun kepada pengguna.

Akun yang tidak menggunakan layanan ini dalam kurun waktu tertentu juga akan mendapat pengurangan limit sehingga menekan kemampuan belanja menggunakan sistem bayar nanti.

Namun, jika setelah 3 bulan Anda menggunakan layanan ini kembali, maka bisa jadi limit akan kembali bertambah. Anda juga akan dikenakan tagihan sebagaimana sebelumnya.

Sebab, Anda kembali dianggap sebagai pengguna aktif oleh sistem Shopee PayLater. Penyesuaian limit ini dapat berlaku jika Anda berhenti menggunakan Shopee paylater selama lebih dari tiga bulan.

Cara ini efektif, tetapi membutuhkan waktu agar limit berubah menjadi kecil. Besaran nominal limit akan semakin berkurang seiring durasi Anda tidak lagi menggunakan layanan Shopee paylater. 

Cara ini telah dikonfirmasi oleh customer service Shopee. Pun Anda tidak akan dibebankan biaya administrasi selama tidak ada penggunaan maupun tagihan dari layanan Shopee paylater.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Shopee Paylater

2. Mengaktifkan Fitur Shopee Barokah

Cara menonaktifkan Shopee PayLater tanpa menghilangkan akun secara permanen lainnya yakni dengan mengaktifkan fitur Shopee Barokah.

Dilansir laman bantuan Shopee, layanan Shopee Barokah merupakan fitur yang menyajikan produk halal berdasar sertifikasi halal dari BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal).

Baca juga:  Cara Melihat Tagihan Shopee Paylater

Selain menyediakan barang dengan setifikasi halal LPPOM MUI, fitur ini juga menyediakan transaksi islami. Artinya, penjual dan pembeli dapat bertransaksi menggunakan akad dan pembayaran yang disesuaikan prinsip Islam.

Ketika mengaktifkan layanan ini, jenis pembayaran dengan sistem paylater, kartu kredit, hingga kredit lainnya akan dinonaktifkan. Adapun untuk menyalakan fitur Shopee Barokah bisa menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee, pastikan sudah login menggunakan akun milik Anda
  2. Pada pilihan di menu awal, ketuk opsi ‘Shopee Barokah’. Opsi ini dilambangkan dengan ikon berwarna hijau dengan ilustrasi kubah masjid
  3. Setelah masuk ke menu tersebut, Anda akan disajikan halaman baru dengan berbagai pilihan menu
  4. Cari dan ketuk opsi ‘Transaksi Islami’ yang dilambangkan dengan ikon lembaran uang
  5. Klik ‘Aktivasi Sekarang’ pada banner paling atas
  6. Geser toggle off menjadi on yang ditandai dengan perubahan warna menjadi hijau.

Selesai. Selanjutnya, Anda tidak lagi mendapati opsi Shopee Paylater sebagai opsi pembayaran. Begitu hendak check out barang, pilihan pembayaran menggunakan sistem bayar nanti akan berwarna abu-abu sehingga tidak bisa diklik.

Meski demikian, segala transaksi berlangsung atau yang sudah terlanjur menggunakan sistem pembayaran Shopee Paylater tetap terhitung.

Artinya, Anda tetap harus melunasi tagihan Spaylater sekaligus saat Shopee Barokah diaktifkan. Jika tidak, Anda tetap akan dikenakan denda sebesar 5 persen dari total tagihan berjalan.

Apakah terdapat biaya administrasi untuk proses menonaktifkan Shopee paylater?

Tidak, Shopee tidak memberikan biaya apapun saat pengajuan maupun proses menonaktifkan Shopee paylater

Bagaimana jika syarat menonaktifkan Shopee paylater tidak terpenuhi?

Untuk cara menonaktifkan paylater dengan penghapusan akun, apabila syarat tidak terpenuhi maka besar kemungkinan Shopee menolak pengajuan yang Anda berikan. Sedangkan pada cara kedua, jika Anda masih aktif menggunakan Shopee paylater, maka limit tidak akan berkurang. 

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar cara menonaktifkan Shopee paylater, sila hubungi Shopee melalui call center di nomor 1500702. Anda juga dapat memanfaatkan fitur live chat via aplikasi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar