4 Gaji Satpam Bank : BRI, Mandiri, BCA, dan BNI Terbaru

Gaji Satpam Bank – Profesi security atau satpam tidak boleh diremehkan, apalagi jika Anda menjadi security di sebuah lembaga keuangan perbankan. Walaupun pengamanan bank sudah dibantu oleh pihak kepolisian, tetapi tugas security tetap berat dengan tingkat resiko kejahatan di zaman sekarang yang cukup riskan. Security harus menjaga keamanan lingkungan tempat kerja dari kejahatan dan membantu nasabah yang berkunjung ke bank sekaligus membantu memberikan nomor antrian apabila diperlukan.

Dengan tugas seperti itu, berapa gaji satpam bank? Khususnya untuk gaji security BRI, Mandiri, BCA, BNI, dan BTN yang menurut myjourney.id menjadi bank dengan urutan terbaik ke-5 di Indonesia.

Gaji Satpam Bank BRI, Mandiri, BCA, dan BNI

Dilansir dari money.id, besaran gaji security bank untuk 5 bank terbaik di Indonesia dari segi pelayanan terbaik, fasilitas yang ditawarkan, serta ragam produk perbankan untuk nasabah bisa Anda lihat di bawah ini. Berikut daftar dan ulasannya.

1. Gaji Satpam Bank BRI

satpam bank bri

BRI atau Bank Rakyat Indonesia menjadi salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia.Dalam merekrut  security, HRD akan memilih security yang memiliki kualifikasi etos kerja baik. Karena, selain security BRI bertugas untuk menjaga keamanan, juga bertugas untuk melayani nasabah. Seperti membantu mengarahkan pelaku UMKM yang membutuhkan suntikan dana untuk menggunakan produk unggulan BRI yaitu KUR BRI.

Dalam menjalankan tugasnya, security BRI mendapat gaji per bulan sekitar Rp 3.100.000. Angka ini pas, sesuai dengan rata-rata gaji security di Indonesia yang mencapai Rp 3.110.151.

Baca Juga : Gaji Pegawai Bank BRI 2021: Syarat, dan Cara Pendaftaran

2. Gaji Satpam Bank Mandiri

satpam bank mandiri

Menjadi bagian dari program restrukturisasi perbankan oleh pemerintah Indonesia, Bank Mandiri menempati urutan kedua setelah BRI yang masuk ke dalam jajaran 10 bank terbaik di Indonesia.

Tentunya predikat ini tidak lepas dari kinerja security Mandiri yang memiliki prinsip ‘senyum, sapa, salam, dan tindak’ terbaik kepada para nasabah. Namun, gaji satpam Bank Mandiri per bulannya hanya Rp 2.000.000. Jika dibanding dengan rata-rata gaji satpam di Indonesia, memang lebih kecil. Tetapi, masih cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

3. Gaji Satpam Bank BCA

satpam bank bca

Bank Central Asia menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Dalam melayani nasabah, kualitas layanan BCA sudah tidak diragukan lagi.

Bahkan, pernah dalam salah satu berita bahwa security BCA menjadi trending topic karena keramahannya. Nah, siapa nasabah yang tidak suka jika securitynya saja ramah? Tapi, mungkin karena statusnya bank swasta, gaji satpam BCA hanya sekitar Rp 2.800.000 per bulannya. Gaji ini bahkan lebih kecil daripada gaji peserta magang BCA, loh yang mendapat Rp 4.650.000 per bulan.

Baca Juga

4. Gaji Satpam Bank BNI

satpam bank bni

Berdiri pada 5 Juli 1946, Bank Negara Indonesia menjadi bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, lebih dari 5 cabang BNI ada di luar negeri.

Lagi-lagi, profesionalitas security perbankan mendapat apresiasi. Setelah security BCA menjadi trending topic karena keramahannya. Kini, security BNI turut mendapat apresiasi dari warganet terkait pelayanannya kepada salah satu nasabahnya yang tuli.

Wajar juga, jika dari sumber yang kami temukan, security BNI mendapat gaji per bulan sekitar Rp 3.600.000. Nominal gaji ini termasuk tinggi dan paling tinggi di antara gaji bank lainnya. Ibarat sebagai nenek moyang perbankan, profesionalitas kinerja security juga harus menjadi contoh anak cucunya.

Baca Juga : Gaji Bina BNI 2021 beserta Profil dan Tunjagan

Tunjangan yang Didapat Satpam Bank

Selain mendapat gaji pokok, para security umumnya mendapat tunjangan. Tunjangan-tunjangan tersebut ada yang berupa uang cash, ada yang tidak. Tentunya, jika security mendapat tunjangan uang cash, akan sangat membantu dalam menambah penghasilan security.

Secara umum, tunjangan yang didapat satpam bank antara lain sebagai berikut:

  • Tunjangan seragam.
  • Tunjangan pembinaan.
  • Tunjangan Hari Raya.
  • Tunjangan jabatan.
  • Dan lain sebagainya.

Lumayan banyak juga kan tunjangan yang didapat satpam?

Peran dan Tanggung Jawab Satpam Lembaga Keuangan Bank

Satpam (Satuan Pengamanan) memiliki tugas pokok untuk menyelenggarakan ketertiban dan keamanan lingkungan tempat kerja, yang meliputi aspek personel, pengamanan fisik, informasi, serta pengamanan teknis lainnya. Peran dan tanggung jawab secara rinci untuk semua profesi satpam sama, termasuk satpam lembaga keuangan bank. Di antara peran dan tanggung jawabnya bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Membantu polisi untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.
  • Memberikan rasa nyaman dan aman dalam melayani karyawan, tamu, pengunjung, dan semua masyarakat yang ada di lingkungan tempat satpam bekerja.
  • Melindungi harta benda melalui keberadaan satpam dengan tingkat visibilitas tinggi guna mencegah aksi kejahatan dan aktivitas lain yang tidak wajar.
  • Melakukan penjagaan guna menanggulangi terjadinya kecelakaan dan insiden sebelum orang-orang berkumpul di gedung komersial, bandara, bank, tempat diadakannya suatu acara, dan lain-lain.
  • Mengawasi sekaligus mewaspadai orang atau barang yang mencurigakan.
  • Melakukan penjagaan mobil pengangkut barang berbahaya, mobil pengangkut uang tunai, dan lain-lain.

Fakta Menarik Satpam Lembaga Keuangan Bank

Satpam lembaga keuangan bank bisa melatih emotionalnya, ya emotional labour surface acting. Walau berawal dari pencitraan karena tuntutan profesi, tetapi semakin lama akan terpatri dalam perilaku sehari-hari.

Bagaimanapun, satpam berperan penting terhadap penjagaan keamanan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Di tengah kewaspadaannya terhadap kemungkinan gangguan keamanan, senyuman, sapaan, dan keramahtamahan satpam yang telah menjadi prosedur baku yang harus tetap ditaati.

Kini, berkat persaingan usaha yang semakin ketat, khususnya persaingan antar bank untuk menggaet sekaligus mempertahankan nasabah, satpam dituntut untuk prima dalam menjalankan tugasnya. Dua yang terlihat sepele, tetapi berat, karena berorientasi kepada nasabah.

Tuntas sudah ulasan gaji satpam bank untuk BRI, Mandiri, BCA, dan BTN, lengkap dengan peran dan tanggung jawabnya. Menarik bukan berprofesi menjadi satpam? Bisakah Anda memiliki emosional yang baik jika menjadi satpam nantinya?

Tinggalkan komentar