Gaji Game Developer 2024 untuk Level Junor, Senior & Manajer

Semakin marak, popularitas video game di Indonesia pun ikut memuncak. Selaras dengan kondisi tersebut, profesi game developer juga ikut berkembang. Menjadi profesi impian baru, gaji game developer di era digital cukup menjanjikan. Seberapa menjanjikan kah pekerjaan satu ini?

Melansir data Statista, Indonesia menempati posisi pertama sebagai pengunduh game terbanyak se-Asia Tenggara.

Pada 2023 saja, jumlahnya mencapai 70 juta  dan diperkirakan akan terus bertumbuh. Penghasilan dari game secara nasional, utamanya mobile game, menembus angka US$ 2,5 miliar di tahun 2023. 

Dari data tersebut, sangat besar kemungkinan peran pengembang game akan terus dibutuhkan. Game developer merupakan profesi yang mengonsep dan mewujudkan sebuah permainan. Termasuk game untuk PlayStation, Nintendo, hingga game berbasis Android dan IOS.

Untuk menjadi seorang pengembang game, terdapat keterampilan yang harus Anda penuhi. Di antaranya kemampuan menguasai bahasa pemrograman serta kreativitas seni dan kolaborasi tim. Tanggung jawab game developer bukan hanya soal teknis, tetapi juga keseluruhan game.

Dengan ranah kerja luas, tidak mengherankan gaji game developer tidak berbeda jauh jika dibandingkan tim IT.

Besarannya tentu berbeda pada masing-masing daerah maupun perusahan tempat bekerja. Namun secara umum, terdapat rentang penghasilan sesuai level pekerjaan Game Developer.

Gaji Game Developer di Indonesia

gaji game developer

Gaji game developer di Indonesia juga dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang sama seperti di negara lain.

Namun, menurut pengamatan industri game di Indonesia, gaji game developer di Indonesia rata-rata berkisar antara Rp6 juta hingga Rp20 juta rupiah per bulan, tergantung pada pengalaman kerja dan skill.

Beberapa perusahaan game besar mungkin juga menawarkan gaji yang lebih tinggi tergantung pada perannya dalam tim dan tanggung jawab yang diemban.

Baca juga:  Gaji Kurir RPX One Stop Logistics 2023

Namun, perlu diingat bahwa angka-angka ini dapat berubah seiring dengan perkembangan industri game di Indonesia.

Gaji Game Developer di Beberapa Perusahaan

Berikut gaji game developer untuk beberapa perusahaan Game Studio di Indonesia yang bersumber dari glassdoor.com.

(Gaji per bulan)

  • Gaji game developer junior di Agate sebesar Rp8.500.000
  • Gaji game developer senior di Agate sebesar Rp15.800.000
  • Gaji game developer di Gamotions sebesar Rp6.000.000 – Rp8.500.000
  • Gaji game developer di Brandoville Studio sebesar Rp13.500.000
  • Gaji game developer di Shopee sebesar Rp15.300.000.

Gaji Game Developer Level Junior

Kelompok pertama dari profesi game developer ini yaitu level pemula. Seorang pembuat game pada entry level merupakan mereka yang baru saja mengawali karir di dunia game developing.

Umumnya, kelompok ini diisi oleh fresh graduate atau lulusan baru, baik tingkat sarjana maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dikarenakan Game Developer termasuk salah satu prospek kerja lulusan SMK dengan gaji besar.

Biasanya, game developer tingkat pemula masih memiliki sedikit pengalaman. Pun tanggung jawab pekerjaan yang harus diemban cenderung lebih spesifik daripada level lainnya.

Game developer di tingkat awal mendapatkan pelajaran serta pengembangan skill yang diperlukan untuk naik ke level selanjutnya.

Berada di hirarki awal, gaji game developer tingkat pemula di Indonesia berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp7.500.000 per bulan. Tidak perlu khawatir, jumlah tersebut dapat terus berkembang seiring meningkatnya kemampuan dan pengalaman sebagai game developer.

Gaji Game Developer Team Leader

Pada tingkat ini, seorang game developer telah memiliki pengalaman yang cukup dan kemampuan mumpuni. Kategori skill yang team leader butuhkan meliputi keterampilan teknis maupun soft skill tertentu.

Karena menjadi team leader perlu membawahi beberapa orang dengan jobdesk tertentu pada satu divisi yang bekerja sama dalam proses membuat sebuah video game. 

Baca juga:  Profesi Penuh Resiko, Segini Gaji Kuli Tower di Indonesia

Seorang pemimpin tim dalam pekerjaan game developer harus menghadirkan inovasi dan pembaharuan.

Selain mengembangkan produk yang sedang dikerjakan, juga demi tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan. Team leader mengarahkan anggotanya agar dapat terus produktif dan kreatif.

Dengan tanggung jawab di atas entry level, gaji game developer di tingkat team leader juga lebih besar.

Kisaran pendapatan untuk pemimpin tim yakni Rp7.500.000 hingga Rp10.000.000 per bulan. Angka tersebut dapat meningkat apabila terdapat pencapaian tim yang menguntungkan.

Baca juga: Gaji Tiktok 1k Followers

Gaji Game Developer Level Manager

Naik level dari dua tingkat sebelumnya, gaji game developer tingkat manajer ke atas berada di rentang Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000 per bulannya.

Semakin besar pendapatan, pun mengemban tanggung jawab dan tugas yang lebih berat. Termasuk menentukan target yang tepat, mengelola, hingga menilai kinerja. 

Tidak lagi berinovasi dan menggerakkan tim, game developer tingkat manajer dan ke atasnya berperan sebagai pengambil keputusan.

Di sinilah perbedaan team leader dengan manajer. Seorang manajer dapat memberikan kontrol kebijakan pada tim di bawahnya. 

Pun terdapat skill dan rentang waktu pengalaman tertentu agar dapat menjadi manajer game developer.

Seorang manajer pengembangan game mungkin saja telah bertahun-tahun mendedikasikan diri di bidangnya. Tidak heran, besaran gaji di tingkat ini meningkat jauh sesuai kemampuan sumber daya manusia. 

Dengan jenjang karir panjang di tengah kegemaran masyarakat akan game, peran game developer di Indonesia diyakini akan terus meningkat. Nah, setelah mengetahui perkiraan gaji game developer di Indonesia, apakah Anda semakin tertarik untuk menekuni bidang satu ini?

Bagikan:

Tinggalkan komentar