10 Prospek Kerja Lulusan SMK dengan Gaji Besar

Berbeda dengan lulusan SMA yang umumnya memilih melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, mayoritas lulusan SMK lebih memilih langsung bekerja. Meskipun tidak menempuh bangku perkuliahan, ada berbagai peluang kerja lulusan SMK dengan gaji besar loh.

Pekerjaan ini terdiri dari banyak bidang sesuai dengan jurusan yang ada di SMK. Berikut ini pekerjaan dengan gaji besar untuk lulusan SMK yang patut dicoba.

Jurusan di SMK yang Bergaji Besar

kerja lulusan smk dengan gaji besar
Siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan sedang melakukan praktik. (SMK Bina Prestasi Bangsa)

SMK memiliki beragam jurusan yang bisa diambil sesuai dengan kemampuan dan minat siswanya. Berikut ini jurusan yang berpeluang mendapatkan peluang kerja lulusan SMK dengan gaji besar, yaitu :

1. Tata boga

Jurusan tata boga pada SMK mempelajari pengolahan bahan makanan secara tepat. Praktiknya tidak jauh dari kegiatan memasak dan mengenali berbagai bahan makanan.

2. Tata busana

Bagi Anda yang suka pada fashion, Anda dapat memilih jurusan tata busana. Jurusan ini tak hanya belajar mengenai cara menjahit dengan baik, namun juga belajar desain dan trend fashion masa kini.

3. Akuntansi

Apabila Anda tertarik dengan ekonomi dan menghitung, ada jurusan akuntansi yang menjadi primadona di SMK. Hal tersebut karena banyak prospek pekerjaan di jurusan ini.

4. Teknik kendaraan ringan

Teknik kendaraan ringan (TKR) mempelajari tentang permesinan untuk kendaraan beroda empat. Baik dalam segi mesin, pemodelan, simulasi, dan lain sebagainya.

5. Teknik permesinan

Jurusan teknik permesinan mempelajari tentang berbagai jenis mesin mulai gerindra, mesn bor, mesin bubut, mesin gergaji, mesin frais, dan lain sebagainya. Lingkup materinya mulai dari gambar teknik, pekerjaan dasar, dan perancangan teknik mesin.

Baca juga:  Besaran Gaji Advokat Berdasarkan Firma dan Pengalaman Kerja

6. Multimedia

Bagi siswa yang masuk di jurusan multimedia, materi yang dipelajari adalah tentang penggunaan komputer. Mulai dari membuat animasi, mengedit gambar atau video, mengedit suara, dan lain sebagainya.

7. Teknik komputer dan jaringan

Jurusan ini mempelajari tentang komputer dan jaringannya, seperti menginstall OS, memperbaiki komputer, membuat jaringan LAN, dan lain sebagainya.

8. Administrasi perkantoran

Selain ketujuh jurusan tersebut, ada juga jurusan administrasi perkantoran. Di jurusan ini, siswa akan belajar mengenai hal-hal administratif baik di perusahaan maupun pemerintahan.

Jurusan di atas tidak pasti dimiliki oleh SMK, sebab jurusan di beberapa sekolah berbeda tergantung kebijakan sekolah.

Prospek Kerja Lulusan SMK dengan Gaji Besar

kerja lulusan smk dengan gaji besar
Koki dari jurusan tata boga. (Suara)

Ada banyak peluang kerja lulusan SMK dengan gaji besar yang dapat Anda lamar, beberapa diantaranya adalah :

1. Customer service

Pekerjaan ini banyak dibutuhkan oleh lembaga maupun perusahaan dan terbuka untuk lulusan SMK. Tugas dari customer service adalah melayani keluhan pelanggan secara langsung maupun alat komunikasi lainnya. Gaji yang diperoleh sekitar Rp. 2.500.000 – 10.000.000.

2. Pegawai akuntan

Jika Anda merupakan lulusan SMK jurusan akuntansi, Anda bisa melamar sebagai pegawai di bidang akuntansi, seperti akuntan, auditor, dan perencana keuangan. Gaji yang bisa Anda peroleh setiap bulannya adalah Rp. 2.500.000 – 4.000.000.

3. Fashion designer

Bagi Anda yang merupakan lulusan SMK jurusan tata busana, Anda bisa melamar pekerjaan sebagai fashion designer. Pekerjaan ini bertugas untuk merancang busana. Selain itu, Anda bisa bergabung dengan sebuah perusahaan atau membuat brand sendiri. Gaji fashion designer umumnya berkisar antara Rp. 4.000.000 – 5.000.000.

4. Fashion stylist

Apabila Anda memiliki kemampuan untuk memilih baju yang modis, pekerjaan sebagai fashion stylist adalah pilihan yang tepat. Anda bisa bekerja sebagai fashion stylist untuk selebriti, model, atau fotografer. Dengan pekerjaan ini, Anda bisa menerima gaji sekitar Rp. 5.000.000 setiap bulannya.

Baca juga:  Besaran Gaji SEO Specialist di Beberapa Perusahaan

5. Koki

Pekerjaan ini sangat tepat bagi lulusan SMK jurusan tata boga. Koki bertugas untuk menyiapkan bahan makanan, memasak, dan membuat menu baru. Anda bisa mendapatkan gaji hingga Rp. 7.000.000 per bulan.

6. System analyst

Seorang system analyst bertugas untuk melakukan analisa suatu sistem yang akan digunakan programmer dalam membuat program. Hasil analisanya dapat ditampilkan dalam bentuk kelebihan dan kekurangan. Gaji yang diterima bisa mencapai Rp. 5.000.000 per bulan.

7. Web designer

Web designer merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab untuk merancang tampilan dan konten pada sebuah website. Hasil pekerjaannya biasanya dikirimkan melalui World Wide Web. Gaji web designer berkisar antara Rp. 3.500.000 – 7.500.000.

8. Karyawan industri otomotif

Pekerjaan ini sangat tepat bagi lulusan SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Banyak perusahaan otomotif di daerah Cikarang, Karawang, dan daerah lainnya yang membutuhkan karyawan di bidang ini. Gaji yang diperoleh dapat mencapai angka Rp. 6.000.000.

9. Animator

Bagi lulusan SMK jurusan multimedia terdapat peluang kerja menjadi animator. Tugasnya membuat gambar bergerak dengan teknik ilusi. Pekerjaan ini bisa dikerjakan dengan freelance atau di bawah perusahaan. Gaji seorang animator sekitar Rp. 5.000.000 – 10.000.000.

10. Staff personalia

Staff personalia sangat cocok untuk lulusan jurusan administrasi perkantoran. Pekerjaan bagi staff di bagian ini adalah mengelola database karyawan, pembayaran, payroll, absensi karyawan, pencatatan cuti, pinjaman karyawan, dan lain sebagainya. Gaji yang diterima berkisar antara Rp. 2.000.000 – 5.000.000.

Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Gaji Besar

Pelatihan keahlian untuk siswa SMK (Republika)
Pelatihan keahlian untuk siswa SMK. (Republika)

Saat ini untuk mendapatkan pekerjaan diperlukan usaha ekstra, sebab persaingan di dunia kerja semakin tinggi. Oleh karena itu, berikut ini tips bagi Anda yang ingin mendapatkan kerja lulusan SMK dengan gaji besar yaitu :

Baca juga:  20 Jabatan dan Gaji PT Denso Indonesia Group

1. Rekomendasi dari sekolah

Di SMK, biasanya pihak sekolah akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang sesuai dengan jurusan di sekolah tersebut. Anda bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk memperoleh pekerjaan dengan gaji besar.

2. Perbanyak pengalaman

Jika Anda menginginkan gaji yang tinggi, perbanyaklah pengalaman kerja atau magang. Ini dapat menjadi bekal saat melamar pekerjaan dan menjadi bukti jika Anda adalah orang yang berkompeten.

3. Ikut sertifikasi atau pelatihan

Sertifikasi atau penelitian dapat menjadi nilai tambah Anda saat melamar pekerjaan. Anda bisa mengikuti pelatihan sesuai dengan jurusan.

Itulah pembahasan mengenai prospek kerja lulusan SMK dengan gaji besar. Nominal gaji di atas dapat berbeda tergantung dengan kebijakan perusahaan. Selain itu, pengalaman Anda di bidang terkait bisa meningkatkan nominal gaji.

Bagikan: