Prosedur Cara Daftar Kartu Prakerja Buat Driver Ojek Online Terbaru 2020

Program kartu prakerja telah dibuka oleh pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, cara daftar kartu prakerja untuk ojol wajib diketahui agar para ojek online ini dapat meningkatkan skillnya sehingga bisa memperoleh kehidupan lebih baik. Terutama pada masa Covid-19 yang menyebabkan pendapatan supir ojek online menurun drastis.

Cara Daftar Kartu Prakerja Untuk Ojol

Kartu Prakerja Untuk Ojol

Pemerintah Indonesia akan melakukan pemilihan secara acak, sehingga siapa saja bisa memperoleh kartu ini. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia dari berbagai bidang pekerjaan termasuk ojol harus memanfaatkan program ini dengan baik. Pemerintah menargetkan bahwa per tanggal 17 April 2020 akan diperoleh 164.000 peserta.

Kartu prakerja merupakan program pelatihan dan pendidikan kepada masyarakat terpilih agar memiliki kemampuan lebih. Tentu pelatihan yang diberi bisa secara online ataupun offline. Namun, selama masa wabah maka pelatihan hanya dilakukan secara daring atau online.

Keuntungan Kartu Prakerja Untuk Supir Ojol

Ojek Online

Ojek Online

Program kartu prakerja ini telah dibuka pada tanggal 11 April 2020 s/d 16 April 2020. Oleh karena itu, para driver ojol harus segera mendaftarkan dirinya sekarang juga. Karena terdapat banyak manfaat pada program ini, seperti:

  • Memperoleh pelatihan atau pendidikan yang dibayar pemerintah sebesar Rp 1 juta
  • Lembaga pelatihan sangat kompeten dan dijamin berkualitas (Bukalapak, Tokopedia, Sekolahmu, SkillAcademy, dll)
  • Metode pembayaran pelatihan mudah karena bisa memakai OVO, Link Aja atau melalui Bank BNI
  • Total Dana yang diperoleh Rp 3.550.000, dengan pembagian Rp 600.000 insentif perbulan untuk 4 bulan dan Rp 150.000 untuk insentif survei kebekerjaan
  • Proses daftar mudah dan cepat

Melihat daftar manfaat di atas tentu para driver akan semakin tertarik untuk mengetahui cara daftar kartu prakerja untuk ojol secara lengkap. Hal ini sangatlah penting agar tidak terjadi kesalahan dalam pengisian sehingga peluang masuk program kartu prakerja semakin tinggi.

Syarat Memperoleh Kartu Prakerja

Sebelum mengetahui cara daftar kartu prakerja untuk ojol, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat untuk memperoleh kartu tersebut. Syaratnya sedikit dan termasuk mudah, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal disegala tingkat
  • Memiliki waktu untuk mengikuti rangkaian pendidikan secara lengkap

Bagaimana? mudah bukan persyaratannya. Oleh karena itu, siapa saja bisa mendaftar untuk memperoleh kartu prakerja. Baik itu yang sedang bekerja, yang terkena PHK, freelancer ataupun ojol. Namun, pemerintah mengutamakan masyarakat yang terkena dampak buruk dari virus Corona sehingga hanya beberapa dari sekian banyak pendaftar yang akan terpilih

Panduan dan Cara Daftar Kartu Prakerja untuk Ojol

Cara daftar kartu prakerja untuk ojol ini sangat mudah dilakukan. Karena, Anda bisa melakukannya baik secara online atau offline. Namun, proses registrasi disarankan melalui online untuk menghindari penyebaran Covid-19. Terlebih driver ojek online sangat paham memakai internet sehingga pendaftaran secara online mudah dilakukan. Adapun langkah dan cara pendaftaran kartu prakerja ini antara lain:

1. Mengunjungi website kartu prakerja

Website Kartu Prakerja

Website Kartu Prakerja

Langkah pertama untuk memperoleh kartu ini adalah dengan mengunjungi website kartu prakerja. Setelah itu lakukan registrasi dengan klik tombol “Daftar sekarang”. Terdapat juga pilihan “Cara Daftar” agar Anda tahu langkah singkat untuk memperoleh kartu prakerja ini.

2. Registrasi

Pendaftaran Awal

Pendaftaran Awal

Langkah berikutnya adalah lakukan pendaftaran dengan input alamat email serta passwordnya. Password harus berupa huruf dan angka agar tidak mudah dibobol oleh orang lain.

3. Lakukan Verifikasi

Verifikasi

Verifikasi

Cara daftar kartu prakerja untuk ojol selanjutnya adalah melakukan verifikasi pada email yang telah didaftarkan sebelumnya. Verifikasi ini akan mengaktifkan akun kartu prakerja milik Anda.

4. Login dan Isi Data yang Diperlukan

Setelah itu, Anda harus login dan mulai isi data yang diperlukan. Untuk tahap pertama Anda hanya perlu mengisi nomor NIK dan Nama. Namun, pada tahap kedua Anda harus input data lebih lengkap seperti alamat KTP, alamat saat ini, nama, pendidikan, scan KTP dan swafoto Anda sendiri sambil memegang KTP.

kartu prakerja

kartu prakerja

Foto dan scan yang akan diupload usahakan untuk memiliki ukuran dibawah 200kb agar memudahkan proses upload. Untuk mengatasi hal ini anda bisa crop atau resize gambar pada foto dengan memakai software paint atau edit foto lainnya. Jika proses pertama dan kedua telah selesai, maka selanjutnya klik tombol “lanjutkan”.

5. Input Nomor Hp dan Kode OTP

Input Nomor HP

Input Nomor HP

Langkah selanjutnya adalah input nomor HP. Karena sistem nanti akan mengirimkan kode OTP via sms ke nomor HP tersebut. Setelah itu input kode OTP yang tertera pada HP Anda. Terdapat batas waktu untuk input, karenanya isi kode yang dibutuhkan secepat mungkin.

Kode OTP

Kode OTP

Jika telah selesai segera klik tombol “verifikasi” dan akun Anda telah aktif dan terdaftar dengan baik.

6. Isi Survei Singkat

kartu prakerja

Setelah menyelesaikan hal tersebut, Anda harus mengisi survei singkat yang berisi tentang pekerjaan. Selain itu terdapat informasi apakah Anda termasuk yang terkena dampak buruk dari Covid-19 sehingga kehilangan pekerjaan atau tidak.

7. Ikuti Tesnya

Tes Kemampuan Dasar dan Motivasi

Tes Kemampuan Dasar dan Motivasi

Cara daftar kartu prakerja untuk ojol berikutnya adalah dengan mengikuti tes online yang diberikan. Soal yang ada cukup mudah dan mencakup matematika dasar, motivasi serta pengetahuan umum. Waktu yang diberi 25 menit dengan 18 soal. Karenanya pastikan Anda memiliki jaringan internet yang baik agar proses pengerjaan menjadi lancar.

8. Evaluasi

Tahap Evaluasi

Tahap Evaluasi

Setelah menyelesaikan tes dan dikirim, maka tahapan selanjutnya adalah menunggu evaluasi dari pemerintah. Pengumuman kartu prakerja akan diberikan pada tanggal 17 April 2020 mendatang. Oleh karena itu, pastikan tes dilakukan dengan baik serta data yang di input sesuai dan tidak ada kesalahan.

9. Tahapan Selanjutnya

Jika Anda termasuk yang beruntung dengan memperoleh kartu prakerja, maka Anda akan mengikuti beberapa langkah lagi, yaitu:

  • Memilih pelatihan pada lembaga yang ada sesuai dengan minat atau kompetensi masing-masing
  • Mengikuti proses pelatihan dengan baik
  • Memperoleh sertifikat jika telah menyelesaikan pelatihan tersebut
  • Memberi komentar serta rating pada lembaga pelatihan sebagai penilaian dan data kepada pemerintah
  • Mengisi survei terakhir dari kartu prakerja tentang keefektifan pelatihan serta masukan agar program ini menjadi lebih baik dimasa depan

Tahapan ini hanya berlaku jika Anda masuk pada program kartu prakerja. Jika tidak, maka Anda bisa mencoba lagi untuk periode berikutnya.

Panduan dan cara daftar kartu prakerja untuk ojol di atas sangatlah penting dan membantu para driver ojek online. Karena saat ini dimana wabah merebak menyebabkan orderan berkurang drastis. Oleh karena itu, driver tersebut membutuhkan pelatihan agar memperoleh skill tambahan yang bisa memberikan penghasilan yang lebih baik terutama pada saat order sepi seperti saat ini.

2 thoughts on “Prosedur Cara Daftar Kartu Prakerja Buat Driver Ojek Online Terbaru 2020

  1. Suwito

    Saya mau daftar kartu prakerja

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *