Panduan Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Lengkap Tahun 2020, Persiapan Kerja!

By | Mei 13, 2020

Cara daftar kartu prakerja merupakan hal yang baik karena pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membantu warga Indonesia untuk memiliki skill dan kompetensi khusus. Hal ini sangat diperlukan agar Indonesia siap menghadapi persaingan dunia kerja pada era industri 4.0.

Daftar Kartu Prakerja

Kartu Prakerja

Kartu ini diperuntukkan untuk masyarakat Indonesia yang berada pada usia produktif dan ingin mengembangkan dirinya melalui pendidikan. Dengan memakai kartu ini Anda bisa mengikuti berbagai pendidikan untuk memperoleh skill tertentu agar siap bekerja dimasa depan.

Program ini akan dibuka pada tanggal 11 April 2020 sebagai cara mengatasi menurunnya kegiatan ekonomi yang diakibatkan oleh Virus Corona (Covid-19). Oleh karena itu, masyarakat yang disasar adalah para pekerja formal serta informal yang terkena efek dari Corona ini. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pekerja yang di-PHK sehingga kehilangan mata pencahariannya dikarenakan merebaknya Covid-19.

Baca juga:

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Kartu prakerja ini diperuntukkan untuk masyarakat yang terkena PHK, mencari tambahan kompetensi serta para pencari kerja. Berdasarkan informasi pada Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia 2020 beberapa persyaratan yang diberlakukan adalah:

  • WNI minimal berusia 18 tahun
  • Tidak mengikuti pendidikan formal (seperti SMA, kuliah dengan berbagai strata)
  • Memiliki banyak waktu luang untuk mengikuti pendidikan atau pelatihan

Setiap calon pekerja harus melakukan registrasi di website prakerja.go.id. Namun, website ini sementara mengalami kendala karena trafiknya cukup tinggi sehingga sulit di akses. Oleh karena itu, pemerintah mengumumkan bahwa website ini dapat digunakan secara baik mulai tanggal 11 April 2020 dan berakhir pada 16 April 2020. Pengumuman program ini akan diberikan esok harinya pada tanggal 17 April 2020.

Calon pekerja baik yang baru atau terkena dampak buruk dari Covid-19 bisa menggunakan layanan ini. Nantinya, Anda bisa mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan yang dibayarkan melalui kartu prakerja tersebut.

Tahapan Cara Daftar Kartu Prakerja Tahun 2020

Cara daftar kartu prakerja ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu melalui website atau langsung ke Disnaker masing-masing daerah. Adapun cara daftar yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Melalui Website (Daftar Kartu Prakerja Online)

Melalui Web

Melalui Web

Cara daftar kartu prakerja pertama yang bisa Anda lakukan adalah melalui website yang telah disediakan. Namun, Anda harus mengikuti beberapa tahap sebelumnya, yaitu:

Registrasi

Registrasi

  • Registrasi dengan input email dan password
Verifikasi

Verifikasi

  • Setelah itu lakukan verifikasi pada email yang didaftarkan
  • Log in pada akun prakerja dan isi formulir yang disediakan
  • Pada tahap ini Anda akan mengisi nama lengkap serta nomor KTP. Setelah selesai klik tombol “lanjut”

 

Data Diri

kartu prakerja

  • Kemudian isi data diri dengan lengkap. Termasuk upload foto KTP dan swafoto Anda sedang memegang KTP. Usahakan ukuran gambar dibawah 200kb agar proses upload menjadi lebih mudah. Setelah itu klik tombol “lanjutkan”.
Nomor Hp

Nomor Hp

 

  • Tahap berikutnya input nomor HP. Setelah tekan tombol kirim untuk memperoleh kode OTP melalui via sms.

 

Kode OTP

Kode OTP

  • Setelah itu input kode OTP yang Anda peroleh pada website kartu prakerja. Setelah itu klik tombol “verifikasi”.
  • Jika telah selesai maka Anda sudah memiliki Akun kartu prakerja.

kartu prakerja

  • Pada tahap ini Anda harus mengisi kuesioner singkat berupa pekerjaan dan alasan Anda tidak bekerja. Apakah Anda termasuk orang yang di-PHK karena Covid-19 atau tidak dll.
Tes

Tes

  • Tahap selanjutnya adalah mengikuti tes yang tertera pada akun Anda. Isi semua tes dengan baik dan se-efisien mungkin.
Evaluasi

Evaluasi

  • Setelah itu tunggulah hasil evaluasinya pada tanggal 17 April 2020.
  • Jika terpilih, maka langkah selanjutnya adalah memilih pelatihan yang tertera sesuai dengan keinginan atau bidang masing-masing.
  • Setelah menyelesaikan pelatihan anda akan memperoleh sertifikat dari lembaga pelatihan tersebut.
  • Jangan lupa untuk memberikan rating dan comment pada lembaga pelatihan tersebut.
  • Setelah itu Anda akan memperoleh insentif sebesar Rp 150.000.
  • Tahap akhir adalah mengisi survei feedback kepada kartu prakerja dan seberapa efektifkah program tersebut.

Cara ini tentu lebih praktis karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, pastikan untuk melengkapi semua scan berkas yang diperlukan dan lakukan registrasi pada jam kerja dipagi hari agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar.

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Untuk Bulan April, Mei dan Juni 2020

2. Disnaker (Langsung Datang)

Kantor Disnaker

Kantor Disnaker

Cara daftar kartu prakerja berikutnya adalah dengan mengunjungi disnaker terdekat. Cara ini diharapkan dilakukan secara kolektif sehingga pihak disnaker bisa melakukan pendaftaran dengan mudah. Tentunya Anda harus mempersiapkan beberapa berkas penting seperti:

  • KTP, KK, NPWP
  • Isi formulir yang disediakan
  • Kemudian tunggu verifikasi telepon dan notifikasi akhir

Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang ingin berkunjung dan bertanya langsung tentang program ini secara mendetail. Karena pihak disnaker pasti mengetahui seluruh informasinya dengan lengkap.

Benefit Kartu Prakerja

Cara daftar kartu prakerja di atas bisa Anda coba dengan mudah. Jika memperoleh kartu prakerja ini Anda bisa memperoleh berbagai benefit yang sangat menguntungkan. Karena pemerintah Indonesia telah menyediakan dana sebesar Rp 20 triliun. Jadi, setiap penerima kartu prakerja bisa memperoleh dana bantuan sebesar Rp 3.550.000 selama mengikuti program.

Dana yang diperoleh ternyata telah diperinci dimana sebesar Rp 1 juta khusus untuk pelatihan atau pendidikan, Rp 600.000 perbulan (selama 4 bulan) sebagai insentif penuntasan pelatihan dan Rp 150.000 sebagai insentif survei kebekerjaan. Dana ini akan diberi secara bertahap mulai dari awal pelatihan sampai selesai program pelatihan tersebut.

Skema Program Kartu Prakerja dan Pelatihan yang Diberikan

Pemerintah melalui kartu prakerja memberikan bantuan dana agar masyarakat yang terpilih dapat mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan pada lembaga yang direkomendasikan pemerintah. Pada masa dimana Covid-19 merajalela maka Anda akan menerima pelatihan secara online.

Nantinya, biaya pelatihan akan dibayarkan dari saldo kartu prakerja tersebut. Pembayaran bisa melalui media pembayaran seperti OVO, Link Aja, dan Bank BNI. Sedangkan mitra pendidikan yang bisa dipilih adalah Bukalapak, Tokopedia, Pintaria, Pijar, Sekolahmu, Skill Academy dan Maubelajarapa.

Itulah cara daftar kartu prakerja yang bisa Anda coba dimana saja. Program pemerintah ini memiliki berbagai persyaratan, cara pendaftaran serta benefit yang beragam. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan program ini dengan baik agar bisa memiliki skill lebih untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

7 thoughts on “Panduan Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Lengkap Tahun 2020, Persiapan Kerja!

  1. EkoSolihin

    Selamat pagi ibu bpk.sy butuh bantuan, kepada BPK dan ibu saat covid 19 sy tidak bekerja LG dampak corona.semua bahan pokok kami sangat memerlukan BPK dan ibu untuk kebutuhan keluarga kami tolong bantuannya BPK dan ibu.

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      maaf mas, saya hanya share informasi, saya tidak punya koneksi apa pun kepada pemerintrah terkait hal ini, Maaf saya tdk bisa membantu

      Reply
  2. syafriel

    saya sudah daftar digelombang pertama tapi tidak berhasil, bagaimana tahapan selanjutnya…
    sepertinya hanya pembicaraan manis kalau yg sudah terdaftar bisa mengikuti lanjutan & akan dikrimi petunjuk dr email ato sms, tp smp sekarang tidak ada tanda2 nya, krn skarang sdh tgl 22 & besok pendaftaran hr terakhir u/ gelombang ke 2 !!!

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      klo gelombang pertama tidak berhasil, coba ikut gelombang ke dua mas

      Reply
  3. Engkos

    Saya udah dua kali daptar prakerja tapi belum ada konpirmasi

    Reply
  4. M.takyudin

    Saya sudah dapat kartu prakerja dan sudah 100% platihan tapi blum dapat insentif yg di janjikan atw saldo masih nol tolong di bantu min?

    Reply
    1. jerry marbels

      pencairan dana kartu prakerja dilakukan secara bertahap ya kak. lebih jelas nya bisa lihat di bagian insentif pada halaman akun prakerja kakak.
      disitu akan terlihat jumlah dan kapan waktu insntif akan dicairkan

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *